PANDUAN PERJALANAN HAJI DAN UMROH

BAGI JAMAAH HAJI KOTA TEGAL KLOTER 82 SOC TAHUN 1431 H / 2010 M

Disusun oleh :
Drs. H. UNTUNG SUPRIYADI, Lc TPHD KOTA TEGAL TAHUN 1428 H / 2007 M

(Kepala SMP Al-Irsyad Tegal)
Diperbanyak oleh : FORUM SILATURROHIM UMMAT ISLAM (FSUI) Sekretariat Jl. May. Jend. Sutoyo No. 7 Telp. 353655

KOTA TEGAL

2

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim Segala puji bagi Allah, Rob semesta alam, sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Alhamdulillah sebagaimana tahun-tahun yang lalu, masyarakat Kota Tegal dapat melaksanakan Rukun Islam yang kelima yaitu berangkat ke Tanah suci untuk menunaikan ibadah haji dan umroh. Pada musim haji tahun 1431 H bertepatan 2010 M ini, jama’ah haji Kota Tegal tergabung dalam Kloter 82 SOC embarkasi Adi Sumarmo Solo. Terdiri dari 323 jamaah di dalamnya terdapat 1 TPHD dan 1 TKHD dari Pemerintah Kota Tegal ditambah 52 jama’ah dari Kabupaten Kudus dan 5 petugas (TPHI, TPIHI, Dokter dan 2 paramedis). Mudah-mudahan Jama’ah Haji Kota Tegal khususnya dan seluruh jama’ah haji pada umumnya akan dapat menunaikan ibadah haji dan umroh dengan baik, lancar, sehat serta memperoleh predikat HAJI MABRUR. Untuk itulah Forum Silaturahmi Umat Islam (FSUI) Kota Tegal, menyusun dan membagikan buku ini kepada setiap jama’ah, semoga dapat membantu jama’ah Haji dalam melaksanakan ibadah-ibadah di tanah suci.
3

Lc. Ketua FSUI adalah semua Ketua Ormas Islam yang terdiri dari Nahdhatul Ulama (NU). haji beserta jajaran staffnya. As-Salafiyah. Lembaga Da’wah Islam (Lemdais). UNTUNG SUPRIYADI. Tegal. Demikian buku Panduan Haji dan Umroh ini kami bagikan semoga dapat bermanfaat bagi para jama’ah. Al-Irsyad. Kepala Kementrian Agama Kota Tegal. AlKhaeriyah. Forum Silaturahmi Ummat Islam (FSUI) Kota Tegal adalah wadah silaturrahim diantara ormas-ormas Islam Kota tegal yang telah dideklarasikan sejak tahun 2000. Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada: Bapak Walikota Tegal. Kabag Sosial. 22 Oktober 2010 Forum silaturrahimi Umat Islam (FSUI) Kota Tegal ttd Drs. bukan merupakan jadwal waktu yang pasti. Ihsaniyah.Perlu dimaklumi bahwa penentuan tanggal dan waktu dalam buku ini adalah hasil konsultasi dengan Departemen Agama Kota Tegal dan perkiraan dari Penulis. Ribatul Ukhuwwah. Muhammadiyah. Forum silaturrahmi Majlis Taklim (FSMT) dan Syarikat Islam (SI). kaur. Sekjend 4 . dan semua yang terlibat dalam penyusunan buku panduan haji dan umrah ini. Karim Oei. Persatuan Ummat Islam (PUI). Sehingga bila terjadi pergeseran atau perubahan harus disesuaikan dan dimengerti. Syiarul Islam.

Untuk memudahkan dalam membawa koper besar tersebut. Keluar rumah. Jum’at. sampai di Pendopo 5 . Berangkat dari rumah ke Pendopo Balai Kota Tegal dengan kegiatan : 1. 4 Nopember 2010 / 27 Dzulqo’dah 1431 H Hari Kamis.00 – 11. 5 Nopember 2010 / 28Dzulqo’dah 1431 H A. I.00 WIB Koper besar diserahkan ke Kantor DEPAG Kota tegal. 3.PERKIRAAN WAKTU DAN PERJALANAN SERTA KEGIATAN-KEGIATAN BAGI JAMA’AH HAJI KOTA TEGAL ( KLOTER 82 SOC ) TAHUN 1431 H / 2010 M Kegiatan Pra Pemberangkatan : Kamis. 4 Nopember 2010 / 27 Dzulqo’dah 1431 H pukul 08. Jama’ah akan bertemu dengan kopernya nanti di Bandara King Abdul Aziz. berdo’a lalu naik kendaraan menuju Pendopo Balai Kota Tegal. Jangan lupa melengkapi koper besar dengan jaring dari tambang plastik untuk mengantisipasi kerusakan koper. Koper-koper besar tersebut akan diangkut dengan truk pada hari Kamis malam jam 21.00 ke asrama haji Donohudan Surakarta. Kegiatan Pemberangkatan. jangan lupa pula mengikatkan pita warna sesuai warna rombongan masing-masing. famili dan tetangga (dilepas oleh keluarga). 4. 2. Sholat sunah safar dua rokaat. jamaah bisa memberi roda pada koper besarnya. Berdo’a sesudah sholat sunah. Berpamitan dengan sanak keluarga.

