P. 1
langkah langkah Install Windows 7

langkah langkah Install Windows 7

|Views: 526|Likes:
Published by Riezky Auliya Nyoe

More info:

Published by: Riezky Auliya Nyoe on Mar 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/15/2013

pdf

text

original

Bagaimana cara serta langkah-langkah Install Windows 7

Untuk mengetahui cara dan langkah install windows 7, pertama kali yang perlu kita ketahui adalah versi-versi yang terdapat di windows 7. Terdapat beberapa versi Windows 7, antara lain Starter, Home premium, Ultimate dll. Cara serta langkah-langkah install Windows 7 Ultimate sama dengan versi lain dari Windows 7. Cara terbaik install Windows 7 adalah install bersih. Sebelum memulai proses install sebaiknya anda periksa daftar Persyaratan Sistem Windows 7 untuk memastikan bahwa perangkat keras komputer anda didukung oleh Windows 7. Jika perangkat keras atau hardware anda banyak yang tidak didukung oleh windows 7, produsen hardware anda biasanya sudah mempersiapkan dalam bentuk CD yang disertakan bersama hardware anda ketika anda membeli pertama kali. Kalaupun anda tidak memiliki semua driver untuk hardware yang didukung Windows 7 dalam bentuk CD, anda masih bisa download semua driver itu dari website produsen perangkat keras yang anda miliki dan kemudian disimpan di CD-R atau flashdisk sebelum memulai install. Master DVD Windows 7 sudah dikemas dalam format bootable. Sehingga untuk install windows 7 perlu pengaturan Booting komputer anda dari CD/DVD-ROM. Urutan BOOT dapat dicari melalui setting BIOS dan pastikan bahwa perangkat First Boot diatur di CD/DVD-ROM. Lebih jelasnya buka halaman ini: http://kerjausahainternet.blogspot.com/2010/10/cara-mengatur-bios-untuk-boot-dari.html. Langkah 1 – Hudupkan komputer dan masukkan Master DVD Windows 7 ke dalam drive DVD-ROM. Jika muncul Perintah “Press any key to boot from CD or DVD” seperti gambar di bawah ini pencet sembarang tombol di keyboard anda.

1

Sehingga Windows 7 akan mulai boot dan anda akan mendapatkan progress bar seperti gambar berikut. 2 . Pilih pengaturan yang diperlukan (kalau merasa tidak perlu biarkan saja) dan klik Next untuk melanjutkan. Langkah 2 .Layar berikutnya adalah halaman untuk melakukan beberapa setting antara lain: Language to install. Time and currency format dan Keyboard or input method.

jika sebelumnya anda sudah install windows 7 di komputer ini.Langkah 3 . centang “I accept license terms”. Langkah 4 – Ini adalah halaman Lisensi perijinan persyaratan penggunaan software windows 7. 3 . Karena tujuan kita adalah melakukan install bersih maka kita klik saja "install now".Layar berikutnya memungkinkan anda untuk melakukan perbaikan instalasi Windows 7 yang sudah ada. Kemudian klik Next untuk melanjutkan.

Anda dapat klik Next untuk melanjutkan. Karena kita akan melakukan install bersih. Jika anda memiliki satu partisi dalam hardisk.Anda punya dua pilihan di halaman ini. Atau sebelum klik Next. maka kita pilih dan klik Custom (Advanced). Selesai membuat partisi pilih di partisi mana anda ingin install windows 7 dan klik Next untuk melanjutkan.Langkah 5 . anda bisa mempartisi harddisk anda lebih dulu dengan klik Drive options (advance). Upgrade atau Custom (Advanced). Langkah 6 . kemudian lakukan perintah selanjutnya sampai pembuatan partisi selesai.Pilih di partisi mana anda ingin install Windows 7. anda akan mendapatkan opsi yang mirip dengan gambar di bawah ini. 4 .

Langkah 8 – Mulai langkah ini akan melalui berbagai tahap setup dan sistem akan reboot atau restart beberapa kali.Langkah 7 – Proses install Windows 7 dimulai dengan mengcopy semua file yang diperlukan ke hardisk seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. 5 .

sehingga Windows 7 akan melanjutkan instalasi dengan booting dari hardisk.Bila PC (komputer) Reboot atau Restart. sistem akan mencoba untuk boot dari CD/DVD-ROM karena sejak awal memang sudah disetting untuk Boot dari CD/DVD sebagai perangkat “First Boot”. Lihat gambar. Tapi anda tidak perlu menekan tombol apa pun saat komputer Boot. 6 .Setelah Reboot atau Restart komputer akan disiapkan untuk penggunaan pertama kali. Langkah 10 .Langkah 9 .

