Adalah kegiatan/aktifitas yang berkaitan dengan gerakan magma.

(wikipedia. Magma di Bumi merupakan larutan silika bersuhu tinggi yg kompleks & merupakan asal mula BATUAN BEKU.Merupakan batu2-an cair yg terletak dlm KAMAR MAGNA di bawah permukaan bumi.org) Tempat Keluarnya magma ke permukaan bumi disebut Gunung Berapi. >INTRUSI MAGMA >EKSTRUSI MAGMA .

berbentuk pipih dan melebar. yaitu magma yang memotong lapisan batuan dengan arah tegak/miring. berbentuk pipih dan melebar. yaitu magma yang membeku di dalam dapur magma. ` Apofisa.1. INTRUSI MAGMA Yaitu proses penerobosan magma ke dalam litosfer tetapi tidak mampu mencapai permukaan bumi. batuan beku yang berbentuk diantara dua lapisan batuan. ` Lakolit. ` Sill/keeping intrusi. ` Gang. yaitu batuan beku yang terbentuk dari resapan magma dan membeku diantara dua lapisan batuan berbentuk lensa cembung. yaitu batuan beku yang berbentuk dicabang-cabang gang. Hasil: ` Batolit. berukuran kecil .

.

.3 macam erupsi: a) Erupsi linear. c) Erupsi Areal. yaitu keluarnya magma melalui terusan kepundan. yaitu keluarnya magma melalui retakan atau celah. b) Erupsi sentral. yaitu keluarnya magma pada satu areal tertentu karena dekatnya dapur magma dengan permukaan bumi.

Dapur magma yang kecil dan dangkal mengakibatkan letusan satu kali dan mati . Gn.1. Selanjutnya magma yang encer ini mengalir kesegala arah membentuk lereng yang sangat landai.Api Perisai(Tameng). Terjadi akibat letusan ekspolosif yang membentuk lubang lingkaran besar di permukaan bumi.Api Maar. Gn. 2. Terjadi akibat magma keluar sangat encer.

Semeru dan Kelud (Jawa Timur) . seperti di Indonesia adalah Gunung Merbabu dan Merapi Jawa Tengah. Terjadi akibat erupsi eksplosif yang diselingi dengan erupsi efusif sehingga lerengnya berlapislapis dan terdiri atas bermacam-macam batuan. Gn.3.Api Strato. Gunung api strato paling banyak terdapat di dunia.

b. erupsi ini biasanya menyemburkan material vulkanik yang bersifat padat cair. Erupsi eksplosif. Erupsi efusif atau letusan yang tidak menimbulkan ledakan karena tekanan gas kurang kuat. . Yaitu keluarnya magma pd satu areal tertentu karena dekatnya dapur magma dengan permukaan bumi.a. adalah erupsi atau letusan dan kandungan mineral yang dikeluarkan.

.

.

Berdasarkan derajat kekentalan magma. kedalaman dapur magma dan bahan material yang dikeluarkan. tekanan gas magnetic. letusan gunung api dibedakan menjadi : 1) Letusan tipe Hawaii 2) Letusan tipe stromboli 3) Letusan tipe vulkano 4) Letusan tipe merapi 5) Letusan tipe perret atau plinian 6) Letusan tipe pelee 7) Letusan tipe Sint Vincent .

1) Terjadinya getaran bumi 2) Suhu disekitar kawah naik 3) Sumber air tiba-tiba kurang atau kering 4) Terdengar suara gemuruh 5) Binatang di puncak turun ke lereng 6) Pohon-pohon di sekitar kawah mengering .

   Material vulkanis padat (efflata) Material berupa cairan Material Berupa Gas .

berasal dari pipa kawah yang terlempar. berasal dari bekuan magma yang keluar. Efflata aulogen. Berdasarkan Ukurannya: ` ` ` ` Boom berukuran besar Lapili sebesar kerikil Pasir vulkanik sebesar butiran pasir Abu vulkanis efflata yang halus .Berdasrkan Asalnya: ` ` Efflata autogen.

a) Lava. yaitu lava yang membeku bersama air hujan . yaitu aliran magma ke permukaan bumi b) Lahar panas. yaitu lava yang merupakan campuran lava dengan air c) Lahar dingin.

asam arang dan lain-lain . gas belerang. gas nitrogen.Terdiri dari atas uap air.

.

4) Geiser Sumber air panas yang memancar secara berkala. 2) Mata Air Panas Air tanah terletak dekat dapur magma. c) Mofet. keluar sebagai air panas. . yaitu gas belerang (H2S). Mata air panas yang mengandung mineral. yaitu gas asam arang. yaitu gas uap air (H2O). b) Fumarol. 3) Sumber air mineral.1) Ekshalasi (sumber gas) berupa : a) solfatar.

Gas beracun mematikan manusia .Pengaruh Negatif .Lahar panas bersifat merusak kehidupan .Hujan abu merusak semua yang dilaluinya .Gelombang pasang ` .Awan panas merusak kehidupan .Letusan gunung api merusak lahan pertanian .Lahar dingin mendangkalkan sungai .

Abu vulkanik bersifat menyuburkan tanah pertanian .Gunung api merupakan daerah penangkapan hujan .Hutan di daerah gunung berapi berfungsi menahan erosi serta menyimpan air hujan . seperti belerang. perak dan lain-lain . .Menghasilkan bahan galian..Hancuran bahan vulkanis mengandung unsure hara.

2) Mendirikan pos-pos pengamatan di sekitar gunung berapi.1) Membuat terowongan-terowongan air pada kepundan yang berdanau. . 3) Mengungsikan penduduk yang bertempat tinggal di lereng-lereng gunung berapi yang akan meletus. 4) Membuat dam-dam penampungan di daerah aliran lahar.

.

.

Nur Handoyo Noviana Fransisca .Writen By : Muhamad Akbar Triana M.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful