P. 1
Silabus SBK 2

Silabus SBK 2

|Views: 448|Likes:
Published by Sumantri Ndut

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Sumantri Ndut on Feb 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/17/2013

pdf

text

original

http://www.bungakanthil.blogspot.

com/

SILABUS PEMBELAJARAN

SBK 2
SD NEGERI MUARAREJA 02 KOTA TEGAL
SDN Muarareja 02 Tegal.

1

http://www.bungakanthil.blogspot.com/ SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN Mata Pelajaran Kelas Bab Standar Kompetensi KOMPETENSI DASAR 2 ☺Memperagakan dinamik sederhana. ☺Mengekspresikan diri melalui alat musik / sumber bunyi sederhana. ☺ Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana. ☺ Mementaskan permainan musik dengan alat musik sederhana di depan penonton. : : : : Seni Musik. 2 ( Dua ) Dinamik Sederhana. ☺ Mengekspresikan diri melalui karya seni musik PENGALAMAN BELAJAR 5 ☺ Mendengarkan penjelasan guru tentang Perubahan keras lembutnya lagu. ☺ Menyanyikan lagu wajib dengan keras lembutnya lagu. ☺ Menyanyikan lagu anak-anak dengan dinamik sederhana. ☺Memperagakan Bermain alat musik sederhana. MATERI POKOK 6 ☺ Dinamik sederhana. 1. Perubahan keras lembutnya lagu. 2. Menyanyikan lagu wajib. 3. Menyanyikan lagu anak-anak. 4. Memainkan alat musik sederhana
ALOKASI

NO 1 1.

HASIL BELAJAR 3 ☺ Memperagakan Keragaman unsur gerak tari ☺ Memperagakan gerakan dengan iringan. ☺ Memperagakan tarian pendek.

INDIKATOR 4 ☺ Siswa dapat menjelaskan dengan memperagakan tentang Keragaman unsur gerak tari ☺ Siswa dapat memperagakan gerakan dengan iringan ☺ Siswa dapat memeragakan tarian pendek.

WAKTU

SARANA DAN SUMBER 8 ☺ Buku kreasi seni dan kerajinan jilid 2, Erlangga Jakarta. ☺ Alat musik sederhana misalnya castanyet, tamborin, gelas, bangku, dll.

PENILAIAN 9 ☺ Performance ( Menyanyikan lagu wajib dan lagu anakanak dengan dinamik sederhana ) ☺ Performance ( memainkan alat musik sederhana )

7 6 jam

Mengetahui :

Tegal, 01 Februari 2011

Kepala SDN Muarareja 02 Tegal

Guru Kelas II

D A R T O, S.Pd.I NIP. 196007141984051001
SDN Muarareja 02 Tegal.

SUMANTRI, S.Pd.SD NIP. 195906161978021002 2

http://www.bungakanthil.blogspot.com/ SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN Mata Pelajaran Kelas Bab Standar Kompetensi KOMPETENSI DASAR 2 ☺Mengidentifik si unsure musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alat musik konvensional. ☺ Membedakan antara nada dengan irama. : : : : Seni Musik. 2 ( Dua ) Penampilan musik ☺ Mengenal unsur musik PENGALAMAN BELAJAR 5 ☺ Mendengarkan penjelasan guru dan memainkan alat musik ritmis. ☺ Mendengarkan penjelasan guru dan memainkan alat musik melodi. ☺ Dengan bimbingan guru menyanyikan melodi panjang dan melodi pendek. ☺ Dengan bimbingan guru memperagakan irama. MATERI POKOK 6 ☺ Alat musik ritmis. ☺ Alat musik melodis. ☺Melodi panjang dan pendek . ☺ Irama.
ALOKASI WAKTU

NO 1 1.

HASIL BELAJAR 3 ☺Mengidentifikasi dan memainkan alat musik ritmis ☺Mengidentifikasi dan memainkan alat musik melodis. ☺ Memainkan melodi panjang dan melodi pendek . ☺ Memperagakan irama.

INDIKATOR 4 ☺ Siswa dapat memainkan alat musik ritmis. ☺ Siswa dapat Memainkan alat musik melodis. ☺ Siswa dapat menyanyikan melodi panjang dan melodi pendek. ☺ Siswa memperagakan irama.

SARANA DAN SUMBER 8 ☺ Buku kreasi seni dan kerajinan jilid 2, Erlangga Jakarta. ☺ Alat musik ritmis dan melodis, misalnya castanyet, tamborin, pianika,seruling, dll.

PENILAIAN 9 ☺ Performance ( Memainkan alat musik ritmis dan melodis ) ☺ Performance ( Memainkan melodi dan irama ).

7 4 jam

Mengetahui :

Tegal, 01 Februari 2011

Kepala SDN Muarareja 02 Tegal D A R T O, S.Pd.I NIP. 196007141984051001
SDN Muarareja 02 Tegal.

Guru Kelas II SUMANTRI, S.Pd.SD NIP. 195906161978021002 3

http://www.bungakanthil.blogspot.com/ SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN Mata Pelajaran Kelas Bab Standar Kompetensi KOMPETENSI DASAR 2 ☺Mengidentifik si unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik. ☺ Membedakan antara nada dengan irama. : : : : Seni Musik. 2 ( Dua ). Sumber Bunyi. ☺ Mengapresiasi karya seni musik. PENGALAMAN BELAJAR 5 ☺ Mendengarkan penjelasan guru mengenai berbagai sumber bunyi. ☺ Mendengarkan penjelasan guru dan memperagakan kuat dan lemah bunyi. ☺ Mendengarkan penjelasan guru tentang Jenis bunyi baik bunyi alam maupun bunyi buatan. dan memperaga kannya dengan gerakan. ☺ Mendengarkan penjelasan guru tentang panjang pendeknya bunyi dan menjawab pertanyaan guru. MATERI POKOK 6 ☺ Berbagai bunyi. ~Sumber bunyi. ~kuat dan lemah bunyi ☺ Jenis Bunyi. ~Bunyi alam dan buatan ☺ Panjang dan pendeknya bunyi ☺ Irama dan nada ~Memperagakan irama. ~ Nada ☺ Nada pada akhir lagu.
ALOKASI WAKTU

NO 1 1.

HASIL BELAJAR 3 ☺Mengidentifikasi sumber bunyi. ☺Mengidentifikasi bunyi kuat dan bunyi lemah. ☺Mengidentifikasi bunyi alam dan bunyi buatan. ☺Mengidentifikasi bunyi panjang dan bunyi pendek. ☺Menyanyikan nada dan irama dengan benar.

INDIKATOR 4 ☺ Siswa dapat menentukan sumber bunyi. ☺ Siswa dapat membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan atau tepukan. ☺ Siswa dapat membedakan bunyi alam dan bunyi buatan. ☺ Siswa dapat membedakan panjang dan pendeknya unyi. ☺ Siswa dapat menjelaskan nada dan irama melalui peragaan.

SARANA DAN SUMBER 8 ☺ Buku kreasi seni dan kerajinan jilid 2, Erlangga Jakarta. ☺ Lagu anak-anak, ☺ sumber bunyi.

PENILAIAN 9 ☺ Performance ( menyanyikan lagu anak-anak)

7 4 jam

SDN Muarareja 02 Tegal.

4

http://www.bungakanthil.blogspot.com/ ☺ Mendengarkan penjelasan guru tentang irama dan memperagakannya dengan bertepuk tangan. ☺ Mendengarkan penjelasan guru tentang irama dan menyanyikannya.

Mengetahui :

Tegal, 01 Februari 2011

Kepala SDN Muarareja 02 Tegal D A R T O, S.Pd.I
SDN Muarareja 02 Tegal.

Guru Kelas II SUMANTRI, S.Pd.SD 5

http://www.bungakanthil.blogspot.com/ NIP. 196007141984051001 NIP. 195906161978021002

SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN Mata Pelajaran Kelas Bab Standar Kompetensi : : : : Seni Musik. 2 ( Dua ) Tempo dan dinamik. ☺ Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.

NO 1 1.

KOMPETENSI DASAR 2 ☺Memperagakan dinamik sederhana. ☺Mengekspresikan diri melalui alat musik / sumber bunyi sederhana. ☺Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana.