(di pemdopo tidak ada acara seremonial) C. agar melapor kepada panitia untuk diatur penempatannya. Rombongan jamaah haji menggunakan bus Dewi Sri diberangkatkan + pukul 08. Bagi yang mudah mabuk perjalanan (muntah.00 – 12. Karena keterbatasan tempat. mencopet atau tindak kriminal lainnya. pusing.00 WIB (jangan sampai terlambat. 2.00 WIB. Hati-hati dengan barang bawaan dan barang berharga lainnya. 2. Jangan lupa berdo’a. Tidak perlu berebut saat naik bus. Sampai di pendopo pukul 07. Naik bus sesuai dengan kartu dan nomor tempat duduk yang telah dibagikan.30). Bus / rombongan akan berhenti di rumah makan Salsabil untuk istirahat. sebagian sholat dan sebagian makan. jama’ah bisa membagi dua secara bergantian. 3. Memperbanyak dzikir / sholawat di dalam bus selama perjalanan.pukul 07. tidak jarang suasana hiruk pikuk dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri. Di Pendopo Balai Kota Tegal. (jam 11. 3. makan siang dan sholat dhuhur qoshor diteruskan sholat ashar jamak takdim dan qoshor. Saat di bus akan dibagikan buku kesehatan oleh petugas. masuk pendopo jamaah hanya boleh didampingi oleh satu orang pendamping. 6 . Duduk istirahat di pendopo sesuai rombongan masingmasing menunggu keberangkatan.00 WIB. dll) ataupun tidak tahan AC. Pemberangkatan dari Pendopo Balai Kota Tegal ke Asrama haji Domohudan Surakarta. 1. B. dengan kegiatan : 1.

Jum’at.lalu berganti sebaliknya. keluarga atau jamaah lainnya. jika tahun ini masih ada). 5 Nopember 2010. bermaterai Rp. Jam 12.15 malam ) Tiba di Asrama Haji Donohudan + pukul 17. lalu duduk di kursi sesuai rombongannya masing-masing di ruang penerimaan.00 WIB sore sampai dengan Sabtu. seperti buang hajat kecil ataupun besar agar dilakukan di rumah makan Salsabil. II. Bagi jamaah yang sakit dan masih memungkinkan/diijinkan melanjutkan perjalanan. Oleh karenanya segala sesuatu keperluan selain makan dan shalat.00 WIB ( jam 5 sore). untuk mendampingi selama perjalanan dan pelaksanaan haji. Di Asrama Haji Donohudan Boyolali + 26jam Jum’at.-.30 bus melanjutkan perjalanan ke Asrama haji tanpa berhenti lagi. Lalu menerima tas pinggang kecil berisi obat-obatan dan masker (seperti tahun sebelumnya. 3. 6000. agar melihat dulu nomor rombongan di bagian depan.15 WIB ( pukul 6. 1. 7 . akan ditunjuk baginya pendamping dari ketua regu. 6 Nopember 2010 / 29 Dzulqo’dah 1431 pukul 18. Sebelum duduk. 5 Nopember 2010 / 28 Dzulqo’dah 1431 H pukul 17. dengan terlebih dahulu menandatangani surat pernyataan kesanggupan sebagai pendamping. begitu pula rombongan 2 dan seterusnya. termasuk jamaah yang sudah udzur (usia lanjut). 2. Biasanya rombongan 1 berada di deret paling kiri (utara). Turun dari bis dengan membawa barangnya masing-masing. Pemeriksaan ulang kesehatan dengan menunjukkan Buku Kesehatan untuk dicap oleh Tim Dokter Embarkasi (pelabuhan udara).

logam tajam dan sejenisnya atau benda berat seperti trolli besi untuk menarik tas.15 WIB hari Sabtu. 8. Bisa di pesan dahulu. mengingat sebelumnya sudah kurang istirahat. Menuju kamar yang telah ditentukan oleh Sholat maghrib dan ’isya serta makan malam lalu istirahat. 9. 5.4. juga bisa dilayani disini. 11. Panitia. kemudian diambil pada saat kepulangan. tas paspor atau yang lainnya termasuk yang ada di saku pakaian jama’ah. Sebaiknya tidak usah menerima tamu / keluarga demi menjaga kondisi badan. akan disita oleh petugas lalu diserahkan kepada panitia 8 . di asrama haji tersedia lengkap oleholeh khas haji. 7. Pembagian uang biaya hidup (living cost) selama di tanah suci dan paspor. Pembagian kartu kamar dan kartu makan. 10. Jama’ah akan memasuki ruang pemberangkatan dengan berbaris antri satu persatu (antrian bisa cukup panjang) untuk pemeriksaan barang-barang yang ada di dalam tas tenteng. 6. Gunakan waktu untuk istirahat sebaik-baiknya. Persiapan keberangkatan ke lapangan udara dan pemberangkatan oleh PPIH + pukul 18. Jangan lupa menghitung uang yang berupa mata uang Riyal dan jangan lupa pula memeriksa paspor (fotonya benar atau keliru) kemudian disimpan di tas paspor. Bagi yang enggan menenteng bawaan berat saat kepulangannya. Latihan / peragaan manasik yang dilaksanakan di asrama haji atau istirahat total. Bagi yang hendak pasang roda kopor. Barang-barang yang membahayakan seperti : benda cair lebih dari 100 ml. 6 Oktober 2010. Pembagian Gelang tanda pengenal.

13. Sampai di bandara jama’ah turun dari bis dan langsung naik pesawat.00 WIB – Ahad. 12.Di dalam pesawat. Usahakan tetap suci dan memiliki wudhu ketika di pesawat untuk melaksanakan sholat maghrib dan ‘isya dijamak ta’khir di pesawat bagi yang belum sempat sholat maghrib dan ‘isya di asrama haji.45.dari Depag Kota Tegal untuk dibawa pulang kembali ke daerah asal. Insya Allah dengan pesawat Garuda Nomor Penerbangan GA 6317. Lama perjalanan kurang lebih 11-12 jam. Perjalanan Surakarta – Jeddah Sabtu. Dalam ruangan ada sedikit acara pemberangkatan yang diakhiri dengan do’a. bagi yang akan niat ihrom di pesawat harus sudah berpakaian ihrom.15 WIB. 6 Nopember 2010. Karena perbedaan waktu Indonesia bagian barat dengan waktu Saudi adalah 4 jam. maka untuk penyesuaian sebaiknya arloji diperlambat 4 jam ( 4 x 60 menit). Berdo’a ketika akan tinggal landas Pesawat tinggal landas + pukul 20. Setelah do’a pemberangkatan jama’ah menaiki bis sesuai rombongan masing-masing menuju bandara Adi Sumarno Solo. 7 Nopember pukul 04. Berhati-hatilah ketika menaiki tangga pesawat jangan sampai terpeleset. 9 . 14. 6 Nopember 2010 + pukul 20. sehingga ketika turun di Bandara King Abdul Aziz jam tangan telah sesuai dengan waktu setempat. Sabtu. III.

pB. Hp. Wahyudin. Agus Seri. Buang air kecil jangan ditahan. yang terdiri dari : 1) TPHI (Ketua Kloter) H. Bagi yang sudah berpakaian ihrom. 08122740800 4) TPHD Kota Tegal. M. 081548182464 2. 081548830483 5) TKHD Kota Tegal. dr. Hp. dari Urais Kementrian Agama Kota Tegal. 15.Hp.Ag. Siti Fatimah No. 081542281115 2) TPIHI (Pembimbing Ibadah) Drs. No. No. No. niat ikhromnya + satu setengah jam sebelum mendarat di Jeddah. Lenny Herlina Herda HS No. O81803967067 3) TKHI (dokter kloter) dr. H. karena bisa saja sinyal Hp akan mengganggu pesawat. 16. S. Atau minta bimbingan petugas kloter. Tobari. 081327004058 6) Paramedis 1. Hp. No. Hp. Hp.Ag. (ada pemberitahuan dari petugas/pramugari dan juga biasanya tertera di layar TV dalam pesawat setelah mendekati miqot Qornul Manazil). BA. Memperbanyak dzikir selama dalam perjalanan sembari memanfaatkan waktu untuk istirahat tidur. Hp. S. minta petunjuk pramugari tentang cara pemakaian toilet. jangan sampai air terpecik atau tumpah di lantai tempat buang air karena bisa mengganggu penerbangan. Hartoto. Kiswo Utomo No.Setelah memasuki pesawat segeralah non aktifkan hamd phone. 085869249943 10 .

jama’ah tidak perlu berebut. Jama’ah tetap di tempat duduknya di dalam pesawat ketika pengisian bahan bakar. 20. (biasanya petugas petugas di ruangan ini sangat suka apabila diberi hadiah permen). jangan ada barang yang tertinggal. V.Pesawat berhenti untuk mengisi bahan bakar Insya Allah di Jakarta atau Abu Dhabi atau mungkin non stop / langsung ke Jeddah. Di pos PPHI King Abdul Aziz.45 waktu Saudi. 7 Nopember 2010 (jam 04.17. Keluar dari pesawat dengan hati-hati. Kemudian sambil keluar ruangan tas-tas tersebut diperiksa oleh petugas dengan alat detector berjalan. Selanjutnya memilih tas / koper besar masingmasing. Kurang lebih Pukul 04. Paspor Jama’ah dikumpulkan lewat ketua regu. ketua regu dikumpulkan ke 11 . Di Bandar udara /Airport King AbdulAziz Ahad pagi. Jama’ah duduk di bangku panjang yang tersedia untuk antri satu persatu pemeriksaan paspor. hari Ahad. 21. Dan akan dipandu oleh petugas PPHI sub daker bandara King Abdul Aziz yang berseragam. 18. Kemudian langsung menuju ruang imigrasi untuk pemeriksaan paspor dan barang-barang. Selanjutnya tas / koper besar tersebut diangkut ke gerobak oleh para pekerja bandara menuju ruang tunggu bagian dalam untuk istirahat di pos PPHI King Abdul Aziz yang telah disediakan.45 waktu Saudi) 19. 7 Oktober 2010 pesawat mendarat di Bandar udara King Abdul Aziz Jeddah.

oleh karenanya alternatif berpakaian ihrom dari Asrama haji akan sangat memudahkan.ketua rombongan yang nantinya akan diserahkan kepada supir bus yang membawa jama’ah ke Makkah. sehingga harus menjaga larangan-larangan ihrom. 22. biasanya sesuai rombongan masing-masing. Selanjutnya jama’ah istirahat dengan memperbanyak membaca talbiyah. 23. dimungkinkan jamaah haji hanya diberi waktu kurang lebih dua (2) jam di airport. Jangan lupa menjaga barangnya masing-masing. jama’ah segera naik bus dengan hati-hati jangan berebut. Setelah bus tersedia. Jama’ah mandi sunnah ikhrom. tetap memperbanyak talbiyah. niat ikhrom haji bagi yang melakukan haji ifrod dan niat umroh bagi yang melakukan haji tamattu. Pada musim haji tahun ini. Dalam perjalanan banyak-banyaklah membaca talbiyah dipimpin 12 . sholawat. sholat sunnah ikhrom dua rokaat. yaitu daerah Jarwal. Tas / koper besar akan dinaikkah ke atas bus oleh para pekerja Bandara (tidak dipungut biaya. Bagi yang ingin menghubungi keluarga bisa membeli kartu perdana”AL-JAWWAL”atau MOBILY agar lebih hemat. Menunggu keberangkatan ke Makkah dengan menggunakan bus. Jangan mondar-mandir di area bandara. tasbih. sehingga sangat terbatas waktunya bagi yang berikhrom dari bandara King Abdul Aziz. 24. hal ini dilakukan bagi yang mengambil miqot di Jeddah. namun boleh saja memberi shodaqoh kepada para pekerja tersebut). Selanjutnya bus akan bergerak ke Pondokan / Hotel yang telah ditentukan di Makkah. Ingat anda sudah berikhrom.

