P. 1
Percobaan 4 - Pembangkit Listrik Tenaga Uap

Percobaan 4 - Pembangkit Listrik Tenaga Uap

|Views: 291|Likes:
Published by hendraadrianto

More info:

Published by: hendraadrianto on Mar 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/30/2012

pdf

text

original

Percobaan 4 Pembangkit Listrik Tenaga Uap

I. Pendahuluan
Uap air yang keluar cukup kencang dari sebuah wadah pemanasan dapat digunakan untuk memutar generator listrik sehingga menghasilkan GGL induksi. Inilah prinsip kerja pembangkit listrik tenaga uap. Terdapat sejumlah cara untuk memanaskan air menjadi uap. Pada reaktor nuklir, air dipanaskan dengan menggunakan energi hasil reaksi fisi inti radioaktif. Inilah pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Uap juga dapat dihasilkan dengan memanaskan air menggunakan batubara. Pembangkit listrik semacam inilah yang ada di Paiton (Jawa Timur) dan di Cilacap (Jawa Tengah). Uap juga dapat dihasilkan dengan memanaskan air melalui pembangkaran sampah. Pembangkit listrik semacam ini yang rencananya akan dibangun di Gedebage, Bandung yang dipopulerkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Sampah. Jadi, prinsip kerja PLTN, PLT Batubara, maupun PLT Sampah hampir sama. Perbedaan hanya pada cara memanaskan air menjadi uap. Pembangkit-pembangkit ini umumnya dibangun di pantai atau di tepi sungai besar atau danau agar suplai air berjalan lancar.

II. Tujuan Percobaan
Tujuan percobaan adalah mengubah energi uap menjadi energi listrik.

1

III. Kita memerlukan wadah pemanas air dan sumber energi untuk memanaskan air. Semburan uap dari wadah digunakan untuk memutar baling-baling kipas angin atau motor. Alat/bahan Alat dan bahan utama yang diperlukan dalam percobaan ini sebagai berikut 1) Kipas angin kecil atau motor listrik mainan 1 buah 2) Teko pemanas air 3) Selang tahan panas suhu hingga suhu 100 oC 4) Kompor gas LPG yang kecil 5) Gas LPG dalam tabung 3 kg 6) Voltmeter 7) Busur derajat 2 . Input dari kipas angin atau motor ini menjadi output GGL induksi yang dihasilkan. seperti pada mobil mainan anak-anak. IV. Untuk memanaskana air kita menggunakan kompor gas LPG. Sebagai generator listrik digunakan kipas angin dengan melakukan sedikit modifikasi pada baling-baling. Besar GGl induksi yang dihasilkan diukur dengan menggunakan voltmeter. kita juga dapat menggunakan motor listrik. Rancangan Percobaan Pada percobaan ini kita juga menggunakan alat-alat sederhana yang dapat diperoleh dengan mudah dan harga yang cukup terjangkau. Sebagai alternatif.

Parameter ini sebenarnya menentukan laju pemberian energi pada pemanas air. 3) Di daerah semacam apakah pembangkit listrik tenaga sampah cocok digunakan? Apakah keuntungan dan kerugian pembangkit listrik ini? 3 . Pada keluaran teko dipasang selang. b) Parameter-papameter apakah yang menentukan konstanta K? VI. 2) Ukur GGL yang dihasilkan motor kipas angin kecil sebagai fungsi aliran air. a) Tentukan nilai konstanta K. 3) GGL induksi yang dihasilkan pada motor kipas angin akan memenuhi rumus ε = Kθ dengan ε : GGL pada motor kipas angin kecil K : konstanta θ: sudut putaran pengontrol gas pada kompor. Tugas 1) Rancang pembangkit lustrik tenaga uap.V. Pertanyaan 1) Buat minimal tiga kesimpulan dari percobaan di atas 2) Buat skema pembangkit listrik tenaga sampah. Kipas angin kecil digunakan sebagai generator listrik. Uap yang keluar dari selang digunakan untuk memutar baling-baling kipas angin/motor.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->