P. 1
Ilmu tanah adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk tanah

Ilmu tanah adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk tanah

|Views: 2,043|Likes:

More info:

Published by: hariyanto-yanto-5930 on Mar 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/09/2013

pdf

text

original

Ilmu tanah adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk tanah.

Tanah adalah lapisan yang menyeliputi bumi antara litosfer (batuan yang membentuk kerak bumi) and atmosfer. Tanah adalah tempat tumbuhnya tanaman dan mendukung hewan dan manusia. Tanah berasal dari pelapukan batuan dengan bantuan tanaman dan organisme, membentuk tubuh unik yang menyelaputi lapisan batuan. Proses pembentukan tanah dikenal sebagai pedogenesis. Proses yang unik ini membentuk tanah sebagai tubuh alam yang terdiri atas lapisan-lapisan atau disebut sebagai horizon. Setiap horizon dapat menceritakan mengenai asal dan proses-proses fisika, kimia dan biologi yang telah dilalui tubuh tanah tersebut. Hans Jenny (1899-1992), seorang pakar tanah asal Swis yang bekerja di Amerika Serikat, dalam bukunya Factors of Soil Formation (1941) mengajukan konsep pembentukan tanah sebagai: S = f(cl, o, r, p, t). S adalah Soil (Tanah), cl = climate (iklim), o = organism, r = relief (topografi), p =parent material (bahan induk atau batuan), t = time (waktu). Selain mempelajari faktor dan proses pembentukan tanah, ilmuwan tanah juga mempelajari sifat-sifat dan proses-proses fisika, kimia dan biologi dalam tanah. Sehingga lahirlah disiplindisiplin: 1. Pedologi 2. Fisika tanah 3. Kimia tanah 4. Biologi tanah 5. Konservasi tanah 6. Mekanika tanah 7. Pemetaan dan survai tanah 8. Pedometrika

ILMU TANAH HUTAN
Sejarah Dan Definisi Ilmu Tanah Sejarah perkembangan kehidupan manusia, berpindah-pindah, hal ini mereka lakukan sebagai upaya untuk mencari sebidang lahan yang baik dan subur untuk melaksanakan kegiatan pertanian yang primitif. Pada waktu itu kesulitan akan mencari lahan belum menemui kesulitan. Seiring dengan perkembangannya, peradaban manusia dan perkembangan ilmu pertanian dari waktu ke waktu yang begitu pesat memaksa untuk menghentikan pola kegiatan pertanian primitif. Keadaan yang demikian sangat terasa oleh petani terutama oleh petani yang kesulitan untuk mendapatkan lahan-lahan yang mempunyai kesuburan yang tinggi, dikarenakan kegiatan pertanian tanpa memperhatikan pedoman pengolahan tanah, dengan semakin banyak lahan/ tanah yang mengalami degradasi unsur hara secara drastis, sehingga semakin banyaj lahan-lahan yang marjinal dan dapat menimbulkan masalah terutama masalah tanah kering dan tanah kritis.

Menurut Hrdjowigeno. Edhanpologi adalah ilmu yang mempelajari tanah sebagai alat produksi pertanian yaitu yang menekankan hubungan antara tanah dengan tanaman. Ada 2 definisi tanah dewasa ini dikemukakan adalah berdasarkan 2 pemikiran yang berbeda yaitu pemikiran yang berdasarkan Kimia dan Biologi. Nilgard dan Docuchaiev mengatakan: Pengertian tanah harus dihubungkan dengan Iklim dan digambarkan sebagai daerah geografi . survey tanah dan cara-cara pengamatan tanah dilapangan. Menurut Syaripudin bahwa pedologi (menurut ilmu murni) adalah ilmu tanah yang mempelajari tanah sebagai satu bagian dari alam yang berada di permukaan kulit bumi yang menekankan hubungan antara tanah itu sendiri dengan faktor-faktor pembentuknya. yaitu Yustusvon liebig (1840) mengemukakan bahwa tanah sebagai laboratorium kimia karena di dalam tanah terjadi proses penguraian kimia dan reaksi reaksi sintesis secara sembunyi. 2 ahli dari amerika dan Rusia yaitu. klasifikasi tanah. Seorang ilmuan Jerman.Dari hal di atas maka untuk mengantisipasi degradasi unsur hara dan mempertahankan kesuburan tanah maka mulailah orang memikirkan dan mempelajari tentang hal ihwal tanah. Pengertian Tanah Pengertian mengenai tanah dapat berbeda-beda mendefinisikannya tergantung dari bagaimana tanah itu dilihat. Ilmu Tanah Umumnya (General Soil Science) yaitu ilmu yang mempelajari hal ohwal atau sifat-sifat tanah secara umum yang dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu Pedologi dan Edhaphologi. Maka muncullah yang di namakan ilmu tanah. Sedangkan ahli edologi menyatakan bahwa tanah-tanah terbentuk dari batuan-batuan dengan sejumlah bahan organik tertentu sebagai hasil penguraian sisa-sisa tumbuhan. Cabang agronomi. Pedologi adalah ilmu yang mempelajari proses-proses pembentukan tanah beserta faktor-faktor pembentuknya. Biokimia dan ilmu lainnya.

kimia dan biologi tanah. kimia. bersama-sama dengan sisa-sisa tumbuhan dan binatang yang hidup didalam dan diatasnya. biologi dan memperhatikan segi morfologi. Joffe mendefinisikan tanah melihat dari fisika. sebagai hasil pelapukan sisa tumbuhan dan hewan yang merupakan medium pertumbuhan tanaman dengan sifat-sifat tertentu yang terjadi akibat gabungan dari faktor iklim. Tanah adalah suatu benda alam yang tersusun dari unsur-unsur hewani dengan bahan organik yang dibedakan ke dalam horison -horison dengan kedalaman yang dapat dibedakan dari bahan dibawahnya dalam hal morfologi dan sifat fisikan. bahan induk jasad hidup. topografi dan waktu pembentukan. Pengertian tanah adalah: Suatu benda alami yang terdapat di permukaan kulit bumi yang tersusun dari bahan-bahan mineral sebagai hasil dari pelapukan batuan dan bahan organik. Tahun 1917 Ramman seorang jerman menggambarkan tanah sebagai batuan-batuan yang dirombak menjadi partikel-partikel yang kecil yang kira-kira telah diubah secara kimiawi. . Ahli bangunan: Tanah sebagai berdiri bangunan Ahli pertanian: Sebagai tempat tumbuh tanaman.yang luas yang dalam sekala peta dunia tidak hanya dihubungkan dengan lingkungan tumbuhan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->