PEMBUATAN ANTENA OMNI DIRECTIONAL 2,4 GHz UNTUK JARINGAN WIRELESS-LAN

Proposal Tugas Akhir Diajukan Guna Memenuhi Salah Satu Syarat Untuk menyelesaikan Pendidikan diploma 3 Program Studi Teknik Informatika
D I s u s u n Oleh :

Muhammad Ikmal 08032009

AKADEMI MANEJEMEN INFORMATIKA

STIEKOM SUMUTRA UTARA
MEDAN 2011

S. 2011 Diketahui dan Disahkan Oleh Pembantu Direktur Bidang Akademik : Sulindaraty.4 GHz UNTUK JARINGAN WIRELESS-LAN Diajukan Guna Memenuhi Salah Satu Syarat Untuk Menyelesaikan Pendidikan Dipolma 3 Program studi Teknik Informatika Oleh : Muhammad Ikmal 08032009 Disetujui Oleh : Ketua Program studi ( Rajid Yuliawan .kom ) Medan .kom . s.LEMBAR PENGESAHAN PEMBUATAN ANTENA OMNI DIRECTIONAL 2.

....DAFTAR ISI COVER ......1 II....3 2.............................Daftar Pustaka.......................... Tujuan.................................... Manfaat......................................................................................................................................... Latar Belakang .............................................................................iii I................................................................................................................................................Sistimetika Penulisan................4 IV...........................Hipotesis.............................................1 Ruang Lingkup..........Tinjauan Pustaka....................................5 V............................................................................................................Permasalahan ...6 VI.................................i LEMBAR PEGESAHAN.....................................................................................7 VII.............................................................3 III..........ii DAFTAR ISI..............................................................................................................................9 Lampiran ...................................8 VIII.................2 2..........................................................................2 Batasan Masalah................................

1 . dapat digunakan di sisi Access Point (AP) untuk komunikasi data pada jaringan Wireless-LAN. dan sebaliknya. Adapun syaratsyarat antena yang baik: Impedansi Input yang sesuai (matched) dengan impedansi karakteristik kabel pencatunya (SWR < 2). selain itu teknologi ini sangat praktis dan efisien. frekuensi tersebut sudah banyak digunakan di seluruh dunia karena frekuensi 2. Dalam hal ini sebagai perangkat penyesuai (matching device) antara sistem pemancar dengan udara. yaitu untuk meradiasikan gelombang elektomagnetik. dimana fungsi antena sebagai perangkat untuk komunikasi wireless. manusia memerlukan komunikasi untuk saling bertukar informasi di mana saja. maka sinyal dapat dipancarkan ke segala arah dan aplikasi yang dibutuhkan dari antena tersebut.11 b/g. peran antena sangatlah penting untuk mendapat perhatian khusus. untuk memudahkan koneksitivitas antara client dan server dibuatlah teknologi wireless. kapan saja dan dengan siapa saja.I. Mengingat semakin banyaknya pelanggan (client) yang ingin sharing/terhubung/terkoneksi pada jaringan komputer setempat.4 GHz merupakan standar dari protokol IEEE 802. Salah satu sistem komunikasi yang merupakan andalan bagi terselenggaranya integrasi sistem telekomunikasi secara global adalah sistem komunikasi nir-kabel (wireless). sebagai perangkat penyesuai dari udara ke sistem penerima. Berbicara tentang sistem komunikasi wireless.4 GHz pada sisi server sangat berguna untuk komunikasi wireless yang terpadu. dapat memancarkankan dan menerima energi gelombang radio dengan arah dan polarisasi yang sesuai dengan aplikasi yang dibutuhkan. Atau bahkan keduakeduanya. Dengan antena Omnidirectional. bila antena tersebut berfungsi sebagai media radiasi gelombang radio. Antena yang juga disebut sebagai areal. LATAR BELAKANG Di era informasi saat ini. yaitu perangkat yang berfungsi untuk memancarkan atau menerima gelombang elektromagnetik dari media kabel ke udara atau sebaliknya udara ke media kabel. bila antena tersebut berfungsi sebagai media penerima gelombang radio. Teknologi wireless banyak digunakan oleh masyarakat harganya yang sekarang sudah terjangkau dan menghemat dana untuk biaya penarikan kabel.11 b/g untuk wireless-LAN. Dalam suatu sistem komunikasi radio peranan antena sangat penting. dimana peran antena yang beroperasi pada frekuensi 2. berfungsi sebagai media radiasi dan sekaligus penerima gelombang radio. antena ini diharapkan dapat bergunakan pada sisi server dan dapat melayani setiap client-nya dalam suatu area/kawasan WiFi sesuai dengan standar protokol IEEE 802.

Sebuah antena adalah bagian vital dari suatu pemancar atau penerima yang berfungsi untuk menyalurkan sinyal radio ke udara.Bentuk antena bermacam macam sesuai dengan desain. TV. 2.2 Batsan Masalah Pembahasn Masalah Dibatasi agar Permasalahan Tidak Menyimpang dari Tujuan .Dalam Penelitian Masalah yang diteliti hanya kekuatan ANTENA OMNI DIRECTIONAL 2. PERMASALAHAN Dibidang elektronika definisi antena adalah "transformator / struktur transmisi antara gelombang terbimbing (saluran transmisi) dengan gelombang ruang bebas atau sebaliknya.4 GHz UNTUK JARINGAN WIRELESS-LAN 2 . radar. Sekarang antena adalah salah satu elemen penting yang harus ada pada sebuah teleskop radio. Antena Omni Adala 2. pola penyebaran dan frekuensi dan gain.II. dan semua alat komunikasi lainnya yang menggunakan sinyal". Panjang antenna secara efektif adalah panjang gelombang frekuensi radio yang dipancarkannya.4 GHz UNTUK JARINGAN WIRELESS-LAN memancarkan kekuatan yang lebih besar dalam satu atau lebih arah memungkinkan untuk peningkatan kinerja pada mengirim dan menerima dan mengurangai gangguan dari sumber yang tidak diinginkan.1 Ruang Lingkup Berdasarkan Latar Belakang yang di Uraikan oleh penulis Ruang Lingkupnya Adalah Apakah PEMBUATAN ANTENA OMNI DIRECTIONAL 2.

III.. MANFAAT 1. Untuk memperluas jangkauan jaringan WIFI IV . Bisa dijadikan Sebagai media Bantu Dalam memperkuat jaringan WIFI 3 .4 GHz UNTUK JARINGAN WIRELESS-LAN 2. untuk mengetahui cara kerja ANTENA OMNI DIRECTIONAL 2. TUJUAN Adapun Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah : 1.

. program diploma dan NIM . 3. SISTEMATIKA PENULISAN Sistematika penulisan dalam penyusunan proposal tugas akhir ini adalah Sebagai berikut : 1.NIM . nama dan tanda tangan ketua jurusan program studi . 5. PERMASALAHAN Permsalahan yang berisi tentang ruang lingkup penelitian demi mencari pemecahan masalah. logo AMIK STIEKOM SUMATERA UTARA . HALAMAN JUDUL Halaman judul berisi judul tugas akhir . nama mahasiswa . tulisan proposal tugas akhir .program Dipolma dan tahun . TUJUAN Menguraikan tujuan yang diinginkan dari penelitian yang akan dilaksanakan . 2 .NIM . Ada juga batasan – batasan masalah tentang penyelesaian masalah yang dilakukan penulisan pada tempat dimana penulis melakukan penelitian . oleh karena itu judul dan sub-sub judul yang ditulis dalam dafatar isi harus langsung ditunjukan nomor halamannya .nama mahasiswa . HALAMAN PENGESAHAN Halaman pengesahan berisi judul tugas akhir . 5. tulisan halaman pengesaha . program studi .V . 4. LATAR BELAKANG Pada latar belakang ini menjelaskan tentang pemilihan judul dan sebab Pemilihan judul . DAFTAR ISI Daftar isi di maksudkan untuk memberikan gambaran secara lebih rinci dari sistimetika tugas akhir . tulisan proposal tugas akhir .

SISTEMATIKA PENULISAN Yang menguraikan secara singkat ururtan atau susunan sistimatika penulisan proposal tugas akhir ini. HIPOTESIS Terdapat teknik cara – cara penelitian dalam pengambilan data baik langsung maupun tidak langsung . Tentang apa-apa yang terdapat didalamnya .4 6. bagi lembaga/ perusahan terkait maupun bagi perguruan tinggi dan masyarakat luas. MANFAAT Berisi tentang manfaat yang ditimbulkan dari hasil penelitian yang dilaksanakan penulis adapun manfaat tersebut khususnya bagi penulis. hasil penelitian akan dirumuskan . 8. baik buku.jurnal.media masa. DAFTAR PUSTAKA Daftar semua sumber yang digunakan sebagai bahan kajian . LAMPIRAN Berisi semua informasi dan bahan yang tidak dicantumkan dalam naskah Proposal . maupun alamat web. Dijelaskan juga waktu dan tempat loksi penelitian . 11. Semua bahan kajian dalam isi proposal harus dicantumkan daftar pustaka . . TINJAUAN PUSTAKA Memuat tinjauan singkat dan jelas atas pustaka yang dipakai sebaiknya Adalah pustaka yang terbaru dan relevan. baik dari buiku . jurnal atau bahan lainnya . instrument penelitian dan lain-lain . 9. seperti jadwal penelitian . 10. 7.

