KATA PENGANTAR

Berikut ini, penulis persembahkan sebuah makalah (karya tulis) yang berjudul ³PERILAKU TERCELA´. Penulis mengharapkan makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca, terutama bagi penulis sendiri. Kepada pembaca jika terdapat kekurangan atau kekeliruan dalam makalah ini, penulis mohon maaf, karena penulis sendiri dalam tahap belajar.Dengan demikian, tak lupa penulis ucapkan terimakasih, kepada para pembaca. Semoga Allah memberkahi makalah ini sehingga benar-benar bisa bermanfaat.

Subang, 17 Januari 2011

Kelompok 3 Kelas X5

Halaman 1

.................................................... .............................................................................. B................ Diskriminasi ....................................................................................................................... Aniaya ....................... ............................................... 15 Halaman 2 ........................... C...................................................................... ..................... 3 Tujuan ................................................................................................................................. ................. 4 7 9 12 BAB 3 Penutup - Penutup ................................................................................................................. 14 Kesimpulan ..................................................................................................................................................................................................................DAFTAR ISI Kata Pengantar ......... 3 Rumusan Masalah ................ 2 BAB 1 Pendahuluan - Latar Belakang ............................ Hasud .................................... 3 BAB 2 Isi A.................................... ........ D............................... 14 Daftar Pustaka ............................................................. 1 Daftar Isi ........... Riya¶ .................

juga agar kita menjauhinya dan tidak melakukannya . Agar kita menghindarinya. dan Diskriminasi ? Apa akibatnya jika kita melakukan perilaku tercela tersebut ? Bagaimana cara mencegah diri kita agar tidak melakukan perilaku tercela tersebut ? Larangan apa saja yang sudah tercantum dalam Al-Qur¶an dan Hadits ? C. telah menuliskan dalam firmannya yang tercantum dalam Al-Qur¶an dan Hadits Rasulullah saw. B. TUJUAN Kita mempelajari pendidikan agama islam untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan kita kepada ALLAH SWT. Halaman 3 . y y y y RUMUSAN MASALAH Bagaimana Ciri ± ciri orang yang berperilaku Hasud. LATAR BELAKANG Sebagai agama yang diridhai ALLAH SWT. Perilaku tercela jika dilakukan akan mengakibatkan keburukan kepada dirinya sendiri dan juga kepada orang disekelilingnya . jika kita melakukan perbuatan tercela tersebut. ALLAH SWT. Maka dari itu kita harus mempelajari ilmu Akhlak agar kita mengetahui keburukankeburukan yang tidak ALLAH SWT sukai.. islam mempunyai banyak aturan-aturan untuk mengatur akhlak dan kepribadian umat muslim di seluruh dunia. karena kita tahu akibatnnya yang buruk dan dilarang oleh ALLAH SWT. Riya. juga akan mendapatkan dosa dan hukuman dari ALLAH SWT. Aniaya . Mengenai larangan±larangan kepada umat muslim agar tidak melakukan perbuatan tercela.BAB I PENDAHULUAN A. Dalam sub-bab ini yaitu Perilaku Tercela dipelajari agar kita mengetahui mengenai perilaku-perilaku yang dilarang oleh ALLAH SWT.

Jika sifat hasud ini terus menerus menjadi kebiasaan. perangkai. HASUD Dalam bahasa Arab. yaitu sifat yang mengharapkan agar nikmat orang lain lenyap atau terhapus. serta rasa permusuhan di dalam diri.BAB II ISI Dalam kamus besar bahasa Indonesia. tetapi kata akhlak tidak terdapat dalam Al-Qur¶an. sedangkan ilmu akhlak adalah ilmu yang berbicara tentang baik buruk dari suatu perbuatan. Akibat dari rasa iri hati. Kebanyakan kata akhlak dijumpai dalam hadist. Ketika berbicara tentang nilai buruk maka munculah persoalan tentang konsep baik buruk. bahkan agama. Enggan melakukan kebaikan kepada sesama Dengki merupakan sifat tercela. 4:32) Hasud atau dengki berbeda pengertiannya dengan iri hati. Rasa dengki dapat disebabkan oleh hal-hal berikut ini: a. hasud berarti dengki. Meskipun kata akhlak berasal dari bahasa Arab. artinya ada akhlak yang terpuji (akhlaq almahmudah) dan akhlak yang tercela (akhlaq mazmumah). tamak . A. Artinya : ³Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada kebagian kamu lebih banyak dari sebagian yang lain. akhlak adalah keadaan yang bersifat batin dimana dari sana lahir perbuatan dengan mudah tanpa dipikir dan tanpa dihitung resikonya. Ingin menjadi pemimpin yang mneduduki jabatan tinggi d. Tidak senang kalau dirinya dikalahkan c. tentu akan membawa akibat hencurnya kebaikan dalam diri seseorang akibat bertambahnya sifat rakus. Hasud atau dengki ialah rasa atau sikap tidak senang terhadap kerahmatan (kenikmatan) yang diperoleh orang lain dan berusaha untuk menghilangkannya atau mencelakakan orang lain tersebut. Akhlak adalah netral. Adanya rasa permusuhan dan kebencian dengan orang lain b. Halaman 4 . kebiasaan. Menurut imam gazali. akhlak diartikan sebagai budi pekerti atau kelakuan dalam bahasa Arab kata akhlak (akhlaq) diartikan sebagai tabiat.´ (Q. An-Nisa. dendam.S. Iri hati artinya merasa ingi menguasai sesuatu yang dimiliki orang lain karena dirinya belum memiliki dan tidak mau ketinggalan .

S. h. Menghancurkan persatuan dan kesatuan. l. karena biasanya orang yang hasud akan mengadu domba dan suka menfitnah Menghancurkan kebaikan yang ada padanya. b. bukan dengki mencukur rambut. m.´ (HR Bukhari dan Muslim) Hasad adalah penyebab meninggalkan berdoa meminta karunia Allah Hasad penyebab sikap meremehkan nikmat yang ada. Semua adalah dosa besar yang bias melahap Kesengsaraan yang ada di dalam hati orang-orang yahudi Seberapapun besar kadar hasad seseorang. o. Hasad bertolak belakang dengan iman yang sempurna. Menyebabkan hati tidak tenang karena selalu akan memikirkan bagaimana keadaan itu dapat hilang dari seseorang. Jika telah disadari bahwa itu adalah suatu yang mustahil mengapa masih ada hasad di dalam hati. p. Nabi bersabda. Merasa tidak suka dengan nikmat yang telah Allah berikan kepada orang lain. g. Seseorang yang beriman kepada qada dan qadar tentu tidak akan bersikap dengki kepada orang lain yang mempunyai kelebihan karena ia menyadari bahwa hal itu merupakan kehendak dan kekuasaan Allah SWT.´ (Q. n. itulah yang membinasakan agama. Allah SWT berfirman: Artinya:´Adakah (patut) mereka iri hati (dengki) kepada manusia (Muhammad) atas karunia yang telah diberikan Allah kepada mereka. An-Nisa . Halaman 5 . 4:54) Bahaya yang di akibatkan dari sikap hasud : a. ´ (HR Ahmad dan Turmuzi). d. i. Hatinya selalu resah Merusak hubungan persaudaraan Menimbulkan kebencian Memutuskan silaturahmi Berdosa di sisi Allah SWT Tidak menyukai apa yang Allah takdirkan. f. k. Dapat merusak iman orang yang hasud j.Hadis Rasulullah SAW. ³kalian tidak akan beriman hingga menginginkan untuk saudaranya hal -hal yang dia inginkan untuk dirinya sendiri. ³Telah masuk ke dalam tubuhmu penyakit-penyakit umat dahulu (yaitu) benci dan dengki. e. tidak mungkin baginya untuk menghilangkan nikmat yang telah Allah karuniakan. c.