HASIL BELAJAR 3 ☺Mengidentifikasi tanda tempo. ☺Mengidentifikasi tanda dinamik. ☺ Menyanyikan lagu wajib dengan tanda dinamik dan tanda tempo.

INDIKATOR 4 ☺ Siswa dapat menjelaskan tanda tempo dan menyanyi kannya. ☺ Siswa dapat mengungkap kan perasaan yang dialami melalui dinamik pada lagu secara lisan. ☺ Siswa dapat menyanyikan lagu wajib dengan tanda tempo.

PENGALAMAN BELAJAR 5 ☺ Mendengarkan penjelasan guru tentang tempo dan memperaga kan melalui lagu. ☺ Mendengarkan penjelasan guru tentang keras lembutnya lagu dan memperaga kan melalui lagu. ☺ Mendengarkan penjelasan guru tentang Perubahan tempo dan dinamik dan memperagakan melalui lagu.

MATERI POKOK 6 ☺ Tempo. ☺ Perubahan keras lembutnya lagu. ☺ Perubahan tempo dan dinamik. ☺ Menyanyi sesuai dengan tanda dinamik. ☺Menyanyikan lagu wajib.

ALOKASI WAKTU

SARANA DAN SUMBER 8 ☺ Buku kreasi seni dan kerajinan jilid 2, Erlangga Jakarta. ☺ Lagu wajib.

PENILAIAN 9 ☺ Performance ( Menyanyikan lagu wajib dengan tanda dinamik dan tanda tempo )

7 4 jam

SDN Muarareja 02 Tegal.

6

http://www.bungakanthil.blogspot.com/ ☺ Dengan bimbingan guru menyanyikan lagu wajib.

Mengetahui :

Tegal, 01 Februari 2011

Kepala SDN Muarareja 02 Tegal D A R T O, S.Pd.I NIP. 196007141984051001

Guru Kelas II SUMANTRI, S.Pd.SD NIP. 195906161978021002

SDN Muarareja 02 Tegal.

7

http://www.bungakanthil.blogspot.com/

SILABUS 1
MATA PELAJARAN KELAS SEMESTER STANDAR KOMPETENSI : Seni Rupa : II : 1 (Gasal) : 1. Mengapresiasi karya seni rupa Alokasi Waktu 2 X 35 menit

Kompetensi Dasar

Materi Pokok / Pembelajaran Unsure rupa, bintik, garis, garis lurus, garis lengkung

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Sumber Belajar

1.1 Mengenai unsure rupa pada karya seni rupa.

1. membaca cerita tentang bintik. 2. mengenal bintik dalam gambar pantai, bintang di tengah malam, bintik pada tubuh macan tutul. 3. membaca cerita tentang garis. 4. mengenal bahwa garis terjadi dari gabungan bintik-bintik. 5. membuat garis lurus dan lengkung. 6. membuat garis yang hilang pada gambar pemandangan laut. 7. mengurutkan beberapa bintik untuk menemukan gambar binatang dalam hutan.

1. mengelompok kan berbagai ukuran: bintik, garis, bidang, warna, dan bentuk pada benda dua dimensi dan tiga dimensi di alam sekitar.

Lesan, Praktek

Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls II hal….

Bidang

1. mengenal bidang 2. menggabungkan dua garis atau lebih untuk membuat bidang. 3. mencari berbagai bidang yang ada di dalam gambar. 4. mencari contoh benda yang bentuknya seperti bidang tertentu seperti segi tiga, persegi, persegi panjang, jajaran genjang, lingkaran, dll.

2. mengelompok kan berbagai jenis bidang, tekstur dan bentuk, ritme, keseimbangan dan kesatuan.

Lesan, Praktek

2 X 35 menit

SDN Muarareja 02 Tegal.

8

http://www.bungakanthil.blogspot.com/ Bentuk 1. mengenal bentuk. 2. mencari benda yang bentuknya seperti bola, kubus, balok, silinder, kerucut, dll. 3. mencari bentuk-bentuk tertentu di lingkungan sekolah. 4. membuat gambar dengan bentukbentuk tertentu. 3. mengelompok kan berbagai jenis dan sifat: bidang, tekstur dan bentuk, ritme, keseimbangan dan kesatuan Lesan, praktek. 4 X 35 menit Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls II hal….

1.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa.

Sikap apresiatif

1. mengemukakan pendapat tentang hasil 1. menunjukkan karya seseorang. sikap apresiasi pada 2. menambah binti-bintik untuk menghias karya seni rupa. gambar. 3. mencari gambar yang sudah tidak terpakai kemudian merawatnya kembali dengan cara membersihkan. 4. mengemukakan pendapat tentang gambar untuk menunjukkan ungkapan apresiasi.

Lesan, praktek.

2 X 35 menit

Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls II hal….

Mengetahui : Kepala SDN Muarareja 02 Tegal

Tegal, 01 Februari 2011 Guru Kelas II

D A R T O, S.Pd.I NIP. 196007141984051001

SUMANTRI, S.Pd.SD NIP. 195906161978021002

SDN Muarareja 02 Tegal.

9

http://www.bungakanthil.blogspot.com/

SILABUS 2
MATA PELAJARAN KELAS SEMESTER STANDAR KOMPETENSI Kompetensi Dasar 2.1 Mengekspresikan diri melalui gabar ekspresif : Seni Rupa : II : 1 (gasal) : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa Materi Gambar ekspresi, objek alam, objek anusia, objek binatang, tanaman, bangunan. Pengalaman Belajar 1. mengamati gambar objek alam yang menarik. 2. menentukan warna dan tekstur dalam gambar. 3. menggambar bentuk dasarmanusia. 4. menggambar bentuk dasar binatang. 5. menggambar bentuk dasar tanaman. 6. menggabar bentuk dasar bangunan. 1. mengamati gambar cetak pada sampul buku, majalah, surat kabar. 2. menyebutkan barang-barang di kelas yang dibuat dengan cara cetak. 3. mencetak dengan tangan dan kaki. 4. membuat gambar cetak ikan pelangi. 5. membuat gambar cetak kepiting. Indikator Penilaian Alokasi Waktu 5 X 35 mnt Sumber Belajar Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. II. Hal…..

2.2 mengekspresikan diri melalui teknik cetak tunggal.

Gambar cetak tunggal

1. mengungkapkan Lesan, perasaan ketertarikan praktek. pada objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsur rupa pada benda di alam sekitar. 2. memilih objek benda alam yang menarik. 1. membuat karya Praktek gambar cetak ekspresi dengan berbagai motif imajinatif. 2. membuat karya gambar cetak ekspresi dengan berbagai tema.

5 X 35 mnt

Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. II. Hal…..

Mengetahui : Kepala SDN Muarareja 02 Tegal

Tegal, 01 Februari 2011 Guru Kelas II

D A R T O, S.Pd.I NIP. 196007141984051001
SDN Muarareja 02 Tegal.

SUMANTRI, S.Pd.SD NIP. 195906161978021002 10

http://www.bungakanthil.blogspot.com/

SILABUS 3

MATA PELAJARAN KELAS SEMESTER STANDAR KOMPETENSI

: Seni Rupa : II : 2 (genap) : 8. Mengapresiasi karya seni rupa

Kompetensi Dasar 8.1 mengidentifikasi unsure rupapada karya seni rupa.

Materi Unsure rupa 1. 2. 3. 4.

Pengalaman Belajar mempelajari makna tekstur. meraba benda yang bertekstur halus. meraba benda yang bertekstur kasar. mencari benda-benda bertekstur kasar yang ada di sekolah. 5. mencari benda-benda bertekstur halus yang ada di sekolah. 6. menentukan benda yang bertekstur halus dan yang bertekstur kasar.

Indikator 1. menyebutkan tekstur sebuah benda.

Penilaian Lesan, praktek.

Alokasi Waktu 4 X 35 mnt

Sumber Belajar Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. II. Hal…..

Warna pelangi, warna dasar.

1. menyebutkan tujuh warna pelangi. 2. menyebutkan warna dasar (warna yang tidak bias dibuat dengan mencampur warna lain) 3. mencari benda yang memiliki warna yang telah ditentukan. 4. mewarnai gambar benda di alam sekitar.

2. menyebutkan warna-warna benda di alam sekitar.

Praktek

3 X 35 mnt

Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. II. Hal…..

SDN Muarareja 02 Tegal.

11

http://www.bungakanthil.blogspot.com/ 8.2. menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa tiga dimensi. Sikap apresiatif 1. memilih sebuah karya seni. 2. mewarnai gambar dengan menggunakan krayon. 3. menentukan kapan dan di mana siswa menggunakan benda karya seni yang sudah ditentukan oleh guru. 1. menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa tiga dimensi. Lesan, praktek. 3 X 35 mnt Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. II. Hal…..

Mengetahui : Kepala SDN Muarareja 02 Tegal

Tegal, 01 Februari 2011 Guru Kelas II

D A R T O, S.Pd.I NIP. 196007141984051001

SUMANTRI, S.Pd.SD NIP. 195906161978021002

SDN Muarareja 02 Tegal.

12

http://www.bungakanthil.blogspot.com/

SILABUS 4
MATA PELAJARAN KELAS SEMESTER STANDAR KOMPETENSI Kompetensi Dasar 9.1 mengekspresikan diri melalui gambar ekspresi. : Seni Rupa : II : 2 (genap) : 9. Mengekspresikan diri melalui seni rupa Materi Gambar ekspresi. Pengalaman Belajar 1. mengamati gambar kubisme karya Paul Klee. 2. menemukan berbagai bidang dalam gambar kubisme. 3. membuat gambar ekspresi (kubisme) dengan objek manusia. 1. membuat gambar ekspresi dengan tema malam berbintang. 2. menata benda-benda bekas dalam kotak hias untuk membuat karya seni rupa. Indikator 1. membuat gambar ekspresi berbagai objek imajinatif melalui unsure rupa dan perpaduannya dari alam sekitar. 2. membuat gambar ekspresi berbagai tema imajinatif dengan unsureunsur rupa dan perpaduannya. 1. membuat karya gambar cetak ekspresi dengan berbagai cetakan dari bahan alam. Penilaian Lesan, praktek. Alokasi Waktu 4 X 35 mnt Sumber Belajar Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. II. Hal…..

Praktek

2 X 35 mnt

Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. II. Hal…..

9.2 menggunakan klise cetak timbul. 9.3 mengekspresikan diri melalui teknik cetak timbul.

Cetak timbul

1. mengenal bahan-bahan alam yang dapat digunakan untuk mencetak. 2. menyiapkan bahan-bahan dan alat untuk mencetak. 3. membuat gambar cetak dari bahan kentang dengan objek burung-burung yang bertengger di ranting pohon. Mengetahui : Kepala SDN Muarareja 02 Tegal D A R T O, S.Pd.I NIP. 196007141984051001

Lesan, praktek.

4 X 35 mnt

Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. II. Hal…..

Tegal, 01 Februari 2011 Guru Kelas II SUMANTRI, S.Pd.SD NIP. 195906161978021002 13

SDN Muarareja 02 Tegal.

http://www.bungakanthil.blogspot.com/ Mata Pelajaran Kelas Bab Standar Kompetensi : : : : SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN Seni Tari. 2 ( Dua ) Gerak Alam ☺ Mengapresiasi karya seni tari. ☺ Mengekspresikan diri melalui karya seni tari HASIL BELAJAR 3 ☺ Mengidentifikasi gerak tumbuhan. ☺ Mengidentifikasi gerak hewan. ☺ Mengidentifikasi gerak alam semesta ☺ Mengidentifikasi gerak sulit dan mudah. INDIKATOR 4 ☺ Siswa dapat menjelaskan dengan memeragakan berbagai gerak tumbuhan. ☺ Siswa dapat menjelaskan dengan memeragakan berbagai gerak hewan. ☺ Siswa dapat menjelaskan dengan memeragakan gerak alam semesta. ☺ Siswa dapat mengidentifikasi gerak sulit dan mudah, serta memperagakannya. PENGALAMAN BELAJAR 5 ☺ Mendengarkan penjelasan guru dan memperaga kan tentang berbagai gerak tumbuhan. ☺ Mendengarkan penjelasan guru dan memperaga kan tentang berbagai gerak hewan. ☺ Mendengarkan penjelasan guru dan memperaga kan tentang berbagai gerak alam semesta. ☺ Mendengarkan penje lasan guru dan mempera ga kan tentang gerak sulit dan mudah,serta mem peragakannya MATERI POKOK 6 ☺ Gerak Tumbuhan. ☺ Gerak hewan. ☺ Gerak alam semesta. ☺ Gerak sulit dan mudah.
ALOKASI

NO 1 1.

KOMPETENSI DASAR 2 ☺ Mngidentifika si gerak alam semesta. ☺ Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta. ☺ Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak. ☺ Menanggapi gerak alam semesta dalam bentuk gerakan tari.

WAKTU

7 4 jam

SARANA DAN SUMBER 8 ☺ Buku kreasi seni dan kerajinan jilid 2, Erlangga Jakarta. ☺ Ruang tari.

PENILAIAN 9 ☺ Performance (memperagakan gerak tumbuhan) ☺ Performance (memperagakan gerak hewan ) ☺ Performance (memperagakan gerak alam semesta ) ☺ Performance (memperagakan gerak sulit dan mudah ).

Mengetahui : Kepala SDN Muarareja 02 Tegal

Tegal, 01 Februari 2011 Guru Kelas II

D A R T O, S.Pd.I NIP. 196007141984051001
SDN Muarareja 02 Tegal.

SUMANTRI, S.Pd.SD NIP. 195906161978021002 14

http://www.bungakanthil.blogspot.com/ SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN Mata Pelajaran Kelas Bab Standar Kompetensi : : : : Seni Tari. 2 ( Dua ) Menyajikan tarian pendek. ☺ Mengapresiasi karya seni tari. ☺ Mengekspresikan diri melalui karya seni tari HASIL BELAJAR 3 ☺ Memperagakan Keragaman unsur gerak tari ☺ Memperagakan gerakan dengan iringan. ☺ Memperagakan tarian pendek. INDIKATOR 4 ☺ Siswa dapat menjelaskan dengan memperagakan tentang Keragaman unsur gerak tari ☺ Siswa dapat memperagakan gerakan dengan iringan ☺ Siswa dapat memeragakan tarian pendek. PENGALAMAN BELAJAR 5 ☺ Mendengarkan penjelasan guru dan memperaga kan tentang Keragaman unsur gerak tari. ☺ Mendengarkan penjelasan guru dan memperaga kan gerakan dengan iringan. ☺ Dengan bimbingan guru, siswa memperagakan tarian pendek. MATERI POKOK 6 ☺ Keragaman unsur gerak tari ☺ Penampilan tari dengan iringan ☺ Menyajikan tarian pendek.
ALOKASI

NO 1 1.

KOMPETENSI DASAR 2 ☺Mengidentifikasi gerak alam semesta. ☺ Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta. ☺ Menggerakkan tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak. ☺ Menanggapi gerak alam semesta dalam bentuk gerakan tari. ☺ Menyajikan bebe rapa ragam gerak tari di depan penonton.

WAKTU

7 6 jam

SARANA DAN SUMBER 8 ☺ Buku kreasi seni dan kerajinan jilid 2, Erlangga Jakarta. ☺ Ruang tari. ☺ Musik Iringan tari.

PENILAIAN 9 ☺ Performance (memperagakan Keragaman unsur gerak tari) ☺ Performance (memperagakan tari dengan iringan ) ☺ Performance (memperagakan tarian pendek )

Mengetahui : Kepala SDN Muarareja 02 Tegal D A R T O, S.Pd.I NIP. 196007141984051001
SDN Muarareja 02 Tegal.

Tegal, 01 Februari 2011 Guru Kelas II SUMANTRI, S.Pd.SD NIP. 195906161978021002 15

http://www.bungakanthil.blogspot.com/

SILABUS
MATA PELAJARAN KELAS SEMESTER STANDAR KOMPETENSI Kompetensi Dasar 7.1 Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari bahan alam 7.2 Menyiapkan bahan alam untuk pembu atan cat. 7.3 Membuat cat pewar na dari bahan alam : Keterampilan : II (DUA) : 1 (GASAL) : 7. Menerapkan teknologi sederhana dalam keterampilan Materi Pokok / Pembelajaran Cat Warna Kegiatan Pembelajaran 1. Memilih warna bahan alam untuk pembuatan cat warna . 2. Menyebutkan langkahlangkah pembuatan cat warna dari bahan alam. Indikator 1. Siswa dapat memilih bahan alam yang dapat dibuat cat warna. 2. Siswa dapat menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan alam. Penilaian Praktik Alokasi Waktu 4 X 35 menit Sumber Bahan Kreasi Seni Budaya dan Keterampilan, kelas 2, Tim Abdi Guru ,Erlangga, halaman .........

3. Mengatur komposisi / ukur- 3. Siswa mampu mengatur komposi si/ukuran bahan dan alat pembuat an bahan an alat pembuatan cat warna alam. an cat warna dari bahan alam. 4. Mendemonstrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alam. 5. Mengelompokkan bahan alam yang baik dengan yang kurang baik. 6. Mengelompokkan bahan alam yang sesuai dengan yang dihasilkan. 7. Membuat warna baru. 8. Berkreasi dengan cat warna 4. Siswa dapat mendemonstrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alam. 5. Siswa dapat mengelompokkan bahan alam yang baik dengan yang kurang baik. 6. Siswa dapat mengelompokkan bahan alam yang sesuai dengan warna yang dihasilkan. 7. Siswa dapat menghasilkan warna baru. 8. Siswa mampu berkreasi dengan cat warna. 16

SDN Muarareja 02 Tegal.

http://www.bungakanthil.blogspot.com/

SILABUS
MATA PELAJARAN KELAS SEMESTER STANDAR KOMPETENSI Kompetensi Dasar : : : : Keterampilan II (DUA) 2 (GENAP) 14. Menerapkan teknologi sederhana dalam keterampilan Materi Pokok / Pembelajaran Cat Warna Kegiatan Pembelajaran 1. Memilih warna bahan alam untuk pembuatan cat warna 2. Menyebutkan langkah-langkah pem buatan cat warna dari bahan buatan. 3. Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna buatan. 4. Mendemonstrasi kan cara pembuatan cat warna dari bahan buatan. 5. Mengelompokkan bahan buatan yang baik dengan yang kurang baik. 6. Mengelompokkan bahan buatan yang sesuai dengan yang dihasilkan. 7. Membuat warna baru. 8. Berkreasi dengan cat warna.
SDN Muarareja 02 Tegal.

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu 4 X 35 menit

Sumber Bahan

14.1 Menjelaskan cara pembu atan cat pewarna dari bahan buatan yang aman. 14.2 Menyiapkan bahan buatan yang aman untuk pembuatan cat. 14.3 Membuat cat pewar na dari bahan buat an yang aman

1. Siswa dapat memilih bahan buatan yang dapat dibuat cat warna yang aman. 2. Siswa dapat menyebutkan langkahlangkah pembuatan cat warna dari bahan buatan yang aman. 3. Siswa mampu mengatur komposisi/ ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan buatan. 4. Siswa dapat mendemonstrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan buatan yang aman. 5. Siswa dapat mengelompokkan bahan buatan yang baik dengan yang kurang baik. 6. Siswa dapat mengelompokkan bahan buatan yang sesuai dengan warna yang dihasilkan. 7. Siswa dapat menghasil kan warna baru. 8. Siswa mampu berkreasi dengan cat warna.

Praktik

Kreasi Seni Budaya dan Keterampilan, kelas 2, Tim Abdi Guru ,Erlangga, halaman .........

17

http://www.bungakanthil.blogspot.com/

Mengetahui : Kepala SDN Muarareja 02 Tegal

Tegal, 01 Februari 2011 Guru Kelas II

D A R T O, S.Pd.I NIP. 196007141984051001

SUMANTRI, S.Pd.SD NIP. 195906161978021002

SDN Muarareja 02 Tegal.

18

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->