P. 1
LAPORAN PKM

LAPORAN PKM

|Views: 1,137|Likes:
Published by Duel Rasyid

More info:

Published by: Duel Rasyid on Mar 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/13/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Pembuatan Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM ) merupakan mata kuliah yang mengarahkan menjadi guru yang profesional, selain itu diharapkan pula supaya menjadi guru yang berkualitas dan dapat menigkatkan kemampuan dalam pengelolaan pembelajaran di sekolah sehingga memiliki peningkatan kemampuan dalam mengajar secara profesional. Harapan ini juga jelas termaktub dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar sebagai resfon dalam upaya pembentukan kepribadian guru dimasa yang akan datang. Dalam mengajar terkandung menganalisis kemampuan materi

pembelajaran, mengonsep motivasi pembelajaran yang epektif dan efisien, memotivasi siswa dalam belajar supaya aktif, mengevaluasi hasil belajar siswa, serta merevisi pembelajaran supaya lebih epektif dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Dengan demikian mengajar merupakan proses pemberian dan

penerimaan materi pelajaran. Bahkan mengajar bukan sekedar kegiatan yang dapat kita abaikan karena belajar dapat meningkatkan masa depan kita sebagai penerus Bangsa dan Negara dimasa yang akan datang, dengan kata lain profesi yang paling berperan dalam dunia pendidikan adalah guru. Guru mempunyai posisi vital dalam perkembangan kehidupan manusia yang

15

5. 2. Dapat meningkatkan kemampuan dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien. kualifikasi guru harus selalu ditingkatkan guna menghasilkan generasi yang lebih baik di hari esok. 15 . guru yang menerima masukan dari pihak lain. Mempersiapkan pembelajaran. Tujuan Laporan 1. Mengisi pembelajaran berikutnya dengan memperhatikan hasil evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya. Melaksanakan belajar secara epektif dan efesien pada rencana pembelajaran yang telah disusun. 6. B. Mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan dalam mengajar. Menindak lanjuti percobaan dan dapat mempertanggungjawabkan prinsif-prinsif dan moral. Guru yang baik merupakan guru yang memiliki tanggung jawab penuh atas segala tugasnya. guru yang mau mengakui kekurangannya. 7. serta guru yang mau mengambil pelajaran dari apa yang telah terjadi untuk perbaikan dimasa yang akan datang. Mempertanggungjawabkan keputusan dan tindak lanjutpembelajaran yang telah dilakukan. melalui refleksi.dinamis ini. 4. Oleh karena itu seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Menyusun rencana pembelajaran dengan menerapakan prinsip-prinsip pembelajaran dan keilmuan bidang studi yang sesuai. 3. termasuk mengenal karakteristik dan kebutuhan belajar peserta didik.

Gambaran Umum Isi Laporan 1. 5. Akibat kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran.C. 15 . 4. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran. Kelemahan yang saya tentukan selama proses pembelajaran 2. Usaha dalam merefleksi pembelajaran selama proses pembelajaran. Hal-hal yang unik selama proses pembelajaran. 6. Akibat dari kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran 3.

BAB II TEMUAN-TEMUAN DALAM PEMBELAJARAN A. Hal-hal yang unik selama proses pembelajaran adalah dapat melihat kelebihan dan kekurangan siswa dalam menyelesaikan masalah seharihari. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran. 3. 1. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran dalam hal penguasaan materi yang dikaitkan dengan masalah kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan matematika. Kelemahan tersebut terjadi karena jumlah siswa yang banyak sehingga sulit mendeteksi satu persatu siswa. Kekutan tersebut terjadi karena siswa dituntut untuk dapat memecahkan masalahnya sendiri yang terkait dengan kehidupan sehari-hari. Pertemuan Ke-1 Pertemuan ke-1 mengambil mata pelajaran Matematika kelas V semester II. 15 . 6. 2. Usaha perubahan dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-1. rencana saya berikutnya adalah dengan belajar dari kesalahan dalam mengajar sebelumnya. yaitu : dalam hal komunikasi dan pendekatan terhadap siswa terutama siswa yang kurang intelegensinya. 4. 5.

B. Usaha perbsiksn dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-2. 6. rencana saya berikutnya adalah selalu belajar dari kekurangan saya dalam mengajar. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran yaitu: dalam penataan kelas dan fasilitas belajar. Kekuatan tersebut terjadi karena selalu berpedoman sesuai dengan kurikulum. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran yaitu dalam penggunaan waktu tidak sesuai dengan yang telah ditentukan sebelumnya. 1. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran saya selalu menerapkan ilmu yang saya dapatkan di UT. Pertemuan Ke-3 Pertemuan ke-3. mengambil mata pelajaran matematika kelas IV semester II. mengambil mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) kelas III semester II. Kelemahan tersebut terjadi karena kurangnya media dan fasilitas belaj r a yang kurang memuaskan 3. 5. 2. 1. C. Pertemuan Ke-2 Pertemuan ke-2. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah siswa dapat menyebutkan kegunaan energi dengan benar. 4. 15 .

3. 2. 1. Kelemahan tersebut terjadi karena kurangnya penekanan kepada semua siswa yang kurang kemampuan intelegensinya. Pertemuan Ke-4 Pertemuan ke-4. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran yaitu: penyediaan bahan dan media atau alat pembelajaran. 3. 15 . 4. Usaha perbaikan dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-3. 5. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah : siswa dapat membagi pecahan dengan melipat keretas. rencana saya berikutnya adalah: setiap mengajar harus menggunakan alat peraga supaya siswa memahami secara kongkrit. D. Kelemahan terjadi karena tidak adanya alat kegiatan yang dapat dilakukan dalam pembelajaran praktek. 6.2. 4. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran dapat menggunakan alat peraga gambar pada karton tentang pecahan. mengambil mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) kelas IV semester II. Kekuatan tersebut dalam membuat media alat peraga sehingga dapat mengakibatkan siswa menjadi bergairah dalam belajar. Kekuatan tersebut terjadi karena penguasaan materi pembelajaran. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran memberikan contoh konkrit tentang permukaan bumi.

4. E. Kelemahan tersebut karena terbatasnya sara dan prasarana yang sempit. 1. Usaha perbaikan dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-4. 6. rencana saya berikutnya adalah dengan cara memahami 15 . mengambil mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) kelas VI semester II. Pertemuan Ke-5 Pertemuan ke-5. rencana saya berikutnya adalah penguasaan materi sebelum mengajar dan juga dapat menggunakan alat peraga dengan baik. 3.5. 2. 6. sulit untuk mengatasi tetapi saya berusaha mencari solusi. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan sosial merupakan pembelajaran yang menyangkut kehidupan sehari-hari sehingga akan lebih mudah melakukan pembelajarannya. 5. Usaha perbaikan dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-5. Kekuatan tersebut terjadi karena saya selalu melihat buku panduan yang sesuai dengan KTSP 2006. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah saya dapat mengetahui karakter dari semua siswa yang masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran yaitu: pengelolaan dan penataan kegiatan. Hal-hal unik terjadi selama proses pembelajaran adalah siswa mampu menyebutkan kenampakan bumi di lingkungan sekitar.

Kekuatan tersebut terjadi karena melakukan persiapan dengan matang sebelum melakukan pembelajaran. rencana berikutnya adalah membuat alat peraga yang sederhana dan belajar menguasai kelas. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran penguasaan materi pelajaran yang akan disajikan sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa. 6. G. 2. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran yaitu : penggunaan bahan dan media serta kurangnnya pendekatan terhadap siswa. Usaha perbaikan dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-6. Hal-hal unik selama proses pembelajaran adalah siswa dapat siswa dapat menyebutkan perbedaan Kelurahan dan Desa dengan benar. Pertemuan Ke-6 Pertemuan ke-6. 1. Pertemuan Ke-7 15 . 5. Kelemahan tersebut terjadi karena terjadi objek yang diperlukan harus konkrit ( nyata ) sehingga harus langsung mendatanggi kantor desa dan siswa yang terlalu banyak sehingga sulit melakukan pendekatan 3. 4. F.materi yang akan diajarkan dan mengetahui keadaan sosial yang terjadi di masyarakat.mengambil matapelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) kelas V semester II.

2.Pertemuan ke-7. Usaha perbaikan dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-7. Hal-hal unik yang terjadi karena selama proses pembelajaran adalah siswa dibiasakan untu selalu membaca sebelum materi diberikan. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran dapat menguasai materi yang dapat memberikan pemahaman terhadap siswa dengan tenang. H. 4. 3. 15 . Kelemahan tersebut terjadi karena kurangnya bahan media yang tersedia di sekolah. rencana berikutnya adalah selalu memperbaiki serta penataan kegiatan yang sanagat kekurangan-kekurangan dalam mengajar terutama membuat alat peraga yang sederhana. mengambil mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kelas V semester II. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran yaitu: penggunaan bahsa dan media terbatas. mengambil mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV semester II. 6. Kekuatan tersebut terjadi karena memberikan penjelasan yang dapat memberikan pemahaman materi yang disajikan meskipun sumber belajar kurang mendukung. 1. Pertemuan Ke-8 Pertemuan ke-8. 5.

Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran yaitu. rencana berikutnya adalah harus lebih kreatif lagi dalam mengajar dan menggunakan metode pembelajaran. kegiatan sehingga mengakibatkan menyita 15 . I. 3. Hal-hal unik selama proses pembelajaran adalah siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapat. Pertemuan Ke-9 Pertemuan ke-9. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran yaitu : metode pembelajaran yang kurang bervariasi. 3. Usaha perbaikan dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-10. 2. Kekuatan tersebut terjadi karena mempelajari materi terlebih dahulu sebelum dilakukan pembelajaran. 2. 1. Kelemahan tersebut terjadi karena waktu pembelajaran yang sempit pembahasan belum tuntas semuanya. 5. 4. mengambil mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV semester II. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran waktu yang sempit tetapi siswa dapat memahami materi yang disajikan.1. bahan materi sesuai dengan yang akan disajikan. Kelemahan tersebut terjadi karena kurangnya media sehingga hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. 6. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran yaitu : kekurangan penataan waktu.

Kelemahan yang saya temuakan selama proses pembelajaran yaitu: pada hakekatnya semua belajar lancar. tetapi sedikit yang kurang yaitu penggunaan bahan atau media pembelajaran. Kekuatan tersebut terjadi karena saya selalu melihat kepada pedoman/ buku petunjuk tentang cara merancang dan melaksanakan pembelajaran. J.4. 1. 5. 4. 3. Kelemahan tersebut terjadi karena dalam membuat bahan dan media pembelajaran. Usaha perbaikan dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pe rtemuan ke-9. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran saya lakukan selalu mengikuti prosedur yang telah ditetapkan KTSP. 15 . 2. Pertemuan Ke-10 Pertemuan ke-10. Hal-hal unik yang terjadi karena selama proses pembelajaran adalah siswa dapat memberikan informasi berupa cerita dan dapat melakukan tukar pikiran mengenali kegiatan di lingkungan sekitar dapat menyebutka isi pantun dengan benar. rencana berikutnya adalah menggunakan waktu seefesien mungkin tapi semua bahasan selesai. mengambil mata pelajaran Ilmu Pengtahuan Sosial kelas VI semeter II. Kekuatan tersebut terjadi karena siswa memiasakan penguasaan materi dengan materi.

6. 15 . Hal-hal yang unik terjadi selama proses pembelajaran adalah: saya selalu belajar dari kesalahan yang saya lakukan sehingga mendapat kepuasan dalam pembelajaran. K. 6. mengambil mata pelajaran matematika kelas IV semester I. rencana saya berikutnya adalah: setiap mengajar harus menggunakan alat peraga supaya siswa memahami secara kongkrit. Usaha perbaikan dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-3. 1. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran adalah : siswa dapat membagi pecahan dengan melipat keretas. Usaha perbaikan dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-10. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran yaitu dalam penggunaan waktu tidak sesuai dengan yang telah ditentukan sebelumnya. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran dapat menggunakan alat peraga gambar pada karton tentang pecahan. 3. 5. 2. Kelemahan tersebut terjadi karena kurangnya penekanan kepada semua siswa yang kurang kemampuan intelegensinya. Pertemuan Ke-11 Pertemuan ke-11. 4. Kekuatan tersebut dalam membuat media alat peraga sehingga dapat mengakibatkan siswa menjadi bergairah dalam belajar.5. karena saya berikutnya adlah selalu memperbaiki kesalahan-kesalahan yang saya lakukan sebelumnya.

15 . Pertemuan Ke-12 Pertemuan ke-12.I. 3. 6. Usaha perbaikan dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan ke-12. 4. Hal-hal unik selama proses pembelajaran adalah siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapat. mengambil mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) kelas IV semester I. bahan materi sesuai dengan yang akan disajikan. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran yaitu. rencana berikutnya adalah harus lebih kreatif lagi dalam mengajar dan menggunakan metode pembelajaran. Kelemahan tersebut terjadi karena kurangnya media sehingga hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Kelemahan yang saya temukan selama proses pembelajaran yaitu : metode pembelajaran yang kurang bervariasi. Kekuatan tersebut terjadi karena mempelajari materi terlebih dahulu sebelum dilakukan pembelajaran. 5. 2. 1.

BAB III KESIMPULAN 1. Rangkuman perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan yaitu : a. baik berupa bahan materi maupun cara penyampaiannya. 2. 15 . serta penggunaan waktu yang sesuai dengan yang telah ditentukan. dapat berkomunikasi kepada siswa dengan baik. Kelemahan tersebut karena situasi. sarana dan prasarana tersedia di sekolah terbatas. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran yaitu penugasan bahan materi yang akan disajikan dan pengelolaan kelas dengan baik. 4. Secara umum kelemahan yang saya temuakan selama proses pembelajaran yaitu kurangnya menggunakan bahan dan media pembelajaran sehingga siswa tidak termotivasi untuk belajar. walaupun bersifat sederhana. Sedangkan penyebab kekuatan tersebut terjadi karena selalu melakukan persiapan sebelum pembelajaran berlangsung. Berusaha membuat alat peraga sendiri. mernyebabkan tujuan pembelajaran di sekolah terhambat. Kurang tersedianya bahan dan media yang akan digunakan dlam pembelajaran di sekolah. 5. kurangnya pendekatan pada siswa dan kurang variatifnya dalam menggunakan metode pembelajaran. 3.

c. Melakukan percobaan dalam menerapkan metode pembelajaran. Melakukan pengeloaan kelas dengan baik supaya masalah yang timbul di dalam kelas dapat terselesaikan. Mencoba melakukanpendekatan kepada siswa.b. 15 . d.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->