ZAKAT

A. Pendahuluan Zakat merupakan ibadah yang pelaksanaannya wajib dilaksanakan bagi orang yang mampu dan sesuai kemampuan yang sudah ditentukan syaratsyaratnya. Untuk mensucikan hartanya dan juga membantu meringankan beban orang lain. Selain itu dalam pelaksanaan zakat, kita akan mendapat banyak hikmah. Kesenjangan antara Si Kaya dengan Si Miskin akan dapat teratasi. Rasa social kita akan terbina. Dengan adanya zakat akan dapa mengangkat martabat manusia. Berpijak dari uraian di atas, maka ada beberapa hal yang terkait dengan pelaksnaan zakat. Untuk lebih jelasnya, akan dijelaskan pada pembahasan selanjutnya. B. Standar Kompetensi Melaksanakan tata cara berzakat secara benar C. Kompetensi Dasar 1. 2. D. Indikator 1. 2. 3. 4. zakat 5. 6. Siswa mampu menjelaskan hikmah zakat Siswa mampu melaksanakan zakat secara beanar 1 Siswa mampu menjelaskan pengertian zakat dan hukumnya Siswa mampu menjelaskan dalil-dalil tentang zakat Siswa mampu menjelaskan jenis-jenis zakat Siswa mampu menjelaskan apa itu nishab, kadar dan waktu Mengetahui dan memahami permasalahan zakat Mengetahui dan memahami manfaat dan hikmah zakat

kadar serta waktu pelaksanaannya. 2. sehingga murid terlebih dahulu memahami teori tentang zakat baik pengertian. dll. F. 4. Zakat Metode ceramah Metode demonstrasi Metode tanya jawab Metode diskusi 2 . 4. 3. Materi Pokok 1. siswa dihadapkan pada permasalahanpermasalahan yang berkaitan dengan materi zakat untuk diselesaikan dan dicarikan solusi. misalnya di sekolah pada bulan ramadhan dilaksanakan pembayaran zakat. Tehnik Ceramah Dalam teknik ceramah ini guru menyampaikan materi tentang zakat. 2. maka dalam pembelajaran di selingi dengan adanya tanya jawab. Metode 1.E. Tehnik Pengalaman langsung Dalam tehnik ini siswa harus merasakan pengalaman langsung tentang materi zakat. sehingga secara langsung siswa melaksanakan zakat. G. nishabnya. Teknik Pembelajaran 1. Sehingga interaksi antara pendidik dan peserta didik dapat terjadi. misalnya tentang cara penentuan besranya zakat yang harus dikeluarkan oleh suatu profesi. baik guru yang bertanya maupun murid yang disuruh bertanya. Tehnik Problem Solving Dalam tehnik pembelajaran ini. 3. Tehnik Tanya Jawab Setelah tehnik ceramah dan murid di anggap sudah cukup menguasai materi.

I. White board Spidol Buku paket fiqih MA dan buku-buku yang mendukung Sekolah sebagai lokasi pelaksanakan zakat Zakat fitrah Zakat mal J. 3. di anggap tugas guru melontarkan dibuatlah materi yang akan dipelajari. sehingga siswa tertarik pada materi yang akan disampaikan . 2. Media 1. a) b) c) 2. a) b) c) d) kelompok-kelompok permasalahan e) massalah yang dihadapi 3.H. 4. a) Kegiatan Akhir Untuk mengetahui seberapa pemahaman siswa. guru memberikan latihan soal 3 Guru menyimpulkan dari berbagai penyelesaian Kegiatan Awal Guru mengucapkan salam dan murid menjawab Guru menyampaikan bahan apersepsi Guru memotivasi siswa untuk ikut aktif dalam Kegiatan Inti Guru menyuruh siswa untuk membaca sejenak Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk Begitu Setelah kecil juga siswa sebaliknya. 2. Sub Materi 1. dan diberi untuk menyelesaikan pembelajaran. kemudian guru menjelaskan kembali bertanya tentang materi yang belum dipahami pertanyaan-pertanyaan kecil kepada siswa paham. Langkah-Langkah Pembelajaran 1.

Dan hukum mengeluarkan zakat adalah fardhu a’in. Pengertian zakat dan hukumnya Zakat ialah mengeluarkan sejumlah harta tertentu untruk golongan yang berhak menerimannya (mustahiq) dengan syarat-syarat tertentu. At Taubah 60: 4 .b) Apabila dalam suatu pertemuan materi belum selesai. Zakat sifatnya wajib bagi setiap muslim yang hartanya telah memenuhi syarat tertentu. dan waktu suatu kekayaan atau harta yang wajib diserahkan dan pendayagunaannya pun ditentukan pula. Bahan Pembelajaran a) b) c) L. Materi Pembelajaran 1. Dan niatnya adalah sebagai berikut: Buku fiqih untuk MA LKS Dan buku pendukung lainnya ‫نو يت أن أخر ج زكا ةألفطر عن نفسى فرض ل تعا لى‬ Artinya : “saya niat mengeluarkan zakat fitrah dari diriku fardhu karena Allah Ta’ala”. Sedangkan menurut istilah zakat berarti derma yang telah ditetapkan jenis. Dan orang-orang yang berhak menerima zakat terdapat dalam QS. untuk dibahas pada pembelajaran selanjutnya c) Guru menyimpulkan seluruh materi yang diajarkan pada pembelajaran yang dilaksanakan pada pertemuan hari itu K. yaitu dari umat islam untuk umat islam. jumlah. berkembang dan berkah atau dapat pula berarti membersihkan atau mensucikan. Secara bahasa zakat berarti tumbuh. maka siswa disuruh mempelajari materi di rumah.

pengurus-pengurus zakat. orang-orang yang berhutang.                                         Artinya : “Sesungguhnya zakat-zakat itu. sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah. untuk (memerdekakan) budak. surat: QS. dan Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana” 2. Para mu'allaf yang dibujuk hatinya. hanyalah untuk orang-orang fakir. untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan. At taubah 71: Dalil-dalil tentang zakat Adapun ketentuan-ketentuan zakat terdapat dalam beberapa Al-Quran       5   . orang-orang miskin.

lelaki dan perempuan. mendirikan shalat. At taubah 103:                             Artinya: “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”. menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya.                           Artinya: “Dan orang-orang yang beriman. QS. mencegah dari yang munkar. mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf. dengan zakat itu kamu membersihkan[658] dan mensucikan[659] mereka 6 . mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah. sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain.

tambak udang dll. dan biri-biri wajib dikeluarkan zakatnya apabila telah mencapai satu nishab. konsultan. arsitek. seperti karyawan. Zakat Perikanan dan Peternaakan Jumhur ulama sepakat bahwa unta. itik dan dibidang peternakan seperti keramba. Akan tetapi jika penghasilannya hanya cukup untuk mencukupi kebutuhan hidupnya maka tidak wajib zakat. Apabila dihitung hasilnya melebihi ketentuan yang berlaku pada binatang yang wajib dizakati maka wajib dikeluarkan zakatnya 20%. yang membahas zakat profesi dengan nisabnya seperti nisab emas atau pertanian atau perdagangan. akuntan dan artis. Sementara itu binatang ternak seperti ayam. Zakat Saham dan Industri Zakat saham dan industri olah para ulama ada yang mengkiaskan zakat hasil pertanian. yaitu 5% setahun. pengacara. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. a. pengajar. d. Selain itu mengkiaskan kepada zakat hasil 7 . dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui”. notaris. Jika penghasilan seseorang melebihi kebutuhan pokok standar hidup maka baginya diwajibkan untuk membayar zakat. Adapun besarnya zakat profesi diqiyaskan pada emas atau uang yaitu 2. burung. kerbau. Jenis-jenis zakat Zakat Penghasilan (Profesi) Adalah zakat yang dikeluarkan dari penghasilan profesi yang tidak melanggar ketentuan syariah islam. 3. ‫خذ امؤا لهم صد قة‬ Zakat Hasil Perkebunan Semua tanaman wajib dikeluarkan zakatnya. Yang dijadikan dasar dari zakat profesi adalah b. dokter. maka zakatnya adalah 5% untuk yang disirami dan 10% untuk tanaman ynag tidak disirami. Pada tahun 1984 diadakan kongres muktamar ulama di dunia di Quwait.5%. lembu. kambing. c.dan mendoalah untuk mereka. eksekutif.

4. kacangkacangan.5% setelah mencapai satu nishab tanpa harus menunggu satu tahun. Biji-bijian seperti jagung. kadar dan waktunya Nishab adalah batas minimal harta kekayaan yang wajib dikeluarkan zakatnya. Zakat Hutang Syarat barang yang dikenakan zakat di antaranya adalah harta itu secara sempurna merupakan hak milik. Unuk mempermudah pemahaman. sedangkan kadar adalah perosentase atau besarnya zakat yang harus dikeluarkan. dan sebagainya. Nishab. Jenis Harta Tumbuhtumbuhan 1. Sementara itu. maka disuun dalam benuk tbel sebagai berikut: No 1. Padi 1481 kg gabah/ 815 kg beras 2. Menurut Hambali ang wajib adalah biji-bijian tahan Sedangkan menurut Syafii yang wajib adalah yang lama. .pertambangan (emas dan perak) yaitu 2. Jika harta itu dipinjam orang lain atau pinjaman (hutang) dari orang lain ataupun bank para ulama berbeda pendapat mengenai kewajiban zakatnya. e. waktu zakat adalah masa yang disyaratkan untuk mengeluarkan zakat terhadap harta yang dimiliki. 8 Seukur.5%/ an nisab padi 0% ! Tiap panen 5%/ 10% Tiap panen Timbangan yang 100 beras sedemikian kg gabah 55 Ketentuan Wajib Zakat Nisab Kadar Waktu Keterangan itu adalah setiap menghasilkan kg beras.

76 mazhab nisabnya gram. dan kurma dan anggur Maliki. bawang.5%) 4.yang tahan lama dan menjadi makanan pokok. Syafii. Sayursayuran (wortel. Syafii.92 gram 9 2. kering wajib apabila dimasukkan untuk bisnis kategori perdagangan dengan kadar zakat 2. cabe. 3. dan zakat perdagangan) . wajib kecuali dimaksudkan untuk (masuk 2 Emas dan Perak 1. bisnis kategori mazhab tidak dizakati (masuk zakat mazhab selain (kismis) dizakati Maliki. Emas murni Senilai 91. dan sebagainya) Seukuran nisab padi Menurut Hambali.5% Tiap tahun Menurut Hanafi 107. Buahbuahan Seukuran nisab padi 5%/ 10% Tiap panen Menurut Hambali.

wajib dizakati.5% Tiap tahun Perhiasan dipakai yang dalam perlengkapa gram rumah emas tangga dari murni ukuran yang wajar dan halal.92 2. Syafii. Maliki.92 2. Perak Senilai 91. Yusuf Qardhawi nisabnya 2. dan selain perak gram 10 . Perhiasan perabotan/ n perak Senilai 91.5% Tiap tahun Menurut Hanafi mazhab nisabnya senilai 700 gram. Logam mulia.92 gram emas murni 2. Maliki. dan tidak 5. dan tidak 3.5% Tiap tahun Perhiasan dipakai yang dalam perlengkapa gram rumah emas tangga dari murn ukuran yang wajar dan halal. Senilai 91. menurut mazhab Syafii. wajib dizakati.5% Tiap tahun Menurut Hambali.92 2. Hambali. 4. mazhab tidak Maliki. menurut mazhab Syafii.emas murni Menurut 85 gram. Perhiasan perabotan/ n emas Senilai 91. Hambali.

Yusuf mazhab nisabnya 107. sebagainya 3 Perusahaan.5% Sda . 1. Usaha perhotelan. 6.5% 2. dsb. Batu permata. Perdagangan. hiburan. dan murn Senilai 91. 11 Senilai 91. emas wajib kecuali dizakati platina. seperti intan. tekstil.92 gram emas murn 2. Industri seperti semen.5% Menurut Hanafi. dan murn diperdagangkan (dikategorikan zakat perdagangan. 2. dsb.5% 2.seperti sebagainya. pupuk.92 gram emas murn 2.5% Tiap tahun Sda berlian. senilai gram. 3. restornn. Perdaganga n.76 Menurut Qardhawi nisabnya 85 gram. Pendapatan Jasa.92 gram emas 2. dan Senilai 91.

swalayan. 12 . kontraktor.export/impo rt. dsb. supermarket . 4 Binatang ternak 1. domba. dan kacangan 40-120 1 ekor Tiap domba umur 1 tahun/ kacang an umur 2 tahun 121200 1 ekor Tiap domba umur 1 tahun/ kacang an umur 2 tahun tahun tahun Seiap tambah domba tahun/ bertambah 1 ekor 1 100 ekor zakatnya umur kacangan umur 2 tahun. real estate. percetakan? penerbitan. Kambing.

bertambah 1 2 ekor tahun. 3. zakatnya umur 2 tahun. Sapi. Yusuf Menurut 13 mazhab nisabnya 107. dan wajib zakat 5 Tambang dan Senilai 91.2. 40 ekor 1 ekor Tiap umur 2 tahun tahun bertambah 1 ekor 40 ekor. zakatnya Maliki. kerbau 30 ekor 1 ekor Tiap umu 1 tahun tahun Setiap tambah Setiap tambah bertambah 1 ekor 30 ekor zakatnya umur 1 tahun.92 gram emas murn 2. Syafii. Tambang emas mempero Hanafi. nisabnya 85 gram. mazhab tidak 40 ekor.76 Menutu Qardhawi mazhab Harta Terpendam 1. . Kuda Sama dengan sapi/ kerbau Sama dengan sapi/ kerbau Tiap tahun Setiap 30 ekor tambah umur Setiap tambah umur Menurut Hambali bertambah zakatnya 1 1 ekor tahun.5% Ketika leh Menurut senilai gram.

emas mempero Maliki dan Syafii zakatnya 20%.5% Ketika leh Menurut wajib apabila diperdagangkan (dikategorikan zakat perdagangan). Senilai 2.5% 2.Hambali kadar zakatnya 2. dsb. Menurut Hanafi mazhab kadar mazhab dizakati selain emas nisab perak. besi. 14 Senilai nisab 2. timah.5% Ketika leh Menurut wajib apabila diperdagangkan (dikategoikan zakat perdangan). apabila mempero Hanafi. dizakati seperti batu emas dan Syafii wajib diperdagangkan . dsb. Tambang batu-batuan marmer. 4. Menurut Hanafi mazhab kadar mazhab dizakati mempero Maliki dan Syafii zakatnya 30% 3. Tambang perak Senilai nisab emas 2. tembaga.5% Ketika leh Menurut mazhab Maliki. Tambang dan seperi platina.

7% kg. mazhab harta selain logam tidak wajib 6 Zakat fitrah Punya kelebih an makana n untuk keluarg a pada Hari Raya Idul Fitri 2. terpendam dizakai.5 kg.5% 2.5% Ketika mempero leh Ketika leh Menurut harta selain mazhab terpendam emas dan Sda mempero Hanafi. Senilai nisab emas 6. 5. Menurut Hanafi. Tambang minyak gas.(dikateorikan zakat perdagangan). Ramadha Mahmud Contoh penghitungan zakat: 15 . Harta terpendam tinggalan orang muslim) non Senilai nisab 2. Maliki dan (harta krun ema perak tidak wajib dizakati.5 kg Pertenga han bulan n Menurut Hanafi mazhab kadarnya Yunus 3. Menurut kadarnya 2.

Memberikan motivasi untuk bekerja keras agar dapat sederajat dengan orang lain d.000. adapun besar zakat yang harus dikeluarkan sebesar 2. 5.000.500.000.000.000 = Rp 1.500.000. 350.000. 60..Nisab emas = 92 gram =92 x 350. sehingga di dalamnya mengandung banyak hikmah bagi orang yang mengeluarkan maupun bagi orang yang menerimanya.berapakah zakat yang harus dikeluarkan setiap mencapai nisab? Jawab: Emas = Rp.200. Adapun hikmahnya adalah:  Hikmah bagi orang yang mengeluarkan: a.000 x 12 =Rp.5% x 60. 5. ada seseorang yang belanja sebagai guru (PNS) dengan gaji perbulan adalah Rp.000 =32. Sebagai ungkapan rasa syukur seseorang kepada Allah SWT atas segala limpahan nikmat dan rahmat yang diberikan kepadanya b.5% 2.000 Adapun gaji pertahun =Rp.- misalkan zakat profesi.adapun harga 1 gram emas seharga Rp. Akan memperoleh pahala yang besar  Hikmah bagi orang yang menerimanya: 16 .. Hikmah zakat Secara umum tujuan zakat adalah untuk meningkatkan taraf hidup dan mengangkat martabat manusia.000 Sehingga penghasilan tersebut sudah mencapai nisab. 350.000 5. Dapat membersihkan diri dan harta c.000 Jadi zakat yang dikeluarkan tiap tahun adalah Rp 1.000.

2. Rangkuman Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa zakat ialah mengeluarkan sejumlah harta tertentu untruk golongan yang berhak menerimannya (mustahiq) dengan syarat-syarat tertentu. 3. zakat penghasilan (profesi). dan dengki c.a. 4. sehingga di dalamnya mengandung banyak hikmah bagi orang yang mengeluarkan maupun bagi orang yang menerimanya. Evaluasi 1. zakat hasil perkebunan. Glosarium Apa yang dimaksud dengan zakat? Apa hukum dari zakat? Sebutkan hikmah dari zakat! Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis zakat! Kapan seseorang boleh mengeluarkan zakat? 17 . N. zakat hutang. Dapat menolong orang yang lemah dan susah b. Dapat meringankan beban yang harus ditanggungnya d. Sedangkan hikmahnya adalah untuk meningkatkan taraf hidup dan mengangkat martabat manusia. Dapat merasakan dan menikmati harta yang dimiliki oleh orang kaya b. 5. iri.Dan hukum mengeluarkan zakat adalah fardhu a’in. Jenis-jenis zakat antara lain. zakat perternakan atau perikanan. Dapat tertolong kesulitan dan kesusahannya  Hikmah bagi masyarakat: a. zakat saham dan industri. Mendidik masyarakat untuk berjiwa dan memiliki kepedulian sosial M. Jurang pemisah antara si kaya dengan si miskin dapat diperkecil c. O. Menghilangkan perasaan hasud.

18 . : besarnya zakat yang harus dikeluarkan zakat. Nisab Kadar : batas minimal harta kekayaan yang wajib dikeluarkan zakat.Mustahiq : orng yang berhak menerima zakat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful