Sejarah & Teori Arsitektur II

-KATA PENGANTAR-

KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh, Puji syukur wajiblah kita panjatkan kehadirat Allah Yang Maha Esa, karena atas rahmat-Nya akhirnya saya dapat menyelesaikan Makalah tentang sejarah perkembangan Arsitektur di wilayah Eropa. Sholawat beriring salam tak lupa kita sampaikan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, para keluarga, sahabat, tabiin, dan para pengikutnya yang istiqomah hingga yaumul akhir. Tak lupa pada kesempatan kali ini saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Meivirina Hanum,S.T.,M.T. sebagai Dosen Pengasuh yang telah memberi saya kesempatan dan bimbingan dalam pembuatan Makalah ini yang merupakan tugas Sejarah dan Teori Arsitektur II. Tak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan dan pihak-pihak terkait lainnya yang telah banyak membantu dan berpatisipasi dalam penyelesaian makalah ini. Saya menyadari bahwa di dalam makalah ini terdapat banyak kekurangan, karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun, saya sambut dengan hati terbuka. Akhir kata saya ucapkan terima kasih. Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh . Indralaya, 30 Mei 2010

Penyusun

Sejarah & Teori Arsitektur II

DAFTAR ISI
Halaman

Halaman judul

…………………………………………………………..

i ii

Kata pengantar ........................................................................................ Bab 1 pendahuluan 1.1. Latar Belakang ................................................................. Perumusan Masalah ......................................................... 1.3. Tujuan Penulisan ............................................................... Metode Penulisan................................................................. BAB II tinjauan pustaka 2.2. Sejarah Perkembangan Arsitektur ................................

Daftar isi......................................................................................................iii

BAB III Pembahasan 1. arsitektur klasik………………………………………………. 2. arsitektur romantic……………………………………………. 3. arsitektur neo klasik…………………………………………… 4. arsitektur modern…………………………………………….. Bab IV Penutup 3.1. Kesimpulan …………………………………………………… 3.2. Saran…………………………………………………………… Daftar pustaka ………………………………………………………….

Sejarah & Teori Arsitektur II

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Arsitektur adalah bagian dari kebudayaan manusia. Arsitektur merupakan ungkapan fisik dan peninggalan budaya dari suatu masyarakat dalam batasan tempat dan waktu tertentu. Dari dahulu sampai sekarang bahkan yang akan datang, arsitektur akan selalu berkembang dalam bentuk semakin kompleks, sejalan dengan perkembangan peradaban dan budaya termasuk ilmu pengetahuan, teknologi dan tuntutan kebutuhan manusia baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Sejarah perkembangan arsitektur mencakup dimensi ruang dan waktu yang sulit ditentukan batasnya. Untuk mempermudah di dalam mempelajarinya, suatu karya arsitektur dibe-dakan menurut ciri-ciri bentuk dan karakter arsitektural dalam kurun waktu tertentu. Kebudayaan sangat mempengaruhi perkembangan arsitektur, mencakup interaksi antar kebudayaan manusia dengan alam, dalam hal ini termasuk iklim, topografi, dan faktor lingkungan lainnya. Oleh karena itu dalam mempelajarinya, dibagi ke dalam periode, tempat, siapa, atau masyarakat mana yang membangun. Karakteristik bangunan di Eropa dapat dikelompokkan menjadi : primitif, tradisional, klasik, dan modern Pada Makalah ini, kita akan membicarakan mengenai karakteristik bangunan arsitektural di wilayah Eropa dalam periode Yunani ,Romawi, Gotik, Pertengahan akhir,Reinaisans,Neo – klasik, ,fungsionalisme,kubisme,modern pertengahan,internasional style, modern akhir brutalisme,post modern ( kontemporer). Dan yang menjadi fokus pembicaraan yaitu mengenia arsitektur pada zaman Reinaisans.

Sejarah & Teori Arsitektur II

1.2. Perumusan Masalah Berdasarkan hal tersebut di atas, beberapa masalah yang diangkat dan nantinya akan dibahas antara lain : 1. Bagaimana perkembangan arsitektur pada masing masing periode 2. Contoh dari bangunan pada masing masing periode tersebut, 3. Bagaimana karakteristik bangunan pada masing – masing periode 1.3. Tujuan Penulisan Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian / pembahasan adalah : 1. Memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai perkembangan arsitektur pada wilayah Eropa 2. Memberikan penjelasan mengenai karakteristik bangunan pada masing – masing periode 1.4. Metode Penulisan Adapun metode penulisan yang dipakai dalam makalah ini yaitu, penulis menggunakan metode studi literatur. Studi literatur dilakuan dengan cara mengumpulkan data-data referensi yang berkaitan dengan objek pembahasan.

Sejarah & Teori Arsitektur II

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
Sejarah Perkembangan Arsitektur Arsitektur adalah bagian dari kebudayaan manusia, dan ia merupakan ungkapan fisik dan peninggalan budaya dari suatu masyarakat dalam batasan tempat dan waktu tertentu. Daridahulu sampai sekarang bahkan yang akan semakin datang, arsitektur akan selalu berkembang dalambentuk kompleks, sejalan dengan perkembangan

peradaban dan budaya termasuk ilmu pengetahuan, teknologi dan tuntutan kebutuhan manusia baik secara kualitatif maupunkuantitatif. Sejarah perkembangan arsitektur mencakup dimensi ruang dan waktu yang sukar ditentukanbatasnya. Dan untuk mempermudah di dalam mempelajarinya, suatu karya arsitekturdibedakan menurut ciri-ciri bentuk dan karakter arsitektural dalam kurun waktu tertentu.Pengelompokanpengelompokan perkembangan arsitektur antara lain adalah: primitif, tradisional, klasik barat, dan modern.Kebudayaan sangat mempengaruhi perkembangan arsitektur, mencakup interaksi antar kebudayaan manusia dengan alam, dalam hal ini termasuk iklim, topografi, dan faktorlingkungan lainnya. Oleh karena itu dalam mempelajarinya, dibagi ke dalam periode, tempat, siapa, atau masyarakat mana yang membangun.

misteri agama telah melewatkan batas-batas-kuil dan istana senyawa adalah subyek dari orang atau polis. dengan waktu orang-orang Yunani. di mana bangunan menampilkan diri melalui fasad mereka sebagai representasi di dalam ruangan. di jalan yang luka terhadap acropolis misalnya. toko dan kuil-kuil. urusan agama adalah melestarikan tatanan berkuasa sendiri. Arsitektur Klasik a. Sebagai Roma memilih representasi kesucian atas ruang sakral sebenarnya untuk berpartisipasi dalam masyarakat. dimulai oleh Julius Caesar.Sejarah & Teori Arsitektur II BAB III PEMBAHASAN 1.. ritual hidup peradaban kuno telah menjadi tertulis dalam ruang. dimana partisipasi masyarakat semakin dihapus dari kinerja beton ritual dan terwakili dalam dekorasi arsitektur. Salah satu cara untuk melihat kesatuan arsitektur Romawi adalah melalui realisasi baru-ditemukan teori berasal dari praktek. sehingga kuil-kuil itu diletakkan di atas gunung itu lebih baik untuk menyentuh langit Bangsa Romawi menaklukkan kota-kota Yunani di Italia sekitar tiga ratus tahun sebelum Kristus dan sebagian besar dunia Barat setelah itu. ruang terbuka yang disebut agora yang dikelilingi oleh bangunan umum. Masalah kekuasaan Romawi terlibat kesatuan kesenjangan .dari Spanyol ke Yunani. and embodied spatially. Kehidupan warga Yunani ditopang oleh baru. dan diwujudkan secara spasialCivically kita menemukan hal ini terjadi dalam forum Romawi (saudara dari agora Yunani). Arsitektur Klasik Yunani Arsitektur dan urbanisme dari Yunani dan Roma sangat berbeda dengan orang Mesir atau Persia dalam kehidupan yang penting mendapatkan kewarganegaraan. Walaupun kebijaksanaan ilahi masih memimpin urusan manusia.. Jadi kita akhirnya melihat awal dari persegi publik kontemporer di Iulium Forum. Macedonia untuk Kartago . Selama waktu dahulu. yang ditempatkan di dalam dunia dibiaskan melalui mitos. Setiap tempat memiliki alam sendiri. sehingga sifat komunikatif ruang dibuka untuk manipulasi .kekuasaan Romawi telah diperpanjang sendiri di luasnya dunia yang dikenal dan menenangkan berbagai budaya membentuk Oikumene ini disajikan sebuah tantangan baru untuk keadilan. Agora itu diwujudkan menghormati ditemukan baru untuk keadilan sosial yang diterima melalui debat terbuka bukan mandat kekaisaran.

com Interior of the Pantheon. Sebagai akar dari arsitektur Barat. arsitektur klasik Yunani ditandai dengan hadirnya Kuil Parthenon yang menjadi icon dari jaman ini.  Di atas kolom. Tidak ada yang akan mungkin terjadi tanpa kemajuan rekayasa Romawi dan konstruksi atau tambang marmer yang ditemukan baru yang merupakan rampasan perang. ` Sumber : www. terlihat dari kuil-kuil yang berbeda untuk menyembah dewa-dewa yang berbeda pula.coliseum. Roma Ini juga merupakan respon terhadap perubahan iklim sosial yang menuntut bangunan baru meningkatnya kompleksitas . Rome Interior dari Pantheon. terdapat balok horizontal penyangga atap yang disebut entablature. General civil construction such as roads and bridges began to be built. Bentuk bangunan yang terjadi banyak dipengaruhi oleh kepercayaan politheisme yang dianut oleh masyarakatnya. maka bagian ruang dalam menjadi gelap. rumah sakit besar dan akademi. blok perumahan. Cahaya hanya datang dari pintu di depan saja. penemuan seperti lengkung dan beton memberikan bentuk baru untuk arsitektur Romawi. pakaian dasar untuk pemerintahan kekaisaran dan ketertiban sipil.Sejarah & Teori Arsitektur II manusia. Sebagai konsekuensi dari penggunaan .google. Umum konstruksi sipil seperti jalan dan jembatan mulai dibangun. Penggunaan struktur tumpuk juga pada kolom di luar bangunan. Adapun tipologi arsitektur kuil pada periode ini adalah: Menggunakan struktur dinding masif dengan material batu alam  yang dipotong persegi dan ditumpuk. Karena bukaan yang mampu dibuat sangat minimal. mulus melampirkan ruang dalam kubah tegang dan pilar-pilar.

