Demokrasi Terpimpin

PKN

yang berbeda dengan system demokrasi liberal yang merupakan produk dari barat.Demokrasi Terpimpin di indonesia ‡ ‡ Demokrasi terpimpin di Indonesia dimulai sejal dikeluarkannya Surat Perintah Sebelas Maret pada tanggal 11 maret 1966. Demokrasi terpimpin di Indonesia dimaksudkan oleh Sukarno sebagai demokrasi yang sesuai dengan kepribadian bangsa. .

Agama. komplek olahraga senayan. tahun 1955 Penyimpangan di Bidang Kebijakan Luar Negeri ‡ Politik konfrontasi dengan pembagian dunia menjadi 2 bagian. Jakarta by pass.Penyimpangan Demokrasi terpimpin di indonesia Penyimpangan di Bidang Kebijakan Dalam Negeri ‡ Mengumumkan ajaran Nasakom (Nasionalis. Jembatan Ampera) ‡ Menyelenggarakan Ganefo (Games of the New Emerging Forces) yang sebagian besar pesertanya adalah Negara-negara komunis . Monumen Nasional. komunis) ‡ Penetapan MPRS tentang jabatan Presiden Soekarno sebagai Presiden RI seumur hidup ‡ Pembubaran DPR hasil pemilu 1. yaitu Oldefo (Old Establishes Forces/Negara-negara kapitalis imperialis) dan Nefo (New Emerging Forces/Negara-negara progresif revolusioner) ‡ Melaksanakan politik Mercu Suar (pembangunan proyek-proyek raksasa.

Sistem pemerintahan yang dianut ialah Demokrasi Parlementer (Sistem Demokrasi Liberal). Indonesia dibagi dalam beberapa negara bagian.1949 ‡ Tahun 1949 . Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) Berubah fungsi menjadi MPR Tahun 1945 .1950 ‡ Berlaku Konstitusi RIS. sistem pemerintahan Demokrasi Pancasila seperti yang diamanatkan oleh UUD 1945 belum sepenuhnya dapat dilaksanakan karena negara dalam keadaan darurat dalam rangka mempertahankan kemerdekaan. . yaitu dari dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga Jatuhnya kekuasaan Sukarno. Pemerintahan dijalankan oleh Perdana Menteri dan Presiden hanya sebagai lambang. Terpimpin pada saat pemerintahan Sukarno adalah kepemimpinan pada satu tangan saja yaitu presiden.Pelaksanaan Demokrasi terpimpin ‡ ‡ ‡ Demokrasi Terpimpin berlaku di Indonesia antara tahun 1959-1966. Disebut Demokrasi terpimpin karena demokrasi di Indonesia saat itu mengandalkan pada kepemimpinan Presiden Sukarno.

kolusi dan nepotisme (KKN).1965 ‡ Pada periode ini sering juga disebut dengan Orde Lama.Tahun 1959 . presiden dan DPR berada di bawah MPR. dengan penyempurnaan pelaksanaannya dan perbaikan peraturan-peraturan yang tidak demokratis. Menurut UUD 1945 presiden tidak bertanggung jawab kepada DPR. Dengan demikian pemusatan kekuasaan presiden Tahun 1966 . wewenang dan tanggung jawab . maka kekuasaan menumpuk pada presiden. Tahun 1998 ± Sekarang ‡ Demokrasi yang dikembangkan pada masa reformasi pada dasarnya adalah demokrasi dengan mendasarkan pada Pancasila dan UUD 1945. dengan meningkatkan peran lembaga-lembaga tinggi dan tertinggi negara dengan menegaskan fungsi.1998 ‡ Periode ini dikenal dengan sebutan pemerintahan Orde baru yang bertekad melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen. UUD yang digunakan adalah UUD 1945 dengan sistem demokrasi terpimpin. dengan tumbuh suburnya budaya korupsi. sehingga terjadilah penyalahgunaan kekuasaan. Dalam pelaksanaannya sebagai akibat dari kekuasaan dan masa jabatan presiden tidak dibatasi periodenya.

Hal ini disebabkan karena : Pada masa Demokrasi parlementer. Demokrasi Terpimpin merupakan reaksi terhadap Demokrasi Parlementer/Liberal. kekuasaan presiden hanya terbatas sebagai kepala negara. ‡ ‡ .Tugas Demokrasi terpimpin Tugas Demokrasi terpimpin : ‡ Demokrasi Terpimpin harus mengembalikan keadaan politik negara yang tidak setabil sebagai warisan masa Demokrasi Parlementer/Liberal menjadi lebih mantap/stabil.

3. Terbentuk lembaga negara 5. Konsep ini diperkenalkan oleh Presiden Soekarno yang berfungsi sebagai satu jalan menyatupadukan golongan-golongan berlainan haluan politik di Indonesia. Parlemen lemah 6. Menampakkan derajat Indonesia di forum Dunia.Kelebihan dan Kekurangan Demokrasi terpimpin Kelebihan: 1. konsep penyatuan ini diharapkan Presiden Soekarno dapat membawa Indonesia menjadi lebih baik) 3. Indonesia menjadi salah satu kekuatan militer yang patut diperhitungkan di Asia. Presiden terlalu mendominasi 5. Terjadi devaluasi mata uang . Tertatanya kehidupan politik Indonesia 4. Kemiliteran lebih terkoordinir Kekurangan: 1. pada masa Orde Lama. pemusatan pada presiden 4. 2. segi ekonomi rakyat kurang terperhatikan akibat berbagai kebijakan politik pada masa itu 2. Agama dan Komunis. Konsep pancasila menjadi NASAKOM ( Nasionalis.