1

MINGGU KE-4 KLASIFIKASI IKLIM TROPIS

1. Zona Iklim Interaksi antara radiasi matahari dengan atmosfir dan gaya gravitasi, bersama-sama dengan distribusi daratan dan massa lautan menghsilkan iklim yang sangat bervariasi. Walaupun demikian zona tertentu dan jalur tertentu memiliki iklim yang hampir seragam dan dapat dibedakan. Adalah penting bagi para perancang untuk mengenali sifat dan lokasi zona-zona ini sehingga dapat mennanganinya dengan baik. Batas iklim tidak dapat secara tepat supetakan. Satu zona bergabung secara bertahap dan hampir beririsan dengan iklim yang berikutnya. Namun cukup mudah untuk mengenali zonanya, atau transisi antara dua zona. 2. Iklim Tropis Pembagian iklim tropis dilakukan oleh GA Atkinson tahun 1953. pembagian ini banyak dipakai oleh para penulis dan cukup terbukti kesahihannya. Klasifikasi ini didasarkan atas 2 faktor yang cukup dominant mempengaruhi kenyamanan manusia, yaitu suhu udara dan kelembaban. Kriteria utamanya adalah kondisi ekstrim seperti apa yang menyebabkan ketidak nyamananan. Daerah tropis dibagi menjadi tiga iklim utama dan tiga sub iklim: a. Iklim khatulistiwa panas – lembab – sub iklim : pulau paas lembab atau iklim angin musim; b. Gurun panas-kering atau iklim gurun-semi- sub iklim : iklim gurun maritime panas kering; c. Iklim campuran atau angin musim (kombinasi antar a dan b )- sub iklim : iklim tanah tinggi.

Pusat Pengembangan Bahan Ajar - UMB

Dr. Ir. M. Syarif Hidayat M.Arch ARSITEKTUR TROPIS

atau RH tinggi. DBT (Suhu udara kering) pada bayangan maksimum rata-rata pada siang hari antara 27 dan 32. Rentang suhu udara sehari-hari dan tahunan sangat kecil. Colombo.2 3. kira-kira 75%. Contoh kota-kota dalam zona ini adalah : Lagos. Quito dan Pernambuco. Iklim panas lembab Iklim panas – lembab berada pada sabuk berdekatan dengan khatulistiwa sampai dengan 15 LU dan 15 LS. Suhu udara. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Kelembaban. Jakarta.Arch ARSITEKTUR TROPIS . Ir. Syarif Hidayat M. namun dapat bervariasi antara 55 dan hampir 100 %. M.UMB Dr. tapi kadang-kadang dapat melewati nilai ini. Terdapat sedikit sepanjang tahun. Mombasa. variasi musim hanya ditunjukkan oleh sedikit atau banyaknya hujan. Pada malam hari suhu minimum rata-rata bervariasi antara 21 dan 27 C. Singapura. Tekanan uap air hampir tetap diseluruh wilayah yaitu 2500 sampai 3000 N/m2. Dar-esSalam.

Suhu udara. Tanah laterit yang berwarna coklat kurang baik untuk pertanian. banyak masa-masa tenang. Awan dan kandungan uap air juga melindungi atau mengurangi radiasi yang keluar dari bumi dan laut ke langit malam. Variasi musiman dapat diabaikan. tinggi sepanjang tahun. Filipina dan kelompok pulau lain di Lautan Pasifik. namun angin kencang dapat terjadi selama hujan. Kondisi langit biasanya berawan sepanjang tahun. Kecepatan angin. maka kalor yang berakumulasi tidak dihamburkan. M. Kelembaban yang tinggi mempercepat jamur yang menyebabkan karat dan serangga yang banyak. dan jarang naik di atas suhu kulit. Karakteristik khusus. sebagian dipantulkan dan sebagian lagi berpencar pada kumpulan awan atau kandungan uap air yang tinggi di atmosfir. Selama badai curah huja dapat turun sampai dengan 100 mm/ jam untuk periode yang pendek. Tekanan uap air yaitu 1750 sampai 2500 N/m2. namun kuat. pada umunya rendah. Cahaya sedikit dipantulkan dari tanah. Apabila langit mendung/ gelap luminan mencapai 850 cd/m2 atau kurang. Contoh: Karibia.UMB Dr. Tumbuh cepat disebabkan seringnya hujan dan suhu yang tinggi dan sulit untuk dikendalikan. pada luminan 7000 cd/m2 atau bahkan lebih. Vegetasi. Zat tanah dan mineral garam larut dan dilarikan oleh air hujan. Langit dapat cerah. DBT (Suhu udara kering) pada bayangan maksimum rata-rata pada siang hari antara 29 0C dan 32 0C. Air tanah cukup tinggi sehingga tanah lembab. Pada malam hari suhu minimum dapat mencapai 18 0C tetapi normalnya berada pada nilai ini dan 24 0C. Pada saat hujan biasa diiringi dengan petir. Syarif Hidayat M.3 Curah hujan. Ir. Curah hujan dapat bervariasi antara 2000 sampai dengan 5000 mm dan dapat melebihi 500 mm dalam satu bulan. Kelembaban. Iklim pulau panas lembab Pulau-pulau berada dalam sabuk khatulistiwa dan zona angin musim. Rentang suhu udara sehari-hari tidak lebih dari 8 0C dan rentang tahunan adalah sekitar 14 0C. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . oleh sebab itu radiasi yang mencapai tanah menyebar. umumnya sangat tinggi pada beberapa bulan (musim penghujan). Awan menutup langit antara 60 % sampai dengan 90%. 4. dan dapat menyebabkan silau. Radiasi surya. atau RH tinggi. bervariasi antara 55 dan hampir 100 %. Biasa terdapat satu atau dua arah angin yang dominan.Arch ARSITEKTUR TROPIS . Hembusan yang keras 30 m/det telah terjadi. pada bulan penghujan.

Kecepatan lebih tinggi terjadi pada saat siklon. Baghdad. pasir dan batu yang berwarna cerah. Kondisi langit pada umumnya cerah. 5. Cahaya matahari dipantulkan dari karang. Tanah kering dengan sedikit kandungan air. Petir dan kilat terjadi pada beberapa daerah sebanyak 50 mm dalam beberapa jam tapi bebeapa daerah lain tidak mendapat hujan sama sekali. Dua musim yang cukup menonjol: panas dan masa yang agak dingin. tinggi Curah hujan dapat bervariasi antara 1250 sampai dengan 1800 mm dan antara 200 sampai 500 mm pada musim hujan. atau RH baervariasi antara 10%-55%. DBT (Suhu udara kering) pada bayangan maksimum rata-rata pada siang hari antara 43 dan 49. kuat dan terutama langsung. Sedikit awan disebabkan kelembaban rendah. matahari cepat panas setelah terbit. Kondisi langit biasanya cerah atau biasanya diisi dengan awan kecil putih. Tekanan udara normalnya antara 750 dan 1500 N/m2. Langit biru memiliki luminan yang rendah. Selama musim dingin suhu maksimum rata=-rata adalah 27 s/d 32. suhu udara malam rata-rata adalah 24 s/d 30 pada musim panas dan pada musim dingin antara 10 s/d 18 . M. dari 50 s/d 155 mm per tahun. demikian juga suhu bola basahnya menurun besar (penguapan cepat). Radiasi surya. rendah dan berubah sepanjang tahun. Suhu udara. namun bervariasi sesuai dengan tutupan awan. angin musim berhembus tetap 6 s/d 7 m/det dan mengurangi kalor dan kelembaban. Agak subur. Karakteristik khusus. Contohcontoh permukiman semacam ini adalah Asuan.Rentang suhu udara harian sangat besar yaitu 17 s/d 22 . Kelembaban. Curah hujan. Syarif Hidayat M.UMB Dr. Ir. danPhoenix. Vegetasi. Iklim gurun maritim panas-kering Iklim ini berada pada dua sabuk pada lintang antara 150 s/d 300 LU dan LS. yaitu antara 1700 dan 2500 cd/m2. Bervariasi sesuai dengan curah hujan. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . berwarna lebih muda dibandingkan dengan iklim panas lembab. Adalah angin puyuh dan puting beliung dengan kecepatan angin sebesar 40 sampai 70 m/det. Kandungan garam yang tinggi pada atmosfir merangsang korosi pada daerah pantai. Angin .4 Curah hujan. dengan sedikit radiasi yang menyebar apabila langit cerah. Alice Springs.Arch ARSITEKTUR TROPIS .

Suhu udara. pada luminan 7000 cd/m2 atau bahkan lebih. Kecepatan angin. Apabila langit mendung/ gelap luminan mencapai 850 cd/m2 atau kurang. Vegetasi. Jakarta. Colombo. Terdapat sedikit sepanjang tahun. Iklim angin musim atau komposit Iklim panas – lembab berada pada sabuk berdekatan dengan khatulistiwa sampai dengan 15 LU dan 15 LS. Dar-esSalam. dan dapat menyebabkan silau. Air tanah cukup tinggi sehingga tanah lembab. Tumbuh cepat disebabkan seringnya hujan dan suhu yang tinggi dan sulit untuk dikendalikan. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Awan dan kandungan uap air juga melindungi atau mengurangi radiasi yang keluar dari bumi dan laut ke langit malam. variasi musim hanya ditunjukkan oleh sedikit atau banyaknya hujan.5 biasanya berawan sepanjang tahun. namun kuat. oleh sebab itu radiasi yang mencapai tanah menyebar. Quito dan Pernambuco. Radiasi surya. Hembusan yang keras 30 m/det telah terjadi. namun angin kencang dapat terjadi selama hujan. M. maka kalor yang berakumulasi tidak dihamburkan. Pada saat hujan biasa diiringi dengan petir.Arch ARSITEKTUR TROPIS . Contoh kota-kota dalam zona ini adalah : Lagos. Singapura.UMB Dr. Syarif Hidayat M. sebagian dipantulkan dan sebagian lagi berpencar pada kumpulan awan atau kandungan uap air yang tinggi di atmosfir. Awan menutup langit antara 60 % sampai dengan 90%. DBT (Suhu udara kering) pada bayangan maksimum rata-rata pada siang hari antara 27 dan 32. Langit dapat cerah. Biasa terdapat satu atau dua arah angin yang dominan. Tanah laterit yang berwarna coklat kurang baik untuk pertanian. 6. Mombasa. Karakteristik khusus. Zat tanah dan mineral garam larut dan dilarikan oleh air hujan. Kelembaban yang tinggi mempercepat jamur yang menyebabkan karat dan serangga yang banyak. Cahaya sedikit dipantulkan dari tanah. tapi kadang-kadang dapat melewati nilai ini. pada umunya rendah. banyak masa-masa tenang. Pada malam hari suhu minimum rata-rata bervariasi antara 21 dan 27 C. Rentang suhu udara sehari-hari dan tahunan sangat kecil. Ir.

