P. 1
BENTUK BADAN HUKUM USAHA.ppt

BENTUK BADAN HUKUM USAHA.ppt

|Views: 415|Likes:
Published by Agus Usk
Uploaded from Google Docs
Uploaded from Google Docs

More info:

Published by: Agus Usk on Feb 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/04/2014

pdf

text

original

Start & Improve Your Business

BENTUK BADAN HUKUM USAHA Oleh: Juanda

1

Start & Improve Your Business

BENTUK BADAN HUKUM USAHA ‡ Tujuan sesi: ‡ Pada akhir sesi peserta mampu:  Menjelaskan berbagai macam bentuk badan hukum bisnis  Memilih bentuk badan hukum bisnis yang paling sesuai

2

Start & Improve Your Business

BENTUK BADAN HUKUM di INDONESIA

‡ ‡ ‡ ‡

Perseorangan Kemitraan/ persekutuan (CV) Perseroan Terbatas (PT) Koperasi

3

Start & Improve Your Business

‡ Menentukan bentuk badan hukum merupakan salah satu hal penting sebelum memulai suatu usaha. ‡ Bentuk badan hukum akan menjadi penting dan memberi kemudahan dalam hal. Biaya untuk memulai dan mendaftarkan bisnis. Kemudahan dalam memulai bisnis. Resiko keuangan ysng ditanggung oleh pemilik bisnis. Kemungkinan untuk mendapatkan mitra bisnis. Pembuatan keputusan dalam suatu bisnis Pajak terhadap keuntungan bisnis.

4

Start & Improve Your Business

Langkah-langkah yang dilalui dalam menentukan bentuk badan hukum usaha:

‡ Mengetahui bentuk-bentuk badan hukum berikut kelemahannya dan kebaikannya serta mengetahui syaratsyarat pendirian. ‡ Menyeleksi dengan seksama bentuk badan usaha yang cocok, dengan menggunakan faktor-faktor diatas.

5

Start & Improve Your Business

BENTUK BADAN HUKUM KELEMAHAN DAN KELEBIHANNYA

‡ PERORANGAN  Cara mendirikannya mudah/sederhana  Organisasinya sangat sederhana dan luwes, sehingga biaya rendah, rahasia perusahaan terjamin dan pajak ringan.  Keputusan-keputusan dapat segera diambil sesuai keadaan.  Seluruh keuntungan dapat dimiliki sendiri
6

Start & Improve Your Business

Kelemahannya: 
Modal tidak terlalu besar tetapi sulit mendapatkan pinjaman untuk menambah modal dalam jumlah besar.  Tidak ada batasan antara milik pribadi dan milik usaha, dengan demikian jika utang perusahaan tidak dapat dipenuhi, kekayaan pribadi menjadi tanggungan.  Tanggung jawab pemilik tidak terbatas  Pengelolaan dan perkembangan sangat tergantung kemampuan pemilik.

7

Start & Improve Your Business

KEMITRAAN/ PERSEKUTUAN (CV)
‡ Keuntungan  Tambahan modal mudah didapatkan karena semua kekayaan anggota aktif dapat dinjadikan tanggungan.  Biaya rendah.  Memungkinkan seseorang untuk menjadi anggota CV tanpa melibatkan seluruh kekayaan pribadinya dengan menjadi anggota pasif.  Inovasi dapat berjalan lebih baik, pengelolaan lebih baik dan profesional sehingga kelangsungngan hidup perusahaan lebih lama.

8

Start & Improve Your Business

Kelemahan  Anggota pasif tidak boleh mencampuri kebijaksanaan perusahaan pengelolanya.  Harta pribadi anggota aktif ikut menjadi tanggungan atas utang-utang perusahaan.  Kemungkinan terjadinya konflik karena ketidakjujuran anggota aktif terhadap anggota pasif serta rahasia perusahaan tidak terjamin.

9

Start & Improve Your Business

PERSEROAN TERBATAS (PT) ‡ Keutungan  Pendapatan besar.  Kerugian hanya terbatas pada modal yang ditanamkan.  Saham dapat diperjualbelikan.  Peluang untuk mendapatkan pinjaman tambahan modal lebih besar, kelangsungan hidup perusahan lebih terjamin.
10

Start & Improve Your Business

Kelemahan 

Prosedur pendirian lebih rumit.  Memerlukan biaya yang sangat tinggi.  Pemegang saham kurang memperhatikan perusahaan.  Harus diadakan pertemuan untuk menyusun Anggaran Rumah Tangga (ART), Anggaran Dasar (AD), dan garis kebijaksanaan.
11

Start & Improve Your Business

KOPERASI ‡ Keuntungan:  Adanya fasilitas tertentu dari pemerintah, seperti bebas beberapa macam pajak. ‡ Kelemahan:  Lebih bergantung kepada kejujuran dan kreafitas pengurusnya.  Keanggotaan tidak dapat diperjual belikan.
12

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->