PENGUKURAN PANJANG, KELILING, LUAS, DAN VOLUM Pengukuran merupakan bagian dari ruang lingkup mata pelajaran matematika

di sekolah dasar (Standar Isi, 2006: 417). Konsep-konsep dan keterampilan dalam pengukuran di dalam kurikulum matematika semuanya berkaitan dengan membandingkan apa yang diukur dengan apa yang menjadi satuan ukuran standar. Kunci untuk mengembangkan keterampilan dalam pengukuran adalah pengalaman yang cukup dengan kegiatan pengukuran. Oleh karena itu, sebaiknya peserta didik disyaratkan mempunyai keterampilan mengukur melalui latihan. Selain itu, peserta didik hendaknya juga dikondisikan untuk menemukan kembali rumus, konsep, atau prinsip dalam matematika melalui bimbingan guru agar peserta didik terbiasa melakukan penyelidikan dan menemukan sesuatu. Pengukuran yang akan dibahas dibawah ini meliputi panjang, keliling, luas bangun datar serta volum bangun ruang.

1. Panjang Panjang adalah satuan yang digunakan dalam matematika. Panjang biasanya ditunjukkan dengan bilangan yang diikuti satuan panjang yaitu mm, cm, m dll.Dalam pembelajaran di SD, untuk memperkenalkan panjang dapat kita gunakan alat yang disebut penggaris. Penggaris dapat digunakan untuk mengukur panjang suatu benda di sekitar anak.

Contoh soal : 1. Ani mempunyai meja baru yang dibelikan ayah. Ani berniat untuk menghiasinya dengan pita-pita di tepi meja. Meja Ani berbentuk persegi. Jika ani memiliki 6 meter pita. Berapa panjang pita yang harus dibagi Ani untuk setiap sisi meja? Jawab Diketahhui Panjang pita : : =6m

Meja berbentuk persegi Ditanya Jawab : Panjang pita pada setiap sisi meja :

1

Panjang pita Ani adalah 6 m, Apabila bentuk meja adalah persegi, maka ani bisa membagi dengan cara membagi pita menjadi 4 dengan menggunakan alat ukur. Maka akan diperoleh 6 meter : 4 = 1,5 meter. Jadi setiap sisi meja, ani akan menghiasnya dengan pita berukuran 1,5 meter. 2. Keliling a. Keliling Persegi

A

sisi

B Cara memperoleh Keliling persegi adalah dengan cara menjumlah Kan ke empat sisi pada persegi tersebut. Kita ketahui bahwa persegi atau segi empat mempunyai empat sisi (rusuk) yang sama

C

D

panjang, tegak lurus dan sejajar jadi dapat diperoleh rumus keliling sebagai berikut :

Rumus Keliling Segi empat

4 X sisi Atau sisi + sisi + sisi + sisi

 Pembelajaran Pada anak SD
2

a. Siswa diminta untuk menyiapkan kertas 1 lembar b. Kemudian siswa diminta untuk mengukur pada kertas dengan ukuran panjang 4 cm dan lebar 4 cm. Seperti pada gambar berikut

4 cm 4 cm
4 cm cm

4 cm

4 cm 4

4 cm
4 cm

4 cm

4 cm

c.

Siswa diminta untuk menggunting kertas yang sudah diukur

d. Akan terbentuk segi empat atau persegi yang ke empat sisinya sama panjang

4 cm

4 cm

4 cm

3

Jadi keliling kebun ayah 12 m B. Ayah mempunyai kebun dengan panjang 4 m dan lebar 4 m.4 cm Soal cerita : 1. Jadi keliling kebun ayah adalah 4 x 4 m atau 4 m+ 4 m + 4 m + 4 m = 12 m. ayah harus mengetahui keliling kebun terlebih dahulu. Berapakah keliling kebun ayah? Jawab : Diketahui : Panjang kebun ayah : 4 m Lebar kebun ayah Ditanya : :4m Keliling kebun ayah Jawab : Karena panjang dan lebar kebun ayah sama. Keliling Persegi Panjang A yang sama panjang persegi panjang : B Persegi panjang mempunyai sepasang sisi dan sejajar. Sehingga dapat diketahui rumus keliling C D 4 . Untuk membuat pagar ditepi kebun. Rumus keliling persegi adalah 4 x sisi atau AB + BC + CD + DA. Ayah ingin membuat pagar ditepi kebunnya. jadi kebun ayah berbentuk persegi.

Anak akan menemukan bahwa persegi panjang memiliki 2 sisi berpasangan yang sama panjang. Untuk menjelaskana rumus kelliling kepada anak SD dapat dilakukan dengan cara meminta peserta didik untuk membuat gambar pada kertas dengan ukuran panjang 4 cm dan lebar 2 cm. sisi panjang dengan panjang dan sisi lebar dengan lebar. Maka pojokpojok pada persegi tersebut tidak dapat berhimpit. Ayah berniat untuk membuat meja belajar untuk Davi dan Vina. dan dipotong sesuai gambar 2. Untuk ukuran meja belajar davi. Kemudian siswa diminta untuk melipat. 3. Dari penjelasan tersebut maka dapat diperoleh rumus keliling persegi panjang 2 ( p + l ) atau 2 p + 2 l Soal cerita : 1. Hal ini membuktikan bahwa keempat sisi pada persegi tersebut tidak sama panjang. ayah membuat ukuran yang baik agar sesuai dengan keperluan belajar davi dan vina. Ayah membuat meja dengan panjang 2 m dan lebar 1 m.Rumus Keliling Persegi Panjang Keliling = panjang + lebar + panjang + lebar Atau Pembelajaran Pada Anak SD 2 panjang + 2 lebar = 2 (panjang+lebar) = 2 ( p + l ) 1. Berapakah keliling meja belajar yang dibuat ayah? Jawab Diketahui : Panjang meja Lebar meja Ditanya : :2m :1m : Keliling meja yang dibuat ayah Jawab : 5 . Setelah itu siswa diminta untukmelipatnya menjadi segi tiga.

Jadi keliling meja belajar yang dibuat ayah adalah 2 ( 2 m +1 m) atau 2x2 m + 2x1m = 6 m. Siswa diminta membuat segi empat yang mempunyai panjang 4 cm. 2. Segitiga sama sisi A Segi tiga sama sisi adalah segitiga yang memiliki 3 sisi yang sama panjang.Panjang meja yang dibuat ayah 2 m. b. Keempat sisi mempunyai ukuran yang sama. 4 cm 4 cm 6 . Keliling Segi tiga 1. Jadi dapat ditulis rumus keliling segitiga sama sisi adalah : Rumus segi tiga sama sisi Sisi AB + sisi BC + sisi CA Atau 3 X sisi B C  Pembelajaran Keliling segitiga sama sisi pada anak SD 1. Siswa diminta untuk melipat menjadi 2 bagian sehingga dua buah segitiga. sedangkan lebarnya 1 m. Ukuran panjang dan lebar meja tersebut tidak sama. jadi meja tersebut berbentuk persegi panjang. Rumus keliling persegi panjang adalah 2 (p + l ) atau 2p + 2l. Jadi keliling meja Belajar yang dibuat ayah 6 m.

4 cm 4 cm 4 cm 4 cm 4 cm 4 cm 3. 4 cm 4 cm 4 cm 2. Segitiga sama kaki A Segitiga sama kaki mempunyai 2 sisi yang sama panjang 7 . Dengan begitu maka akan terbentuk segi tiga sama sisi yang mempunyai tiga sisi dengan ukuran yang sama.

Dan sejajar. A B C Sehingga mempunyai rumus sebagai berikut : Jumlah ke tiga sisinya Atau AB + BC + CA  Soal Perhatikan gambar berikut ! 8 . Segitiga sembarang Segitiga sembarang adalah segitiga yang ketiga sisinyamempunyai ukuran atau panjang yang tidak sama. Rumus segitiga sama kaki adalah sebagai berikut Rumus segitiga sama kaki 2 x sisi sejajar + alas Atau AB + BC + CA B C 3.

