P. 1
Secara astronomis indonesia berada pada 60 LU

Secara astronomis indonesia berada pada 60 LU

|Views: 945|Likes:
Published by Kahar Sayank Kakkak

More info:

Published by: Kahar Sayank Kakkak on Feb 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/11/2012

pdf

text

original

Secara astronomis indonesia berada pada 60 LU - 110 LS dan 950 BT - 1410 BT.

artinya indonesia terletak didaerah iklim tropis (daerah tropis berada diantara 23 1/20 LU dan 23 1/20 LS). Ciri - ciri daerah tropis antara lain temperatur cukup tinggi (260C - 280C), curah hujan cukup banyak (700 - 7000mm/ tahun) dan tanahnya subur karena proses pelapukan batuan cukup cepat. Bila dilihat dari geografis , indonesia terletak pada pertemuan dua rangkaian pegunungan muda, yakni sirkum pasifik dan rangkaian sirkum mediterania, sehingga indonesia memiliki banyak pegunungan berapi. hal tersebut menyebabkan tanah menjadi subur. Di Indonesia terdapat 10% spesies tanaman, 12% spesies mamalia, 16% spesies reptilia dan amfibi , dan 17% dari spesies burung yang ada didunia. sejumlah spesies tersebut bersifat endemik , yaitu hanya terdapat di Indonesia dan tidak ditemukan ditempat lain. Contohnya adalah sebagai berikut: 1. burung cendrawasih di papua, 2. burung maleo di sulawesi, 3. komodo di pulau komodo. 4. anoa di sulawesi 5. rafflesia arnoldii, terdapat dipulau sumatera dan penyebarannya disepanjang bukit barisan dari aceh sampai lampung. 6. Bunga bangkai (Amorphophallus titanum) merupakan flora khas indonesia yang terdapat disumatra. Tumbuhan yang beraneka ragam dan bernilai ekonomi dapat dimanfaatkan. contohnya sebagai berikut: 1. macam - macam varietas durian (Duriozibethinus), antara lain , durian petruk dari randusaria jepara, durian sitokong dari ragunan, durian sunan yang berasal dari boyolali, durian simas dari bogor. 2. Kedondong (Spondias cythrerea), misalnya kedondong karimunjawa berasal dari Karimunjawa. 3. Salak (Zalacca edulis), misalnya , salak pondoh berasal dari desa soka sleman dan salak bejalen dari ambarawa.

Wallace memperhatikan perbedaan pada flora dan faunanya.Kepulauan Indonesia merupakan tempat dua kawasan / daerah bertemuyaitu kawasan oriental yang amat kaya akan binatang dan mamalia. c) Kalimantan memiliki badak bercula dua. Persebaran Hewan Di Wilayah Indonesia Timur Bagian timur indonesia ditempati fauna tipe Australia yang terdiri atas burung .dan dipulau komodo terdapat komodo (biawak besar). orang utan. dan kanguru pohon.hewan yang khas. dibagian tengah . dan merpati berjambul. a) Sumatra memiliki hewan . dan berhasil menarik garis pada peta sedemikian serupa sehingga memisahkan kelompok kehidupan satu sama lain. contohnya berbagai jenis kera. 2. Persebaran Hewan Di Wilayah Indonesia Barat Bagian barat yang merupakan paparan sunda memiliki fauna asia. 1. dan orang utan. gajah. wallabi. seperti sulawesi terdapat hewan yang khas yaitu anoa. babi hutan. harimau dan banteng. badak bercula dua. cendrawasih. macan tutul. .burung dengan warna menyolok misalnya Kasuari. burung nuri. dan beruang madu. tapir. siamang. harimau. kera berhidung panjang. dan rusa. seperti: gajah. b) Jawa memiliki badak bercula satu. kerbau liar. Daerah yang merupakan tempat peralihan yang mecolok adalah sulawesi. parkit. Zona peralihan antara Oriental dn Australian bagian kepulauan indonesia ini merupakan daerah peralihan antara kawasan Australian dan Oriental. macan. beberapa jenis hewan berkantung misalnya kanguru.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->