• . tetapi dengan hasil sungguh berbeda. Oleh karena itu mereka selalu berusaha dekat dengan alam. maka bentang lebar tidak dimungkinkan. secara kultural dan secara politis. amat mirip dengan kata dewa dari bahasa sansekerta “div”. Roma menjadi suatu kerajaan yang terorganisir baik secara ilmu bangunan. jembatan. ditopang oleh entablature. Pada hubungan antara kolom dan entablature biasa diberi ornamen berupa ukiran yang kemudian dikenal dengan gaya Doric. dan kuil pun dibuat seolah-olah terbuka dan tidak masif (deretan kolom mengurangi kesan masif dari bangunan). kuil tinggi. “sinar”. hal ini berhubungan dengan kepercayaan masyarakat Yunani yang sangat sensitif terhadap alam. meninggalkan tanda-tandanya masa Mediterania. dan saluran air. Faktor –faktor yang mempengaruhi budaya Romawi • • Masyarakat bangsa romawi menganut kepercayaan politheisme yang menganggap dewa-dewi sebagai pengatur alam raya… Beberapa teori bahwa kepercayaan dan filosofi bangsa romawi adalah hasil akulturasi kebudayaan yunani-Etruscan dengan hindu kuno. sehingga jarak antar kolom relatif sempit.“diva” atau “diu” yang berarti “langit”. Selain  mencitrakan kesan megah secara visual (bentuk kolom langsing tinggi yang sangat besar dibandingkan dengan skala manusia). Orang-Orang Roma mengerjakan rancang-bangunan besar . Arsitektur Klasik Romawi Sejarah Arsitektur Romawi Arsitektur Roma melanjut pengembangan Arsitektur klasik. Mereka menganggap tanda-tanda yang terjadi di alam adalah perlambang kehadiran para dewa.Sejarah & Teori Arsitektur II struktur tumpuk batu masif pada bagian ini. “hari”. Di bagian depan tengah terdapat patung dewa  a. berupa saluran. dengan negara Yunani. dimana kata dewa( deity) dalam bahasa latin adalah “deus” atau “divum” yang berarti di langit. Adanya deretan kolom di luar dinding bangunan. penggunaan bilangan sakral pada struktur maupun kontruksi kuil. Pada masa Romawi gaya kolom ini dikembangkan lagi menjadi Ionic dan Corinthian ] Struktur utama penyangga atap juga tersusun dari batu dan disebut pediment. seperti elevasi pada atap kuil. Kebudayaan Yunani banyak berpengaruh sebagai contoh banyak konsep hindu yang secara tidak langsung diadaptasikan oleh bangsa romawi pada rumah ibadahnya.

Pola Denah dan Potongan • . direnovasi ( 1764) dengan gaya yang klasik oleh arsitek Perancis Jacques Germain Soufflot. Detail dan ornamen menjadi khas bangunan romawi.Sejarah & Teori Arsitektur II Pola dasar bangunan • • Bangunan romawi menggunakan pola-pola bentuk dasar geometris yang rigid dan kaku. kini menjadi bagian dari Biara Westminister. dulunya menjadi Gereja Sainte Geneviève. Santa Maria Martir. pada awal abad ke-7 telah disucikan sebagai gereja. adalah kemudiannya disekulerkan dan. Dinegara lain pantheon telah berubah fungsi menjadi sebuah musoleum untuk orang-orang ternama seperti pantheon yang berada di inggris. Kuil yang dipersembahkan untuk semua dewa pada kepercayaan dan mitologi romawi. dengan corner of poeter nya yang dimana seniman dan musisi seperti halnya sastrawan dikuburkan dan diperingati. Pantheon Kuil untuk semua dewa. dinamai kembali sebagai pantheon. Sedikit sejarah tentang pantheon • • • Kuil ini dibangun oleh kaisar Roma Hadrian antara 118 dan 128 M. dan hingga kini. yang pada awalnya diharapkan untuk memondokkan badan pahlawan Revolusi Perancis. Kuil ini adalah bangunan utama yang best-preserved di Roma pada masa lampau dan salah satu dari bangunan yang paling penting dalam sejarah secara ilmu bangunan. Di Paris. menggantikan kuil yang lebih kecil yang dibangun oleh negarawan Marcus Vipsanius Agrippa pada 27 SM.

suasana dalam interior diibaratkan sebagai “rotunda yang berputar siang dan malam. Hal ini dipengaruhi juga oleh faktor kepercayaan. Apabila periode . jendela) maupun pada bagian “kepala” bangunan. Pada periode ini tingkat peradaban dan teknologinya sudah lebih tinggi dari Yunani. Kolom mulai menempel pada dinding. Dapat dikatakan bahwa teknologi penerangan Romawi sudah lebih maju dibanding Yunani. sebagai perlambang kemenangan dan kejayaan. Namun demikian bentuk dasar arsitekturnya tetap mengambil beberapa bentuk dari arsitektur klasik Yunani. Orang Romawi sering membuat gerbang besar di perbatasan yang menuju wilayah yang telah ditaklukkannya. bagaikan nirwana. Pembuatannya adalah dengan menggeser batu sedikit demi sedikit sehingga menghasilkan kemiringan. com Kubah gedung bulat di belakang serambi bertiang-tiang berdiameter 43.google. Apabila periode Yunani memiliki kuil Partheon. Seiring dengan peredaran matahari. maka periode Romawi memiliki kuil Pantheon sebagai simbol yang terkenal. Adanya variasi kolom yang lebih estetis dari periode Yunani. Namun demikian bentuk dasar arsitekturnya tetap mengambil beberapa bentuk dari arsitektur klasik Yunani.2 m ( 142 ft). Maison Car ée di Nimes (awal abad 1 M) Penemuan dan pengembangan beton sebagai material bangunan  Pada periode ini tingkat peradaban dan teknologinya sudah lebih tinggi dari Yunani. Beberapa tipologi utama dari periode ini adalah: Penggunaan teknologi pembuatan busur dengan struktur batu  yang ditumpuk. Kuil Pantheon memiliki lubang pada puncak kubah sebagai sarana memasukkan cahaya dari atas. Pusatnya ditembus oleh suatu oculus (lubang bukaan besar) berdiameter 8. baik pada bukaan (pintu.5 m ( 28 ft). yang menyediakan satusatunya sumber cahaya untuk bagian dalam. Busur yang diaplikasikan untuk membuat penutup bagian atas bangunan biasa disebut struktur kubah monolit. tidak terpisah seperti pada  bangunan Yunani.Sejarah & Teori Arsitektur II Sumber : www.” Struktur busur batu juga digunakan dalam pembuatan gerbang.  Sudah dijelaskan sebelumnya.

Orang Romawi sering membuat gerbang besar di perbatasan yang menuju wilayah yang telah ditaklukkannya. Busur yang diaplikasikan untuk membuat penutup bagian atas bangunan biasa disebut struktur kubah monolit.Penemuan dan pengembangan beton  sebagai material bangunan .” Struktur busur batu juga digunakan dalam pembuatan gerbang. jendela) maupun pada bagian “kepala” bangunan. Kolom mulai menempel pada dinding. Beberapa tipologi utama dari periode ini adalah: Penggunaan teknologi pembuatan busur dengan struktur batu  yang ditumpuk. tidak terpisah seperti pada  bangunan Yunani. Seiring dengan peredaran matahari. Adanya variasi kolom yang lebih estetis dari periode Yunani.  Sudah dijelaskan sebelumnya. Kuil Pantheon memiliki lubang pada puncak kubah sebagai sarana memasukkan cahaya dari atas. Hal ini dipengaruhi juga oleh faktor kepercayaan. bagaikan nirwana.Sejarah & Teori Arsitektur II Yunani memiliki kuil Partheon. Dapat dikatakan bahwa teknologi penerangan Romawi sudah lebih maju dibanding Yunani. sebagai perlambang kemenangan dan kejayaan. suasana dalam interior diibaratkan sebagai “rotunda yang berputar siang dan malam.. maka periode Romawi memiliki kuil Pantheon sebagai simbol yang terkenal. baik pada bukaan (pintu.

Pengaruh agama Kristen. Gothic. • Denah menyerupai Basilika. Karena pada dasarnyadenahnya merupakan pengembangan dari tatanan denah periode klasik. a. Faktor-faktor yang mempengaruhi kebudayaan Byzantium: a. Contoh dari Arsitektur Byzanthium ini adalah Hagia Sophia. Renaissance.EMASAN • Arsitektur pada masa ini merupakan campuran unsur Barat dan Timur. Pada jaman ini mulai dikembangkan busur yang ditopang oleh kolom langsung (jadi tidak ditopang oleh dinding ) SEJARAH PERKEMBANGAN Kekaisaran Romawi mengalami perpecahan pada tahun 395 Masehi yaitu bagian Barat (Ravenna) dan bagian Timur (Konstantinopel).Sejarah & Teori Arsitektur II 2. maka dari segi ini tidak ada perubahan yang signifikan. . Pengaruh kebudayaan Romawi. Pada abad ke-8 sampai abad ke-9 terjadi perubahan dalam hal keagamaan dan penghapusan pemujaan terhadap berhala (Iconoclast) sehingga perkembangan sejarah arsitektur mengalami kemunduran. Romanesque. KARAKTERISTIK ARSITEKTUR MASA KE . Beberapa pengaruh kebudayaan yang berasal dari Timur. PERIODE ROMANTIK Periode Romenatik terdiri dari beberaba periode. sedangkan untuk jaman Byzanthium bangunannya digunakan untuk gereja (sudah bersifat Monotheis). Kebudayaan Byzantium menguasai Ravenna dan mengalami masa keemasan I pada tahun 526 atau pada awal abad ke-6. b. bentuk kubah dipengaruhi Syria dan elemen dekorasinya berasal dan Timur. setelah fungsinya berubah menjadi masjid. Konstantinopel (Istanbul) minaret ditambahkan belakangan. pada jaman Romawi kuilnya merupakan kuil Politheis. serta Baroque dan Rococo. c. Denah bangunan mengikuti bentuk salib Romawi. Tetapi perbedaannya. Eksterior Hagia Sophia. Byzanthium (sekitar awal abad III) Bangunan pada era ini masih menggunakan tipikal bentuk dari jaman Romawi. yaitu bentuk kubah dan busurnya. yaitu periode Byzanthium.

com Sumber : www. com . Hagia Sophia Karya arsitektur terbesar di masa Byzantium ialah Gereja Hagia Sophia di Konstantinopel.Sejarah & Teori Arsitektur II • Salah satu contoh yang terbaik bangunan masa ini adalah Hagia Sophia di Turki.google.google. Sumber : www. Yang mendisain adalah architects Anthemius of Tralles and Isidore of Miletus. Hagia sophia adalah gereja pertama di abad ke 4 dan gereja terbesar di seluruh dunia. Dibangun selama 5 tahun pada masa Pemerintahan Justinianus I (483-565).

Bentuk-bentuk bagian atas pilar • Bidang Seni. . serambi bagian dalam menyatu dengan atrium. Formal dan kaku Karakter 2 dimensi (datar dan frontal).Sejarah & Teori Arsitektur II Bentuk denah Gereja ini hampir menyerupai bujur sangkar dengan ukuran 81 x 70 m dengan serambi ganda di sebelah barat. Diameter kedua setengah kubah sama besarnya dengan diameter kubah utama yang terletak ditengah disekeliling kubah itu dibuat tiga buah bentuk setengah kubah lagi yang lebih kecil Ciri Arsitektur periode Byzantium • Interior: Jendela kecil berbentuk lengkungan dan berderet di bawah kubah mengesankan bentuk yang transparan ringan dan digunakan juga sebagai penerangan alamiah. Lantai terbuat dan batu mariner (marble). dinding dan kubah berwarna dasar keemasan dan menampilkan kesan ringan.

Karena di digunakan sebagai masjid ada beberapa gambar yg di hapus. . pendeta. Pada jaman ini mulai dikembangkan busur yang ditopang oleh kolom langsung (jadi tidak ditopang oleh dinding) b. MUHAMMAD dan nama-nama khalifah. Romanesque (sekitar abad VI) Beberapa tipologi dari bangunan-bangunan di Jaman Arsitektur Romanesque adalah sebagai berikut: Denah berbentuk Salib Kristen  Pada umumnya memiliki pola melingkar yang mengambil dari  pola kuil Pantheon di Jaman Romawi Pilar-pilar/kolom-kolom diletakkan di dalam ruangan dan tidak  menempel pada dinding Pada arsitektur Romanesque bentuk salib selalu didominasi dengan bentuk lengkung (tumpul). sedangkan untuk jaman Byzanthium bangunannya digunakan untuk gereja (sudah bersifat Monotheis). Contoh : seni Mozaik (seni menempel) yang berlatar belakang emas. yaitu bentuk kubah dan busurnya. pada jaman Romawi kuilnya merupakan kuil Politheis. Pada masa Osmaansa Rijk dibawah kekuasaan Mehmet II di tahun 1453 Hagia Sophia di jadikan masjid.Sejarah & Teori Arsitektur II seragam. Atap-atapnya tidak lagi berupa kubah. penuh dengan lambang kekuasaan (menggambarkan kaisar. Byzanthium (sekitar awal abad III) Bangunan pada era ini masih menggunakan tipikal bentuk dari jaman Romawi. Contoh dari Arsitektur Byzanthium ini adalah Hagia Sophia. tidak alami. Hal ini terlihat pada denah. Juga mulai dikembangkan struktur busur penopang atap (tunnel vaults). Lukisan-lukisan tersebut dibuat dari mosaic ( kepingan batu). di bagian kiblat dan di beberapa sudut di pasang kaligrafi tulisan arab yg bertuliskan ALLAH. melainkan sudah mulai meruncing (pitched roof). tentara dan cerita tentang agama) dengan proporsi sekehendaknya. terdapat gambar (lukisan) yang bernuansa kristen/katholik. a. Denah bangunan mengikuti bentuk salib Romawi. Karena iu. Pada jaman ini sudah melepaskan diri dari arsitektur Romawi dan mendasarkan pada arsitektur vernakuler Eropa yang masih sederhana. Tetapi perbedaannya.

Pada perkembangan selanjutnya. Meskipun sama-sama berukuran besar. bentuk busur rusuk dapat dikatakan terinspirasi dari bentuk ranting pohon. sehingga arsitektur Gothik identik  dengan permainan cahaya di interior. Jadi antara kolom dan rusuk penyangga atap menyatu. Di samping itu. Hal ini merupakan tuntutan iklim salju. . diameter kolom menjadi besar karena sebenarnya kolom besar tersebut merupakan gabungan dari beberapa kolom kecilkecil yang langsung menopang rusuk. susunan rusuk yang terjadi malah menyerupai kipas. Salah satu pembeda arsitektur Gothic dengan periode sebelumnya adalah sistem konstruksi kolom dan langit-langit tidak terpisah.Sejarah & Teori Arsitektur II c. dikarenakan keinginan untuk  menciptakan atap meruncing sebagai ciri arsitektur vernakular Eropa. Permainan cahaya ini bertujuan untuk menambah keagungan dan unsur spiritual. Sebagai kelanjutan dari periode sebelumnya. Pengembangan bentuk rib vaults—bentuk kubah yang  menyerupai rusuk. Bukaan-bukaan yang lebar. Kolomnya berkembang menjadi kolom strutural dan non  struktural. Bentuk busur yang meruncing. yaitu adanya kecenderungan untuk menambah ketinggian langit-langit hingga jauh melebihi skala manusia. maka pada periode ini bentuk yang dianut merupakan bentuk arsitektur vernakular Eropa dengan beberapa penyempurnaan.  terutama pada gereja-gereja dan katedral. Gothic (sekitar 1130 M) Periode ini dimulai penyebarannya dari Prancis. Sebagai pengembangan dari struktur busur silang yang banyak digunakan pada periode sebelumnya. Tatanan denah dan bentuk globalnya lebih bebas dibandingkan dengan Bizantium dan Romanesque. Perubahan-perubahan yang terjadi pada periode ini di antaranya: Ketinggian langit-langit yang jauh melebihi skala manusia. pada arsitektur Yunani hal ini lebih dikarenakan kebutuhan struktural untuk menopang beban atap dan entablature yang sangat besar.

Goths pada tahun 1530-an mempunyai makna yang negatif dengan mengacu pada budaya yang kasar dan barbar. . Gothic bermakna gaya arsitektur yang gerejawi yang pada awalnya direndahkan dan dicemooh Arsitektur Gothic tidak berkaitan dengan kesejarahan Goths (suku di Perancis). dan suatu perasaan vertikalitas. jendela stained glass. Goths pada tahun 1530-an mempunyai makna yang negatif dengan mengacu pada budaya yang kasar dan barbar. Goth sama artinya dengan perusak.Sejarah & Teori Arsitektur II • • • • • • • • • • Arsitektur Gothic tidak berkaitan dengan kesejarahan Goths (suku di Perancis). Dengan kolom yang kurus. Goth sama artinya dengan perusak. Gaya ini diadopsi pertama kali di utara Perancis kemudian di Inggris kemudian berkembang keseluruh Perancis. ’negara pesisir’ dan sebagian Jerman dan juga di Spanyol dan utara Italia Notre-Dame Cathedral seen from the River Seine. Gothic bermakna gaya arsitektur yang gerejawi yang pada awalnya direndahkan dan dicemooh Konstruksi Gothic pertama didirikan pada tahun 1144.

google.com .com Sumber : www.google.Sejarah & Teori Arsitektur II Sumber : www.

Pola lengkung yang diterapkan pada bangunan di masa romanik Sumber : www. hanya berfungsi sebagai hiasan daripada sebagai estetika bangunan Gereja Katolik Notre-Dame pada Laon .Sejarah & Teori Arsitektur II Ciri Khas Arsitektur Gothic APRESI ARSITE Bourges Catedral Inggris Ide gaya romanik berkembang melalui biara –biara dan menyebar ke seluruh eropa melalui cabang biara yang di bangun di seluruh wilayah eropa.com VERTIKALITA Batang batu tipis pada pembuatan masswerk dan pada langitlangit bangunan yang di buat melengkung.google.

Pengaruh gotik arsitektur pada abad 18 dan 19 Sesuatu yang kuno / alamiah mulai diminati masyarakat Dirubahnya gaya bangunan-bangunan pemerintahan / bangunan semi formal menjadi bangunan gotik yang indah. Mulai dipelajarinya ilmu gaya gotik di bangku pendidikan pada saat itu.com • • • Pengaruh gotik arsitektur pada abad 18 dan 19 Sesuatu yang kuno / alamiah mulai diminati masyarakat Dirubahnya gaya bangunan-bangunan pemerintahan / bangunan semi formal menjadi bangunan gotik yang indah. termasuk salah satu gereja yang di agungkan dan memiliki Langgam gotik seperti halnya Notre-Dame pada Paris Jendela mawar adalah contoh awal yang paling efektif sebagai penerangan ke interior bangunan Perulangan kolom-kolom pada interior menjadi penambah estetika gereja tersebut Sumber : www. • • • . 130km dari barat laut Paris.Sejarah & Teori Arsitektur II Gereja Katolik Notre-Dame pada Laon. Mulai dipelajarinya ilmu gaya gotik di bangku pendidikan pada saat itu.google.

termasuk Merovingian. dibangun dari abad ke-12 ke-13. e. Italia versus utara. Windows memperoleh bentuk-lintas selama lebih dari keperluan dekorasi: mereka memberikan cocok untuk crossbowman untuk aman menembak penyerbu dari dalam. • Perkembangan justru terjadi dalam usaha untuk “merias” diri. perubahan dan perkembangan arsitektur dilihat dari tata denah dan sistem struktur dapat dikatakan kurang. dan terutama manuver politik dan keagamaan antara raja-raja. Hal ini dipengaruhi oleh banyak bermunculannya seniman patung dan pelukis pada masa itu—seperti Leonardo da Vinci dan .. Sementara istilah-istilah yang bermasalah. dan berbagai pejabat rohaniwan. mereka tetap melayani memadai sebagai masukan ke era itu. Valère Castle di Sion. Carolingian.Sejarah & Teori Arsitektur II d. Teknologi struktur juga mengalami stagnasi. paus. Crenelated dinding (benteng) disediakan tempat penampungan untuk pemanah di atap untuk bersembunyi di balik jika tidak menembak. Ottonian. Spanyol. Swiss. Pertimbangan yang masuk ke dalam sejarah setiap periode termasuk "historicising Trachtenberg" dan "modernisasi" elemen. dan elemen Bizantium. Perkembangan denah yang tercatat hanyalah bahwa denah lebih bebas—tidak terikat pada tatanan baku seperti pada periode-periode sebelumnya—tetapi menganut simetri. Istana dan dinding benteng yang tersisa memberikan contoh penting non-religius banyak dari arsitektur abad pertengahan. dan Asturian. Penggabungan contoh arsitektur abad pertengahan sekuler terutama dilayani untuk pertahanan.. Arsitektur abad pertengahan Arsitektur Eropa Barat pada Abad Pertengahan Awal dapat dibagi menjadi Awal Kristen dan Pra-Romawi. Renaissance (sekitar awal abad XIV) Pada masa ini..

pengembangan perspektif seni lukis dan kemajuan ilmu pengetahuan. Pengembangan dari arsitektur abad pertengahan yang bersangkutan geometri cara tdk dpt dipahami dimediasi antara cahaya dan berwujud bahan sebagai cara penciptaan ilahi yang berkaitan dengan keberadaan fana. dipahami dan dapat dikontrol melalui akal manusia. di mana ruang yang dirancang harus dipahami secara keseluruhan dari sudut pandang tetap spesifik. fakta apriori. Renaissance architecture adalah arsitektur yang diawali antara awal abad 15 sampai awal abad 17 diberbagai tempat di Eropa. Oleh karena itu bangunan Renaissance menunjukkan rasa yang berbeda kejelasan konseptual. istilah Awal "modern" telah mendapatkan popularitas karena itu dalam menggambarkan gerakan budaya. dan membantu membentuk pemikiran humanis baru . Rusia dan tempat lain. Kekuatan . Hubungan ini telah diubah dalam ukuran tertentu oleh Perspektif penemuan yang membawa rasa tak terhingga ke dalam lingkup pemahaman manusia melalui representasi baru cakrawala. kebangkitan pada kebijakan dan perlindungan Gerajawi. Inggris. dibuktikan dalam bentangan ruang terbuka dalam lukisan Renaissance. Ini periode kelahiran kembali budaya sering dikreditkan dengan restorasi beasiswa dalam Antiquities Klasik dan penyerapan pengetahuan ilmiah dan filosofis baru yang memberi makan seni. Kata Renaissance sekarang sering digunakan untuk mendeskripsikan kejadian sejarah atau budaya. dimana sengaja membangkitkan dan mengembangkan elemen Klasik Yunani dan Romawi. baik gagasan dan budayanya. proporsi dan geometri serta keteraturan bagian seperti yang ditunjukkan pada masa Klasik purba. Perspektif mewakili pemahaman baru tentang ruang sebagai universal. • • • • • Renaisans sering mengacu pada Renaissance Italia yang dimulai pada abad ke-15. Gaya Renaissance menekankan pada simetri. Jerman. namun penelitian terbaru telah mengungkapkan adanya gerakan serupa di Eropa sebelum abad ke-15.Sejarah & Teori Arsitektur II Michaelangelo—sebagai dampak dari isu kelahiran kembali kesenian setelah lama ditekan oleh pihak gereja pada masa itu • Kata Renaissance ( dalam bhs Perancis berarti kelahiran baru atau “Rinascimento” dalam bhs Italia) pertama kali digunakan untuk mendefinisikan jaman kesejarahan di Italia dan Eropa secara umum yang mengikuti Abad Pertengahan dan mengikuti reformasi. gaya Renaissance secara cepat menyebar ke seluruh kota-kota lain di Italia dan kemudian ke Perancis. Dikembangkan pertama kali di Florence – Italia – oleh FIlippo Brunelleschi sebagai salah satu penemunya.. sekitar abad 14 hingga 16. Gambaran utama adalah kebangkitan pada pembelajaran berdasar pada sumber klasik.

gaya yang berkembang di bawah arsitek seperti Sebastiano Serlio. yang ditawarkan oleh. Renaisans menyebar ke Perancis pada abad ke-15. yang pernah belajar arsitektur di Italia di mana . Dalam melakukan hal Bramante diselenggarakan pendakian melalui tiga pengadilan yang melihat yang lebih rendah. yang ditugaskan setelah 1540 dalam pekerjaan di Troitse-Sergiyeva Lavra Troitse-Sergiyeva Lavra Arsitektur terus berkembang di reigns Henri Henri II dan III. Donato Bramante's Cortile del Belvedere proyek adalah salah satu contoh seperti di mana ruang-ruang tersebut digambarkan / dirancang bersama sebelum dibangunSpasi tersebut hanya perspektif mungkin karena kekuatan abstraksi. ini secara eksplisit ditampilkan dalam's penggambaran Bramante dari pendakian dari perspektif jendela kamar tidur Paus Julius. contoh paling awal menjadi Château d'Amboise. tingkat teater pindah ke tingkat atas melalui taman-taman semakin direncanakan sehingga menciptakan ketegangan antara dunia manusia dan visi ideal dari ideal kota "". dan gaya menjadi dominan di bawah Francis I (1515-1547) kombinasi dari struktur dan ornamen Italianate Gothic. Di Inggris eksponen besar pertama dari arsitektur Renaissance adalah Inigo Jones (1573 .Sejarah & Teori Arsitektur II Perspektif untuk mewakili realitas universal tidak terbatas pada pengalaman menggambarkan. ketika Charles VIII kembali pada 1496 dengan beberapa seniman Italia dari penaklukannya Napoli puri. tetapi juga memungkinkan untuk mengantisipasi pengalaman itu sendiri dengan memunculkan gambar kembali menjadi kenyataan. Komisi ini ditetapkan oleh Paus Julius II untuk menghubungkan istana kepausan kuno di sebelah kanan Santo Petrus dengan istana yang dibangun oleh Pollaiolo untuk Innosensius VIII. Jerusalum.1652). yang memungkinkan komposisi kegiatan heterogen menjadi metafora untuk legitimasi pemerintahan saat ini. Renaissance dibangun di Lembah Loire.

Sejarah & Teori Arsitektur II pengaruh Palladio sangat kuat. f. ornamen-ornamen bangunan begitu banyaknya sehingga bentuk dasar geometrinya tidak terlihat.com . dan mencapai puncaknya pada periode Baroque.google. Perbedaan pada gaya Baroque dan Rococo yaitu pada Baroque kemurnian geometrinya masih dapat terlihat sedang pada Rococo. Ornamen-ornamen ini dikembangkan sebagai perlambang status sosial pemilik bangunan dan mencerminkan prestise. Baroque dan Rococo Kecenderunag untuk merias arsitektur dengan ornamen semakin besar.. crenelations dan menara kecil. Kegilaan akan ornamen yang berlebhan sehingga menghilangkan bentuk geometri dasar yang sebelumnya masih dapat diidentifikasi pada masa Renaissance. bentuk-bentuk ornamen yang “penuh gejolak”. Baroque architecture Arsitektur Baroque e. serta ikut berkiprahnya seniman-seniman yang kurang bermutu menimbulkan kejenuhan pada masyarakat arsitektur. Kejenuhan akan kepura-puraan dan keinginan untuk melahirkan suatu karya yang bersifat lebih “tenang” melahirkan periode baru dalam arsitektur: periode arsitektur neo-klasik Sumber : www. dengan garis-garis yang bersih. Jones kembali ke Inggris penuh antusiasme untuk gerakan baru dan segera mulai desain bangunan seperti Ratu Rumah di Greenwich pada 1616 dan Gedung Banqueting di Whitehall tiga tahun kemudianKarya-karya ini. Rococo merupakan wabah penggunaan ukiran tiga dimensional berbenuk kurva dan penggunaan lapisan emas pada ukiran-ukiran tersebut. dan simetri yang revolusioner di sebuah negara masih jatuh cinta dengan jendela tiang jendela. Sedangkan di Prancis. Pada periode ini marak dikembangkan seni melukis di langit-langit bangunan (fresco).

Sejarah & Teori Arsitektur II Tokoh arsitektur jaman Renaissance • • • • • Michelangelo Buonarroti (1475 – 1564 ) adalah salah satu arsitek yang terkenal jaman Renaissance. Petrus : Vatikan. Italia. • • Nama Bangunan Lokasi : Basilika St. Arsitektur Rennaissance dimulai di Italia dan berkembang ke seluruh dataran Eropa. Perancis. Contoh dari maha karya Arsitektur Renaissance adalah Gereja St. Eropa Utara . sculpture dan arsitektur dan pencapaiannya Arsitektur Renaissance merupakan kelanjutan dari Arsitektur Ghotic. Inggris. Peter di Roma. Tokoh-tokoh seperti Donnatelo dan Brunelleschi merupakan pemahat dan arsitek yang bergabung dalam tim dan memenangkan sayembara mengatapi Gereja Santa Maria del Fiore yang memiliki bentang mencapai 46 meter. antara lain : Jerman. Dia sukses di dalam bidang seni lukis. Roma Italia : Tahun 1926 Akhir Pembangunan Sistem Konstruksi Gaya Fungsi Arsitek : Bearing masonry : Italian Renaissance : Tempat Ibadah : Giacomo della Porta .