Tulis password dan password hint anda. seperti yang penulis lakukan) 7 . Langkah 12 . Account pengguna yang anda buat di sini adalah Administrator account yang merupakan account utama untuk Windows 7 yang memiliki semua hak istimewa. Klik Next untuk melanjutkan.Langkah 11 . (Ini bisa dilewati.Pada tahap ini anda harus menuliskan nama pengguna dan nama komputer.

jika tidak anda tidak akan dapat lagi menggunakan Windows 7 yang anda install di komputer anda setelah 30 hari.Langkah 13 . Namun Windows 7 hanya akan bisa digunakan dalam mode percobaan selama 30 hari.Masukkan nomor seri atau product key Windows 7 milik anda dan klik Next. Jika anda tidak memasukkan product key atau nomor seri windows. 8 . Oleh karena itu anda harus mengaktifasi Windows dalam waktu 30 hari. Langkah 14 . Pilih “Use recommended settings”.Bantu melindungi komputer anda dan update Windows secara otomatis. anda masih dapat melanjutkan install ini ke tahap berikutnya.

Hanoi. Jika anda akan menggunakan komputer anda di rumah. 9 . Kalau tidak.Langkah 15 – Lihat lagi pengaturan waktu dan tanggal. pilihlah pilihan yang sesuai. misalnya: (GMT+07:00) Bangkok. pilih Home network.Pilih lokasi dimana komputer anda akan anda gunakan. Jakarta dan klik Next untuk melanjutkan. Langkah 16 . Pilih time zone (zona waktu) anda.

10 . Langkah 18 .Langkah 17 – Operating Sistem Windows anda sekarang akan menyelesaikan pengaturan untuk komputer anda dan melakukan Restart.Setelah restart yang terakhir. Windows 7 akan mulai Boot atau Run.

Mulai saat ini anda sudah bisa menggunakan komputer anda. Jadi langsung tekan enter atau klik pada anak panah) Langkah 20 .Akhirnya anda memiliki layar logon. meskipun mungkin sistem anda belum sepenuhnya terkonfigurasi.Langkah 19 . Cukup ketik password anda dan tekan enter atau klik pada panah untuk logon ke Windows 7 pertama kalinya. anda akan melihat desktop mirip dengan gambar di bawah ini. Hal ini dapat dilakukan dari device manager. 11 . (Menulis Pasword bisa anda lompati kalau anda takut lupa nantinya.Setelah anda login ke Windows 7 untuk pertama kalinya. Jadi anda perlu memastikan bahwa semua perangkat keras komputer anda terdeteksi dengan benar dan driver perangkat yang dibutuhkan telah terinstal.

Langkah 21 . Maka dari itu anda perlu menginstal driver yang mendukung perangkat tersebut. Window 7 akan mencari dan melakukan install driver tersebut dari CD atau anda dapat mencari driver yang anda perlukan itu secara manual. Itu berarti Sistem anda telah sempurna dapat digunakan... Periksa apakah anda memiliki tanda seru berwarna kuning di samping nama perangkat.Untuk membuka device manager dapat dilakukan dengan cara klik Menu Start > Control Panel > System and Security > System> Device Manager. tanda seru kuning dari device manager Windows 7 akan sepenuhnya hilang. selanjutnya cari tempat software yang mendukung Hardware Multimedia Audio Controller . kami masih ada tanda seru berwarna kuning pada perangkat "Multimedia Audio Controller " seperti terlihat dalam gambar di bawah ini. maka pilihlah " browse my computer for driver software ". Klik kanan Mouse pada Multimedia Audio Controller. (bisa kan meneruskan?) Langkah 22 . kemudian pilih Update Driver Software.Anda dapat memilih untuk "Search automatically for updated driver software " atau " Browse my computer for driver software ". Contohnya dalam kasus yang kami alami. Anda akan melihat semua hardware anda yang terdaftar seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. 12 . Hal ini menunjukkan bahwa driver untuk perangkat ini belum terinstall. dan seterusnya.. Untuk melakukannya.. Jika anda memiliki CD driver atau driver anda tersimpan dalam Flashdisk. Setelah semua drivers yang mendukung hardware anda terinstall dengan benar.

Langkah 23 .Akhirnya periksa apakah anda telah berhasil mengaktifasi Windows 7 anda. Jika windows 7 anda belum teraktifasi. pada bagian bawah jendela ini memberitahukan bahwa Window 7 hanya akan aktif selama 30 hari.com/sw/windows_7/install_windows_7. Pada bagian bawah dari jendela itu anda bisa menyaksikan Windows sudah teraktifasi dengan diikuti produk ID milik anda. jadi anda harus mengaktifasi windows 7 anda paling lambat 30 hari dari anda melakukan install. Ini menunjukkan bahwa salinan Windows 7 sepenuhnya sudah teraktifasi. Sumber: http://www.buildeasypc. Selamat mencoba dan semoga sukses.htm 13 . Demikian cara serta langkah-langkah install windows 7. Caranya Klik Menu Start > Control Panel > System and Security > System. Anda akan menyaksikan jendela seperti gambar di bawah ini.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->