OLEH KELOMPOK 7

PENGERTIAN
y Patient safety adalah mengidentifikasi & mengontrol

risiko yg dapat mencederai pasien y Patient safety adalah mencegah terjadinya cedera y Patient safety bukan eufemisme Medical Error y Patient safety adalah membuat asuhan pasien aman

KONSEP DASAR
y Patient Safety adalah isu terkini, global. y WHO memulai Program Patient Safety th 2004 : Safety is a fundamental principle of patient care and a critical component of quality management. (World Alliance for Patient Safety, Forward Programme WHO,2004). y KOMITE KESELAMATAN PASIEN RUMAH SAKIT (KKPRS) dibentuk PERSI, pd tgl 1 Juni 2005. y MENTERI KESEHATAN bersama PERSI & KKP-RS telah mencanangkan Gerakan Keselamatan Pasien Rumah Sakit pd Seminar Nasional PERSI tgl 21 Agustus 2005, di JCC.

ORGANISASI PENERAPAN PATIENT SAFETY
y Menurut Suprio (2008), Usaha di organisasi

pelayanan kesehatan di Indonesia dalam menerapkan pasien safety untuk usaha perbaikan mutu pelayanan ini berada pada level organisasi pelayanan kesehatan dengan dilakukan berbagai kegiatan.

y Meningkatkan peran para klinisi termasuk clinical leadership dalam patient y y y y y y y

safety Memberdayakan dan mendukung staf sarana pelayanan kesehatan untuk menerapkan patient safety dalam area kerja institusi Menetapkan indikator pasien safety dan standar pasien safety Mengidentifikasi dan mengurangi risiko pelayanan kesehatan melalui sistem koordinasi, pelaporan dan feedback yang efektif Mengatasi berbagai hambatan yang timbul dalam penerapan patient safety Mengembangkan diklat sarana pelayanan kesehatan dengan fokus kepada patient safety dan peningkatan kinerja pelayanan klinik Menetapkan mekanisme untuk mengadopsi secara cepat dari hasil penelitian ke praktik sehari-hari Melakukan komputerisasi instruksi pelayanan klinik untuk mengingatkan dan memberikan sinyal.

TERIMAKASIH

..

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful