P. 1
Materi Internet

Materi Internet

|Views: 1,709|Likes:

More info:

Published by: ETe Empresa Vadiação on Feb 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/17/2013

pdf

text

original

PENGGUNAAN INTERNET UNTUK KEPERLUAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Sejarah internet
Internet pertama kali dikembangkan oleh ARPANET (Advanced Research Project Agency) untuk keperluan militer pada tahun 1969. Pada konsepnya sebenarnya internet merupakan suatu jaringan, yang mana suatu paket informasi dapat dikirim dari suatu komputer ke komputer yang lain. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pemindahan berbagai data penting apabila terjadi perang.

Istilah Internet secara umum
Internet adalah sumber daya informasi yang menjangkau seluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial, hukum dan budaya, dimana antara satu komputer dengan komputer lainnya di dunia (Word Web)komunikasi dapat saling berhubungan atau ber komunikasi. Secara fisik dianalogikan sebagai jaring laba-laba (The Web) yang menyelimuti bola dunia dan terdiri dari titik-titik yang saling berhubungan. PERANGKAT KERAS INTERNET • • • 1. 2. 3. 4. Modem Line Telepon 1 buah komputer (PC atau Laptop) Dial Up Wireless LAN VSAT ADSL

Ada Beberapa cara untuk Koneksi ke Internet

1. Dial-up
Dial-up connection atau dial-up saja adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada akses Internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak. Pertama-tama, komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet. Setelah terhubung maka komputer dapat segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon. Misalnya akses internet dengan menggunakan jaringan telepon rumah melalui telkomNet@instan, dial 080989999 dari Telkom.

2. Wireless LAN
Wireless LAN(WLAN) adalah suatu jaringan area lokal nirkabel yang menggunakan gelombang radio sebagai media tranmisinya: link terakhir yang digunakan adalah nirkabel, untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area sekitar. Area dapat berjarak dari ruangan tunggal ke seluruh kampus. Tulang punggung jaringan biasanya menggunakan kable, dengan satu atau lebih titik akses jaringan menyambungkan pengguna nirkabel ke jaringan berkabel. Misalnya akses internet dengan menggunakan jaringan nirkabel (tanpa kabel) melalui hostpot

1

Jerman .ie .co .net (Penyedia Internet) organisasi non-komersial (Organisasi) school Contoh = www. ADSL merupakan salah satu keluarag xDSL bersama-sama dengan HDSL.ng .ac. kita juga akan menemukan alamat dengan sufiks lain. ADSL melakukan pengiriman sinyal dengan cepat melalui sambungan telepon biasa dengan kecepatan 512 kbps (upstream) dan 8 Mbps (downstream).id .Indonesia .SMA) Negara Ketika berselancar di internet.jp .es .be .Canada .Italy .go . Vsat VSAT adalah terminal pemancar dan penerima transmisi satelit yang tersebar di banyak lokasi dan terhubung ke hub sentral melalui satelit dengan menggunakan antena parabola diameter hingga 4 meter.com (Untuk Komersial) education (Jaringan Pendidikan) government Contoh = www. contoh akses internet dengan menggunakan model ADLS seperti misalnya paket Speedy dari Telkom.Japan . SHDSL. ADSL Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL) adalah salah satu bentuk Digital Subscriber Line.edu . 3.Belgium .Ireland .Brazil .telkom. Internet Explorer (IE) Mozila Firefox Opera dll Domain (Akhiran / Sufiks) Setiap alamat internet mempunyai sufiks setelah kata yang menunjukkan perusahaan atau individu pemilik alamat itu biasa disebut dengan istilah Domain.in . Perangkat Lunak Browser ke Internet 1.ar .id (Pemerintahan) Coorpration Contoh = www. SSDSL. 2.datacomdigital.il .au .3. 4.id (Perusahaan) military (Militer) penyedia jasa Internet Contoh = www. VDSL.com .se .sintang.Nigeria .sch.Sweden 2 .India .usahajaya.Argentina .net .id (Perguruan Tinggi) commercial Contoh = www. Suffiks yang umum adalah : Domain .Australia .unka.sch = = = = = = = = = academy Contoh = www.id (Sekolah TK. dan lain-lain.sman2-sintang. akses Internet yang menggunakan pemancar langsung ke satelit 4.co.ca .go.br .Spain .mil .org . Berikut a akhiran yang menunjukkan negara asal situs: .it . suatu teknologi komunikasi data yang memungkinkan transmisi data yang lebih cepat melalui kabel tembaga telepon biasa dibandingkan dengan modem konvensional yang ada.de .Israel .ac .

Taiwan . Karena itu para netter harus sangat memperhitungkan rencana web mana saja yang akan dikunjungi atau batasi informasi yang ingin diakses.fr . karena bila tidak netter akan tersesat kedalam rimba informasi yang maha luas. www. video berbagai format multimedia dan grafik) 2.Greece . memformat dan menampilkan informasi (termasuk teks.gr .sch..id .Pastikan nama situs /website yang akan Anda browsing.Klik double pada icon Internet Explorer.sch.France .United Kingdom Fasilitas di Internet 1. Tampilan web yang sangat artistik yang tidak hanya menampilkan teks tapi juga gambar-gambar yang di tata sedemikian rupa sehingga selalu membuat betah netter untuk surfing berjam-jam. a.Ketikkan nama situs tersebut pada kolom address (contoh. Surfing / Browsing Surfing merupakan istilah umum yang digunakan bila menjelajahi dunia maya atau web. Langkah-Langkah dalam Browsing . Browser (WWW) Word Wide Web (WWW) adalah merupakan salah satu fasilitas yang berisi database yang bersifat terdistribusi serta layanan yang paling sering digunakan dapat mengambil.uk . dan pilih folder untuk penyimpanan • Klik Save dan anda bisa membukanya kembali dirumah/rental sesuai dengan aslinya dengan penuh gambar ( formatnya ber-ekstensi *.tw . atau Mozila Firefox .html) 3 .sman2sintang. Simpan ke hard disk dengan meng-klik • Klik FILE • Klik Save As.id ) Menyimpan Web Pages: Untuk menyimpan data di situs yang sedang terbuka bisa dilakukan dengan 3 cara a. audio.sman2sintang. mis. www.

tanpa mengenal batas. Data atau file tersebut ditransfer melalui jaringan telepon ke dalam komputer lokal. Freeware Yaitu suatu perangkat lunak atau software yang bebas untuk siapa saja dan dapat digunakan secara gratis. waktu . Electronic Mail (E-mail) Yaitu Surat Elektronik yang digunakan untuk berkirim surat/berita dengan orang lain.yahoo. Proses sebaliknya dinamakan Upload.co. pada umumnya fasilitas ini sering digunakan untuk bercakapcakap atau ngobrol. ruang bahkan birokrasi.3. Klik Daftar Isi Folmulir Pendaftaran 4 . 4. Download Yaitu perintah untuk mengambil data-data dari dalam internet atau online server lainnya. Contoh membuat alamat e-mail di www. 7.co. Shareware Suatu program aplikasi yang dapat dimiliki dan digunakan secara bebas dan gratis untuk dicoba dan apabila akan menggunakan secara terus menerus maka diharuskan membayar. 5. 6.id 2.id Langkah-langkahnya : 1. Chatting Yaitu fasilitas ini digunakan untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain dalam internet. 3. Ketik alamat web www.yahoo.

kita tidak perlu menghapal alamat tertentu untuk mencari informasi yang kita perlukan. mempermudah para pengguna baru untuk mencari informasi yang mereka butuhkan pada umumnya para pengguna baru tidak memiliki catatan alamat sendiri. cukup dengan memasukkan kata kunci-nya maka search engine akan menampilkan beberapa link situs yang disertai dengan keterangan singkat.com atau www.google. Sehingga mereka hanya perlu mencari dengan menuliskan kata pada kotak search.co. Mengingat komunitas internet yang sedemikian luasnya maka bisa dipahami bagaimana sulitnya mencari suatu alamat situs tertentu apabila anda tidak mengetahui alamat URL-nya (seperti mencari 1 rumah dalam suatu kota besar). 4. Pilih link untuk informasi yang dibutuhkan 5 . 2.yahoo.com www. Situs yang melayani Search Engine (Mesin Pencari) 1. Search engine menampung database situs-situs dari seluruh dunia yang jumlahnya milyaran halaman web. 2.id www. www. Tekan enter 5.co. Cara 1.altavista. 2.com menggunakan Search Engine Aktifkan Browser Internet Explorer atau Mozila Firefox Pada kotak Address ketik www. cukup browse ke search engine lalu ketikkan nama objeknya.msn. Kemudian situs goggle akan menampilkan halaman link yang sesuai dengan kata kunci. Search Engine (Mesin Pencari) Search engine adalah salah satu fasilitas internet yang dijalankan melalui browser untuk mencari informasi yang kita inginkan. Pada kotak search ketik kata kunci untuk informasi 4.Yahoocom atau www.co. Berhasil ada konfirmasi Selamat Ricky 8. 3.id www. 6.google. Klik Buat Akun Saya 5.id 3.4. Oleh karena itu beberapa keuntungan menggunakan search engine antara lain: 1.google.

Double klik ikon mIRC b. Beberapa program atau website yang menyediakan layanan chatting adalah: a.boleh.Alternative : Nama samaran alternative c. Klik Connect to IRC Server d. 6 .Full Name : Isi Nama Lengkap Anda . dengan chat kita dapat saling berkomunikasi dengan orang lain di seluruh pelosok dunia. Klik join …………….IRC Network : Jaringan IRC . MSN Messengger d.E-mail Address : Alamat e-mail anda . Tentukanlah : .Server mIRC : pilih server mIRC .Nickname : Nama samaran anda . Yahoo Messengger c. Menggunakan Layanan Chatting Chatting merupakan fasilitas internet yang sangat di gandrungi kaum remaja .9..Selamat berchatting ria……………………. Bila proses berhasil akan tampil kota untuk joint e. Ketik nama chanel contoh #pontianak f..com e. mIRC b. www. Chatting dengan mIRC a.

7 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->