Jadi keliling segitiga adalah : AB BC CA = 5 satuan = 6 satuan = 3 satuan _________________________________ + Panjang AB + BC + CA = 14 satuan Jadi keliling segitiga ABC =14 satuan.A Berapakah keliling segitiga tersebut ? B C Satuan ukuran Jawab : Diketahui : :5 :6 :3 Panjang sisi AB Panjang sisi BC Panjang sisi CA Ditanya : Keliling segitiga Jawab : Panjang A ke B adalah 5 satuan. panjang B ke C adalah 6 satuan. 9 . panjang C ke Aadalah 3 satuan.

berapa panjang kawat yang dibutuhkan Dina ? Jawab : Diketahui : Panjang alas Panjang sisi miring Ditanya : : 21 cm : 12 cm Panjang kawat yang dibutuhkan 10 . Keliling Jajar Genjang A B Pada jajar genjang terdapat dua pasang sisi yang sama panjang AB = CD dan AC = BD C D Rumus keliling jajar genjang : AB + BD + DC + CA Atau 2 (p+l) Pengaplikasian di SD. Dina akan membuat jajrgenjang dari kawat.D. Contoh Soal : 1. Jika panjang alasnya 21 cm dan sisi miringnya 12 cm.

C D Jadi keliling Trapesium dapat dirumuskan : AB + BD + DC + AC  Pengaplikasian di SD Contoh Soal : 11 . Keliling Trapesium A B Trapesium mempunyai 2 sisi yang sama panjang yaitu AC dan BD.Jawab : Panjang kawat yang dibutuhkan = keliling jajargenjang Panjang AB = CD dan AC = BD Keliling jajargenjang AB + BD + DC + CA 21 + 12 + 21 + 12 =66 Jadi panjang kawat yang dibutuhkan adalah 66 cm E. Sedangkan panjang AB dan CD beda.

CD 12 cm. Lisa menggunting kardus berbentuk trapesium dengan ukuran AB 8cm. AC 6 cm. Keliling Layang-layang A Layang-layang mempunyai 2 pasang sisi yang sama panjang AB = AC dan BD = CD B D 12 . Berapa panjang pita yang dibutuhkan lisa untuk menghiasi trapesium tersebut? Jawab Diketahui AB CD AC Ditanya : : = 8 cm = 12 cm = 6 cm : Panjang pita Jawab : Panjang pita yang digunakan sama dengan keliling trapesium. Panjang AC = BD yaitu 6 cm karena sejajar. Jadi keliling Trapesium = AB + BD + DC + AC = 8 cm + 6 cm + 12 cm + 6 cm = 32 cm Jadi panjang pita yang dibutuhkan lisa untuk menghiasi trapesium adalah 32 F. Di tepi kardus yang berbentuk trapesium akan dihiasi pita.1.

C Jadi rumus Keliling Layang-layang 2 AB + 2 BC Atau AB + BC + CD + DA Aplikasi di SD Contoh soal 1. Dana berniat untuk membuat layang-layang sendiri. Dia ingin memiliki layang-layang yang mempunyai ukuran yang besar. Berapakah benang yang dibutuhkan Dana untuk membuat layang-layang? Jawab : Diketahui : Panjang AB Panjang BC Ditanya : :1m :2m Panjang benang Jawab : 13 . Dana membuatlayanglayang dengan ukuran AB 1 m dan BC 2 m. Dalam membuat layang-layang dibutuhkan benang untuk begian tepi layang-layang.

3. panjang AB = AD dan panjang BC = CD. Contoh Soal : 1. Ibu membuat alas untuk kue ulang tahun buatan ibu. 2. Dari cara tersebut dapat diperoleh diameter lingkaran 6 cm dan rusuk 3 cm. Kue ibu berdiameter 28 cm. Berapakah keliling kertas yang dibutuhkan ibu untuk membuat alas kue ulang tahun ? 14 . jadi keliling layang-layamg adalah 1m+2m+1m+2m=6m Jadi dana membutuhkan 6 m benang untuk membuat layang-layangnya. Dan d adalah imbol d r 0 dari diameter. Siswa diminta untuk meletakkan jangka pada angka 3 dan menarik ujung yang lain ke angka 6 Siswa diminta menarik dengan memutar dengan ujung jangka pada angka 3 tetap menancap. Keliling Lingkaran A Lingkaran memiliki jari-jari yang ditunjukkan pada 0D yang biasa. Ditandai dengan huruf r. Siswa diminta untuk membuat garis lurus 6 cm pada kertas. Pada layang-layang. G. sehingga terbentuk sebuah lingkaran. D Dalam hal ini keliling lingkaran dapat ditulis dengan B 2πr C Pengaplikasian di SD 1. 4.Panjang benang dalam membuat layang-layang sama dengan keliling layang-layang.

Jawab Diketahui : : Diameter kue : 28 cm Ditanya : Keliling kertas alas Jawab : 2 r = diameter Jadi r = diameter : 2 = 28 : 2 = 14 Keliling kue = keliling kertas alas Jadi keliling kertas alas = 2 π r =2x = 2x = 88 cm Jadi keliling alas kue yang dibuat ibu adalah 88 cm Luas Bangun Datar 1. Persegi A B xr x 14 15 .

akan didapatkan luas persegi ABCD. Berapaakah luas lapaangan tersebut? Diketahui Ditanya Jawab : s = 14 m : Luas lapangan SD Putera. luas lapngan SD Putera 196 m2. 2. Luaspersegi ABCD alah 16 persegi satuan. Coba kalikan panjang sisi-sisi persegi ABCD sisi x sisi = 4 satuan x 4 satuan = 16 satuan Banyaknya hasil kali sisi-sisi persegi ABCD sama dengan luas persegi ABCD Jadi. Dengan menghitung banyaknya persegi satuan. Tetapijika ukuran pesegi besar. luas persegi = sisi x sisi Luas = s x s Contoh aplikasi di SD Lapangan sekolah SD Putera berbentuk persegi dengan panjang 14 m. Untuk itu dicari cara yang lebih mudah untuk menentukan luas persegi. Apabila ukuran persegi kecil. : Luas = sisi x sisi = 14 m x 14 m = 196 m2 Jadi.C D Perhatikan persegi ABCD di atas. untuk menghitung luasnya dapat dilakukan dengan menghitung banyaknya pesegi satuan. Persegi Panjang 16 . menghitung luas dengan cara menghitung banyaknya persegi satuan sulit dilakukan.

Jika diperhatikan.D C Perhatikan gambar persegi panjang ABCD di samping! AB = DC (sisi panjang) AD = BC (siai pendek) A B Kita hitung banyaknya persegi satuan. : Luas = p x l =8mx6m = 48 m2 Jadi. luas persegi panjang ABCD = panjang x lebar = 4 satuan x 2 satuan = 8 satuan Luas persegi panjang = panjang x lebar Contoh aplikasi di SD Panjang ruang kelasku adalah 8 meter dan lebarnya 6 meter. ternyata ada 8. Jika panjang dan lebar di kalikan hasilnya8 persegi satuan. luas ruang kelas 48 m2. Jadi. maka luas persegi panjang ABCD ada 8 persegi satuan. 3. persegi panjang tersebut mempunyai panjang 4 satuan dan lebar 2 satuan. Hitunglah luas ruang kelasku! Diketahui :p=8m L=6m Ditanya Jawab : Luas ruang kelas. Jajargenjang 17 .

ternyata bangun persegi panjang dengan panjang = a dan lebar = t dapat dibentuk bangun jajargenjang dengan ukuran alas = a dan tinggi = t Luas jajargenjang = Luas persegi panjang Jadi. Segitiga t a 18 t a . dapat diambil kesimpulan berikut ini.t a t a gunting kertas membentuk sebuah persegi panjang dengan ukuran seperi pada gambar. panjang = a dan lebar = t gunting seperti gambar di atas t a pindahkan bagian yang diarsir ke sisi t seperti gambar di samping. Alas dan tingginya masingmasing 15 cm dan 8 cm. Luas jajargenjang = alas x tinggi Contoh Soal Aplikasi di SD Adik menggunting kardus berbentuk jajargenjang. Misal. luas guntingan kardus tersebut 120 cm2 4. Bangun apakah yang terbentuk? Dari kegiatan di atas. Berapa luas guntingan kardus tersebut? Diketahui : alas = 15 cm tinggi = 8 cm Ditanya : Luas jajargenjang Jawab : L = alas x tinggi = 15 cm x 8 cm = 120 cm2 Jadi.

Dari gambar di atas dapat diketahui bahwa segitiga merupakan setengah dari persegi panjang. Panjang = a dan lebar = t Luas segitiga = Jadi. luas permukaan penggaris 56 cm2 5. 2 cm 3 cm Pindahkan bagian yang diwarnai ke atas. Trapesium 2 cm Guntinglah kertas membentuk bangun jajargenjang dengan ukuran seperti pada gambar. Guntinglah bagian yang diwarnai seperti pada gambar di samping. Bangun apakaah yang terbentuk? 5 cm 19 . luas segitiga: Luas segitiga = Contoh aplikasi di SD: Sebuah penggaris berbentuk segitiga yang memilliki alas 16 cm dan tinggi 7 cm. seperti gambar di saamping. Berapakah luas permukaan penggaris tersebut? Diketahui : alas = 16 cm tinggi = 7 cm Ditanya Jawab : Luas permukaan penggaris : Luas = = = 56 cm2 Jadi.

Luas trapesium = Luas jajargenjang = alas jajargenjang x tinggi jajargenjang = jumah sisi sejajar trapesium Jadi. tinggi trapesium tersebut 45 cm.Dari kegiatan di atas. 6. tentukan tinggi trapesium tersebut! Diketahui : Luas = 450 cm2 Panjang sisi sejajar = 20 cm dan 30 cm Ditanya Jawab : Tinggi trapesium : Luas = 450 = 900 = 50 tinggi tinggi = tinggi = 45 Jadi. dapat disimpulkan rumus luas trapesium berikut ini Contoh aplikasi di SD Sebuah karton berbentuk trapesium dengan luas 450 cm2. ternyata bangun jajargenjang dapat dibentuk menjadi bangun trapesium. Layang-layang Buatlah persegi panjang seperti gambar di samping! Guntinglah bagian yang diwarnai seperti pada gambar! 20 . Jika panjang sisi yang sejajar 20 cm dan 30 cm.

Bangun pakah yanng terbentuk? Dari gambar di atas kita dapat mengetahui bahwa bangun persegi panjang dapat dibentuk menjadi bangun layang-layang.000 cm2 Ditanya Jawab : Layang-layang yang dapat dibuat Dani dengan kertas 7. Luas layang-layang = Luas persegi panjang = panjang x lebar = diagonal1 x diagonal 2 diagonal2 diagonal 1 Jadi. dapat disimpulkan rumus luas layang-layang berikut ini.000 cm 2 berapa banyak layang-layang yang dapat ia buat? Diketahui : diagonal1 = 60 cm diagonal2 = 35 cm luas kertas = 7. Contoh aplikasi di SD Dani ingin membuat beberapa layang-layang dengan ukuran panjang diagonal 60 cm dan 35 cm.000 cm2. Jika ia memiliki kertas dengan luas 7. : Luas = = 21 .Pindahkan bagian yanng diwarnai ke bawah seperti pada gambar di samping.

jika r diganti d diperoleh: 22 .050 cm2= 6.7 buah. gunakan rumus berikut.= 1. Lingkaran Unsur-unsur lingkaran: P = pusat lingkaran AB = garis tengah atau diameter (d) PC = PB = jari-jari atau radius (r) Diameter = 2 x jari-jari d=2xr r = atau 3.14 a. Menghitung Luas Lingkaran Menggunakan Jari-jari Untuk menghitung luas lingkaran. 7. Dari rumus luas lingkaran L = L = .050 cm2 Layang-layang yang dapat dibuat Dani = 7. Menghitung Luas Lingkaran Menggunakan Diameter Panjang jari-jari lingkaran = panjang diameter lingkaran atau r = d.000 cm2 : 1. Luas lingkaran = = = b.

