P. 1
ADAPTOR

ADAPTOR

|Views: 4,416|Likes:
Published by Sarah Isabelle

More info:

Published by: Sarah Isabelle on Mar 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/09/2015

pdf

text

original

PENGERTIAN SUMBER DAYA ADAPTOR

SUMBER DAYA ADAPTOR
Sumber daya adaptor adalah pesawat/ alat yang dapat mengubah arus searah (direck current). Arus bolak balik (AC) dihasilkan oleh generator melalui sebuah pembangkit listrik baik PLTA, PLTU, PLTPB, PLTN yang lebih dikenal dengan PLN (Perusahaan Listrik Negara). Arus searah (DC) dihasilkan oleh elemen kering atau baterai dan elemen basah atau aki. Keuntungan aki atau accumulator dapat diisi kembali jika beda tegangannya sudah habis. Perusahaan Listrik Negara (PLN) menghasilkan arus kuat dan arusnya bolak balik sedangkan semua pesawat elektronika menggunakan arus lemah dan searah/ rata. Tujuan pembuatan pesawat sumber daya adaptor adalah menggantikan posisi baterai maupun aki. Di dalam pesawat radio, televisi, tape recorder, amplifier, komputer, VCD, DVD ataupun CD player terdapat adaptor termasuk semua alat pengisi baterai atau carger handphone. Dengan menggunakan adaptor berarti mengurangi pemborosan biaya dan lebih hemat. Skema Blok Pesawat Adaptor: A-B-C-D-E Keterangan: A = Bagian input tegangan (AC 220V) B = Bagian penurun tegangan C = Bagian penyearah arus D = Bagian penstabil tegangan E = Bagian output tegangan (DC 3 s/d 12V) Fungsi bagian-bagian pesawat adaptor 1. Bagian input: berfungsi sebagai masukan tegangan jalajala atau tegangan PLN. 2. Bagian penurun tegangan: berfungsi mengubah tegangan jala-jala PLN 220 VAC menjadi tegangan konsumen 3 s/d 12 VAC. 3. Bagian penyearah penata arus: berfungsi untuk mengubah arus bolak-balik (AC) menjadi arus searah atau arus rata (DC).

Bagian output: berfungsi mengeluarkan teganganyang dihasilkan adaptor ke pesawat pemakai. Adaptor yang sering dibersihkan dan dirawat memiliki ketahanan dan kemampuan yang maksimal. bagian penyaring arus : resistor.4. Bagian penstabil tegangan: berfungsi menstabilkan tegangan yang dihasilkan sehingga benar-benar mendekati tegangan/ arus yang dihasilkan baterai atau aki.Trafo ada dua jenis yaitu : 1 Trafo step up (menaikkan tegangan) 2 Trafo step down (menurunkan tegangan) Di dalam penggunaan adaptor ada yang memakai trafo CT biasanya digunakan untuk rangkaian catu daya amplifier atau speaker aktif.apakah adaptor itu berfungsi dengan baik atau tidak. kondensaator 5.Dan ada pula yang memakai trafo switching biasanya digunakan untuk adaptor charger handphone.Pengecekan Serta Kerusakan-kerusakannya Dan Cara Memperbaikinya Adaptor adalah suatu alat yang dapat menurunkan tegangan dan merubah arus listrik AC ke DC. 5. saklar pemilih tegangan 2. Di dalam penggunaan adaptor kita juga harus memperhatikan kondisi adaptor . bagian input : steker. LED. Komponen sumber daya adaptor Komponen-komponen sumber daya adaptor adalah sbb: 1. bagian penyerah arus : dioda 4. saklar ON-OFF. sekering. bagian output : penjepit buaya atau jack Pengertian Adaptor Beserta Pemeliharaan. Dengan begitu kita harus tahu cara pemeliharaan adaptor yang baik dan benar karena adaptor yang sering dirawat akan lebih tahan lama dalam penggunaannya.Di dalam rangkaian adaptor terdapat trafo yang berfungsi menaikkan dan menurunkan tegangan. bagian penurun tegangan : transformator daya ( step down ) 3. .Adaptor dengan kondisi yang baik dapat meng-optimalkan kinerja adaptor serta mengurangi dampak konsleting pada adaptor.

*Cek suhu trafo pada adaptor Bila saat pengecekan suhu pada adaptor memiliki panas yang berlebih berarti adaptor dalam kondisi rusak.lalu lap secara merata sampai ke ujung-ujung body adaptor.kita harus tahu juga apakah adaptor yang kita pakai berkondisi baik atau tidak. *Hindari adaptor dari tempat yang lembab dan berair Menghindari adaptor dari tempat yang lembab dan berair adalah cara yang tepat dalam pemeliharaan adaptor karena apabila adaptor ditaruh di tempat yang lembab dan berair dapat menyebabkan komponen-komponen adaptor rusak serta dapat menyebabkan konsleting jika suatu saat adaptor dipakai. Disamping perawatan dan pemeliharaan adaptor.Berikut adalah cara pemeliharaan adaptor : *Membersihkan adaptor dari debu Cara yang tepat untuk membersihkan adaptor dari debu adalah dengan menggunakan kain basah serta jangan lupa untuk mencabut body adaptor dari rangkaian. *Membersihkan rangkaian adaptor Dalam membersihkan rangkaian adaptor kita harus berhati-hati karena kalau tidak berhati-hati dapat menimbulkan kerusakan serta kelecetan pada rangkaian maka itu gunakan kain kering atau tisu kering untuk membersihkan rangkaian dari debu dan bersihkan secara merata dengan menggosokkan secara perlahan-lahan.Cara mengetahui apakah adaptor kita berkondisi baik atau tidak yaitu dengan cara melakukan pengecekan yaitu * Cek tegangan output adaptor dengan menggunakan AVOmeter (Multitester) Mengecek tegangan output adaptor berarti meyakini apakah adaptor berkondisi baik atau tidak apabila setelah di cek adaptor tidak memiliki tegangan output maka adaptor dalam kondisi rusak.dan untuk membersihkan jack(pelatuk) adaptor gunakan kain kering. .

bagian penyaring arus 5. -memakai dioda zener. Biasanya adaptor dipasaran itu bisa mengkasilkan 3. 5VDC bisa didapatkan dengan 3 cara. yaitu : 1. bagian input tegangan 2.Setelah pengecekan adaptor selesai muncul permasalahan yang timbul mengenai adaptor. bagian output tegangan Untuk mendapatkan 5 Volt DC tanpa membeli adaptor baru yang tentunya sangat mahal .9.6. maka kita bisa manfaatkan untuk menghasilkan 5 Volt DC dengan sedikit komponen.karena 5VDC ini tidak biasa dipakai oleh peralatan elektronik rumah tangga. bagian penyearah arus 4. Jika kita mempunyai sumber (power supply DC) 9 Volt sampai dengan 24 Volt. dimana komponen tersebut murah dan bisa mudah didapatkan ditoko elektronik terdekat. -memakai rangkaian converter. 1.7.5. karena arusnya kecil maka saya tidak akan membahasnya.dan 12Volt saja.Berikut dibawah ini adalah permasalahan-permasalahan yang kita jumpai pada adaptor : *Output tegangan pada adaptor tidak ada *Output tegangan pada adaptor tidak sesuai dengan nilai tegangan pada Output IC(tidak normal) *Output tegangan pada adaptor tidak stabil (Tegangan naik turun) *Adaptor mengeluarkan hawa panas yang berlebihan sehingga casing meleleh Bagian-bagian adaptor Sumber daya adaptor terdiri dari 5 bagian. Berdasarkan pengalaman saya. 2. So bagaimana jika kita tetep membutuhkan 5V DC. bagian penurun tegangan 3. .

html Nama : Septian Iko Kelas / No. -Memanfaatkan kabel USB.com/2009/01/membuat-sendiri-adaptor-5v-dc. 3. IC 7805 (1pce) 2. absen : VII ± A / 29 . Solder 2. Lihat gambar dibawah ini: Sumber : http://www.kerjainsendiri. Kabel merah adalah sumber 5V DC dan kabel hitam itu Ground. Electronic Condensator 100uF/16V (2pcs) Alat-alat: 1.Daftar komponen: 1. maka kita akan mendapatkan 4 kabel warnawarni. atau bisa juga dihubungkan dengan Accumulator/Aki kendaraan bermotor. Kupas ujung kabel USB. Timah solder secukupnya Langkah kerja: Rangkailah semua komponen diatas sesuai gambar. mohon dibedain panjangnya biar ketika di isolasi tidak terjadi hubungan singkat. Lalu hubungkan dengan Adaptor 9 volt sampai dengan 24 Volt. gunting kabel warna hijau dan putih.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->