oleh ketua rombongan atau yang lainnya dan berdo’alah ketika memasuki Kota Makkah (Tanah Haram) Bus sebelum sampai di Makkah akan singgah sebentar di terminal Haji untuk check point oleh petugas Saudi. Saat itu biasanya jama’ah akan dibagi air minum botol secara cuma-cuma.. Bisa juga menggunakan bis umum atau mobil-mobil kecil dengan tarif berfariasi dari 2 Riyal sampai 5 Riyal. Pembagian kamar akan diatur oleh Ketua Rombongan dan ketua regu. Di Makkah sebelum Wukuf 13 . (jama’ah yang muda bisa membantu jama’ah lain yang butuh pertolongan). hanya antara 1. segera masuk kamar dengan membawa barang-barang bawaannya seperti koper besar. Daerahnya pun daerah perkotaan yang ramai. Pandai-pandailah memilih dan menawar. Jaraknya tidak jauh dari Masjidil Haram. Sampai di pondokan / hotel mencari kamar yang disediakan. Setelah mendapatkan pembagian kamar. Untuk pulang pergi ke masjidil Haram bisa menggunakan bus-bus berbendera (stiker) Indonesia yang disediakan oleh panitia tanpa dipungut biaya. Jangan langsung naik sebelum mengetahui tarifnya. Setelah istirahat secukupnya kemudian secara berombongan ke Masjidil Haram untuk melakukan umroh bagi yang tamattu’ atau thowaf Qudum bagi yang ifrod. 25. Pondokan haji/hotel untuk jamaah haji kota Tegal pada musim haji tahun ini berad di Jarwal. termasuk daerah ring I (yaitu daerah yang dekat dengan masjidil haram). VI.3 sampai dengan 2 km lebih sedikit. tas jinjing dan lain-lainnya. banyak tersedia kebutuhan sehari-hari dan juga berbagai macam souvenir serta oleh-oleh haji.

7 Nopember2010.Ahad. sa’i dan tahallul (potong rambut) bagi yang tamattu. Atau bila mau bisa menggunakan jasa tukang potong rambut di kios-kios pangkas rambut yang ada di dekat Bukit Marwah. setelah tiba di pemondokan / Hotel di Makkah dan telah mendapatkan kamar serta istirahat secukupnya. Hari Ahad. 14 Nopember2010 / 1 Dzulhijjah 1431 s. Memperbanyak istighfar. 8 Dzulhijjah 1431 + 8 hari.d. Setiap hari usahakan sholat berjama’ah di Masjidil haram.d. 2. Thowaf Qudum bagi yang ifrod dan thowaf. Sebaiknya salah seorang dari rombongan ada yang membawa gunting kecil untuk memotong rambut. 7 Nopember 2010 s. berdzikir. tadarus Al-Qur’an. Jangan lupa berdoa ketika memasuki masjid dan ketika memandang ka’bah. Bagi yang tamattu setelah kembali ke pondokan / Hotel mengganti pakaian ikhromnya dengan pakaian biasa. 1. ongkos potong rambut paling mahal 10 Riyal. lalu bawalah tas tersebut masuk ke dalam masjid. Ahad. Jika memungkinkan masuk masjid lewat babus salam. 3. secara berombongan menuju ke Masjidil Haram untuk melakukan umroh (tamattu) atau Thowaf Qudum (ifrod). Sedang yang ifrod tetap berpakaian ikhram dengan menjaga laranganlarangannya sampai tanggal 16 Nopember 2010 setelah tahallul awal (+ 10 hari). mengingat pahalanya seratus ribu kali lipat dari sholat di Masjidil yang lain. 14 . Untuk menjaga hal yang tidak diinginkan masukkan sandal / sepatu ke dalam tas plastik atau tas sandal. thowaf sunnah setiap masuk Masjidil Haram (pengganti sholat tahyatul 4. dengan mempertimbangkan kondisi badan dan kesehatan.

Biasanya dikoordinasikan oleh ketua regu dan ketua rombongan dan biasanya juga jama’ah akan diberi bonus jalan-jalan ke tempat-tempat bersejarah termasuk ke tempat penyembilan hewan Dam. 5. sholat sunnah lalu niat ihrom umroh terus ke masjidil haram untuk thowaf. Bagi yang akan melakukan umroh sunnah. jangan sendiri sendiri. angkot atau taksi. Bisa menggunakan bus. tetap harus memperhatikan kondisi fisik dan kesehatan jangan sampai dipaksakan.masjid). secara bergelombang (satu kloter hanya disediakan beberapa bus yang digunakan bergantian) jama’ah akan diberangkatkan ke Arofah. ziarah ke tempat-tempat bersejarah bisa juga dilakukan bila kondisi memungkinkan. Bagi yang tamattu maka 7. dan ibadah-ibadah sunnah yang lainnya. 6. membaca Al-Qur’an dan melihat ka’bah (ketika masuk masjid pilihlah tempat yang bisa melihat Ka’bah) Hadis Nabi menyebutkan bahwa 60 Rahmat Allah akan turun bagi mereka yang thowaf. Menyelesaikan pembayaran DAM tamattu dan dam lain bila ada pelanggaran pelanggaran. Jangan mendahulukan belanja oleh-oleh. Sehingga jama’ah bisa langsung menyaksikan kambingnya dipotong. Usahakan selalu I’tikaf. 15 . pandai-pandailah menawar.. Sampai di Masjid Tan’im. 40 untuk yang I’tikaf dan 20 untuk yang melihat ka’bah. Hari Ahad tanggal 14 Nopember 2010 / 8 Dzulhijjah 1431H dimulai dari siang hari (ba’da dhuhur). Pakailah pakaian ihram dari hotel lalu menuju ke tan’im atau ji’ronah secara berombongan. sai dan tahallul.

Di Armina ini bukan hanya makan yang antri. Muzdalifah. Bersabarlah dalam antrian tidak usah menyerobot antrian. Jangan langsung membuka kran air secara penuh. ke kamar mandi / WC pun juga antri. tetapi hanya kran air yang dipasangi selang plastrik / toler. (Jika tidak ada perubahan setelah pelaksanaan Rukyat oleh Pemerintah Saudi). Bersabarlah menunggu bus jemputan. jum’at 19 Nopember 2010 1. maka sekali lagi banyak-banyaklah bersabar dan pandai-pandailah mencari waktu yang kira-kira tidak banyak jama’ah menggunakan fasilitas umum / kamar mandi atau WC. Bagi jama’ah yang sepuh atau sakit bisa diambilkan oleh jama’ah yang lain. karena airnya bisa muncrat ke berbagai arah.segera mandi. maka berhatihatilah. Setelah naik bus perbanyaklah membaca talbiyah dan berdo’a setelah masuk kawasan arofah. Di Arofah. Banyak-banyaklah berbuat kebaikan. Di Armina (Arofah. Tiba di Arofah Ahad sore atau malam. Kamar mandi / WC di Armina ini tidak menggunakan bak dan gayung. sholat sunnah dan niat berihrom untuk haji. sehingga harus antri. 14 Nopember 2010 s.d. Ahad malam Senin. Musdalifah dan Mina. tidak usah terlalu banyak nanti merepotkan. 16 . angkat dulu selang air. kemudian bukalah kran pelanpelan. Mina) makan minum sehari-hari disediakan panitia setempat dengan menu ala Indonesia dan sistim prasmanan. istirahat sesuai dengan kemah yang telah ditentukan. Bagi yang ifrod sudah berihrom. Bawalah keperluan untuk 4 atau 5 hari. Insya Allah wukuf dilaksanakan hari Senin 15 Nopember 2010 sesuai kalender Saudi Arabia dan juga kalender Indonesia. VII. seperti menolong sesama. kenakan pakaian ihrom.

2. 17 . Bagi yang menghendaki minuman panas. 15 Nopember 2010 / 9 Dzulhijjah 1431 H Setelah zawal (matahari meninggalkan titik atasnya) berarti masuk waktu dhuhur. Kegiatannya adalah mendengarkan khotbah wukuf yang dilanjutkan dengan do’a dan sholat dhuhur dan ashar dijamak takdim. minuman disediakan di lemari pendingin / freezer berupa minuman juz buah kotak. di satu tempat dengan cara membuka (digulung keatas) sekat-sekat tenda yang memisahkan satu kamar dengan kamar yang lainnya. dimulailah ibadah wukuf di Arofah. Banyak-banyaklah minum air putih dan makan buahbuahan. bisa menyebabkan serak dan radang tenggorokan. Untuk juz buah kotak yang ada di freezer jangan banyak diminum. karena manisnya kadang mengganggu tenggorokan. Buah-buahan segar seperti : apel.Insya Allah di Armina ini makanan dan minuman tidak kekurangan. Semoga semua rombongan yang tergabung dalam kloter 82 baik dari Kota Tegal yang berjumlah 323 orang dan Kabupaten Kudus berjumlah 52 orang serta 5 orang petugas tidak mengadakan khutbah wukuf sendiri-sendiri tiap KBIH tetapi bergabung menjadi satu. jeruk atau peer hijau juga dibagikan lewat ketua-ketua rombongan untuk pelengkap makanan seharihari. sedang air putih ada di drum-drum air yang banyak tersebar di sekitar perkemahan berupa air mineral dalam botol-botol plastik. Hari Senin. disediakan air putih panas untuk menyeduh teh celup dan juga susu saset yang disediakan di Arofah (di areal dekat dapur) dan Mina (diantara dua tenda logistik).

Arofah adalah tempat yang mustajab. 4. Bila tidak mungkin sholat maghrib dan isya. memohon kepada Allah sesuai hajat masing-masing.Sehingga lebih khidmat karena ada kebersamaan dan persatuan. TPHD para ketua rombongan. Begitu juga ketika dari Muzdalifah ke Mina dan dari Mina kembali ke Hotel di Makkah. Selanjutnya jama’ah memperbanyak dzikir dan do’a. Sholatlah maghrib berjama’ah dan sholat isya di jamak takdim dan Qoshor. Pada tahun yang lalu angkutan bus untuk jama’ah haji dilakukan dengan cara taroddudi. Urut-urutan pemberangkatan jama’ah naik 18 . Hal ini bisa dikoordinasikan antara TPHI. Oleh karenanya dibutuhkan kesabaran yang prima dari para jama’ah untuk menunggu bus. Al-Ikhlas dan Al-Mu’awwidzatain (Al-Falaq dan An Nas) juga membaca sholawat atau yang lainnya. apalagi jama’ah yang mendapat titipan do’a dari keluarga. 3. bukan takbiran. bus akan kembali ke Arofah menjemput jama’ah yang lainnya. bisa dilaksanakan di muzdalifah seperti yang dilakukan Rosulullah. TPIHI. Jangan lupa mendo’akan keluarga. bangsa dan Negara. maka bersungguh-sungguhlah berdo’a. yaitu bus mengambil jama’ah di Arofah lalu dibawa ke Muzdalifah. Malam harinya siap berangkat ke muzdalifah dengan memperbanyak talbiyah. Berdzikir bisa dengan membaca surat-surat pendek seperti : Al Fatihah. ketua regu dan pengurus KBIH. Wukuf dilaksanakan sampai tenggelam matahari (datang waktu maghrib). sampai di muzdalifah jama’ah turun. handai taulan dan lain-lainnnya.

maka patuhilah jadwal / waktu tersebut demi keselamatan jama’ah. Setelah lewat tengah malam. SOC 82 Jateng (Kota Tegal) dan SOC 71 Jateng. JKS 18 Jabar. jama’ah secara bersama-sama dengan regu dan rombongannya melaksanakan lempar jumroh Aqobah. secara bertahap (taroddudi) jama’ah mulai diangkut dengan bus ke Mina. bagi jama’ah yang muda bisa membantu mengambilkan kerikil bagi jama’ah yang sepuh atau sakit. termasuk juga ketahanan fisik. SOC 65 Jateng. Jamaah haji Kota Tegal masuk dalam Maktab 69 bersama dengan JKS 26 Jabar. Mudahmudahan saja kedatangan bus-bus jemputan tidak terlambat. jadi kesabaran memang sangat dibutuhkan.bus. Muzdalifah adalah lapangan / hamparan yang luas tidak ada bangunan atau tenda. di Arofah tenda tidak permanen dan tidak berAC) baik di Arofah ataupun di Mina tenda-tenda telah diberi alas berupa karpet kambal yang tebal dan bersih / baru. jama’ah terus memperbanyak do’a dan dzikir. 19 . Bermalam di muzdalifah. Setelah istirahat secukupnya. Perlu diingat bahwa waktu / jadwal pelemparan jumroh telah ditentukan oleh Panitia. JKS 68 Jabar. adanya bangunan kamar mandi / WC. Di Muzdalifah jama’ah bisa mengambil kerikil sebanyak 7 atau 49 atau 70. bila mungkin sholat sunnah. (Jadi di maktab 69 ada 7 Kloter dan Kota Tegal berada di urutan 6) 5. SOC 46 Yogya. biasanya sesuai urutan rombongan dalam satu kloter dan urutan kloter dalam satu maktab. Sampai di Mina jama’ah menempati tenda-tenda permanent dan berAC (lebih bagus dari yang ada di Arofah. Di Muzdalifah jama’ah akan sangat berjubel.

d. bagi yang melaksanakan haji tamattu. 20 . berarti jama’ah harus sudah meninggalkan Mina pada hari tasyrik kedua yaitu hari Kamis.Pada hari Rabu. VIII. jama’ah melempar jumroh Ula. Mina) Sabtu.Pada tanggal 10 Dzulhijjah hanya melempar jumroh Aqobah saja. Pada hari Jum’at. 18 dan 19 Nopember2010 atau 11. Maka dengan demikian selesailah ibadah umroh dan hajinya. Setelah melempar jumroh aqobah memotong rambut. sa’i dan tahallul stani. jangan lupa untuk berdo’a. kamis dan jum’at. 20 Nopember 2010 s. Sampai di Makkah. 7 Desember 2010 / 14 Dzulhijjah 1431 H s. Di Makkah setelah Armina (Arofah. 8. setelah cukup istirahat jama’ah menuju Masjidil Haram untuk melakukan thowaf ifadoh. 1 Dzulqo’dah 1431 H. Selasa. Muzdalifah. 6. Boleh juga melakukan nafar awwal. 12 dan 13 Dzulhijjah 1431 H. 19 Nopember / 13 Dzulhijjah jama’ah akan meninggalkan Mina kembali ke pondokan / hotel di Makkah berarti Jama’ah melakukan Nafar stani. wustho dan Aqobah ba’da zawal atau sore / malam hari sesuai dengan jadwal / waktu yang telah ditetapkan demi keselamatan. 18 Nopember 2010 / 12 Dzulhijjah 1431 H sebelum terbenam matahari. Bagi jama’ah yang melakukan nafar awwal harus lapor kepada panitia Maktab untuk disediakan bus yang akan mengangkutnya ke Makkah. dengan demikian berarti sudah tahallul awal sehingga boleh berganti pakaian biasa. 17.d.

Menggunakan sisa waktu di Makkah untuk berusaha selalu sholat jama’ah di Masjidil Haram. padahal harga sebenarnya 30 – 40 riyal saja. bagi yang ifrod. Sholat sunnah dan niat berihrom umroh terus ke Masjidil Haram untuk thowaf.000 rupiah. missal jam tangan Seiko 5 setelah tawar menawar bisa diberikan dengan harga 60 riyal atau sekitar 150. Mandi. membaca Al Qur[an thowaf sunnah. Pengalaman penulis di musim haji tahun 2007. bagi yang ifrod. Cermati juga ketika memilih barang. Disana banyak 21 . 3. kemudian pergi ke Tan’im atau ji’ronah. jangan cepatcepat menawar. Jangan lupa perbanyak juga infak / shodaqoh di tanah suci karena pahalanya juga akan berlipat. Ada juga kamera video produk Cina tetapi ditempeli stiker Merk Sony. Hati-hati membeli sesuatu. Mulai saat itu. segera melaksanakan umroh wajib. Tidak jarang diantara pedagang yang memberikan penawaran harga sangat tinggi. disana banyak terdapat barang-barang tiruan produk Cina mirip seperti merek aslinya. umroh sunnah (bagi yang menghendaki). Setelah kembali ke Makkah.1. dzikir. Tidak ada salahnya. padahal yang asli bisa mencapai 500-600 ribu rupiah. beri’tikaf. atau juga belanja membeli oleh-oleh. ada pelayan toko menawarkan harga satu dus parfum dengan harga 120 Riyal. mulai selesai Haji dan umrohnya 2. bisa juga ziarah dengan tetap memperhatikan kondisi kesehatan. Maka berhatihatilah. ganti pakaian ihrom. apabila jama’ah memanfaatkan waktu untuk jalan-jalan ke pasar / toko / mall. sa’i dan tahallul.

tetapi sudah langsung dibagi di Asrama Haji Donohudan. wajib melakukan thowaf wada’ terlebih dahulu. tahun lalu ada jama’ah haji Indonesia yang disuruh mengambil air zam-zam sendiri.pengemis-pengemis berkulit hitam diberbagai tempat. Setelah kurang lebih satu bulan di Makkah. Mudahmudahan tahun ini juga seperti itu. Lalu jerigen yang sudah diisi air zam-zam oleh jama’ah akan diambil di hotel / Pondokan di Makkah oleh petugas. Berdo’alah kepada Allah agar bisa kembali lagi untuk berziarah ke tanah suci Makkah. pihak garuda hanya memberi jerigen kosong. sedang tas jinjing dan lainnya masuk bis bersama jama’ah. dari orang tua sampai anak-anak. Koper besar ditaruh di bagasi bis (diatas bis atau di bagasi bagian bawah bis). 4. Pada musin haji yang lalu koper-koper besar dan tas jinjing milik jama’ah dibawa semuanya bersama jama’ah dengan bis ke Madinah. Sebelum meninggalkan Makkah. untuk Kota Tegal di tahun yang lalu tidak diperintahkan mengambil air zam-zam sendiri. Bagi wanita yang menstruasi (haid) cukup berdiri di depan pintu Masjidil Haram dan berdo’a. Air zam-zam tersebut akan diambil oleh jama’ah di Asrama Haji Donohudan. Persiapkan dengan baik barang-barang bawaan. Jama’ah akan diberangkatkan ke Madinah. 22 . dari yang sehat sampai cacat fisik. karena jama’ah tidak akan kembali ke Makkah. jangan sampai ada yang tertinggal. Untuk air zam-zam. Alhamdulillah.

dzikir. jama’ah segera naik dan mulai perjalanan ke Madinah Al-Munawwaroh. 15/16 Desember 2010 bersiap-siap meninggalkan Madinah menuju ke Jeddah menggunakan bis. Setelah bus datang. Masjid Jumu’ah. Di tengah perjalanan di tempat peristirahatan bis akan berhenti. Selain itu ziarah ke makam baqi yang dekat masjid. 6. Selama di Madinah usahakan sholat lima waktu selalu di Masjid (Sholat Arba’in). sarung tangan dan tutup kepala yang serba tebal. 23 . 3. membaca AlQur’an dan bermunajat di Roudhoh. kaos kaki. maka jangan lupa membawa pakaian tebal. Hari Rabu/Kamis.d. 2. IX. pasar kurma dan lain-lain. Masjid Qiblatain. dan ke tempat-tempat lain seperti : Bukit Uhud dan makam Syuhada Uhud.5. Ingat bulan Desember dan Januari adalah puncak musim dingin di Saudi terutama di Madinah. akan dibagi kamar seperti ketika di Makkah (Madinah umumnya kamar lebih bagus dibanding di Makkah dan lebih dekat ke Masjid Nabawi). Setiba di Hotel / Pondokan. Sebelum masuk Madinah bis berhenti di terminal untuk check point / laporan. banyak do’a. jama’ah akan diberi makan dan minum air mineral / zam-zam. Jama’ah bisa menggunakan waktu untuk sholat (jika masuk waktu sholat). Di Madinah jama’ah akan diberi paket gratis ziarah ke tempat-tempat tersebut dengan menggunakan bis. Di Madinah Al-Munawwaroh 7 Desember s. 15 Desember 2010 + 8/9 hari 1.

Insya Allah hari Jum’at. Gunakan waktu dengan baik untuk istirahat. Insya Allah + pukul 02. seperti : Pantai Laut Merah dengan Masjid terapungnya. Makam Ibu Hawa atau belanja di Al-Balad (Pasar Raya Jeddah) bisa dilakukan ketika masih di Makkah. Kalau ingin jalan-jalan di sekitar Jeddah. Selama 24 . Koper-koper tersebut bisa diambil oleh jama’ah di kantor Depag Kota Tegal setelah pulang. 17Desember 2010 malam jama’ah akan dibangunkan untuk siap-siap menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Kemudian masuk ke ruang tunggu dalam.00 jama’ah mulai berangkat ke Bandara King Abdul Aziz dengan menaiki bis. Selama di Jeddah makan disediakan oleh pihak hotel secara prasmanan. 2. jama’ah beristirahat di ruang tunggu luar Bandara (kawasan air port) Pos PPHI (Panitia Penyelenggara Haji Indonesia). tidak perlu jalan-jalan karena di Jeddah hanya 1 hari. 4. bis akan mengantar sampai hotel yang telah ditentukan.15 waktu Saudi. Ketua rombongan dan ketua regu akan membagi kamar seperti waktu di Makkah dan Madinah. oleh petugas dan diangkut lebih dahulu ke Bandara King Abdul Aziz. Di Jeddah Menjelang kembali ke Tanah Air + 1 hari 1.Sehari sebelum meninggalkan Madinah koper-koper besar akan ditimbang (tidak boleh kelebihan isi). Kurang lebih pukul 01. maksimal 32 kg. Tiba di Jeddah. jamah’ah sampai di Bandara. Perbanyak sholawat dan do’a syukur selama dalam perjalanan X.

Dalam pesawat selalu berdzikir memohon keselamatan.30 waktu Saudi. Insya Allah. Insya Allah.menunggu jama’ah bisa memanfaatkan waktu untuk minum hangat dan mengambil air wudhu lalu sholat sunnah safar. . Jama’ah akan antri berbaris satu persatu. hari jum’at 17 Desember 2010 pukul 22. Jum’at pagi pagi pukul 05. XI. Benda tajam / logam seperti : gunting. celana dll). 17 Desember 2010 1. pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 6817 akan tinggal landas dari Bandara King Abdul Aziz. Di bandara sebelum pemeriksaan posport jama’ah akan diberi oleh-oleh dari pemerintah Saudi berupa Mushaf Al-Qur’an dan buku-buku tentang Haji dan Umroh. Setelah pemeriksaan passport jama’ah terus berbaris lagi untuk pemeriksaan barang. Sholat shubuh. dhuhur dan ashar dilakukan di pesawat. dalam kondisi seperti ini tas-tas yang diberi roda dibawahnya akan sangat membantu. dan tetap menjaga thoharoh. gunting kuku dan sejenisnya akan diminta / diambil oleh petugas.00 25 . Selanjutnya jama’ah akan melalui pemeriksaan pasport dan barang-barang baik yang ada di dalam tas atau yang ada di badan (saku baju. Tas-tas dilepas lalu dimasukkan ke detector berjalan. harap sabar proses ini lama dan melelahkan terutama karena berat tas/ barang yang dibawa. 3. jama’ah langsung menuju lorong yang menuju ke pintu pesawat untuk naik pesawat. Selesai proses tersebut. Kembali ke Tanah Air Jum’at.

3. 4. termasuk pembagian air zam-zam satu jerigen (5 liter). 26 . 2. jama’ah istirahat di loby utama di bagian depan Asrama haji (seperti pada waktu awal datang ketika akan berangkat) untuk penerimaan oleh panitia.WIB malam. SEMOGA MEMPEROLEH HAJI MABRUR. langsung naik bis yang tersedia di dalam bandara.Kurang lebih pukul 24. Setelah itu jama’ah bisa melaksanakan sholat maghrib dan isya dijamak ta’khir. pemeriksaan administrasi. jama’ah haji Kota Tegal berangkat dengan bis berombongan kembali menuju kampung halaman di Kota Tegal.30 Jum’at malam tanggal 17 Desember 2010. Jama’ah turun dari pesawat dengan hati-hati. Boyolali. 5. Check kesehatan bagi yang membutuhkan. sujud syukur dan sholat sunnah. 18 Desember2010 pukul 08. menuju ke asrama haji Donohudan. Di Asrama haji. Rombongan akan singgah di Rumah Makan Salsabil untuk istirahat. Ucapkan Alhamdulillah. makan dan sholat. AMIIN.00 pagi hari. pesawat pengangkut jama’ah haji kloter 82 Kota Tegal tiba / landing di Bandara Adi Sumarmo Surakarta. 6. Insya Allah tiba di Kota Tegal (Pendopo Balai Kota) hari Sabtu.

BERDOALAH DENGAN BAHASA YANG MUDAH ANDA PAHAMI. 5.DI MADINAH GUNAKAN KESEMPATAN DI ROUDHOH SEBANYAK MUNGKIN SERTA ZIARAH MAKAM ROSUL. 7.DI MAKKAH PERBANYAKLAH THOWAF SUNAH SEBAB TIDAK BISA DILAKUKAN DI TEMPAT LAIN. USAHAKAN DI MASJIDIL HAROM MENGAMBIL TEMPAT YANG BISA MELIHAT KA’BAH.DOA-DOA TIDAK HARUS SEMUANYA HAFAL. 8.DATANGLAH KE AL HARAMAIN IKHLAS SEMATAMATA KARENA MEMENUHI PANGGILAN ALLOH BUKAN KARENA YANG LAIN. HINDARI PEMBICARAAN PEMBICARAAN YANG TIDAK BERMANFAAT.JADIKAN TAQWA. BEGITU JUGA UMROH SUNAH (BAGI YANG MENGHENDAKI) DENGAN TETAP MENJAGA KESEHATAN. 6.UNTUK DIKETAHUI DAN DIPERHATIAKAN 1.PERBANYAKLAH MEMBACA TALBIYAH SETELAH BERIKHROM.BILA MELAKUKAN HAJI IFRAD. JANGANLAH DENGAN MAKSUD AGAR TIDAK MEMBAYAR DAM. 2. 4. SABAR DAN IKHLAS SEBAGAI BEKAL UTAMA DALAM SETIAP KEGIATAN / IBADAH HAJI DAN UMROH.RUKUN HAJI / UMROH YANG HARUS DALAM KEADAN SUCI HANYALAH THOWAF. 27 . TETAPI KARENA MENGIKUTI JEJAK ROSUL 3.

H. Agus Seri. 5 Oktober 2010 Jam 17. 04.JADWAL PEMBERANGKATAN DAN PEMULANGAN JAMAAH HAJI KOTA TEGAL EMBARKASI ADISUMARMO SURAKARTA TAHUN 1431 H / 2010 M PEMBERANGKATAN KLOTER : 82 Masuk asrama : Tanggal.00.30 WS : Tanggal. (TKHD) Maktab : JARWAL PEMULANGAN Berangkat Tiba di SOC Nomor Flight : Tanggal. dr.00 WIB Berangkat : Tanggal. 6817 28 .45 WS Nomor Flight : GIA. Kudus : 52 Petugas : 5 Jumlah : 380 Nama Petugas Kloter : 1. M. Tobari. dr. 6 Oktober 2010 Jam 20. Siti Fatimah (paramedis) 5. BA (TPHD) 7. Kuswo Utomo (paramedis) 6. S. S. 6317 Asal Daerah dan Jumlah : Kota Tegal : 323 Kab. Wahyudin. 17 Desember 2010 Jam 22. H. 7 Oktober 2010 Jam.15 WIB Tiba di JEDAH : Tanggal.WIB : GIA.Ag. Lenny Herlina Herda HS (dokter kloter) 4.Ag. Drs. Hartoto. (Ketua Kloter) 2.(Pembimbing Ibadah 3.pB. 17 Desember 2010 Jam 05.

CATATAN ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… ………………………………………………………………… 29 .

‫لبيك اللهم لبيك‬ HAJI MABRUR TIDAK ADA BALASAN YANG PANTAS KECUALI SURGA Segenap Pengurus FSUI Kota Tegal Mengucapkan Selamat Jalan Menuju Baitullah Semoga Allah SWT memberikan Kemudahan Perjalnan ANDA Menunaikan PanggilaNya Menuju Ukhuwah Menggagas Kiprah Pemberdayaan Ummat 30 .

31 .

32 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful