LATAR BELAKANG

Biopori adalah lubang silinder yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah. Lubang diameter sekitar 10-30 cm. Kedalaman lubang resapan biopori (LRB) sekitar 100 cm atau tidak melebihi kedalaman air tanah. Lubang tersebut biasanya diisi sampah organik, yang berfungsi memberi makan organisme tanah, seperti cacing tanah hidup dan berkembang biak. Organisme tanah seperti Cacing ini akan membuat pori-pori dalam tanah (biopori). Manfaat yang dihasilkan dari lubang biopori, membuat tanah menjadi berongga dan mampu menyerap air lebih optimal. Biopori atau yang biasa disebut dengan Teknologi Lubang Resapan Biopori merupakan metode alternatif untuk meresapkan air hujan ke dalam tanah selain sumur resapan .

ALAT DAN BAHAN
a. Pengumpulan alat dan bahan yang diperlukan Alat yang dibutuhkan: 1) Bor tanah

2) Ember air 3) Semen 4) Pasir 5) Bata roster (penutup berlubang) 6) Pipa PVC (jika perlu), bisa diganti dengan bambu berdiameter sekurang-kurangnya 10 cm.

b. Pembuatan Biopori

basahi terlebih dahulu.• Tentukan lokasi sumur resapan. HASIL PENGAMATAN Memasukan daun kering ke dalam lubang biopori pembuatan lubang biopori hasil Awal pembutan lubang biopori merapikan hasil pembuatan . agar proses pengeboran lebih mudah. yang diinginkan. Jika tanah kering.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful