P. 1
antropologi

antropologi

|Views: 74|Likes:
Published by zastroni

More info:

Published by: zastroni on Mar 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/02/2011

pdf

text

original

BAB II Antropologi merupakan Ilmu tentang Perilaku soaial dalam masyarakat 1. Konsep Dasar dan Metode Antropologi 2.

Ruang lingkup dan Kajian Antropologi 3. Kajian Antropologi sebagai realitas fisik dan budaya Soal-Soal : 1. Sebutkan pengertian antropologi menurut Koentjaraningkrat? Antropologi adalah sebagai ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna bentuk fisiknya, masyarakat serta kebudayaanya 2. Bagaimana sejarah antropologi sekitar Abad ke 15 ? Pada tahun 1400 –an orang eropa barang mulai menjelajahi berbagai penjuru dunia. Hasil dari penjelajahan dan perjalanan tersebut ditulis dalam sebuah buku yang menceritakan tentang kehidupan suku bangsa diluar bangsa eropa Secara umum orang eropa menafsirkan beberapa tulisan tersebut sebagai berikut : 1. Ada yang mengatakan bangsa diluar eropa adalah manusia liar, sehingga ada istilah bangsa primitive 2. Ada yang mengatakan pula bahwa manusia diluar bangsa eropa itu adalah orang-orang yang masih jujur belum tahu kejahatan dan keburukan 3. Ada pula yang mengatakan bangsa eropa sangat tertarik pada bendabenda yang dihasilkan oleh bangsa pribumi itu sehingga didirikanlah museum-museum 3. Sebutkan kajian antropologi fisik dan antropologi budaya ? Anrtopologi fisik (ragawi) adalah cabang anttropologi yang khusus mempelajari manusia dari sudut biologi atau jasmani seperti asal usul manusia, evolusi organ tubuh manusia, dan kelompok kelompok manusia berdasarkan perbedaan fisik atau ras. Sedangkan anrtopologi budaya adalah mempelajari kebudayaan berbagai bangsa didunia serta perubahanya. Kebudayaan yang dipelajari tidak hanya kebudayaan manusia yang masih hidup tetapi kebudayaan manusia yang sudah mati.

Bedakan antara pengertian fosil dan artikel apa pula . linguistic. Antropologi fisik yang meliputi : Palae antropologi dan samatologi sedangkan Antropologi budaya meliputi : Arkeologi. uo 9.4. 5. etologi. hji 8. jho 7. gj 6. Mengapa bidang telaan (spesialisasi) antropologi semakin bertambah ? Karena antropologi adalah ilmu yang mempelajari tidak hanya asal usul manusia saja melainkan meliputi antropologi fisik dan antropologi budaya. antropologi social antropologi sosiokultur. hj 10.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->