Nicholas V. seseorang yang antusias memiliki suatu rencana untuk meningkatkan peradaban gereja tua dan membuat sebuah struktur yang baru pada bangunan tersebut. Bramante ingin mengubur Panteon diatas Basilika sehingga dapat dibuat suatu kubah raksasa di atas bangunan. Julius II mengambil gagasan untuk membangun kembali Basilika dengan mengadakan sayembara dimana Bramante memenangkan sayembara itu. Pada saat musim semi pada tahun 1506 Julius dihadapan lima puluh kardinal meletakan dasar struktur dari bangunan yang mengesankan ini.      . Pada saat musim semi pada tahun 1506 Julius dihadapan lima puluh kardinal meletakan dasar struktur dari bangunan yang mengesankan ini. Bramante ingin mengubur Panteon diatas Basilika sehingga dapat dibuat suatu kubah raksasa di atas bangunan. seseorang yang antusias memiliki suatu rencana untuk meningkatkan peradaban gereja tua dan membuat sebuah struktur yang baru pada bangunan tersebut. Julius II mengambil gagasan untuk membangun kembali Basilika dengan mengadakan sayembara dimana Bramante memenangkan sayembara itu.Sejarah & Teori Arsitektur II SEJARAH BANGUNAN  Nicholas V.

5 kaki • Pintu masuk 90.182.2 kaki • Mimbar 78.2 kaki2 .8 kaki • Secara keseluruhan permukaan area gereja adalah 163.7 kaki • Panjang bagian dalam 451 kaki • Keseluruhan panjang pada bagian depan basilika 693.Sejarah & Teori Arsitektur II Salib Yunani pada bagian kubah Michelangelo salib Yunani pada kubah ditambah dengan sebuah ruang didepan dengan serambi yang bertiang kolom Menurut perhitungan nyata dari Carlo Fontana proporsi dari bangunan tersebut adalah sebagai berikut: • Tinggi bagian tengah gereja 151.

Angelo dihubungkan dengan vatikan oleh Jalan Passeto.Sejarah & Teori Arsitektur II • • • Pintu utama yang secara langsung menuntun para jemaat ke dalam istana yang apostolik. Sedangkan pintu yang lain digunakan untuk pintu administratif. Pada bagian paduan suara dan ruang depan terdapat sebuah pintu menuju bagian sakristi. Yaitu sebuah jalan rahasia yang bisa memberikan keamanan bagi berjalanan Paus menuju benteng. Pada gambar tersebut kita dapat melihat kastil St. .

Neoclassical. dengan perbandingan yang sama. A Neoclassical building is likely to have some (but not necessarily all) of these features: Sebuah bangunan Neoklasik cenderung memiliki beberapa (tapi tidak harus semua) fitur ini: . misalnya bentuk sulur tanaman dan lain sebagainya.Sejarah & Teori Arsitektur II 3. segitiga) atau geometrisasi dari bentuk natural. Dalam pencptaannya biasanya melibatkan emosi sekaligus logika. Jadi kelihatannya seperti arsitektur periode Baroque dengan ornamen yang tidak lebih kompleks namun menggunakan proses dan material baru. di antaranya melalui penggunaan material baru seperti logam dan kaca serta teknologi pengolahan baru. Arsitek yang terkenal pada masa ini adalah Antoni Gaudí. dan terutama keahliannya di bidang mosaic keramik. Bentuk dan elemen-elemen yang diambil kembali ke masa klasik— Yunani dan Romawi—yang lebih menonjolkan ketenangan dan kesederhanaan. mempertahankan bentuk aslinya atau diubah tetapi tetap mempertahankan unsur kurva atau lengkung aslinya. Sepenuhnya mengandalkan emosi. Keahlian ini dipakai Gaudí. mengukir batu. arsitektur menggambarkan bangunan yang terinspirasi oleh arsitektur klasik Yunani dan Roma kuno. Namun pengaruh periode Romantik masih terasa. maka pada periode ini arsitektur dikembalikan pada kodratnya seperti pada masa sebelum periode Romantik. atau "baru" klasik. Gaudí merupakan seorang arsitek yang ahli di bidang craftsman seperti seni menempa besi. PERIODE NEO-KLASIK Sebagai dampak dari kejenuhan akan ornamen. segiempat. hampir di seluruh karyanya. Gaya yang berkembang pada periode ini antara lain: Art Deco  Cenderung untuk mengutamakan bentuk geometris dasar (lingkaran. Art Noveau  Bentuk yang terjadi merupakan bentuk natural.

Dia berkata bahwa bentuk . yang dapat menggambarkan beberapa gaya yang sangat berbeda. permainan batu (bentuk-bentuk batu yang alami seolah-olah mengalir). Keseluruhan fasade gereja terbuat dari batu yang memerlukan ketrampilan pengrajin. Kata Neoclassical sering digunakan untuk menggambarkan gaya arsitektur. Bentuk alami ini dapat kita lihat pada karyanya Casa Milla.“ Dia menganggap bahwa alam mengandung gaya-gaya di dalamnya. ide menjadi model untuk arsitektur di Eropa selama berabad-abad. Karya-karyanya banyak terinspirasi oleh alam. Karya lain dari Gaudí juga terinspirasi bentuk-bentuk natural yang timbul dari permainan besi (sulur-sulur yang merambat). Amerika Serikat yang baru terbentuk menarik atas cita-cita klasik untuk membangun gedung-gedung pemerintah agung serta rumah-rumah pribadi yang lebih kecil. Casa Battlo (metafora dari ombak di pantai) menara pada Park Guell (metafora dari sarang lebah).Sejarah & Teori Arsitektur II • • • • Symmetrical shape Bentuk simetris Tall columns that rise the full height of the building Tinggi kolom yang meningkat tinggi penuh bangunan Triangular pediment Segitiga pedimen Domed roof Atap kubah Selama tahun 1500-an. rumah berpilar menjadi populer di Amerika Serikat selama 1800. gereja ini tampil dengan gaya suburban yang mencerminkan sifat sosial Gaudí yaitu bahwa orang-orang kecil seperti pengrajin juga dapat berpartisipasi untuk membuat gereja. which was merely an expression of this inner forces. Gaya bersejarah ini dipengaruhi oleh ide-ide Klasik: • • Greek Revival Yunani Revival Megah ini. Neoclassicism adalah tren. Sagrada Familia merupakan perwujudan dari keinginannya itu. Pada akhir 1700-an dan awal 1800-an. Di tengah-tengah gereja-gereja lain yang masih bergaya Gothik. atau pendekatan untuk merancang. Renaisans arsitek terkenal Andrea Palladio terbangun suatu kepentingan dalam arsitektur Yunani kuno dan Roma. tetapi Neoclassicism sebenarnya tidak ada gaya yang berbeda. Sebagai contohnya ia mempelajari bagaimana reaksi batu ketika diberi tekanan dengan memberikan tekanan hidrolis. Federalist Federalis Sebuah bangunan Federalis tidak selalu memiliki pilar megah. Ia berkata bahwa “…nature consisted of forces that work beneath the surface. tetapi simetri dan rincian dekoratif klasik terinspirasi. Gereja ini memakan waktu 43 tahun untuk penyelesaiannya.

Jakub Kubicki. pedes-tal. Di Paris. Antonio Corazzi. Efraim Szreger.. Wujud arsitekturnya ju-ga dapat ditandai dengan munculnya un-sur-unsur dekoratif seperti pedimen. dan bahkan di Roma. dan di Paris. Bentuk arsitektur yang dianggap ideal kemudian diwujudkan ke da-lam bentukan berkonstruksi kolom dan ba-lok dan tidak hanya bentukan dari konstruk-si dinding pemikul.Sejarah & Teori Arsitektur II yang natural itu lembut dan seakan-akan mengalir oleh bentukbentuk lekukannya. Pada mulanya Italia bertaut pada Rococo sampai rejim Napoleo membawa arkeologis klasikal yang baru. Gerakan pada akhir abad 18 dikenal dengan Neo klasik. . melalui suatu generasi siswa seni Perancis yang training di Akademi Perancis di Roma dan yang dipengaruhi oleh kehadiran Charles-Louis Clérisseau dan tulisan Johann Joachim Winckelmann. seniman dan arsitek yang dikenal terbaik di Poland tepatnya di Dominik Merlini. dengan jelas diwakili dalam arsitektur Palladian di Georgia inggris dan Ireland. Neoklasikal pertama berkembang dan dan diperolah di London. itu dengan cepat diadopsi oleh lingkaran progresif di Sweden. melalui contoh dari bangunan Paris-Trained yang dirancang oleh tuan William chambers dan james " Athenian" Stuart. diantaranya adalah Jan Chrystian Kamsetzer. entablatureterpotong dan sebagainya. Szymon Bogumi Zug. Ini merupakan suatu arsitektur selfrestraint yang sempurna. Pusat dari ahli kebudayaan sejarah yunani polish adalah Warsaw di bawah aturan dari Raja polish Stanislaw Agustus Poniatowski. Gaya ini merupakan gaya anti-rokoko yang dapat ditemukan pada beberapa gaya arsitektur eropa pada awal abad ke 18. Alessandro Galilei pada bagian muka dari gadeung Giovanni di Laterano. yang dipeluk sebagai pernyataan politik oleh kaum muda yang progresif. di Berlin. Kristen Piotr Aigner. Dalam sejumlah proyek dapat disaksikan bahwa bentukan yang kanonik masih dipakai untuk diletakkan pada posisi olahan komposisional. selain itu juga dapat ditemui dalam lapisan klasifikasi akhir gaya barok di Paris. Wawrzyniec Gucewicz dan Bertel Thorvaldsen. yang selektif hingga sekarang " yang terbaik" dalam mengikuti gaya bangsa Roma. banyak dari generasi arsitek neoklasikal yang pertama menerima pelatihan dalam Tradisi Perancis yang klasik melalui suatu rangkaian tentang ceramah kuliah praktis dan menyeluruh yang ditawarkan untuk dekade perkuliahan oleh JacquesFrançois Blondel.

Keyakinan bahwa arsitektur adalah ‘seni bangunan’ yang berbeda dengan kegiatan ‘engineering’ mulai mengalami pergeseran.diubah bangunannya ke dalam musium Arsitektur neoklasikal yang dijamin . setelah muncul suatu jarak antara arsitektur dan kemajuan konstruksi bangunan. Royal Scottish Academy. Arsitektur modern sendiri berprinsip pada tradisi fungsional. Edinburgh (1822-26). Neoclassikal adalah suatu kekuatan utama di dalam seni akademis sampai abad ke 19 dan di luar daripada itu gaya ini merupakan lawan yang tepat dari gaya Romantis dan Gotik renasisans walaupun pada akhir abad ke 19 gaya ini diklasifikasikan sebagai gaya anti modern atau bahkan gaya yang reaksioner. memberi suatu daya dorong baru ke gaya meoklasikal atau yang disebut Kebangkitan kembali ilmu Yunani.Sejarah & Teori Arsitektur II Karl Friedrich Schinkel's mendesain bangunan Elisabethkirche di Berlin (1832-1834) Gaya neo klasik mengalami tantangan berat sejalan dengan pesatnya kemajuan tekno-logi. lebih cenderung pada pemikiran struktur daripada unsur-unsur lainnya. Pada pertengahan abad ke 19. beberapa kota besar Eropa khususnya St Petersburg dan Munich. Perubahan-perubahan inilah yang kemudian mengarah pada munculnya arsitektur mo-dern. pada serambinya menggunakan tiang-tiang berbentuk dorik. banyak mensketsa dan mengukir. Dari sekitar tahun 1800 Yunani merupakan contoh arsitektur yang segar.

Sejarah & Teori Arsitektur II kebenarannya. politik. pluralitas. Sedangkan Modernisme sering dikaitkan dengan identitas. . Modernisme dan Postmodernisme. 4 PERIODE ARSITEKTUR MODERN Postmodernisme adalah kecenderungan dalam budaya kontemporer ditandai dengan penolakan terhadap kebenaran obyektif dan narasi budaya global . menggambarkan Postmodernisme sebagai logika dominan budaya "kapitalisme akhir. [1] Memang. "Postmodernisme" digunakan dalam teori kritis untuk merujuk ke titik keberangkatan untuk karya sastra. "kapitalisme multinasional". atau "kapitalisme konsumen [ 2 ] pekerjaan Jameson sketsa contoh-contoh dari postmodernisme ketika bergerak dalam estetika. Istilah "Postmodernisme" berasal dari penolakan dari mentalitas "" Modern ilmiah objektivitas dan kemajuan yang terkait dengan Pencerahan." "Kapitalisme Akhir" mengacu pada tahap pasca-perang kapitalisme. jurnalisme. Postmodernisme sering dikaitkan dengan perbedaan. sosiologi . dapat dipahami sebagai reaksi terhadap Modernisme dalam Humaniora. otoritas. Tuan John Soane’s arsitek dari Bank Inggris di London dan bangunan baru " capitol" di Washington. terutama sebagai gerakan akademis. film. arsitektur. drama. hubungan kekuasaan. dan desain. Tokoh Contoh tokoh Arsitektur neoklasikal adalah Karl Friedrich Schinkel’s dan bangunan dari Schinkel'S adalah Museum Tua di Berlin. alteritas. dipahami sebagai proyek budaya atau sebagai kumpulan perspektif. Petersburg dengan mnggunakan gaya internasional. linguistik . sebagaimana digambarkan oleh ekonom Ernest Mandel . filsafat. budaya. termasuk kritik sastra . sebuah teori Amerika terkemuka postmodern dengan orientasi Neo-Marxis. dan imperial versus kolonial. dan skeptis. hitam versus putih. dan agama di 20 awal dan akhir abad ke-21. dan motivasi. lurus versus gay. khususnya serangan itu penggunaan klasifikasi tajam seperti jantan dan betina. dan musik. Pikir modernis adalah keberangkatan disengaja dari pendekatan modernis yang sebelumnya dominan. Arsitek skotlandia Charles Cameron menciptakan interior mewah gaya Italianate untuk warga kelahiran jerman Catherine II yang agung di Rusia yaitu bangunan St. istilah secara kasar setara dengan "globalisasi". arsitektur. Postmodernisme. persatuan. Gerakan-gerakan ini. serta dalam pemasaran dan bisnis dan dalam interpretasi hukum. dan ekonomi. seni visual. dan kepastian. Hal ini menekankan peran bahasa. Fredric Jameson . DC. Postmodernisme telah mempengaruhi banyak bidang budaya.

serta gaya hidup. dilanjutkan dengan pengaruh Art Deco yang lebih mengekspresikan kekaguman manusia terhadap kemajuan teknologi. yang memudahkan manusia malah menyulitkan manusia itu sendiri. karena dinamit yang mestinya membantu manusia malah mencelakakan manusia. Tapi itu semua tidak membuat manusia senang karena penggunaanya yang disalahgunakan. gaya organik 10.gaya visionari . Hal itu dapat dilihat dari adanya penemuan – penemuan seperti dinamit yang memudahkan manusia untuk menggali lubang atau penggunaan mesin yang dapat mempercepat produksi dan menghemat tenaga manusia. arsitektur konstruksi 5. Arsitektur Modern sebelum Perang Dunia I dimulai dengan adanya pengaruh Art Nouveau yang banyak menampilkan keindahan plastisitas alam. Berarti apa yang dibuat didalam jaman modern itu belum tentu bagus/masih ada kekurangannya. Bagian-bagiandalam arsitektur modern adalah : 1. Dikatakan masih ada kekurangannya karena yang diciptakan manusia itu pada dasarnya tidak ada yang sempurna selain itu penggunaan yang disalah gunakan bisa membuat karya manusia itu berbalik menjatuhkan manusia itu sendiri. arsitektur futurist 7. arsitektur modern 2 arsitektur art Nouveau 3 arsitektur brutalist 4. Konsep tersebut kemudian dimanifestasikan ke dalam media arsitektur dan seni. arsitektur fungsional 8.Sejarah & Teori Arsitektur II Arsitektur modern itu timbul karena adanya kemajuan dalam bidang teknologi yang membuat manusia cenderung untuk sesuatu yang ekonomis.gaya post modern 11. mudah dan bagus. gaya internasional 9. arsitekturEkspresionist 6.

Apapun yang menjadi penyebab pada tahun 1900 sejumlah arsitek di seluruh muka bumi mulai mengembangkan gaya arsitektur mereka . Arsitektur modern adalah suatu istilah yang diberikan kepada sejumlah bangunan dengan gaya karakteristik serupa. Beberapa sejarawan melihat perkemabang arsitektur modern sebagai perihal sosial yang kelat kaitannya terhadap pembaharuan dan keringanan. baja. yang memungkinkan mereka untuk mengakomodasi banyak mesin yang lebih besar. contoh arsitektur modern. Sejarawan lain menghormati pandangan moderen sebagai suatu reaksi melawan terhadap gaya ekletik dan mencurahkan perhatian mereka kepada gaya Jaman Victorian dan gaya Seni Nouveau.Sejarah & Teori Arsitektur II 1. suatu hasil dari perkembangan sosial dan politis. Pada tahun 1940 gaya ini telah diperkuat dan dikenali dengan Gaya Internasional dan menjadi bangunan yang dominan untuk beberapa dekade dalam abad ke 20 ini. Pada tahun 1796. yang mana gaya ini bersandar pada besi cor dan batu bata.1 Villa Savoye kepunyaan Le Corbusie.1A. Arsitektur lainnya yang melihat gaya modern sebagai sesuatu yang di kendalikan oleh teknologi dan pengembangan produk dan dengan munculnya bahan-bahan yang dipakai dalam membangun gaya bangunan modern seperti material besi. Shrewsbury dengan gaya desainnya ohwis yang ' tahan api'. Asal dan karakteritis arsitektur modern sampai sekarang ini masih di perdebatkan dalam kalangan arsitek. yang mengutamakan kesederhanaan bentuk dan menghapus segala macam ornamen. Konstruksi seperti itu sangat memperkuat struktur bangunan. Pertama muncul pada sekitar tahun 1900. kaca dan beton menambahkan pengetahuan bahwa gaya modern adalah sebuah penemuan baru dalam bidanga Revolusi Industri.1 Arsitektur Modern Gambar 1.

Contoh bangunan gaya modern Gambar 1. Tiga arsitektur modern terbesar adalah Le Corbusier di Perancis. Pameran Internasional Arsitektur Modern. Mies van der Rohe dan Gropius keduanya adalah arsitektur yang menangani gaya Bauhaus.2 Istana Kaca (1935) di belanda arsitektur Frits Peutz. Viktor Horta di Brussels. Arsitek Frank Llyod Wright sangat berpengaruh dalam perkembangan arsitektur modern di Eropa. Mies van der Rohe dan Walter Gropius di Negara Jerman.3 .1. dan masih banyak lagi arsitektur modern lainnya berusaha membangun gaya modern pada bangunan dengan meninggalkan gaya lama. dibuat dengan konsentrasi kaca dan baja Sejak tahun 1920 yang paling terpenting dalam gaya bangunan adalah gaya arsitektur modern yang telah menetapkan reputasi mereka. yang dilakasanakan oleh Philip Johnson dan kolaborator Henry-Russell Hitchcock. Otto Wagner di Vienna dan Charles Rennie Mackintosh di Glasgow.Sejarah & Teori Arsitektur II beralih dari arsitektur yang klasik ( Gotik sebagai contoh) dengan berbagai kemungkinan teknologi baru. Antoni Gaudi di Barselona. Gambar 1. Pada tahun 1932 didakan pameran MOMA. Arsitek Louis Sullivan dan Frank Llyod Wright di Chicago. Wright adalah salah satu dari sekian banyaknya arsitektur yang sangat berpengaruh dalam dunia perarsitekturan.1.

* Menyederhanakan bangunan sehingga format detail menjadi tidak perlu. Ludwig Mies van der Rohe. Louis Sullivan. Frank Lloyd Wright. 1933 Tatlin's Tower. I. o Sedikit adalah lebih dan lebih adalah terlalu banyak (Less is more only when more is too much ) yang dikatakan oleh Frank Llyod Wright.2. * Suatu yang menyangkut tentang mesin * Menolak adanya bordiran atau ukiran dalam bangunan. 1919Constructivist arsitektur adalah suatu bentuk arsitektur modern yang melambangkan Perserikatan Soviet berlangsung . Beberapa pendapat tentang arsitektur Modern : o Bentuk mengikuti fungsi ( Form follows function ) yang dicetuskan oleh pemahat Horatio Greenough atau yang lebih dikenal sebagai Louis Sullivan o Sedikit adalah lebih (Less is more) di umumkan oleh Arsitek Mies van der Rohe. Louis Kahn. Pei.Walter Gropius 1. Peter and Alison Smithson. M. Alvar Aalto. Oscar Niemeyer. Ralph Tubbs. pelopor arsitektur Postmodern sebagai jawaban atas Gaya Internasional yang tidak menarik yang dipopulerkan oleh Mies van der Rohe Pelopor Arsitektur Modern adalah : Adolf Loos. o Sedikit itu membosankan (Less is a bore) yang dicetuskan oleh Robert Venturi. Otto Wagner.Sejarah & Teori Arsitektur II Gedung Skyceeper yang melambangkan arsitektur modern Karakteristik Arsitektur modern pada umumnya adalah : * Suatu penolakan terhadap gaya lama * Suatu yang mengadopsi prinsip bahwa bahan dan fungsi sangatlah menentukan hasil dalam suatu bangunan. Philip Johnson.2 Arsitektur Constructivist Gambar 1.1 Fantasi Arsitektur oleh Yakov Chernikhov. Le Corbusier.