Langit dapat cerah. Hembusan yang keras 30 m/det telah terjadi. namun kuat. Tekanan uap air hampir tetap diseluruh wilayah yaitu 2500 sampai 3000 N/m2. Kelembaban yang tinggi mempercepat jamur yang menyebabkan karat dan serangga yang banyak. oleh sebab itu radiasi yang mencapai tanah menyebar. atau RH tinggi. namun angin kencang dapat terjadi selama hujan. Curah hujan. M. Kondisi langit biasanya berawan sepanjang tahun. maka kalor yang berakumulasi tidak dihamburkan. pada umunya rendah. Tumbuh cepat disebabkan seringnya hujan dan suhu yang tinggi dan sulit untuk dikendalikan. Ir. Curah hujan dapat bervariasi antara 2000 sampai dengan 5000 mm dan dapat melebihi 500 mm dalam satu bulan. namun dapat bervariasi antara 55 dan hampir 100 %.Arch ARSITEKTUR TROPIS . 7. Biasa terdapat satu atau dua arah angin yang dominan. Radiasi surya. pada bulan penghujan. Syarif Hidayat M. Selama badai curah huja dapat turun sampai dengan 100 mm/ jam untuk periode yang pendek. Awan dan kandungan uap air juga melindungi atau mengurangi radiasi yang keluar dari bumi dan laut ke langit malam.UMB Dr. Apabila langit mendung/ gelap luminan mencapai 850 cd/m2 atau kurang. Vegetasi. Karakteristik khusus. pada luminan 7000 cd/m2 atau bahkan lebih. Iklim tanah tinggi tropis Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Air tanah cukup tinggi sehingga tanah lembab. kira-kira 75%. Cahaya sedikit dipantulkan dari tanah. Awan menutup langit antara 60 % sampai dengan 90%. Zat tanah dan mineral garam larut dan dilarikan oleh air hujan. sebagian dipantulkan dan sebagian lagi berpencar pada kumpulan awan atau kandungan uap air yang tinggi di atmosfir. umumnya sangat tinggi pada beberapa bulan (musim penghujan). banyak masa-masa tenang. Tanah laterit yang berwarna coklat kurang baik untuk pertanian. tinggi sepanjang tahun.6 Kelembaban. Kecepatan angin. dan dapat menyebabkan silau. Pada saat hujan biasa diiringi dengan petir.

Awan menutup langit antara 60 % sampai dengan 90%. oleh sebab itu radiasi yang mencapai tanah menyebar. maka kalor yang berakumulasi tidak dihamburkan. tapi kadang-kadang dapat melewati nilai ini. sebagian dipantulkan dan sebagian lagi berpencar pada kumpulan awan atau kandungan uap air yang tinggi di atmosfir. tinggi sepanjang tahun. atau RH tinggi. Suhu udara. Pada malam hari suhu minimum rata-rata bervariasi antara 21 dan 27 C. Kecepatan angin. pada luminan 7000 cd/m2 atau bahkan lebih. Curah hujan. Ir. pada bulan penghujan. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Mombasa. pada umunya rendah. umumnya sangat tinggi pada beberapa bulan (musim penghujan). Hembusan yang keras 30 m/det telah terjadi. kira-kira 75%. dan dapat menyebabkan silau. M. Jakarta. Selama badai curah huja dapat turun sampai dengan 100 mm/ jam untuk periode yang pendek.Arch ARSITEKTUR TROPIS . Kelembaban. Dar-esSalam. Terdapat sedikit sepanjang tahun. variasi musim hanya ditunjukkan oleh sedikit atau banyaknya hujan. namun dapat bervariasi antara 55 dan hampir 100 %. Tekanan uap air hampir tetap diseluruh wilayah yaitu 2500 sampai 3000 N/m2. Curah hujan dapat bervariasi antara 2000 sampai dengan 5000 mm dan dapat melebihi 500 mm dalam satu bulan. Apabila langit mendung/ gelap luminan mencapai 850 cd/m2 atau kurang. Quito dan Pernambuco. namun angin kencang dapat terjadi selama hujan.7 Iklim panas – lembab berada pada sabuk berdekatan dengan khatulistiwa sampai dengan 15 LU dan 15 LS. Biasa terdapat satu atau dua arah angin yang dominan. Rentang suhu udara sehari-hari dan tahunan sangat kecil. banyak masa-masa tenang. Kondisi langit biasanya berawan sepanjang tahun. Syarif Hidayat M. Contoh kota-kota dalam zona ini adalah : Lagos. DBT (Suhu udara kering) pada bayangan maksimum rata-rata pada siang hari antara 27 dan 32. namun kuat. Langit dapat cerah. Colombo. Singapura.UMB Dr. Awan dan kandungan uap air juga melindungi atau mengurangi radiasi yang keluar dari bumi dan laut ke langit malam. Radiasi surya.

e. Karakteristik khusus. Syarif Hidayat M. Tanah laterit yang berwarna coklat kurang baik untuk pertanian. d. Keenam wilayah iklim tersebut sebagai berikut: a. Trewartha dalam bukunya “An Intoduction to Climate terbitan tahun 1980” membuat enam kelompok wilayah iklim yang lebih rinci dibandingkan dengan yang digunakan olek Koppen. Wilayah Iklim A atau wilayah Iklim Tropis. c. Ir. Wilayah iklim E juga disebut wilayah iklim boreal ditandai dengan hanya satu bulan panas yang suhu rata-rata bulanannya lebih tinggi dari 10° C. Wilayah iklim D atau wilayah iklim lintang tengah mempunyai 4 sampai 7 bulan yang suhu rata-rata bulananya lebih tinggi daripada 10° C. Wilayah iklim C dibuat wilayah iklim subtropics mempunyai cirri sekurangkurangnya 8 bulan bersuhu rata-rata bulanan lebih tinggi daripada 10° C. Wilayah iklim F atau wilayah iklim kutub. Cahaya sedikit dipantulkan dari tanah. Tumbuh cepat disebabkan seringnya hujan dan suhu yang tinggi dan sulit untuk dikendalikan. Kelembaban yang tinggi mempercepat jamur yang menyebabkan karat dan serangga yang banyak. Zat tanah dan mineral garam larut dan dilarikan oleh air hujan. Pada saat hujan biasa diiringi dengan petir. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . diatas dapatan tidak pernah terjadi ibun dan diatas lautan suhunya paling rendah 18° C. Wilayah Iklim B atau wilayah iklim kering ditandai dengan banyaknya penguapan potensial lebih besar daripada banyaknya curah hujan.8 Vegetasi. Gambar Suhu Daerah Iklim Gambar Suhu daerah Iklim Selanjutnya dari kelompok tersebut masih dirinci lagi dalam bagian-bagian wilayah yang lebih sempit lagi. M. Air tanah cukup tinggi sehingga tanah lembab. b.UMB Dr. f.Arch ARSITEKTUR TROPIS . ditandai dengan suhu rata-rata bulanan seluruh bulan lebih rendah daripada 10° C.

massa. Dikawasan ini hutannya kering dan terdapat padang rumput. c. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Di wilayah ini bertiup angina barat. g. ditandai dengan banyaknya hujan dimusim panas dan bersalju dimusim dingin. energi dan sifat-sifat lain yang ditimbulkan oleh ketiga sifat utama tersebut. Diatasnya bertiup angin timuran kutub dan angina baratan karena tekanan rendah subkutub. ditandai dengan banyaknya curah hujan di musim dingin. Ir. ialah wilayah yang umumnya kering. Pohon-pohon berdaun keras.Arch ARSITEKTUR TROPIS . ditandai dengan musim hujan ketika matahari diatas zenith. Flohn mengelompokkannya dengan dasar berbagai sifat udara. Diatas wilayah ini bertiup angina barat. hamper selalu bertekanan tinggi. Dimusim panas bertekanan tinggi dan disebut tekanan tinggi subtropics musim panas. Hutan yang ada dikawasan ini disebut hutan tropis. Mintakat Sub kutub (G). dan berhutan cemara. f. e. Dengan dasar itu. Selama 8 bulan angin berhembus dari arah barat dan disebut. Mintakat lintang tengah lembab (E). d. Mintakat tropis luar (B). Mintakat ini ditandai dengan adanya angina pasat. Diwilayah ini ujan sangat sedikit. dikenalkan 8 mintakat iklim sebagai berikut : a. Mintakat kering subtropics. Permukaan tanah berupa gurun atu padang belukar. bertiup angin barat. Mintakat tropis dalam (A). utamanya dari aliran. Wilayah ini berpadang lumut dan tundra. b. Mintakat ini terletak disekitar khatulistiwa. h. angina barat khatulistiwa. Syarif Hidayat M.9 Bila Koppen dan Trewartha mengelompokan iklim berdasarkan suhu dan curah hujan. M. Mintakat boreal (F). Angin barat khatulistiwa bertiup selama kurang dari 8 bulan. ditandai dengan adanya curah hujan sepanjang tahun. ditandai dengan selalu lembab dan berhujan besar. H. Mintakat hujan musim dingin subtropis (D). musim hujan ini disebut zenith. Angin barat yang bertiup diatas wilayah ini merupakan bagian dari angina timuran kutub yang berbalik arah. Tanaman berdaun lebar dan berhutan campuran.UMB Dr.

Ir. A. M. Diwilayah ini terdapat hujan es salju yang sangat sedikit. Tipe ini disebut tipe lokal. Gambar. Angin musim dalam bulan Juni/Juli.10 i. Tipe ini disebut tipe Equatorial. tetapi daratannya tersebar dari dataran rendah hingga pegunungan. Penerimaan curah hujan bulanan dapat dipisahkan menjadi tiga pola penerimaan hujan yang berbeda. Karena letaknya di daerah tropis. Diatasnya bertiup angin timuran kutub dan berpadang es. maka selisih suhu siang – malam lebih besar dari pada selisih suhu musiman (musim kemarau – musim hujan). Mintakat kutub tinggi (H). Syarif Hidayat M. Sei Rantih dan Salida ( Sumbar) mempunyai tipe equatorial. Sebagian wilayah bagian utara hujan terjadi pada saat wilayah A dan B mengalami musim kemarau.Arch ARSITEKTUR TROPIS . Gambar. Banyuwangi dan Glagah (Jawa Timur) mewakili tipe monsunal dan Ambon mewakili tipe lokal. Pusat Pengembangan Bahan Ajar . Walaupun berada di wilayah tropis. terpengaruh oleh sirkulasi antara benua Asia dan Australia serta Samudra Pasifik dan Antlantik . Umumnya musim hujan terjadi antara bulan Oktober hingga April dan musim kemarau terjadi pada bulan April hingga Oktober. Di daerah subtropis hingga kutub selisih suhu musim panas – musim dingin lebih besar dari suhu harian kemarau. Pola demikian disebut pola monsunal. Angin Musim dalam bulan Desember/Januari Indonesia terletak di wilayah kepulauan tropis. Puncak musim hujan terjadi dua kali sekitar bulan Desember pada saat matahari berada paling selatan dan pada bulan Juni saat matahari paling utara. Suhu rata-rata tahunan berkurang dari dataran rendah hingga dataran tinggi. C. Di sebagian besar wilayah Indonesia penerimaan hujan musim penghujan dan musim kemarau berbeda nyata. Ketiga ciri penerimaan hujan dapat dilihat pada tabel 1.UMB Dr. B. Sebagian wilayah sekitar equator musim kering tidak nyata. Jadi suhu rata-rata relatif tinggi di dataran rendah dan suhu rendah di dataran tinggi.

B Salida ( B ) Banyuwangi Banyuwangi Glagah (A) Ambon ( C ) Ambon Unsur CH (mm) CH (mm) CH (mm) T (oC) CH (mm) CH Jan 363 339 224 27 250 89 Feb 247 285 246 27 217 116 27 Mar 272 338 142 27 217 167 27 Apr 312 306 85 28 94 164 27 Mei 233 280 80 28 137 202 26 Jun 208 222 41 28 94 388 25 Jul 192 155 37 27 141 296 25 Ags 219 251 21 27 72 196 25 Sep 375 339 28 28 59 122 25 Okt 394 374 33 28 87 90 26 Nop 442 325 75 28 102 68 27 Des 418 391 187 27 199 131 27 Thn 3675 3605 1199 27. M.UMB Dr. Data Suhu Udara dan Tiga Tipe Penerimaan Hujan bulanan di wilayah Indonesia. Syarif Hidayat M.2 (mm) T (oC) 27 Tabel.5 1669 2029 26.11 Tabel 1.Arch ARSITEKTUR TROPIS . Ir. Stasiun Sei Rantih. 1 Pusat Pengembangan Bahan Ajar .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful