KISI-KISI RUBRIK PENILAIAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN SISWA DALAM KELOMPOK No.

pernyataan memberitahukan acuan/ batasan materi 1 yang akan dipresentasikan menjelaskan materi dengan sistematis 2 Pengorganisasian memfokuskan materi pada penjelasan 3 presentasi point-point penting memberi kesimpulan di akhir kegiatan 4 presentasi Penyampaian isi materi menyampaikan materi dengan tuntas 5 presentasi menggunakan bahasa/ekspresi tubuh 6 Sikap, cara, dan ekspresi untuk menguatkan penjelasan 7 tubuh dalam menyajikan presentasi dengan cara yang menarik untuk diikuti. menyampaikan materi kepada audiens berani berkontak mata dengan audiens 8 mengecek pemahaman rekan audiens 9 tidak terkesan membaca saat presentasi 10 mampu menggunakan media presentasi 11 Pemanfaatan media dengan terampil presentasi Penggunaan media PowerPoint 12 menambah kejelasan presentasi Kejelasan bahasa dan suara terdengar jelas saat presentasi 13 suara saat presentasi menjelaskan secara efisien, tidak 14 Efisiensi waktu melebihi waktu yang disediakan memberikan jawaban terhadap 15 Menanggapi pertanyaan pertanyaan yang diajukan dan dapat audiens meyakinkan audiens Aspek Kriteria

10. 14. 2. 1. : KRITERIA Memberitahukan acuan/ batasan materi yang akan dipresentasikan Menjelaskan materi dengan sistematis/tidak loncat-loncat Memfokuskan materi pada penjelasan point-point penting Memberi kesimpulan di akhir kegiatan presentasi Menyampaikan materi dengan tuntas Menggunakan bahasa/ekspresi tubuh untuk menguatkan penjelasan Menyajikan presentasi dengan cara yang menarik untuk diikuti Berani berkontak mata dengan audiens Mengecek pemahaman rekan audiens Tidak terkesan membaca saat presentasi Mampu menggunakan media presentasi dengan terampil Penggunaan media powerpoint menambah kejelasan presentasi Suara terdengar jelas saat presentasi Menjelaskan secara efisien. 8. 3. 13.RUBRIK PENILAIAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN SISWA DALAM KELOMPOK Kelompok NO. tidak melebihi waktu yang telah disediakan Memberikan jawaban terhadap pertanyaan yang diajukan saat diskusi dan dapat meyakinkan audiens Observer PENILAIAN YA TIDAK . 6. 9. 15. 5. 11. 12. 4. 7.

(audiens) merasa bosan untuk mengikuti presentasi. Menyajikan presentasi dengan cara yang Jika penjelasan siswa tidak membuat siswa lain menarik untuk diikuti. 7. 4. Jika materi yang disampaikan tidak tuntas saat waktu habis. 6. Memfokuskan materi pada penjelasan pointpoint penting Jika siswa memfokuskan penjelasannya pada point-point penting sementara point yang tidak terlalu penting hanya sepintas saja. 1. Jika banyak point yang tidak penting dijelaskan oleh siswa dibandingkan point utamanya. Menjelaskan materi dengan sistematis Jika penjelasannya tidak loncat-loncat. Jika siswa jarang atau tidak pernah berkontak mata (menunduk saja atau melayangkan pandangan ke tempat lain atau hanya melihat hanya pada satu orang saja). dan siswa mampu menyambungkan point yang diterangkan dengan point selanjutnya. KRITERIA PENILAIAN YA TIDAK Jika sebelum memulai siswa tidak terlebih dahulu memberitahukan apa yang ia terangkan pada teman-temannya. Berani berkontak mata dengan audiens Jika siswa sering menyebarkan pandangan pada audiens atau berani menatap audiens yang sedang dituju.NO. Memberi kesimpulan di akhir kegiatan Jika siswa menyimpulkan materi dari awal presentasi sampai akhir materi yang dijelaskan. Jika siswa tidak pernah memperhatikan pemahaman rekannya dan tidak peduli apakah penjelasannya dapat dimengerti atau 2. Jika tidak menyimpulkan materi yang dijelaskan di akhir presentasi. Jika siswa mengecek pemahaman rekannya (audiens) dengan bertanya : ³apakah dapat dipahami?´ atau ³apa kamu mengerti apa yang 3. Jika dalam menjelaskan. sebelum bahasan tuntas ia sudah berpindah ke point lain dan tidak nyambung dengan point berikutnya. Jika penjelasannya tidak teratur. siswa cenderung pasif dan ekspresi tubuh kurang meyakinkan. Memberitahukan acuan/ batasan materi yang Jika sebelum memulai siswa terlebih dahulu akan dipresentasikan memberitahukan apa yang ia terangkan pada teman-temannya. 9. Menyampaikan materi dengan tuntas Jika materi yang dijadikan acuan bahan presentasi disampaikan dengan tuntas Menggunakan bahasa/ekspresi tubuh untuk Jika dalam presentasi siswa memperlihatkan menguatkan penjelasan mimik muka / gerakan tubuh yang meyakinkan/mendukung penjelasan. Mengecek pemahaman rekan audiens . 5. Jika penjelasan membosankan dan siswa lain kurang begitu memperhatikan dan tidak ingin mengikuti presentasi yang disampaikan oleh temannya. 8.

. didengar dengan jelas oleh siswanya yang lain. menyatakan keragudengan jelas saat berdiskusi dan tidak ragu-ragu raguan. Jika presentasi PowerPoint menambah kejelasan Jika presentasi powerpoint menyulitkan siswa lain saat presentasi serta isi PowerPoint siswa untuk memahami materi atau ada tidak membingungkan siswa lain. Tidak terkesan membaca saat presentasi 11. tidak melebihi waktu yang disediakan Memberikan jawaban terhadap pertanyaan yang diajukan dan dapat meyakinkan audiens 15. menggunakan PowerPoint yang dibuatnya. atau menjawab asal-asalan. sebelum waktu yang diberikan habis. Jika saat menjelaskan siswa tidak kerepotan Jika siswa terlihat kesulitan dalam menggunakan PowerPoint yang mereka buat. Jika penjelasan siswa tuntas tepat waktu atau Jika setelah waktu yang diberikan habis. Jika siswa menjawab pertanyaan dari audiens Jika siswa tidak tahu. Menjelaskan secara efisien. 12. saya jelaskan?´ dan sebagainnya. masih ada materi yang belum dipresentasikan oleh siswa. bagian dari PowerPoint yang membingungkan siswa lain. Suara terdengar jelas saat presentasi 14. tidak. serta dapat meyakinkan audiens. Mampu menggunakan media presentasi dengan terampil Penggunaan media PowerPoint menambah kejelasan presentasi 13. Jika PowerPoint hanya dilihat sesekali dan Jika siswa kontak matanya lebih dominan penjelasan tidak bergantung pada PowerPoint dengan powerpoint sehingga terkesan seperti membacakan apa yang ada dalam slide PowerPoint.10. Jika suara kelompok penyaji dapat didengar Jika suara kelompok penyaji tidak dapat dengan jelas oleh siswanya yang lain.