1.2. Di kombinasikan dengan teknologi dan pengetahuan rancang bangun Gambar 1.Sejarah & Teori Arsitektur II dalam periode 1920 dan awal 1930. Nama " Art Nouveau" diperoleh dari nama dari suatu toko di Paris. Proyek arsitektur konstruksi yang paling pertama dan paling terkenal pada tahun 1919. Maison d'Art .3. Louis World's Fair tahun 1904. Art Nouveau berada pada puncak tahun 1892 sampai 1902.dan sering di sebut sebagai Menara Tatlin'S.3 Arsitektur Art Nouveau Gambar 1.3 Tatlin's Tower dibangun pada tahun 1919 oleh Vladmir Tatlin.1 Pintu masuk mesium St. merupakan sebuah gebrakan dalam desain arsitektur. meskipun demikian bangunan ini tidak dibangun dengan menggunakan kaca dan baja melainkan besi.

mengalir. Seni Nouveau mempunyai suatu wajah visuil membedakan. dan pada waktu itu arsitektur Samuel Bing lewat dan terinspirasi untuk menamakan desainnya art nouveau. Suatu titik tinggi dalam evolusi Seni Nouveau adalah Penampilan universal pada tahun 1900 di paris.3. Gustav Klimt. Gambar 1. kurva dan berombak-ombak " cambukan" merupakan irama bentuk dari Seni Nouveau. dan Jan Toorop adalah pelopor dari gaya ini. Istilah . Seni Nouveau adalah gaya yang menggunakan material baru seperti kaca permukaannya abstrak dan disain yang murni 1. Awal gaya sebagian besar diilhami oleh Arsitek Swiss. di mana " gaya modern" memenangkan penghargaan pada setiap sesinya. Sebagai suatu pergerakan seni dalam arsitektur art nouveaiu mempunyai gaya dan hubungan dekat dengan Pre-Raphaelites dan Simbolisme arsitektur Aubrey Beardsley.Sejarah & Teori Arsitektur II Nouveau. Dinamis. Seni Nouveau kebanyakan dibangun dengan menggunakan bahan material kaca dan jarang memakai bahan material besi ataupun baja. Ironisnya. Pintu masuk Metro Paris yang dirancang oleh Hector Guimard pada tahun 1899 dan 1900 adalah contoh Seni Nouveau yang terkenal.4 Arsitektur Brutalisme Brutalisme adalah gaya arsitektur yang melahirkan pembaharu gerakan arsitek dan berkembang pada tahun 1950 sampai tahun 1970. Corak yang lain adalah pemakaian parabol dan hiperbola.2 Istana Bellas Artes di Mexico City. Le Corbusier ( khususnya Unit d'Habitation) dan Ludwig Mies van der Rohe. art nouveau memperlihatkan ciri khasnya hampir di seluruh bagian eropa. Edward BurneJones. Alfons Mucha. dan tidak sama dengan Pre-Raphaelites.

atau " beton mentah". Rumah pribadi Alison dan Peter Smithson'S dibangun dari batu bata. Haruslah dicatat. meskipun demikian.1 Unitéd Corbusier 'Habitation. 1952) Marseille Brutalism sebagai gaya arsitektur juga dihubungkan dengan suatu ideologi yang berupa kayalan sosial yang cenderung untuk didukung oleh para perancangnya. kaca. dan bentuk berulang. terutama Alison dan Peter Smithson.Sejarah & Teori Arsitektur II brutalisme ini dimulai dari bahasa Prancis Béton brut. baja.4. Dan gaya ini terjadi setelah perang dunia ke II di jerman . batu kasar. ketika keadaan ekonomis tertekan ( dan kerusakan WWII) masyarakat mencari konstruksi murah. Kegagalan dalam merencanakan suatu desain merupakan hal hal positif bagi para arsitektur Brutalist. bangunan dapat mencapai Mutu brutalist melalui suatu bahan yang keras dengan penampilan bagunan dan material strukturnya terbuat dari beton. geometris. Gambar (Le 1. Sebagai gantinya. Bangunan brutalist pada umumnya dibentuk dengan membentur blockish. dan Richard & Renzo Piano Center Pompidou sering dihormati sebagai arsitektur brutalist dengan Bahan dan struktur bangunannya meliputi batu bata. banyak arsitek memilih gaya brutalist meskipun mereka mempunyai anggaran yang besar dalam membangun. Brutalism memperoleh daya gerak besar di Inggris sepanjang abad pertengahan 20. dan sering juga mengulang bentuk tapi tanpa adanya ornamen. Tidak semua bangunan brutalist dibentuk dari beton.

5 Arsitektur Ekspresionis . gaya brutalist pada Menara Trelick membuktikan bahwa gaya brutalist sangat populer di antara para arsitek dan masyarakat. gaya bangunan brutalistme sudah mulai hilang dari ingatan masyarakat. Pada waktunya.4. London (Goldfinger 1972) Desain brutalist pada awalnya mendapatkan kritik sebagai gaya yang merusak pemandangan dalam majalah home office edisi 50 gaya Quenn Anne dikatakan “seperti barang rongsokan”. banyak struktur brutalisme menjadi lebih dihargai oleh masyarakat karena keunikan mereka dan penampilan yang menyolok. Sebab gaya ini snagat identik dengan beton. 1. Bagaimanapun.2 Trellick Tower.Sejarah & Teori Arsitektur II Gambar 1. Di tahun terakhir. Dan masyarakat mulai menuju ke gaya pembaharu yang baru lahir menggantikan gaya brutalisme sehingga banyak bangunan gaya brutalistme dirobohkan dan dibangun menjadi gaya yang baru lagi.

baja dan terutama kaca.Sejarah & Teori Arsitektur II Gambar 1. pada waktu terjadi perebutan kekuasan antara jerman dan Nazi.5. Lalu pada tahun 1933 setelah Nazi merampas kekuasaan di jerman gaya ekspresionis diangap tidak syah dan merosot. kecepatan. terkadang terlihat sangat tidak lazim dengan menggunakan bahan dari batu bata. emosi dan urgensi yang artistik dan gaya ini dimulai pada Italia dan berlangsung pada tahun 1909 sampai 1944.1 Gambar Perspektif dari La Citta Nuova oleh Sant'Elia. Gaya ini di karakterisi oleh oleh awal modernisme di adopsi dari novel-novel dan roman-roman.1 Salah satu desain dari arsitektur expresionis Arsitektur Ekpresionis mengacu pada gaya arsitektur yang berkembang di dalam eropa pada permulaan abad ke 20 dan dengan luas mengacu pada desain arsitektur dan bentuk. Walaupun begitu terdapat juga beberapa arsitektur yang masih mempertahankan gaya ekspresionisnya seperti arsitektur Hans Scharoun 1. . Arsitektur Ekspresionis pertama terjadi di Jerman sebagai bagian dari pergerakan ekpresionisme dan juga di Belanda khususnya sekolah Amsterdam antara .1910 dan 1925. Arsitektur Futuristik atau futurisme dimulai pada awal abad ke 20 dengan bentuk bangunan yang ditandai oleh anti -historicism dan garis panjang mendatar. Peristiwa penting di expressionis arsitektur adalah adanya Pameran Werkbund pada tahun 1914 di Cologne. 1914. Pendekatan ini dikembangkan secara pararel oleh pergerakan ekspresoinis tapi dengan kondisi ekonimi yang terbatas maka hanya ada beberpaa saja bangunan gaya ekspresionis yang secara resmi tertulis seperti bangunan Alpine Arsitektur yang dibangun oleh Taut’s dan Hermann Finsterlin'S yang membangun Formspiels.6. Gaya bangunan ini hanya berlangsung sebentar tetapi sangat pentiing untuk di kenang dalam periode ini.6 Arsitektur Futuristik Gambar 1.

Futurism adalah bukanlah suatu gaya tetapi suatu pendekatan terbuka ke arsitektur. dan dia bekerja pada tokoh arsitektur terkemuka seperti arsitek Antonio Sant'Elia dan seniman Umberto Boccioni. di dalam usahanya untuk membuat zaman arsitektur yang modern. bentuk dinamis. Enrico Prampolini. 1914 . Gambar 1. pendukung bangunan futuristik menyarankan kecepatan. Futurism telah menjadi suatu kata [yang] lebih umum untuk mengangkat kecenderungan yang luas dalam disain modern yang sangat ingin menciptakan arsitektur dengan gaya masa depan ataupun sedikitnya gaya yang akan datang 10 tahun ke masa depan.Sejarah & Teori Arsitektur II Gaya ini dihidupkan oleh penyair itu Filippo Tommaso Marinetti. Futurism modern sebagian besar mulai dengan gaya desain pada mobil ataupun kereta pada tahun 1950 di California. Setelah permulaannya.7. dan telah ditafsirkan kembali oleh generasi arsitek yang berbeda dari beberapa dekade. Fortunato Depero. tetapi pada umumnya ditandai dengan membentuk ketajaman. teori pengaruh energi dan ekpresi yang kuat. Giacomo Balla. kontras kuat dan penggunaan material yang berguna.2 Gambar Perspektif oleh Sant'Elia.

Pada tahun 1923 Mies van d Rohe sedang bekerja di Weimar Jerman. dan telah memulai karier nya dalam memproduksi secara radikal bangunan sederhana. ruang dan karakteristik dalam bangunan harus terlebih dahulu di tujukan semata-mata kepda fungsi dari bangunan tersebut.1 Bentuk bangunan Geomedis karya Fullers Fungsionalisme di dalam arsitektur adalah prinsip arsitek yang mendisain suatu bangunan didasarkan pada tujuan dan fungsi bangunan tersebut. Akar dari arsitektur modern adalah arsitek Franco-Swiss dan arsitek Le Corbusier juga arsitek Jerman Mies van der Rohe. keindahan arsitektur akan secara alami mengikuti. Implikasi bahwa jika aspek yang fungsional dicukupi.Sejarah & Teori Arsitektur II 1. KeduaDuanya adalah functionalists sedikitnya kepada tingkat bangunan mereka yang mengutamakan penyederhanaan dari gaya sebelumnya yaitu kaya klasik.7. Pada awal abad ke 20. Corbusier dengan sangat baik berkata " suatu rumah adalah suatu mesin untuk ditinggali". Chicago dengan arsitek Louis Sullivan mempopulerkan ungkapan ' bangunan yang mengikuti fungsi' untuk menangkap suatu ukuran. .7 Arsitektur Fungsional Gambar 1. struktur yang terperinci yang tidak bisa dipisahkan dari keindahan arsitektural. dalam bukunya Ver uni arsitektur pada tahun 1923.

Gagasan untuk functionalism adalah tidak adanya barang-barang perhiasan atau ukiran seperti dalam arsitektur klasik. Lindegren & T. Jäntti. Ini bisa kita lihat dalam bangunan berbentuk silinder karya Fullers.Sejarah & Teori Arsitektur II Gambar 1.1 a PerumahanWeissenhof Stuttgart. dibangun pada tahun 1934-1938) Pada pertengahan tahun 1930 functionalism mulai dibahas sebagai suatu pendekatan estetik bukannya sesuatu disain yang integritas.8 International style Gambar 1. 1. Jerman (1927) .7.8.2 Menara Helsinki Olympic Stadion (Y.

Arsitek yang mendukung adalah : * Alvar Aalto * Welton Becket * Le Corbusier * Walter Gropius * Philip Johnson * Louis Kahn * Ludwig Mies van der Rohe * Richard Neutra * Oscar Niemeyer . Sebagai hasilnya. Arsitek Victor Horta dan Van henry de Velde di Brussels.1 b Perumahan Weissenhof Stuttgart.8. fokus jadilah lebih pada [atas] gaya penulisan aspek pandangan moderen. Dasar disain dari gaya internasional ini didasari pada prinsip arsitektur modern. Istilah ini diambil dari suatu buku Henry Russell Hitchcock dan Philip Johnson yang mana mereka berdua dikenal sebagai penggolong arsitektur modern. Antoni Gaudi di Barselona. di antara sekian banyaknya arsitek yang melakukan perjuangan untuk mengembangkan gaya lama ke gaya baru. EROPA Pada sekitar tahun 1900 sejumlah arsitek di seluruh bumi mulai mengembangkan solusi arsitektur untuk mengintegrasikan sesuatu yang dapat dijadikan teladan tradisional dengan menuntut kehidupan sosial yang baru dan berbagai kemungkinan teknologi. Jerman (1930) Gaya internasional adalah suatu gaya arsitek yang sedang trend pada tahun 1920 dan 1930.Sejarah & Teori Arsitektur II Gambar 1. Otto Wagner di Vienna dan Charles Rennie Mackintosh di Glasgow. istilah yang pada umumnya mengacu pada arsitek dan bangunan dari dekade pandangan perkembangan gaya modern. sebelum Perang dunia II.

. tetapi ia menolak untuk di golongkan sebagai arsitektur eropa Istilah Gaya Internasional datang pada tahun 1932 di sebuah pameran di mesium tentang Seni Modern. kejelasan dan kejujuran bisa diidentifikasi pada arsitek amerika periode yang sama.9. Di tulis oleh Johnson dan Henry Russell Hitchcock. mempromosikan dan kerumitan yang ditemuinya pada arsitektur klasik menjadi suatu yang lebih sederhana dan memposisikan gaya itu sebagai gaya internasinal atau regional sehingga dikenanl dengan sebagian orang banyak menjadi gaya internasional style. di ketuai oleh Philip Johnson. California (1926) Yang paling bekerja keras dalam mempelopori arsitektur modern yang mengarah ke penyederhanaan.1 Rudolf Schinler's Lovell rumah pantai. Bangunan yang dipamerkan adalah bangunan pada tahun 1922 sampai 1932. yaitu arsitek Louis Sullivan di Chicago.Sejarah & Teori Arsitektur II * Frits Peutz * Gerrit Rietveld * Rudolf Schindler Amerika Gambar 1. menyusun. dan west-coast tempat kediamannya Irving Gill. dan dari judul katalog pameran tersebut. Johnson menamakan . Frank Lloyd Wright'S pada tahun 1900 dan 1910 secara paralel mempengaruhi pekerjaan dari Arsitektur Eropa.

Jendela yang berjalan di atas garis horisontal dan membentuk suatu garis beraturan. 2. Gaya Internasional yang khas pada umumnya terdiri dari berikut: 1. Gaya Internasional lebih mendewasakan ke dalam pandangan moderen. Semua bagian muka gedung penjuru bersudut 90 derajat dan bertingkat .Sejarah & Teori Arsitektur II Setelah Perang dunia II. HOK dan SOM menyempurnakan gaya itu menjadi pendekatan yang dominan untuk dekade gaya modern. Berbentuk kubus sederhana " segiempat panjang yang menekan" 3. 4. Bentuknya segi-empat atau penyiku.

9. • Diilhami dari alam • Membantang pada suatu oganisme • Mengikuti arus dan menyesuaikan diri . tetapi memilih untuk menempatkan rumah secara langsung di atas air terjun dan lokasi yang curam itu. Ahli teori David Pearson mengusulkan daftar aturan ke arah perancangan suatu arsitektur organik. dan lingkungan menjadi bagian dari suatu komposisi dan dipersatukan juga saling berhubungan. Dikenal sebagai Gaia Piagam untuk arsitektur dan desain organik. Rudolf Steiner. Antoni Gaudi.Sejarah & Teori Arsitektur II 1. Bruno Zevi dan Anton Alberts adalah semua arsitektur terkenal dalam arsitektur organik. Frank Lloyd Wright. tempat kediaman Frank Lloyd Wright dirancang di kleuaraga kaufmann di Pedesaan Pennsylvania. Isinya adalah : • biarkan desainnya. perabot. Arsitek Gustav Stickley.1 Air Terjun oleh Frank Llyod Wright Arsitektur organik adalah suatu filosofi arsitektur yang mempromosikan keselarasan antara tempat tinggal manusia dan dunia alam melalui disain mendekat dengan baik pada lokasi bangunan. Bruce Goff. Wright mempunyai banyak aneka pilihan untuk menempatkan suatu rumah pada lokasi tanah pedesaan yang besar. Suatu contoh yang terkenal tentang arsitektur organik adalah Fallingwater. Louis Sullivan.9 Arsitektur Organik Gambar 1.

di mana gaya klasik yang penuh ornamen sudah kembali ke dalam gedung menggantikan gaya modern yang polos dan tanpa ornamen. Postmodern di dalam arsitektur biasanya bergaya jenaka dan menempatkan ukiran pada bangunannya sebagai jawaban atas gaya internasional yang resmi. fisik dan rohani • Tumbuh keluar dan unik • Menandai jiwa muda dan kesenangan • Mengikuti irama 1. 1. Contoh yang klasik tentang arsitektur modern adalah Lever House dan bangunan Seagram dalam ruangan komersil. Postmodern arsitektur telah diuraikan dalam arsitektur " neoeclectic".Sejarah & Teori Arsitektur II • Mencukupi kebutuhan sosial. Ekletik ini sering dikombinasikan dengan penggunaan permukaan gaya yang tidak biasa dan seperti kita lihat dalam Galeri Status Stuttgart ( Staatsgalerie Stuttgart) dan piazza (serambi) di Italia yang di desain oleh Charles Willard Moore. Gambar 1. dan arsitektur Frank Llyod Wright dalam gaya Bauhaus.10 Arsitektur Post modern Postmodernity atau postmodern arsitektur adalah suatu periode yang muncul pada tahu 1950. Suatu contoh inspirasi utama untuk postmodern arsitektur dan bangunan gaya ini berada sepanjang Las Vegas di pelajari oleh Robert Venturi pada bukunya tentang Las Vegas.dan bangunan Sony ( New York ) yang meminjam acuan dan unsur-unsur dari masa lalu dan mengajukan lagi simbolisme dan warna klasik ke dalam arsitektur.11 Arsitektur Visionary . Texas.10.1 San Antonio Public Library. Contoh postmodern arsitektur adalah Bagunan Portland di Portland OP.

Archizoom dan Superstudio. Bangunan yang dibangun antar bperiode mempunyai ciri khas yang membedakan antar periode satu dengan periode yang lain meskipun tetap mempunyai keterkaitan 3. Kemudian menyangkut abad 20. mulai dari dulu sampai masa sekarang yang memiliki satu kaitan. kita haruslah dapat memahami perkembangan tentang arsitektur setiap waktunya terutama kaitankaitan pada masa sekarang. Claude Nicolas Ledoux dan Jean-Jacques Lequeu adalah salah satu contoh paling awal arsitektur Visionary.1 Kesimpulan Dari uraian di atas dapat. maka dapat ditarik kesimpulan yaitu : 1. . ada pergerakan disain secara ilmu bangunan seperti Archigram. Antonio Sant'Elia dan Buckminster juga dimasukkan. 2. É tienne-Louis Boullée. Bahwa arsitektur adalah suatu ilmu yang selalu berkembang setiap waktu. Lalu Arsitektur Giovanni Battista Piranesi.Sejarah & Teori Arsitektur II Arsitektur Visionary adalah nama yang diberikan kepada arsitektur yang secara tertulis atau mempunyai kulitas Visionari. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN 3.2 Saran Sebagai calon arsitek.

byzantinecatholic. http://www.fotosearch.Kanisius: Yogyakarta. Endang.com/photos-images/byzantine-architecture http://www.com/photos . Sejarah Arsitektu 1.Sejarah & Teori Arsitektur II DAFTAR PUSTAKA Boediono. 1997.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful