P. 1
ASAS KEWARGANEGARAAN

ASAS KEWARGANEGARAAN

|Views: 530|Likes:
Published by husniadnan

More info:

Published by: husniadnan on Feb 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/05/2013

pdf

text

original

ASAS KEWARGANEGARAAN -sesuai undang-undang no.

12 tahun 2006 bahwa untuk memenuhi tuntutan masyarakat dan melaksanakan UUD 1995 secara universal: asas ius sanguinis,ius sli,dan campuran adapun asas-asas yang dianut dalam UU no12 tahun 2006 adalah berikut ini. a.Asas ius soli (law of the soli) yaitu asas yang menentukan kewarganegaraan seseorang berdasarkan Negara tempat kelahiran.Bagi Negara Indonesia,yang diberlakukan terbatas bagi anak-anak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam undang-undang(asas ius soli secara terbatas). b.asas ius sanguinis (law of the blood) yaitu penentuan kewarganegaraan berdasarkan keturunan/pertalian darah.artinya,berdasarkan kewarganegaraan orang tuanya,bukan berdasarkan Negara temoat kelahiraannya. c.asas kewarganegaraan tunggal. Yaitu asas yang menentukan satu kewarganeagaraan apabila kedua orang tuanya mempunyai dua kewarganegaraan. d. asas kewarganegaraan ganda terbatas yaitu kewarganegaraan ganda bagi anak-anak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam UU.Undangundang ini pada dasarnya tidak mengenal kewarganegaraan ganda(bipatride) ataupun tanpa kewarganegaraan (apatride). Contoh Negara yang menerapkan Asas ius soli adalah amerika serikat,sedangkan asas ius sanguinis adalah cina. e.asas kewarganegaraan lainnya. Beberapa asas dasar penyusunan undag-undang tentang kewarganegaraan Indonesia 1)asas kepentingan nasional adalah asas untuk menentukan bahwa peraturan kewarganegaraan di Indonesia,yang bertekad mempertahankan kedaulatan sebagai Negara kesatuan yang memiliki cita-cita tujuannya sendiri. 2).asas perlindungan maksimum adalah asas yang menentukan bahwa pemerintah wajib memberikan perlindungan kepada setiap warga Negara Indonesia dalam keadaan apapun baikdalam maupun diluar negeri. 3).asas persamaan didalam hokum dan pemerintahan adalah asas yang menentukan bahwa setiap warga Negara Indonesia mendapatkan perlakuan yang sama didalam hokum dan pemerintahan. 4).asas kebenaran substantive prosedur kewarganegaraan seseorang tidak hanya bersifat administrative,tetapi juga subtansi syarat-syarat permohonan yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. 5).asas nondiskriminatif adalah asas yang tidak membedakan segala hal suku,ras ,agama,golongan,jenis kelamin dan gender.

6).asas pengakuan dan penghormatan terhadap hak asasi manusia adalah asas yang sama dalam segala hal yang berhubungan dengan warga Negara harus menjamin,melindungi dan memuliakan HAM pada umumnya dan hak warga Negara pada kususnya. 7)asas keterbukaan adalah asas yang menentukan bahwa dalam segala hal yang berhubungan denga warga negarwa harus dilakukan secara terbuka . 8).asas publisitas adalah asas yang menentukan bahwa seorang yang memperolaeh atau kehilangan kewarganegaraan republic Indonesia diumumkan dalam berita negara republic Indonesia agar masyarakat mengetahuinya bahwa status kewarganegaraan telah berubah secara resmi menurut hokum.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->