DAFTAR PUSTAKA DAN CATATAN KAKI Setelah mempelajari materi yang berjudul Daftar Pustaka dan Catatan Kaki

. Kalian diharapkan mengetahui pengertian dari daftar pustaka, fungsi daftar pustaka, unsur-unsur daftar pustaka, bentuk daftar pustaka, selain itu juga mengetahui pengertian catatan kaki, fungsi catatan kaki, unsur catatan kaki dan contoh catatan kaki. Pengertian Daftar Pustaka Daftar Pustaka atau nama lainnya adalah bibliografi adalah sebuah daftar yang berisi judul buku-buku, artikel- artikel, dan bahan-bahan penerbitan lainnya, yang mempunyai pertalian dengan sebuah karangan atau sehagian dan karangan yang tengah digarap Fungsi Daftar Pustaka Memberikan deskripsi yang penting tentang buku, majalah, harian itu secara keseluruhan. Sebagai pelengkap dan sebuah catatan kaki. Unsur-Unsur Daftar Pustaka Pokok yang paling penting yang harus dimasukkan dalam sebuah bibliografi adalah: 1. Nama pengarang, yang dikutip secara lengkap. 2. Judul Buku, termasuk judul tambahannya.
3. Data publikasi: penerbit, tempat terbit, tahun terbit, cetakan ke-berapa, nomor

jilid, dan tebal (jumlah halaman) buku tersebut. 4. Untuk sebuah artikel diperlukan pula judul artikel yang bersangkutan, nama majalah, jilid. nomor dan tahun. Bentuk Daftar Pustaka a. Dengan seorang pengarang Contoh : Hockett. Charles F. A Course in Modern Linguistics. New York: The Mac Millan Company. 1963 Ketentuannya : 1. Nama keluarga (Hockett ). lebih dahulu. baru nama kecil atau inisial (Charles F.). kemudian gelar-gelar. Hal ini untuk memnudahkan penyusunan secara alfabetis.

al. sesudah judul buku. Buku dengun dua atau tiga pengarang Contoh : Oliver. al. sesudah data publikasi dan kalau ada sesudah jumlah halaman. Cortright. Urutan nama pengarang harus sesuai dengan apa yang tercantum pada halaman judul buku. b. Dalam hal ini dapat dipergunakan singkatan et. New Training for Effective Speech. Judul buku harus digaris-bawahi (kalau dicetak ditempatkan dalam huruf miring). 5. nama keluarga. Nama pengarang kedua dan ketiga tidak dibalikkan. atau dkk (dan kawankawan). serta tanda koma sesudah nama penerbit. cukup kita memperhatikan huruf pertama dari buku tersebut. Perhatikan pula penggunaan titik dua sesudah tempat terbit.. Alton C. 4.2. and Rupert L. Buku dengan banyak pengarang Contoh : Morris. dalam hal-hal lain ketentuannya sama seperti nomor a. Hal ini berlaku pula untuk artikel yang tidak ada nama pengarangnya.. Jika buku itu disusun oleh sebuah komisi atau lembaga. Perhatikan penggunaan tanda titik sesudah tiap keterangan: sesudah nama pengarang. c. 1964 Ketentuan : Untuk menggantikan nama-nama pengarang lainnya cukup dipergunakan .singkatan et a!. 3. Bagi judul buku dalam bahasa Indonesia.. Robert T. . tidak boleh diadakan perubahan urutannya. 6. et. New York : Harcourt. College English.1958 Ketentuannya : 1. singkatan dan kata Latin et alii yang berarti dan lain-lain. Inc. New York: Henry Holt and Company. Inc. maka urutannya harus dimulai dengan judul buku. Brace & World. maka nama komisi atau lembaga itu dipakai menggantikan nama pengarang. Jika tidak ada nama pengarang. the First Year. 2.

Tempat menyatakan penghargaan atas karya atau data yang diterima dari orang lain. Tempat memperluas pembahasan yang diperlukan tetapi tidak relevan jika dimasukkan di dalam teks. diikuti titik dua ditulis c) Nama penerbit. d) Tahun penerbitan. 3) Nama atau nomor seri. yaitu petunjuk yang menyatakan pada bagian mana/halaman berapa. . Unsur Catatan Kaki A. menjelaskan sumber kutipan atau sebagai pedoman penyusunan daftar bacaan/bibliografi. hal yang sama dibahas di dalam tulisan. Fungsi Catatan Kaki • • • • • Sebagai pemenuhan kode etik yang berlaku. Catatan kaki biasa digunakan untuk memberikan keterangan dan komentar. tanda kurung 5) Nomor jilid kalau perlu. 4) Data publikasi : a) Jumlah jilid. kalau ada b) Kota penerbitan. 6) Nomor halaman diikuti titik (.) ditulis dengan huruf kapital (kecuali kata-kata tugas). diikuti koma (. ditulis dalam urutan biasa. digarisbawahi.Catatan Kaki Pengertian Catatan Kaki Catatan kaki adalah daftar keterangan khusus yang ditulis di bagian bawah setiap lembaran atau akhir bab karangan ilmiah. 2) Judul buku. penterjemah). Referensi silang. penjelasan ini dapat berupa kutipan pula. diikuti koma di antara. Pendukung keabsahan penemuan atau pernyataan penulis yang tercantum di dalam reks atau sebagai petunjuk sumber. kalau ada.). Untuk Buku 1) Nama pengarang (editor. sebagai penghargaan terhadap karya orang lain.

cit nomor halaman. 2) Judul artikel. diikuti titik (. digarisbawahi. p. artinya dalam karya yang telah dikutip). loco citato."). op.B. How We Think (Chicago: Henry Regnery Company. Dari Surat Kabar 12 Tajuk Rencana daIam Kompas (Jakarta) . di antara tanda kutip (".cit (tanpa nomor halaman). pp. (Singkatan dari Ibidum.cit. tetapi telah disisipi catatan kaki lain dari sumber lain. 17 .) dan koma (. artinya sama dengan di atas). 5) Tanggal penerbitan. Contoh Catatan Kaki : A. "Andaikan Kolam itu Bumi Kita". 75.cit. 7 Mei 1981. (Singkatan dari. C. 1974). Suara Alam no 9 (1980). Untuk Artikel dalam Majalah/Berkala 1) Nama pengarang. Urutannya : nama pengarang.. . Catatan Kaki Singkat 1) Ibid. Dari Majalah 11 Linus Simanjuntak.18. Ditulis dengan huruf besar. dipergunakan untuk catatan kaki dari sumber yang pernah dikutip. artinya tempat yang telah dikutip).) lalu nomor halaman. (Singkatan dari opere citato. 4) Nomor majalah jika ada. digarisbawahi. Dari Buku 2 John Dewey. 3) Nama majalah.. 3) loc. 2) op. B. 6) Nomor halaman. seperti di atas tetapi dari halaman yang sama : nama pengarang loc. untuk catatan kaki yang sumbernya sama dengan catatan kaki yang tepat di atasnya.

cit nomor halaman. (Singkatan dari opere citato. digarisbawahi. artikelartikel.) lalu nomor halaman. Urutannya : nama pengarang. • Ibid.cit.Pertanyaan : • • • Sebutkan pengertian Daftar Pustaka dan Catatan Kaki! Apa Fungsi dari Daftar Pustaka? Jelaskan pembagian Catatan Kaki singkat! Kunci Jawaban : • Daftar Pustaka adalah sebuah daftar yang berisi judul buku-buku. harian itu secara keseluruhan. seperti di atas tetapi dari halaman yang sama : nama pengarang loc.cit (tanpa . (Singkatan dari Ibidum. (Singkatan nomor halaman). • op. Ditulis dengan huruf besar. loco citato. Sebagai pelengkap dan sebuah catatan kaki. • Memberikan deskripsi yang penting tentang buku.cit. op. tetapi telah disisipi catatan kaki lain dari sumber lain. dari. diikuti titik (. artinya sama dengan di atas). dipergunakan untuk catatan kaki dari sumber yang pernah dikutip. majalah.) dan koma (. artinya dalam karya yang telah dikutip). • loc. untuk catatan kaki yang sumbernya sama dengan catatan kaki yang tepat di atasnya. dan bahan-bahan penerbitan lainnya. artinya tempat yang telah dikutip). yang mempunyai pertalian dengan sebuah karangan atau sehagian dan karangan yang tengah digarap.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful