SILABUS MATA KULIAH Program Studi Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah Jumlah SKS Semester Mata

Kuliah Pra Syarat : D3 KEPERAWATAN : Kep. 41022 : Pengobatan alternatif (herbal terapi) : 2 teori :6 :---

Deskripsi Mata Kuliah : Fakta menunjukkan bahwa upaya kesehatan tradisional dengan obat-obatan tradisional telah dikenal dan digunakan oleh masyarakat secara luas sejak jaman dahulu jauh sebelum pelayanan kesehatan formal dengan obat-obatan modern menyentuh masyarakat luas. Tanaman berkhasiat obat merupakan salah satu diantara obat tradisional yang paling banyak digunakan secara empirik oleh masyarakat dalam rangka menanggulangi masalah-masalah kesehatan yang dihadapi baik untuk pemeliharaan, pengobatan maupun pemulihan kesehatan Penggunaan obat tradisional cenderung meningkat, ini merupakan bukti bahwa masyarakat masih mengakui dan memanfaatkannya. Standar Kompetensi : Mahasiswa memiliki wawasan, sikap dan perilaku yang mampu mengimplementasikan teori, konsep dan prinsip-prinsip pengolahan tanaman berkhasiat obat sehingga bermanfaat dalam pemeliharaan, pengobatan maupun pemulihan kesehatan.

demonsrasi 4. Penilai an laporan kunjungan lapangan 1. tanya jawab 1. mereview jenis dan ciri-ciri tanaman dan buahbuahan yang digunakan dalam terapi jus Mahasiswa memiliki wawasan. anak pohon pisang kepok. jenis tanaman yang bermanfaat untuk herbal terapi. cara pengejusan. review faktor resiko. Keaktif an dalam diskusi 2. waktu dan cara minum dan lama pengobatan. ceramah 2. berbagai jenis tanaman untuk terapi jus berbagai jenis buah-buahan untuk terapi jus penilaian post test Keaktifan dalam kelas 1. tanya jawab 3. redemonstr asi review tujuan pencegahan 1x penyakit 100 review jenis dan ciri-ciri Menit tanaman dan bauh-buahan yang digunakan dalam terap jus pengolahan: pencucian. penilaian post test Keaktifan . pencegahan. Ceramah 2. Mengetahui perbedaan pengobatan herbal dan kimia Memahami terapi jus dalam pencegahan penyakit Mengidentifikasi manfaat dan pengolahan Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat mengidentifikasi perbedaan jenis dan ciri-ciri berbagai jenis tanaman yang bermanfaat untuk herbal terapi dan mengetahui perbedaan pengobatan herbal dan kimia Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat mengidentifikasi tujuan pengobatan terapi jus.Kompetensi Dasar Indikator Pengalaman Pembelajaran Materi Ajar Waktu Alat/Bahan/Sumber Belajar Peni-laian Mengidentifikasi latar belakang. Pengenalan jenis dan ciri-ciri 2 x tanaman obat 100 Perbedaan pengobatan herbal Menit dan kimia Berbagai jenis tamanan obat di BPTO Tawang Mangu 1. sikap dan skill dalam Kunjungan lapangan ke Balai Penanaman Tanaman Obat (BPTO) di Tawang Mangu. tujuan pengobatan dan 1x 100 Menit Daun bayam duri.

gula aren. daun kaki kuda.pengobatan herbal untuk gangguan hipotensi dan hipertensi mengimplementasika n pengobatan herbal untuk gangguan hipotensi dan hipertensi 3. daun segamanis. review jenis dan ciri-ciri rasi tanaman obat gangguan hipotensi dan hipertensi 3. kayu manis. Penebar Swadaya. bunga jeruk nipis. Jakarta dalam kelas . cara perebusan. daun sena. waktu dan cara minum obat dan lama pengobatan bawang putih. kencur. asam tengkuli. redemonst 2. demonsras penanganan gangguan i hipotensi dan hipertensi 4. seledri. daun jeruk nipis. ResepResep Obat Tradisional. serbuk biji mahoni Pinus Lingga. pengeringan. pengolahan ramuan tanaman obat : pencucian. 2004.

rimpang temulawak. ceramah 2. tujuan 100 pengobatan dan Menit penanganan gangguan gangguan kecacingan. disentri. diare. Jakarta penilaian post test Keaktifan dalam kelas Mengidentifikasi manfaat dan pengolahan 1. bijih buah pinang. demo nsrasi 4.Mengidentifikasi manfaat dan pengolahan pengobatan herbal untuk gangguan kecacingan. radang usus buntu. Penebar Swadaya. cara perebusan. akar pepaya. radang lambung. daun ketepeng cina. serbuk buah pinang. diare. radang usus buntu. redem onstrasi 1. pengolahan ramuan tanaman obat : pencucian. bunga penilaian post test Keaktifan . kulit delima. keracunan. Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat mengidentifikasi faktor resiko. waktu dan cara minum obat dan lama pengobatan Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa 1. ketumbar. pencegahan. niji labu merah. Pinus Lingga. bawang putih. pala. tipus. disentri. review faktor resiko. review jenis dan ciriciri tanaman obat 3. tembakau. diare. ceram ah 2. tanya jawab 3. gula aren. tipus. disentri. daun legundi. 2004. review faktor resiko. waktu dan cara minum obat dan lama pengobatan Buah nanas muda. tujuan pengobatan dan 1x 100 Menit Cengkih. sariawan. radang lambung. jeruk nipis. sariawan. daun sirih.. pengeringan. tujuan pengobatan herbal untuk gangguan gangguan kecacingan. pengeringan. keracunan. keracunan. radang usus buntu. cara perebusan. 2. sariawan. getah buah pepaya. tipus. pencegahan. tanya jawab 1. ResepResep Obat Tradisional. 1 x pencegahan. mereview jenis dan ciri-ciri tanaman obat penyakit kardiovaskuler serta mengolah ramuan tanaman obat : pencucian. tebu. radang lambung.

tubercullosa Mengidentifikasi manfaat dan pengolahan pengobatan herbal untuk dysmenorrhoea. menopouse dan radang payudara diharapkan dapat mengidentifikasi faktor resiko. demam nifas. redemonstr asi penanganan gangguan asma. 1x pencegahan. pengeringan. Ubi pisang kepok. cara perebusan. tujuan pengobatan herbal untuk gangguan asma. ResepResep Obat Tradisional. ResepResep Obat Tradisional. demonsrasi 4. Penebar Swadaya. kacang hijau. waktu dan cara minum obat dan lama pengobatan. influenza. batuk. pengeringan. menopouse dan radang payudara serta 3. bunga sepatu. pencegahan. tujuan 100 pengobatan dan penanganan Menit dysmenorrhoea. . Jakarta dalam kelas 1. batuk. review jenis dan ciri-ciri tanaman obat pengolahan ramuan tanaman obat : pencucian. daun kemuning Pinus Lingga. cara perebusan. daun bayam. . tanya jawab 3. review jenis dan ciri-ciri tanaman obat pengolahan ramuan tanaman obat : pencucian. keputihan. daun kumis kucing. melancarkan asi. Pinus Lingga. bronkhitis. bawang putih. keputihan. keputihan. bijisawi. 2004. bronkhitis. demam nifas. pengeringan. waktu dan cara minum obat dan lama pengobatan Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat mengidentifikasi faktor resiko. Penebar penilaian post test Keaktifan dalam kelas . melancarkan asi. review faktor resiko. tujuan pengobatan herbal untuk dysmenorrhoea. daun pacar cina. daun meniran. pare. batuk. cara perebusan.pepaya muda. redemonstr asi 1. . bronkhitis. menopouse dan radang payudara 2. melancarkan asi. influenza dan tubercullosa 2. demam nifas. ceramah 2. pencegahan.pengobatan herbal untuk gangguan pernafasan: Asma. waktu dan cara minum obat dan lama pengobatan. dan daun belimbing wuluh. influenza. 2004. dan tubercullosa serta mengolah ramuan tanaman obat : pencucian. demonsrasi 4.

panu.panu. kudis. bisul. luka terbakar. luka terbakar. minyak kayu putih. luka bernanah 2. Jakarta penilaian post test Keaktifan dalam kelas 1. waktu dan cara minum obat dan lama pengobatan Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat mengidentifikasi faktor resiko. eksem. kudis. luka bernanah serta mengolah ramuan tanaman obat : pencucian. kurap. kutil. jenis-jenis sediaan pengobatan tradisional 2. pengeringan. eksem. pengeringan. review faktor resiko. cara perebusan. daun srikaya Pinus Lingga. bisul. pencegahan. review jenis dan ciri-ciri tanaman obat pengolahan ramuan tanaman obat : pencucian. pengeringan. kurap. Jakarta 1. tujuan pengobatan herbal untuk bidur. bisul. daun kunyit. pengolahan tanaman 4 x 100 Menit Buku panduan Tempat praktek (pabrik jamu. Keaktifan selama . 2004. cara perebusan. penilaian post test 2. eksem. luka bernanah Mengenal pengobatan tradisional di masyarakat mengolah ramuan tanaman obat : pencucian. ResepResep Obat Tradisional. kutil.panu. Penebar Swadaya. luka terbakar.Mengidentifikasi manfaat dan pengolahan pengobatan herbal untuk bidur. pencegahan. daun kangkung. tujuan pengobatan dan penanganan bidur. kutil. daun kecubung. cara perebusan. prakte k ke klinik pengobatan tradisional 1. kudis. waktu dan cara minum obat dan lama pengobatan Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat Swadaya. kurap. klinik pengobatan 1. waktu dan cara minum obat dan lama pengobatan 1x 100 Menit Rimpang temu lawak.

cara perebusan. kunjun gan ke pabrik jamu obat tradisional 3. tujuan pengobatan herbal serta mengolah ramuan tanaman obat : pencucian. penjaminan mutu obat tradisonal 4. pencegahan.mengenal pengobatan tradisional di masyarakat dengan mengidentifikasi faktor resiko. pengeringan. implementasi pengobatan pada berbagai jenis gangguan kesehatan tradisional) praktek . waktu dan cara minum obat dan lama pengobatan 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful