KELOMPOK 8

MIRRA HUTAMI (28) € ARAWINDA DEA NIRMALA (06) € DENDY ARTHIADY () € LEVIN CAESAREST ()
€

PERBANDINGAN PENDAPATAN PER KAPITA .

PERBANDINGAN PENDAPATAN PERKAPITA Setiap negara di dunia terus meningkatkan kesejahteraan penduduknya.Begitu pun Indonesia.Indonesia yang merupakan negara agraris menitik beratkan pembangunan pada sector pertanian. . Dengan usaha ini membuahkan hasil dan terbukti meningkatkan pendapatan perkapita Indonesia.

230 29.168 2.659 5.470 430 .Posisi Pendapatan Per Kapita Negara ASEAN ASEAN Indonesia Filiphina Thailand Malaysia Singapura Kamboja Pendapatan perkapita thn 2005(US$) 1.184 1.

.Bank dunia membagi negara-negara di dunia berdasarkan pendapatan perkapitanya.695. € Kelompok negara yang berpendapatan menengah ke bawah(lower middle income economies) Yang termasuk dalam kelompok ini adalah negara yang memiliki pendapatan perkapita $675-$2. yaitu € Kelompok negara berpendapatan rendah(low income economies) Yang termasuk dalam kelompok ini adalah negara yang memiliki pendapatan perkapita < $675.

Maka dengan pendapatan per kapita sebesar $1.335. € Kelompok negara yang berpendapatan tinggi(high income economies) Yang termasuk dalam kelompok ini adalah negara yang memiliki pendapatan perkapita >$8.€ Kelompok negara yang berpendapatan menengah tinggi(upper middle economies) Yang termasuk dalam kelompok ini adalah negara yang memiliki pendapatan perkapita $2.696-$8.184. Indonesia termasuk dalam negara yag berpendapatan menengah bawah. .356.

Pendapatan nasional merupakan pokok bahasan yang sangat erat kaitannya dengan kebijakan yang diambil untuk memperbaiki kondisi perekonomian. Secara umum arti penting pendapatan nasional adalah sebbagai sumber informasi untuk : € Menganalisis perkeembangan pendapatan dari tahun ke tahun € Mengetahui struktur perekonomian suatu negara. apakah negara agraris atau negara industri € Mengetahui kemajuan suatu negara dalam mencapai kemakmuran .

Manfaat Mempelajari Pendapatan Nasional € € € € Untuk menggambarkan jenis perekonomian dan strukturnya Membandingkan perekonomian antar negara dan antar daerah. Membandingkan data pendapatan dari waktu ke waktu. . Membantu pemerintah merumuskan kebijakan di bidang ekonomi.