P. 1
Taharah

Taharah

|Views: 190|Likes:
Published by Rifqi Ramdhani

More info:

Published by: Rifqi Ramdhani on Feb 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/30/2014

pdf

text

original

A.

TAHARAH
Taharah merupakan hal yang sangat penting dalam Agama Islam. Taharah merupakan syarat utama bagi keabsahan salat. Adapun salat merupakan ibadah yang yang pertama kali akan dihisab sehingga menjadi penentu bahagia atau tidaknya seseorang di hadapan Allah swt.

1.Taharah
Secara harfiah, taharah berarti bersih atau suci. Menurut istilah, taharah adalah suatu perbuatan atau cara yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan membersihkan badan, pakaian, dan tempat dari hadas dan najis Adapun sarana yang dapat digunakan taharah adalah air (untuk wudu,mandi,dan mencuci pakaian), debu (untuk tayamum), dan benda padat sepeti kayu dan batu (untuk istinja jika tidak ada air). Di antara dasar hokum taharah sebagai berikut dalam surat alBaqarah ayat 222 yang artinya : Sungguh, Allah mnyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menucikan diri. Dan dalam surat al-Mudassir ayat 4 yang artinya : Dan bersihkanlah pakaianmu.

2.Macam-Macam Najis dan Cara Menyucikannya
Menurut syarak, najis adalah segala sesuatu yang dipandang kotor yang jika mengenai badan atau pakaian harus dibersihkan dengan air Najis dibagi menjadi 3 macam yaitu najis Mukhaffafah,Mutawassitah,dan Mugallazah

1. NAJIS MUKHAFFAFAH
Najis mukhaffafah berarti najis ringan. Najis ini ditimbulkan oleh air kencing anak laki ²laki yang belum makan apa-apa, selain air susu ibu Cara menyucikannya cukup diperciki dengan air pada bagian yang tekena najis.

pingsan. WUDU a. NAJIS MUGALLAZAH Najis mugallazah berarti najis berat. dalam surah al ²Maidah ayat 6 yang arinya: Wahai orang-orang yang beriman ! Apabila kamu hendak melaksanakan salat.Seandainya warna atau baunya sukar dihilangkan. Najis mutawassitah dibagi menjadi dua yaitu hukmiyah dan ainiyah Najis hukmiyah adalah najis yang diyakani adanya. wudu adalah membasuh anggota badan tertentu dengan air menurut syarat-syarat yang telah ditentukan. Dasar hokum wudu adalah firman Allah swt. Cara menyucikannya disiram air mengalir Najis ainiyah adalah najis yang jelas. haid. mabuk. dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai kedua mata kaki . Menurut istilah syarak. Cara menyucikannya dengan wudu Adapun hadas besar terjadi karena beberapa hal. Hadas kecil terjadi karena beberapa hal. itu di maafkan 3. maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku. Najis iniditimbulkan karena jilatan atau sentuhan anjing atau babi. NAJIS MUTAWASSITAH Najis mutawassitah berarti najis yang sedang atau najis pertengahan antara berat dan ringan. dan tidur. Macam-Macam Hadas dan Cara Menyucikannya Hadas dibagi menjadi 2 macam.2. Cara menyucikannya dengan mandi wajib 1. antara lain kentut. berak. Pengertian Wudu Menurut bahasa wudu berarti bersih. Cara menyucikannya dengan dibasuh tujuh kali. yaitu hadas kecil dan hadas besar. nifas. tetapi tidak nyata. antara lain mimpi basah. wiladah. dan janabat. salah satunya menggunakan tanah 3. kencing.

Mumayiz 3 . Istinsyaq 5. Tidak sedang berhadas besar 4 .Keluar dari Agama Islam 5.Sunah Wudu Sunah wudu adalah sebagai berikut 1.Hal-Hal yang Membatalkan Wudu 1. Memakai air suci dan menyucikannya 5 . Berkumur-kumur 4.Makan daging unta .Keluar sesuatu dari dubur 2. Membasuh kedua telapak tangan 3. Niat 2 . salatnya tidak akan diterima. Tidak ada yang mencegah mengalirnya air sampai ke kulit d.Membasuh kedua kaki sampai mata kaki 6 . Orang yang hendak melaksanakan salat harus berwudu untuk menghilangkan hadas kecil. Islam 2 . Sebab-Sebab Wudu Suci dari hadas kecil termasuk syarat sahnya salat. Membasuh kedua tangan sampai Ke siku-siku 4 .Mengusap sebagian kepala 5 . Syarat-Syarat Wudu Syarat-syarat wudu adalah sebagai berikut 1 . Membasuh kedua telinga 6. Membaca basmalah 2.Bwrdoa setelah wudu f.Tertib/secara urut e. c. Rukun Wudu Rukun wudu adalah sebagai berikut 1 . Orang yang hadas dan tidak berwudu.Menyela-nyelai jari tangan dan kaki 8. Membasuh seluruh wajah 3 .Menyentuh dubur 4.Hilang akal/Gila 3.Mengulang 3X setiap gerakan 7.b.

berkumur dan membersihkan hidung 3X 3.Praktik Wudu 1. Mengusap bagian kepala 3X 6. Membersihkan kedua telapak tangan beserta jari-jarinya. Mengusap telinga kanan dan kiri 3X 7. Membasuh muka dengan air hingga merata 3X 4. Niat wudu dilakukan dalam hati 2. Setelah selesai berwudu menghadap ke kiblat dan berdoa dengan suara pelan .g. Membasuh kedua kaki sampai mata kaki 3X 8. Membasuh kedua tangan sampai siku-siku 3X 5.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->