P. 1
Langkah Koneksi Database Ke Visual Studio 2008

Langkah Koneksi Database Ke Visual Studio 2008

|Views: 1,273|Likes:

More info:

Published by: Aulia Kusuma Dewi II on Feb 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/21/2013

pdf

text

original

Langkah Koneksi Database Ke Visual Studio 2008 HASIL AKHIR TUGAS SEPERTI DIBAWAH INI TAPI ANDA DAPAT

MENGKREASIKAN SESUAI KEINGINAN ANDA, SEMAKIN BAIK SEMAKIN BAIK PULA NILAINYA

1. Pastikan anda sudah membuat sebuah database di Microsoft Access 2. Untuk tugas buat database dengan design view sebagai berikut : Id autonumber (primary key) Name text Grade text Class text Gender (gunakan lookup wizard langkahnya pilih lookup wizard lalu akan muncul

jendela lookup pilih I will type the value, lalu akan muncul pilihan banyaknya kolom biarkan tetap 1 saja isi kolom dengan female dan male, selanjutnya next lalu finish) Place text Date date/time Address text Notes memo Isikan data banyaknya 15 record

Buka aplikasi Microsoft Visual Studio 2008 4.3. Pilih create project Lihat gambar diatas Pada NAME bisa diisikan nama file anda ClassXI_NamaLengkap (jangan gunakan spasi). lalu pada LOCATION anda bisa memilih direktori mana tempat anda menyimpan file contoh D: ClassXI_NamaLengkap lalu klik OK 5. Ketika sudah muncul gambar seperti di bawah ini .

Pilih TOOLBAR lalu cari DATA pilih add new data source Pilih database lalau pilih next Pilih NEW CONNECTION .

Nah. bisa diganti kalau kita memakai database dari vendor lain tapi itu untuk yang advance silakan lebih lanjutnya dieksplor sendiri^^) Database file name pilih dari database yang sudah kita buat sebelumnya Hanya itu saja yang kita ubah. selebihnya biarkan saja jangan lupa pilih Test Connection kalau muncul Notif seperti berikut maka anda boleh syukuran karena sudah sukses mengkoneksikan VS dengan Access Jangan lupa pilih OK dan Next Loh kok muncul notif lagi yup jadi notif itu memberitahukan kalau visual studio akan mengcopy database yang sudah anda buat tadi ke project VS (Visual Studio) pilih saja YES Setelah itu akan muncul pilihan SAVE CONNECTION . muncul kan jendela seperti di atas maksudnya seperti berikut Data source biarkan Microsoft access database file (karena memang begitu yg kita buat.

.jadi kita itu diberikan pilihan bagaimana data yang mau ditampilkan nantinya di visual studio.Pilih lagi NEXT. kita checklist saja keduanya Yang TABLE itu akan menampilkan bentuknya table dan yang VIEWS itu akan menampilkan bentuknya form (isinya label dan textbox) pilih finish deh Nah sekarang kita akan melakukan hal yang paling ditunggu2-tunggu yaitu menampilkan database di visual studio . Nah ini yang terakhir .

untuk gender karena akan menggunakan combo box maka delete dulu textbox yang ada ganti dengan cara menginsertkan combobox yang ada do tool box. kalau tidak ada munculkan dulu dengan cara pilih DATA lalu pilih SHOW DATA SOURCE database yang dikoneksikan hanya terdiri dari 1 tabel saja sebagai contoh yaitu tbstudent untuk menampilkannya tinggal klik dan drag saja ke form Hasilnya seperti itu karena yang ditampilkannya adalah DATA GRID VIEWS kalau ingin bentuk form tinggal pilih panah kecil disamping table diatas (lihat tanda lingkaran) lalu pilih DETAILS .pilih DATA SOURCE. klik multiline untuk membuat textbox menjadi besar seperti diatas. lalu pada properties windows pilih items . klik drag ke form lalu hasilnya seperti berikut Hasil diatas adalah hasil jadi lihat panah pada textbox notes.

Akan muncul buton klik dan muncul jendela seperti dibawah ini Isikan seperti diatas klik ok lalu jangan lupa pilih data bindings Pada advance klik button lalu akan muncul jendela seperti di bawah ini .

untuk button script yg digunakan sebagai berikut TEXT << < > >> ADD DELETE SAVE CANCEL EXIT NAME btnfirst btnprevious btnnext btnlast btnadd btndelete btnsave btncancel btnexit SCRIPT Me.tbstudentbindingsource.canceledit Me.moveprevious Me.tbstudentbindingsource.movefirst Me.tbstudentbindingsource.endedit Me.dispose INGAT !!!!!!! SESUAIKAN DENGAN NAMA TABEL YG ANDA BUAT. MIS TABEL ANDA NAMANYA TBSISWA MAKA GANTI MENJADI TBSISWABINDINGSOURCE DST .movenext Me.tbstudentbindingsource.tbstudentbindingsource.removecurrent Me.tbstudentbindingsource. TEXT DAN NAME ADA DI PROPERTIES WINDOWS SCRIPT DIMASUKAN DENGAN DOUBLE CLICK BUTTON Selamat mencoba ^^ .tbstudentbindingsource.addnew Me.Pada bindings pilih tbstudentdatabindings lalu pilih gender.tbstudentbindingsource. maka selesailah pembuatan koneksi database ke visual studio.movelast Me.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->