386 cm2 Jadi. Hitunglah luasnya! Diketahui : d = 66 cm 3.46 cm2 Jadi. Sebuah lingkaran mempunyai jari-jari 21 cm. Berapakah luasnya? Diketahui : r = 21 cm Ditanya Jawab : Luas lingkaran :L= = x 21 cm x 21 cm = 1. luas lingkaran tersebut 1. rumus luas lingkaran jika diketahui diameternya adalah: Contoh aplikasi di SD a.46 cm2 23 . Panjang diameter sebuah lingkaraan 66 cm. luas lingkaran tersebut 3419.14 Ditanya Jawab : Luas lingkaran :L= = 2 x 3.= = = Jadi.386 cm2 b.14 x 66 cm x 66 cm = 3419.

termos. Dari kegiatan tersebut diharapkan siswa/peserta didik dapat mendefinisikan bahwa volum suatu bangun ruang ialah banyaknya takaran yang dapat menempati bangun ruang tersebut dengan tepat. Satuan penakar dapat berupa: cangkir. A. Bangun ruang yang dimaksud adalah bangun ruang yang memiliki keteraturan. Selain itu. dan sebagainya. sehingga anak tahu makna dari volum. tandon air. Untuk memberikan penanaman konsep mengenai pengukuran volum kepada peserta didik. Satuan ukuran volum atau satuan penakar dapat berupa bangun ruang lain yang ukurannya lebih kecil dari bangun ruang yang akan diukur.Volume Bangun Ruang Dalam kehidupan sehari-hari. tangki. gayung. Anda mungkin perlu membandingkan antara harga dan isi dari beberapa merek yang berbeda dari suatu produk untuk mencari harga yang terbaik. mangkuk. Misalnya jika pergi ke suatu toko atau supermarket. khususnya pengukuran tentang volum. dan lain-lain. berapa sendok gula yang Anda masukkan ke dalam satu gelas teh. Volume Balok dan Kubus A. dapat dilakukan dengan menakar berbagai macam bangun ruang berongga dengan satuan takaran yang berbeda-beda dan merupakan satuan ukuran yang tidak baku. dan lain-lain. suatu saat setiap orang pasti akan menemui beberapa masalah mengenai volum. banyak kejadian-kejadian/peristiwa peristiwa yang berhubungan dengan pengukuran. Volum Balok 24 . dapat berupa: toples. gelas. Contoh: berapa gelas air yang Anda minum sehari. kolam renang.

selanjutnya peserta didik dapat mencoba melakukannya sendiri. kotak kapur.Volum bangun ruang yang pertama dipelajari oleh peserta didik di SD adalah volum balok. kotak susu. 25 . kubus satuan diisikan ke kotak tersebut sampai penuh yang diperagakan di hadapan peserta didik dengan membilang satu demi satu sampai hitungan terakhir 20. Volum balok diajarkan pertama kali karena banyak bangunbangun yang ditemui oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk balok.2 di bawah. rumah. dengan melihat volum beberapa balok seperti dalam lembar kerja berikut. Berarti volum balok = 20 kubus satuan. Secara umum hal itu dapat ditunjukkan dengan sebuah balok berongga tanpa tutup dan transparan serta kubus-kubus satuan seperti pada Gb. yaitu dengan cara mengisi balok tanpa tutup dengan kubus satuan. misalnya ruang kelas. Penurunan rumus volum balok sebaiknya dapat ditemukan sendiri oleh peserta didik secara berkelompok maupun berpasangan. Setelah peserta didik mempunyai pengalaman menghitung volum balok dengan cara membilang banyaknya kubus satuan yang dapat memenuhi balok berongga tersebut. 3. Belajar mengenal volum balok bagi peserta didik di SD dapat dilakukan secara induktif. Kemudian. kotak pasta gigi. dan sebagainya.

peserta didik dapat menemukan hubungan antara kolom 3 dengan 4. dan 6. maka volum balok dapat juga dinyatakan sebagai berikut. Demikian juga untuk mengukur volum suatu bangun ruang diperlukan satuan volum. yang biasanya berupa kubus satuan. 5.1 di atas. yaitu: Volum = p x l x t.Diharapkan setelah mengamati hasil-hasil yang telah diperoleh pada tabel 3. Jadi volum balok: Apabila p x l menyatakan luas alas balok. Volum balok = p × l x t = (p × l) × t = luas alas × tinggi Untuk mengukur panjang suatu ruas garis diperlukan satuan panjang. 26 . Satuan ukuran luas diperlukan untuk mengukur luas suatu daerah.

B. dan kiloliter (kl). liter (l). Biasanya apabila Anda membeli susu atau bensin digunakan satuan liter. Jika s menyatakan panjang rusuk kubus.Kubus satuan adalah kubus yang panjang rusuknya satu satuan panjang. Volum Kubus Pada hakekatnya sebuah kubus adalah sebuah balok yang semua rusuknya sama panjang atau p = l = t. maka: C. 1 m. Untuk menentukan volum suatu cairan digunakan satuan khusus. sehingga rumus volum kubus dapat diturunkan dari rumus volum balok. Volum Prisma 27 . Satu sentimeter kubik (1 cm3 adalah suatu kubus yang memiliki panjang rusuk 1 cm. 1 dm. Satuan ini adalah mililiter (ml). sedangkan obat dengan satuan mililiter. misalnya 1 cm.

7. (ii). volum prisma segitiga sembarang. volum prisma tegak segitiga sama kaki. 28 . dan volum prisma segi-n. jadi volum prisma tegak segitiga siku-siku = luas alas x tinggi b. b. Potongan yang terbentuk adalah dua buah prisma segitiga siku-siku yang sama bentuk dan ukurannya seperti pada Gb.7 (i)). a. 3. Sehingga: Volum prisma tegak segitiga siku-siku = 1/2 volume balok = 1/2 x p x l x t Mengingat (1/2 x p x l x t ) adalah luas alas prisma segitiga siku-siku. Potonglah sebuah balok sepanjang salah satu bidang diagonalnya (Gb. 3.Untuk mencari volum prisma dimulai dengan volum prisma tegak segitiga siku-siku.Volum Prisma tegak segitiga sama kaki Untuk mencari volum prisma tegak segitiga sama kaki langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. Prisma tegak segitiga siku-siku diperoleh dengan membelah balok menjadi dua bagian melalui salah satu bidang diagonalnya.

Volum prisma segitiga sama kaki = volum balok Luas alas prisma segitiga sama kaki = luas alas balok Tinggi prisma segitiga sama kaki = tinggi balok Dari uraian tersebut di atas dapat dinyatakan bahwa: c. Gabungkan dua prisma tersebut pada sisi siku-sikunya. 3. yaitu b dan panjang alasnya berlainan. Bidang alas kedua prisma itu berupa dua segitiga siku-siku yang tingginya sama. yaitu a1 dan a2. yaitu b dan panjang alasnya berlainan.7 (iii). d. Volum Prisma Tegak Segitiga Sembarang Prisma tegak segitiga sembarang diperoleh dengan menggabungkan dua buah prisma segitiga siku-siku. yaitu a1 dan a2. Sehingga volum prisma segitiga sembarang tersebut dapat diperoleh dengan cara: Volum prisma segitiga sembarang = jumlah volum dua prisma segitiga siku-siku = jumlah luas alas x tinggi 29 . Sehingga volum prisma segitiga sembarang tersebut dapat diperoleh dengan cara: Prisma tegak segitiga sembarang diperoleh dengan menggabungkan dua buah prisma segitiga siku-siku.c. sehingga akan terbentuk sebuah prisma segitiga sama kaki seperti tampak pada Gb. Bidang alas kedua prisma itu berupa dua segitiga sikusiku yang tingginya sama.

Karena gabungan kedua alas segitiga siku-siku tersebut berupa alas segitiga sembarang. B.1. langkahlangkahnya adalah sebagai berikut.2 dan B. 30 . Volum Prisma Tegak Segi-n Untuk mencari volum prisma yang alasnya bukan segitiga. potong prisma tersebut menjadi enam bagian yang sama. 1) Misalkan volum yang akan dicari adalah volum prisma segienam beraturan seperti nampak pada Gb 3. sehingga: Dari uraian B. Jadi untuk mencari volum sembarang prisma tegak sebagai berikut.3 tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa untuk sembarang prisma segitiga: d.10 (i) 2) Untuk menentukan volumnya.10 (ii)) 3) Sehingga: Volum prisma segienam = 6 x volum prisma segitiga = 6 x luas alas x tinggi (alas berupa segitiga sama sisi) = luas segienam x tinggi = luas alas x tinggi Untuk mencari prisma tegak segi-n dapat kita lakukan dengan cara yang sama pada prisma tegak segi enam. Masing-masing potongan merupakan prisma segitiga (Gb 3.

yaitu ruas garis yang menghubungkan titik pusat bidang alas dan titik pusat bidang atas. Suatu tabung dapat dipikirkan sebagai suatu prisma yang banyak sisi dari bidang alasnya banyak sekali tidak berhingga. cangkir. yaitu adanya persesuaian antara sisi tegak dan alas tabung dengan sisi tegak dan keliling prisma segi-14. 31 . yaitu suatu bangun ruang yang dibatasi bidang atas dan bidang alas yang sama bentuk dan ukurannya. Bidang alas dan bidang atas tabung berbentuk lingkaran.D. Tinggi tabung adalah panjang dari sumbu. makanan kaleng. minuman kaleng.13. Perhatikan gambar 3. dan sebagainya seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini Tabung mirip dengan prisma. Volume Tabung Beberapa benda yang berbentuk tabung adalah tissue gulung. gelas.

Berapa liter air yang dibutuhkan untuk memenuhi kolam tersebut? 2.Dari uraian-uraian tersebut di atas. V = luas alas x tinggi V = πr2t V = πr2t alas berupa lingkaran Soal Latihan 1. Carilah volum tabung tersebut! 32 . Suatu kolam renang berbentuk seperti gambar. dapat disimpulkan bahwa tabung adalah suatu prisma yang alasnya berbentuk lingkaran. Suatu tabung dengan diameter 28 cm dipotong dari kayu utuh yang berbentuk kubus dengan panjang tiap sisinya 28 cm. sehingga volum (V) tabung dapat dinyatakan sebagai berikut.

Jika dua buah kertas dengan ukuran sama akan dipakai untuk membentuk suatu balok. Alas dan tutup perak batangan tersebut berbentuk trapesium sama kaki. Kotak berikut ini berisi enam buah kaleng jus. Suatu aquarium dengan lebar 5 cm. Berapakah volumnya? 5. Berapakah volum batu tersebut? 6. panjang 12 cm dan berisi air dengan kedalaman 9 cm. Sebuah batu dimasukkan dalam air dan ketinggian air naik 2. Suatu perak batangan berbentuk seperti gambar berikut. Berapakah perbandingan antara volum kotak dan volum enam buah kaleng jus tersebut? (tebal kaleng sangat tipis. sehingga tebal kaleng bisa diabaikan). 4. Kertas pertama dilipat menjadi 4 bagian yang sama menurut lebarnya untuk membentuk suatu balok seperti Gambar i.3. 33 .5 cm.

Terampil Berhitung Matematika untuk Sd Kelas VI.Jakarta: Erlangga Pujiati.files. Suatu tangki bensin berbentuk tabung dengan diameter 1. (online). Hanun. (http://nasuprawoto.Jakarta: Erlangga M.7. tetapi tingginya hanya setengah kaleng satunya. ataukah kedua kaleng tersebut mempunyai volum yang sama? 8.Modul Matematika SD Program Bermutu. dkk.2007.wordpress.com/2010/10/5-pemb-pengukuranluas-bgn-datarvol-bgn-ruang-di-sd.2007.4 meter dan tinggi 2 meter.pdf.Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas VI.2009. Sebuah kaleng bedak tabur. diameter alasnya 2 kali diameter kaleng bedak lainnya. Sidik. Manakah yang mempunyai volum lebih. Berapa literkah bensin yang diperlukan untuk mengisi tangki tersebut sampai penuh? DAFTAR RUJUKAN Hasnun. diakses tanggal 25 Januari 2011) 34 .

Pendidikan Matematika 1.1991.Terampil Berhitung Matematika untuk Kelas V.2007.Sudwiyanto.Jakarta: Depdikbud 35 . dkk.JakartaErlangga Soewito.