tapi daya yang diterima tiap daerah tidak sama (daya menyebar ke samping namun tidak ke atas dan ke bawah). Begitu juga dengan amplifier.. Apa itu gain antenna? Sebelum menjawab pertanyaan ini. penguatan tersebut adalah permainan dari pengubahan “catuan” yang diubah dalam bentuk penguatan (begitu secara sederhananya).? 6 . suatu amplifier membutuhkan catuan (energy listrik). TINJAUAN PUSTAKA 6. Pada amplifier. Lantas mengapa antena dapat mengirim dan menerima sinyal (gelombang yang berisi informasi)? Mengapa ia bisa memancarkan dan menerima gelombang? Karena ada medan di antara antenna pengirim dan penerima (antenna yang sedang melakukan komunikasi). gain adalah penguatan. Ada isotropik. karena tidak mungkin suatu alat beroperasi dengan satu frekuensi saja. Beamwidth menunjukkan gain yang tersebar di daerah-daerah sekitar antenna. Polanya dapat dikatakan seperti bola. Ada bebagai macam pola pancar yang ada pada jenis-jenis antenna. Trus. bentuk antena yang berbeda akan menghasilkan pola pancar yang berbeda pula. Apa yang menyebabkan perbedaan pola pancar pada suatu antena? Perbedaan pola pancar disebabkan oleh bentuk antena. Ya. dimana geombang tesebut berisi informasi. Frekuensi yang dimaksud merupakan suatu rentang. Kita dapat melihat pola pancar antena dipole yang pola panarnya seperti apel atau disebut pola pancar omni directional antenna ini memancar ke segala arah. Medan adalah suatu daerah yang masih dipengaruhi oleh gejala fisis dari suatu antenna. mari kita ingat kembali pengertian gain pada amplifier. Ketika kita memasukan daya sebesar 10dBw ke amplifier yang mempunyai penguatan 10dB.5 VI. Pertanyaannya. maka daya yang keluar adalah 20 dBw. Antena tersebut saling berkomunikasi pada suatu frekuensi tertentu. Pola pancar itulah yang disebut beamwidth. Untuk dapat bekerja. gimana dengan gain pada antenna yang tadi itu.1 Defenisi antenna antena adalah sebuah sesuatu alat yang mengirim dan menerima gelombang elektromagnetik. Gain yang menyebar itulah yang kemudian membentuk pola pancar suatu antenna. Nah. omnidirectional directional dan lain-lain.?? Apa maksud dari penguatan antenna 30 dBi. bahwa energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dihilangkan. dari mana penguatan tersebut diperoleh? ^^’ hehehe Seperti yang kita ketahui.. Rentang frekuensi itulah yang dikatakan Band Width Antena. Antena Isotropik berarti antenna memancar ke segala arah dengan besar daya yang sama pada setiap titik.

Nah. hanya saja antena dibandingkan dengan antenna dipole. catuan yang digunakan sebenarnya adalah informasi yang dikirim). Gain-gain tersebutlah yang kemudian akan membentuk beamwith (pola pancar). karena ga ada suatu alat yang ideal). jika lebih dari itu maka kekuatan atau daya nya akan melemah. beberapa asumsi tersebut adalah : 1.2 Mengenal jaringan wireless – LAN Beberapa Asumsi Dasar mengenai jaringan wireless Diketahui bahwa Perlengkapan WiFi mempunyai batasan jarak komunikasi sekitar 5-8km. Jarak jangkauan komunikasi WiFi sekitar 5-8 km 2. Contoh : 1. Fiber Optic 2. adalah perbandingan antara antenna yang kita ukur dengan antenna isotropik (pada kenyataannya antenna isotropik adalah antenna ideal dan antenna ini tidak ada. dBi atau decibel isotropik. Microwave links 3. hubungan internet mereka mungkin menggunakan media telekomunikasi yang berbeda khususnya untuk hubungan dengan jarak cukup jauh. VSAT links 7 . ini agak berbeda dengan gain pada amplifier. 6. dBd (dB dipole) juga mirip dengan dBi.Gain pada antenna berarti perbandingan daya pada sudut tertentu yang diukur dari sebuah antenna atau perbandingan daya yang diterima pada antenna yang kita gunakan dengan antenna lain yang dianggap lebik ideal. untuk pengertian gain antenna. antenna adalah suatu elemen pasif yang bekerja tidak memakai catuan (Untuk antenna pengirim. Kemungkinan Akses point berada di ISP Pada ISP. Karena.

Biasanya menggunakan system operasi Linux . buat kabel USB WLAN menjadi tahan terhadap segala cuaca c. Saat di jalankan pada text mode minimal kita gunakan Pentium I atau Pentium II yang dapat selalu digunakan sebaga router. instalasi dan konfigurasi bervariasi. Kabel Pigtail dengan coaxial kabel untuk menghubungkan PCI card dengan antenna 4. Pada bagian Ini kita akan mendiskusikan persiapan untuk membangun jaringan tetangga dengan nirkabel. Pada dasarnya kita harus mempersiapkan beberapa perangkat keras seperti : 1. Dalam beberapa kasus. Kabel coaxial 4. Untuk beberapa USB WLAN card yang dibuat dengan antenna berfrekuensi 2. kamu membutuhkan beberapa benda untuk membuat jarak lebih jauh : a. WLAN card. Kartu Wireless LAN (WiFi) 3. Antenna 5. Beberapa orang menggunakan PCI card dengan konektor antenna diluar. PC yang dijadikan router 2. Sebuah antenna yang dibutuhkn untuk komunikasi. Letakkan USB WLAN card di depan reflector parabolic ACCESS POINT di ISP umumnya diletakkan di tempat yang tinggi di atas tower Persiapan perlengkapan nirkabel jaringan tetangga .Perlengkapan WLAN untuk digunakan diluar ruangan. khususnya Linux mandrake yang mudah digunakan dan di install (pasang). 3. beberapa type dari 3COM cards & COMPEX tanpa konektor antenna luar maka akan sulit di aplikasikan di luar ruangan. buat USB WLAN card menjadi tahan terhadap segala cuaca b. Switch / hub untuk LAN Kita harus memutuskan system operasi apa yang akan digunakan untuk pendkung PC router. dapat menggunakan Pentium I dan Pentium II dengan RAM 64 MB dan system operasi Linux 2. PC router.4 GHz. Pada dasarnya kita membutuhkan 4 benda untuk memasang WLAN : 1. 8 . Tidak semua WLAN card baik untuk dipakai diluar ruangan.

4 GHz kita biasanya menggunakan konektor tipe N untuk antenna dan kabel koaksial kita.Perlengkapan Perangkat Keras 1. membutuhkan sesuatu yang sederhana seperti : . sisi access point . dapat menggunakan antenna jenis yagi. Beberapa akses point mempunyai fungsi yang kompleks. : 1. sisi antenna client / pengguna. Firewall. PC atau Personal Computer yang dapat dijadikan router atau gateway di antara jaringan nirkabel dan jaringan local tetangga. Tapi ada juga beberapa kartu jaringan yang dapat digunakan untuk jaringan dengan jarak yang jauh dan menggunakan konektor antenna 3.Memory 64Mbyte . Antenna Sebuah antenna luar biasanya digunakan untuk memperpanjang jangkauan.Kartu Wireless LAN Tidak semua kartu wireless dapat digunakan untuk jarak yang jauh atau aplikasi diluar ruangan. antenna parabolic dan antenna dengan menggunakan kaleng.Hard drive 3Gbyte 2. NAT dan Proxy server Beberapa proteksi biasanya akses point dapat digunakan untuk membatasi akses MAC Address atau IP Address 9 .Pentium II 166MHz . Umumnya kita membutuhkan. Antenna yang kita gunakan bervariasi tergantung dengan aplikasi atau kebutuhan yang akan kita gunakan. seperti : DHCP server.Pigtail Pada frekuensi 2. 2. dapat menggunakan antenna jenis omni atau sectoral antenna Akses point Di ISP umumnya akses point digunakan untuk melayani client / pengguna jaringan nirkabel.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian observasi.hipotesis merupakan salah satu bentuk konkrit dari perumusa masalah. Hipotesis merupakan kunci keberhasilan suatu eksprimen. HIPOTESIS Hipotesis adalah suatu ide untuk menyelesaikan suatu masalah.VII. Observasi adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui suatu pengamatan.dengan disertai pencatata-pencatatan terhadap keadaan atau perilaku objek sasaran. . Dengan adanya hipotesis . pelaksana penelitian diarahkan untuk membenarkan atau menolak hipotesis.

wordpress.blogspot.com/2010/03/mengenal-jaringan-wireless-dasar.wikipedia.com/2010/03/14/sedikit-tentang-antenna/.10 DAPTAR PUSATAKA http://nulislagi.html http://en. http://kamissore.org/wiki/Omnidirectional_antenna .

11 LAMPIRAN .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful