CARA MENGATASI “ABSORBER FULL” PRINTER CANON iP1980

Beberapa waktu yang lalu aku sudah memberikan sedikit tips tentang cara memasang infuse pada Printer Canon iP1980. Nah sekarang Sudah 2 hari ini aku di sibukkan dengan ulah printer yang ngeblink and ngeblink. Capek bro utak-atik printer tapi akhirnya selesai juga kerjaannya. Ceritanya begini, udah direset tapi printer masih terus blingking juga. Awalnya sih bingung gimana cara nanganinya. Ngeprint tidak bisa, perintahnya absorber sudah penuh, sehingga walaupun sudah direset tetap saja printer blingking. Solusinya aku bongkar saja printernya dan di bersihkan terhadap absorber sehingga lebih siap untuk dipakai. Printer Semua merk printer ink jet menyediakan bak khusus yang berisi gabus penyerap tinta. Letaknya di bagian dasar printer canon. Berikut langkah mencuci gabus absorber printer canon PIXMA IP 1980 : 1. Buka casing printer dengan hati-hati, a. Pertama-tama kamu buka pakai obeng kecil casing sisi kanan dan sisi kiri printer,

b. kemudian teruskan dengan membuka body casing bagian atas printer, kamu buka dulu baut bagian depan lalu baru buka bagian belakang. lihat gambar ini :

Ingat betul-betul pengaitnya ini penting saat Anda memasang kembali casing printer. Nah ini yang agak rumit.C. . Kalo takut lupa pasangnya kamu beri tanda khusus (tanda panah) pada bagian tertentu. kamu tinggal membuka beberapa baut satu persatu yang menempel di body printer dan pengait.

Pastikan selang saluran pembuangan sudah benar mengarah ke gabus absorber. Jemur gabus absorber yang telah dicuci di terik matahari hingga kering. . Masukkan gabus absorber pada bak/ timba plastic yang berisi air.2. tidak mengapa gabus yang belum kering dipasang kembali pada tempatnya. Printer haurs kita buka semua. Tekan dan tahan Tombol “Power” (On/Off) 3. ada baiknya selang pembuangan kamu keluarkan dari dalam printer tersebut dan kamu sediakan tempat khusus untuk pembuangan tinta tersebut. 5. Kini printer dalam kondisi lebih fresh dalam menyerap tinta. Kemarin ada sedikit pertanyaan dari rekan-rekan mengenai tempat pembuangan tinta printer canon IP 1980. Tapi kalo masih blink juga. Ada jalan terakhir yaitu kamu bawa ke tempat service. Tekan “Reset” dan lepaskan 5. Angkat penutup absorber kemudian keluarkan gabus absorber dari bak penampung. dan jika masih blinking juga. 1. Ini ada sedikit cara untuk mereset printer canon . Lebih disukai bila airnya hangat. Resiko melubernya tinta absorber ke bagian lain dari printer bisa di hindari dan printer lebih siap untuk mencetak. setelah aku perhatikan kurang lebih hampir samalah dengan Printer Canon. Apabila berhasil lampu Alarm akan menyala. Cuci dan peras gabus hingga dipastikan gabus bersih dari tinta. jika kita belum bisa memasang sendiri tempat pembuangan tintanya. kamu coba lagi beberapa kali. Cabut kabel Power 2. Lepaskan tombol “Power” 6. apabila anda merasa ingin cepat memakai printer. 1. kalo masih ngeblink kamu reset aja printernya. 3. Aku ambil contoh gambar di bawah ini yaitu Printer Epson. Sebelum kamu pasang kembali casing printer. alangkah lebih baik kita mengajak orang lain yang sedikit lebih mengerti mengenai cara pemasangnnya. Untuk sekedar saran & pendapat dari aku. 4. Untuk menghindari agar tangan anda tidak terlalu kotor gunakan sarung tangan plastic. Berarti printer kamu perlu uang service lebih. Masukkan kembali kabel Power 4.

apakah lewat belakang Printer atau lewat samping Printer seperti pada gambar di atas. kalo untuk printer di atas body printernya aku buka. minimal sejajar dengan selang tinta. saat printer hidup / beroperasi maka Catridge Printer akan menyangkut & printer mengalami sedikit error. minimal setengah aja oke selamat mencoba. Perbedaan Printer Epson dan Canon : kalo Printer Epson Selang pembuangan tinta cuma ada 1. usahakan sedikit agak longgar.2. Usahakan untuk mengisi tinta jangan terlalu penuh. 5. sedangkan untuk Printer Canon selang pembuangan tinta nya ada 2. 4. semoga berhasil . Untuk tempat penampungan pembuangan tinta harus lebih rendah. Body printer harus sedikit di lobangi sesuai dengan selera kita masingmasing. contoh gambar Printer Canon IP1980 3. Jangan menarik selang tinta terlalu kuat. Karena jika terlalu kuat atau kencang. 6.

Ini dia caranya: 1. harga tersebut sudah sama dengan harga printer yang baru (Rp. Akhirnya lewat sebuah eksperimen (dan saran dari beberapa teman). Namun setelah di-refill tampilan indikator tinta di monitor tidak mau naik.000 dan yang warna Rp. Tunggu sekira lima detik 3. yaitu me-refill cartridge yang lama. Jika ditambah sedikit lagi. 550. terlebih ketika saya harus menge-print lembar tugas saya yang panjangnya bisa sampai beberapa halaman. Niat saya untuk mengganti cartridge printer tersebut urung ketika saya mengetahui bahwa harga cartridge hitam yang baru Rp. harus diganti dengan cartridge yang baru) dan lampu orange pada printer berkedip-kedip. 2. Matikan printer. 180. Kalau ditotal sekitar Rp. Dengan kabel dalam keadaan tidak terpasang (tidak tercolok ke listrik) dan kabel USB tidak tersambung ke komputer/laptop .000 (harga tersebut adalah harga pada Januari 2009 di kawasan Mangga Dua Jakarta). tinta asli yang dari pabrikan sudah mau habis (pada computer sudah muncul tanda seru) Hal ini membuat saya bingung. cabut kabelnya dari stop kontak. yang muncul malahan tulisan ink-out (tinta habis. tekan dan tahan tombol power sekira tiga detik dengan jari tengah . 220. saya menemukan cara bagaimana agar printer tersebut mau tetap nge-print kendati tintanya sudah mau habis (atau sudah habis.000).Cara mereset printer Canon IP 1980 yang baru di-refill Belum genap sebulan semenjak saya membeli printer Canon IP-1980 (beberapa menyebutnya IP 1900).000 (harga tersebut terlalu mahal bagi mahasiswa berkantong pas-pasan seperti saya). 400. Akhirnya saya mengambil jalan pintas. tapi setelah di-refill tetap tidak terbaca).

tahan 5. Lampu power akan menyala warna hijau (tidak kedap-kedip) tekan power dengan jari tengah. tangan yang satunya mencolokkan kabel printer ke stop kontak. Tetap tahan jari tengah anda. Tetap tahan jari tengah anda di tombol power. Setelah itu. lepaskan kedua jari anda.4. Jari telunjuk menekan tombol resume dua kali (lampu akan berganti dari hijau-orange-hijau) 6. tunggu printer hingga ready (ditunjukkan dengan lampu hijau menyala tidak putus-putus) .

Hubungkan printer ke computer 9. Gunakan printer seperti biasa . Maka install kembali software printer anda. Sebagai bukti bahwa anda berhasil ‘menipu’ komputer anda.setelah menekan resume dua kali. anda harus menghapusnya (uninstall) 8. 11. Komputer akan men-detect printer anda sebagai printer baru 10. lampu hijau akan menyala tidak putusputus 7. Ini bertujuan untuk ‘menipu’ komputer anda agar tidak ‘mengingat’ bahwa tinta anda adalah tinta refill atau sudah mau habis. Jika tadinya anda sudah meng-install software printer tersebut. maka klik [Start]-[Settings]-[Printers and Faxes] dan anda akan melihat tampilan ‘Copy iP 1900 series (copy 1)’. Ini tandanya bahwa anda berhasil menginstall software anda.

dan install kembali softwarenya. Dengan cara seperti ini. printer tidak akan mempedulikan tinta anda. maka cara ‘aneh ala saya’ tersebut dapat ditinggalkan. saya tidak pernah memakainya untuk menge-print. dengan hanya sekali menekan tombol power). gunakan cara yang sama: cabut kabel-tahan power-colokkan kabel-tekan resume dua kali-gunakan. Apabila anda hendak mematikan printer. penuh-kosong. Tidak usah tekan tombol apapun pada printer 13. dan sampai sekarang tidak ada masalah apa-apa.nyalakan printer seperti biasa (sewajarnya. Begitu seterusnya. Sudah tiga bulan saya menggunakan cara seperti ini. tapi hal ini tidak usah dihiraukan. apakah asli-palsu. pasang cartridge baru tersebut. jika setelah melakukan hal tersebut ternyata anda diberi kemampuan untuk membeli cartridge baru (asli tentunya).12. dan lampu indikator menyala hijau tidak kedip-kedip menunjukkan printer dalam keadaan siap untuk dipakai. refill-bukan. Caranya: uninstall software anda. . Apabila anda ingin menggunakannya kembali. namun maaf risiko anda tanggung sendiri. Satu hal lagi. Mungkin cara ini bisa dicobakan ke printer-printer lain selain Canon IP 1980. Memang pada tampilan layar anda akan muncul tanda seru (layaknya tinta mau habis). Printer akan menge-print sesuai keinginan anda. Printer akan kembali normal. kecuali orang lain yang mungkin agak heran melihat cara saya menyalakan printer tersebut. Saya juga pernah mengaplikasikan cara tersebut pada printer saya yang lama (Canon S400SP). Namun karena kerusakan printer saya tersebut sudah terlalu parah (cartridge bocor dan menggenangi dasar printer). langsung saja cabut kabel powernya.

Cobalah kanibalkan kabel data (ganti kabel data printer dengan yang lain). Printer mencetak. biasanya sbb : Printer mati or tidak bisa dihidupkan • • • • Periksa sumber listrik dan kabel power printer. Langkah terakhir bisa instalasi ulang drivernya dan ikutin prosedurnya dengan benar. Kl dah tau langsung analisa n atasi beberapa masalah printer yg sering dan kemungkinan2 terjadi. terkadang jika buffer tidak cukup maka data tidak dapat dikirim ke printer dengan sempurna. diantaranya : Dot Matrik/Metrics. Cek space hardisk mencukupi untuk instalasi. Bersihkan juga head dan catridge printer bisa digunakan kain. Pastikan telah melakukan instalasi dan memilih driver yg tepat untuk printer tersebut. Untuk head bisa dicelupkan ke dalam air panas tetapi jangan sampai terkena rangkain elektroniknya Jangan lupa pasang semua yg dah dibersihin. pemilihan port juga harus disesuaikan. Cek saklar power (ON/OFF) pada printer Permasalahan yang diakibatkan tidak adanya power untuk printer ini biasanya ditandai dengan tidak menyalanya LED (lampu indikator) dari printer tersebut. spooler ini digunakan dengan tujuan agar anda tetap dapat menjalankan aplikasi ketika dilakukan pencetakan dokumen. Cek apakah ada port yang konflik dengan yg digunakan oleh printer. apakah sudah terhubung dengan port pararel / port USB di komputer dengan benar. tapi tidak ada yang tercetak diatas kertas (blank) • • • • Kerusakan ini bisa di atasi dengan membersihkan dengan utility yg tersedia dari printer tersebut. . Inkjet/Bubble Jet dan Laser Printer atau mungkin ada lagi yg belum gw sebutin.Permasalahan printer dan cara mengatasinya Sebelumnya mesti kenal beberapa jenis printer dulu. Cobalah untuk merubah setting “spooler” untuk printer melalui menu properties Printer. Ganti kabel penghubung atau saklar bila masih belum bisa dihidupkan Printer hidup tapi tidak dapat mencetak • • • • • • • • • • • Periksa tinta atau cartridge apakah ada kertas yg tersumbat (paper jamp) Periksa sambungan kabel data printer. Lampu indikator berkedip-kedip terus saat mencetak • Penyebabnya bisa dikarenakan tidak ada kertas di printer. bisa menggunakan test pen.

kejadian ini awal mulanya bisa disebabkan karena menarik kertas yg tersumbat. ya berdoa aja itu drum ga cacat permanen coz kl dah bgtu mesti diganti alias beli baru. untuk buble jet dikarenakan cartridge tinta tidak normal. Untuk hal ini harus diganti cartridge atau diperbaiki pinnya. Bisa juga catridge yang dipasang pada printer tidak cocok untuk printer tersebut. Hasil cetakan printer cacat • • • • • • Pada dot matrik biasanya disebabkan tidak lengkapnya jarum pin. Mengatasinya bisa mencoba membersihkan drum dengan kain lap yg bersih dan lembut selembut sutera “halah bahasanya ”. Pada laser printer. penyebabnya biasanya cacatnya komponen drum “komponen menempelnya tinta” pada printer. Ada saat bila telat memasang kertas atau setelah paper jump kertas yang dimuat belum ditekan tombol on load Kemungkinan lain ada kertas yang nyangkut di dalam printer. untuk mengatasi bisa dibersihkan dengan contact cleaner dan kain lap bersih. Kemungkinan lain pada printer dot matrik adalah pergerakan print head tidak lancar.• • • • • Cek catridge printer belum terpasang atau posisi pemasangan catridge mungkin tidak tepat. Cetakan cacat bisa disebabkan juga oleh tinta yg tidak merata dan kertas yg digunakan terlalu lembab. coba ratakan tintanya dan periksa kertas yg digunakan. Selanjuatnya sekian dan terima kasih terucapkan atas kunjungannya . Pada printer dot matrik sering kejadian pita tidak bisa berputar dgn semestinya so mesti diperiksa n di pasang ulang itu pita dengan benar. Sebagian priter diharuskan body printer dalam kondisi tertutup saat proses pencetakan.