P. 1
PENGETAHUAN TENTANG INTERNET DAN INTRANET

PENGETAHUAN TENTANG INTERNET DAN INTRANET

|Views: 589|Likes:
Published by Dinar Naresywari

More info:

Published by: Dinar Naresywari on Mar 02, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/09/2012

pdf

text

original

PENGETAHUAN TENTANG INTERNET DAN INTRANET

A. Pendahuluan Dewasa ini internet sudah merambah berbagai bidang kehidupan, baik bidang sosial, budaya, ekonomi, teknologi, maupun pendidikan. Manfaat yang diperoleh adalah, pertama, cepat dalam melakukan pencarian informasi dan pengetahuan/berita, kedua, dapat melakukan komunikasi dan pengiriman data secara cepat dan efisien. Di bidang pendidikan, internet sangat berguna dalam proses belajar mengajar di sekolah, dimana siswa dapat melengkapi pengetahuannya sedangkan guru dapat mencari bahan ajar yang sesuai dan inovatif melalui internet. B. Internet dan Intranet 1. Internet Istilah internet = internet networking artinya jaringan-jaringan komputer yang saling berhubungan. Lebih jelasnya, internet adalah gabungan jaringan komputer di seluruh dunia yang membentuk suatu system jaringan informasi global. a. Sejarah Internet Internet diawali pada tahun 1969, masih bernama ARPANET. Jaringan terdiri beberapa komputer di universitas di Amerika. Muncul kata internet setelah ditemukan protocol TCP/IP mampu menyatukan beberapa sistem jaringan yang berbeda. b. Layanan Internet 1) WWW (World Wide Web), atau lebih sering disebut Browser Internet 2) FTL (File Trensfer Protokol), layanan untuk melakukan pertukaran data 3) E-mail (Electronic Mail), komunikasi antar pengguna internet melalui surat elektronik, yaitu surat berupa file yang dapat dibuka menggunakan komputer 4) Milist (Mailing List), sebuah alamat e-mail yang didalamnya berisi beberapa alamat e-mail anggota. Contoh : YahooGroups 5) Newsgroup, atau kelompok diskusi yang menyampaikan pendapat dan tanggapan atau topic tertentu. Pendapat dan tanggapan tidak melalui e-mail, namun langsung tampil dalam layanan tesebut 6) Telnet, mengakses data ke komputer lain di internet dan menjalankan program programnya 7) Gopher, layanan internet berbasis teks, namun sekarang sudah tergantikan oleh WWW 8) IRC (Internet Relay Chat), layanan hampir sama dengan Milist, namun tidak dikususkan dalam topic tertentu. 9) VOIP (Voice Over Internet Protocol), merupakan layanan untuk telpon lewat internet, hemat pulsa, karena hanya menggunakan pulsa lokal saja.
c. Bagaimana Komputer Dapat Terkoneksi ke Internet Untuk dapat berinternet, harus diperlukan beberapa hal berikut : 1) Perangkat keras 2) Perangkat lunak

intranet memberikan fasilitas komunikasi efektif antar anggota didalamnya 4) Sistem Publikasi Web. menjamin keseragaman informasi 7) Meningkatkan kerjasama. yaitu mudah diakses semua pengguna resmi. dapat menemukan informasi secara tepat 2) Efisiensi kerja. jika tidak dikontrol dengan baik . Protocol Saluran telekomunikasi Sambungan ke ISP (Internet Service Provider). b. Akses internet memerlukan identifikasi pengguna dan password.3) 4) 5) 2. yaitu data-data organisasi dapat diakses dengan mudah ke internet 5) Efektifitas biaya. kualitas kerja meningkat. penyedia layanan internet. Kelemahan Pengguna Intranet 1) Informasi yang salah mengurangi produktivitas 2) Pengiriman data yang kurang sesuai dengan etikas (kasar/kurang sopan) 3) Diperlukan pelatihan/training 4) Diperlukan tenaga ahli untuk membangunIT di lembaga tersebut 5) Peryimbangan keamanan data yang kurang dapat dijamin 6) Karena bebas pengiriman data. a. sehingga hanya dapat diakses oleh anggota organisasi atau karyawan perusahaan. pengguna dapat melihat atau membaca data melalui web browser. 6) Keseragaman informasi. Keuntungan Intranet 1) Produktifitas kerja. Intranet Merupakan jaringan sistem informasi internal suatu perusahaan atau organisasi yang prinsip kerjanya sama dengan internet. kadang dapat terjadi data penuh (overload). dapat memberikan informasi yang lengkap kepada para anggotanya 3) Komunikasi.

Jaringan Komputer : Klasifikasi jaringan komputer dibagu atas lima jenis yaitu : Local Area Network (LAN) Local Area Network (LAN). baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Namun secara umum. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik -pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resource. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringn lainnya. MAN dapat mencakup kantor kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televise kabel. seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda beda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan. MAN mampu menunjang data dan suara. Internet Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini. seringkali mencakup sebuah Negara bahkan benua. pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. misalnya printer) dan saling bertukar informasi Metropolitan Area Network (MAN) Metropolitan Area Network (MAN). dan pada praktisnya pada saat ini kita mengenal jaringan ada dua yaitu : LAN dan WAN . Wide Area Network (WAN) Wide Area Network (WAN). jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->