Menyadari bahwa pemberian dari Allah kepada manusia tidaklah sama.q. Karena itu ada yang mengatakan mata hati lebih tajam dari penglihatan. Ada satu kisah anak Nabi Adam as yaitu Qabil dan Habil. s. Sering membaca mempelajari Al-Qur¶an 5. Bergaul dengan orang shaleh 6. Mengakui bahwa hasad itu merusak amal kebaikan 4. Rasulullah bersabda. Qabil inilah yang dalam sejarah.´ (HR Abu Daud) Setiap muslim menjauhi perbuatan hasad . Dapat menimbulkan kerugian atau bencana.. Dapat memutuskan hubungan persaudaraan dan menghapus segala kebaikan yang pernah dilaksanakan. ketika ia hendak dinikahkan dengan saudara kembar Habil yang tidak cantik. Kemana orang mau pergi. Penyakit hati ini lebih berbahaya dari penyakit lainnya. Dapat merusak mental (hati) pendengki itu sendiri. kemudian dianggap sebagai orang yang menyebabkan pembunuhan. Untuk itu ita sebgai orang yang beriman harus bias menghindarinya agar tidak terjangkiti. sesuai dengan kehendaknya 8. Meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT 7. Qabil adalah manusia pertama di dunia yang terkena penyakit hati. sama halnya seperti api memakan kayu. sifat dengki tidak bermanfaat bagi orang yang dengki karena dengki merusak amal kebaikan. sementara saudara kembarnya yang cantik hendak dikawinkan dengan Habil. Rasulullah saw. Baik buruk perilaku manusia akan ditentukan oleh keinginan hatinya. Penyakit hati sangat berbahaya . sehingga kehidupan merasa gelisah dan tidak memperoleh ketentraman. Menyadari bahwa hasud dapat menghapuskan kebaikan Sifat tercela dikenal sebagai penyakit hati. Bersabda: Jauhilah dirimu dari sifat dengki karena sesungguhnya sifat dengki itu memakan kebaikan seperti api memakan kayu bakar. ada beberapa cara menghindari sifat hasad: 1. Megakui bahwa hasad itu merupakan dosa 3. Halaman 6 . Diceritakan . hatilah yang akan menuntunnya. Mengakui bahwa hasad akan merugikan dirinya 2. Qabil merasa iri dan membunuh adiknya sendiri yaitu Habil. karena dikendalikan oleh setan setiap langkahnya. Oleh karena itu. Hati adalah penentu arah perilaku manusia. ³Dari Abu Hurairah ra. baik bagi pendengki maupun orang yang didengki. r.

sujud dan sebagainya. Riya dalam perbuatan Riya dalam perbuatan ini.´ Dilihat dari bentuknya ria ada dua macam yaitu: 1. dan mengurangi amaliyahnya ketika dirinya dicela. rukuk. Dari segi syra. penghargaan dari orang lain. yaitu malas beramal ketika sendirian dan giat beramal ketika berada ditengah tengah orang ramai. Riya dalam niat Riya dalam niat yaitu ketika mengawali pekerjaan. Nabi muhammad SAW bersabda: ³Sesungguhnya segala perbuatan itu tergantung niatnya´. imam alhafidz ibnu hajar dalam kitabnya fathul bari mengatakan bahwa ria adalah ibadah yang dilakukan dengan tujuan atau maksud agar dapat dilihat orang lain sehingga memuja pelakunya. tetapi karna suatu yang lain selain allah. menambah amaliyahnya ketika dirinya dipuji. Firman allah swt: Halaman 7 .B. Misalnya karena ingin memperoleh kemasyuran dan keuntungan dunia. kerajinan dan kekhusuannya jika dia berada di tengah tengah orang atau jamaah. misalnya ketika megerjakan shalat dan bersedekah. RIYA¶ Ria berasal dari bahasa arab yang artinya memperlihatkan atau terkenal dengan istilah memamerkan. pujian orang lain agar dia dianggap sebagai orang yag taat dan tekun beribadah.jika dilakukan karna ingin mendapat sanjungan dan penghargaan dari orang lain maka perbuatan itu tidak akan memperoleh pahala dari allah hanya sanjungan dan itulah yag akan dia peroleh. Kata beliau.(HR Muslim) Riya yang merkaitan dengan hati paling sulit untuk diketahui karna yang mengetahuinya hanya allah swt semata. ³Orang yang riya itu memliki tiga ciri. Riya adalah memperlihatkan suatu ibadah dan amalan shaleh kepada orang lain bukan karna allah. sanjungan. Jika pekerjaan yang baik dilakukan dengan niat karna allah maka perbuatan itu mempunyai nilai disisi allah. ria merupakan kemunafikan dan syirik. Orang yang riya dalam shalat akan celaka. Sehingga orang lain melihat dia berdiri. sanjungan. Orang riya ini dalam mengarjakan shalat biasanya dia memperlihatkan kesungguhan. Nabi SAW ditanya tentang apa yang dimaksud dengan syirik kecil maka beliau menjawab yaitu riya Jadi hakikat riya adalah seorang hamba yang taat pada allah swt dengan tujuan ingin mendapatkan kedudukan atau pujian manusia´ Tanda tanda penyakit hati ini pernah dinyatakan oleh ali bin abi thalib. Rasulullah bersabda: ³Sesuatu yang sangat aku takutkan yang akan menimpa kamu ialah syirik kecil. Padahal niat itu sangat menentukan nilai dari suatu pekerjaan. Dia shalat dengan tekun tiu mengharapkan perhatian.sedangkan memperdengarkan ucapan ibadah dan amal saleh kepada orang lain Ria merupakan sifat tecela karena melakukan amal perbuatan tidak untuk mencari ridho allah melainkan untuk mengharap pujian dari orang lain. bukan karna alloh. 2. dia mempunyai keinginan untuk mendapat pujian.

orang yang berbuat riya. karena ia ingin dinilai baik oleh atasannya. (yaitu) orang orang yang lalai dalam shalatnya. Halaman 8 . Riya dalam urusan keagamaan . Bahaya riya terhadap orang lain akan diolok olok dan dicaci oleh orang yang dibantu atau memberinya dengan riya itu. Beberapa ciri orang yang mempunyai sifat riya dalam perbuatan yaitu sebagai berikut: 1. misalnya: Seseorang memperlihatkan kesungguhan dan kedisiplinannya dalam bekerja kepada atasannya. Riya bisa terdapat dalam urusan keagamaan dan bisa pula dalam urusan keduniaan. bahaya riya itu akan dirasakan oleh dirinya berupa ketidak puasan.´(HR Muslim) Bahaya riya Riya berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain terhadap diri sendiri. orang .(5) yaitu orang-orang yang lalai terhadap shalatnya.Artinya: ³(4)maka celakalah orang yang shalat. rasa hampa. dengan tidak dilandasi nilai ikhlas karena Allah SWT. lalu pangkatnya atau gajinya dinaikkan. Senantiasa berupaya menampakan segala perbuatan baiknya agar diketahui orang banyak. Riya yang berhubungan dengan perbuatan ini masih dapat dilihat sekalipun agak samarsamar. Riya dalam urusan keduniaan. sakit hati dan penyesalan. Seorang muslim harus membenci sifat riya.(7)dan enggan (memberikan) bantuan. A. B.(6) yang berbuat riya. karena sesungguhnya allah swt mengancam orang orang yang bersifat riya dengan siksa yang sangat pedih sebagaimana firman-nya. misalnya: Seseorang melakukan shalat berjamaah dengan maksud bukan ingin memperoleh keridaan Allah SWT. tetapi agar mendapat penilaian dari masyarakat sebagai muslim yang taat. maka allah menjelek-jelekannya dan barang siapa berbuat sunah maka allah memberikan sunah-nya (kepada manusia). Tidak aka melakukan perbuatan baik seperti bersedekah bila tidak dilihat orang 2.´ (QS Al-Maun/107:4-7). Dan enggan (menolong dengan) barang yang berguna . Terlihat tekun dan bertambah motivasinya dalam beribadah jika mendapat pujian saja.´ Rasulullah bersabda: ³Barang siapa yang berbuat riya. Beribadah hanya sekedar ikut-ikutan 3. Dalam surat al-maun yang artinya: ³Maka celakalah orang orang yang shalat. sebaliknya mudah menyerah jika dicela orang 4.

Muncul rasa hampa dan senantiasa gelisa ketika berbuat sesuatu 3. penyiksaan atau zalim. Artinya: ³Barang siapa yang melanggar hukum ± hukum Allah. Selalu muncul ketidak puasan terhadap apa yang telah dilakukan.Sifat riya yang membahayakan terhadap diri sendiri diantaranya adalah: 1. ANIAYA Aniaya dalam bahasa arab disebut zalim yang berarti melampaui batas. ataupun kepada makhluk lain. Zalim artinya menganiaya atau menyakiti. bahkan lebih besar. Al-baqarah. Jadi setiap orang yang memperlakukan orang lain yang bukan seharusnya dan bermaksud menyakiti atau menyusahkan. Al Anfal:2) 2. atau beriktikat yang tidak pada tempatnya. Merugikan diri sendiri karena termasuk perbuatan tercela Cara menghindari sifat riya 1. serta membiasakan diri berakhlak terpuji 3. karna di dalamnya terdapat unsur kekerasan. Perbuatan itu sama dosanya dengan mencuri.´(Q. atau menempatkan sesuatu seperti mengucapkan. Jiwa akan terganggu karena keluh kesah yang tiada hentinya 5. Bergaul dengan teman yang baik dan saleh . disiplin beribadah dan beramal saleh . mereka itulah orang ± orang yang zalim. keterlaluan. Memelihara diri dengan beramal saleh secara ikhlas dan secara sembunyi-sembunyi karena untuk mencari rida Allah swt. Yang dimaksud dengan aniaya (zalim) ialah tidak adil (tidak menempatkan sesuatu dengan semestinya atau sesuai dengan ketentuan allah SWT).S. Menyesal melakukan sesuatu ketika orang lain tidak memerhatikannya 4. Perkataan aniaya berasal dari bahasa sansakerta yang artinya perbuatan bengis. Banyak mendatangi dan mendengarkan pengajian atau nasihat yang disampaikan oleh para ulama yang membahas berbagai masalah dalam islam (QS. 2. C. bertindak. sesama manusia. Halaman 9 . 2:229) Bahwa penganiayaan merupakan kejahatan bersifat mengancam harta dan jiwa. maka disebut zalim. baik itu dilakukan kepada allah swt. Begitulah bahaya dari sifat riya bahkan riya itu dapat dikatakan sebagai syirik khafi yang artinya syirik ringan karena mengaitkan niat untuk melakukan sesuatu perbuatan pada sesuatu selain allah swt.

keburukan perbuatan aniaya(zalim) dapat menimpa pelaku(penganiaya) orang yang dianiaya. ‡ Hidupnya tidak akan tenang. dan melakukan pembunuhan. 3. Jika ia hanya mengambil harta tanpa membunuh korbannya maka hukumnya dihukum potong tangan dan kakinya dengan cara silang. maka dialam akhiratnya ia akan dicampakan kedalam api neraka. Aniaya kepada Allah SWT Dengan cara tidak mau melaksanakan perintah allah yang wajib. a. Jika ia tidak mengambil harta dan membunuh karna tertangkap sebelum sempat melakukan sesuatu atau hanya menakut-nakuti saja maka hukumannya adalah dipenjara. Misalnya menjadikan binatang sebagai sasaran latihan memanah atau menembak. ‡ Orang yang berbuat aniaya seperti merampok dan membunuh apabila perbuatan aniayanya diketahui oleh alat negara lalu ditangkap dan diadili maka tentu ia akan dijatuhi hukuman. melakukan penyiksaan. Jika kita menganiaya dan membunuh korban serta mengambil hartanya. merampok. gibah(mengumpat). Aniaya terhadap sesama manusia Seperti. meminum minuman keras. menyiksa diri sendiri dan bunuh diri. dan masyarakat. misalnya dipenjarakan. penganiaya dihukum dibunuh dan disalib.Ada empat macam bentuk kezaliman yaitu sebagai berikut : 1. namimah(mengadu domba). Keburukan-keburukan yang akan dialami orang yang dianiaya dan masyarakat antara lain: ‡ Orang yanng dianiaya akan mengalami kerugian dan bencana sesuia dengan jenis Halaman 10 . mencuri. menyalah gunakan obat-obatan terlarang (narkoba). karna ia telah membawa dirinya kepada kerusakan dan dosa. menelantarkan binatang peliharaan dan menyembelih hewan dengan senjata yang tumpul 4. 2. b. Keburukan-keburukan yang akan dialami oleh penganiaya antara lain: ‡ Tidak akan disenangi bahkan akan dibenci masyarakat. Aniaya tehadap diri sendiri Misalnya membiarkan diri sendiri dalam keadaan bodoh dan miskin karna malas. ‡ Para pelaku aniaya itu jika tidak bertaubat dengan taubat sungguh-sungguhnya. Hukum bagi penganiaya diberlakukan sesuai dengan jenis perbuatan yang dilakukannya. Jadi. 3. yang berbuat dosa besar adalah orang yang zalim kepada dirinya sendiri. 2. Keburukan . Aniaya terhadap binatang. ‡ Mencemarakan nama baik dirinya dan keluarganya. karna dibayangi rasa takut. yaitu sebagai berikut : 1. fitnah. dan meninggalkan larangan allah yang haram.

dan aspek kehidupan lain. kedengkian. politik.suku. kata diskriminasi bersal dari bahasa Arab disebut ³tafriq´ dan merupakan sifat tercela yang harus dihapus . Memerhatikan baik-baik hak orang lain dan tidak mengganggu hak orang lain karna itu perbuatan dosa kepada allah. D. kata diskriminasi berasal dari bahasa Inggris disebut ³discrimination´ artinya perbedaan perlakuan .S.etnik. baik individu atau kolektif dalm bidang politik ekonomi. yang membedakan hanya kualitas ketakwaan kepada-Nya. keyakinan. ajaran islam mengajarkan umatnya agar berbuat baik.kelompok. Menurut UU RI No.´ (Q. . yaitu bahwa Allah mengharamkan segala bentuk perselisihan. perusuhan. bahasa . Membiasakan berbuat adil terhadap diri sendiri dan orang lain. Oleh karna itu.‡ ‡ ‡ penaniayaan terhadap dirinya Bila penganiayaan itu terjadi dimana-mana maka masyarakat tidak akan memperoleh kedamaian dan ketentraman Semangat dan gairah kerja masyarakat akan menurun. pelecehan. Cara mencegah dan menjaga diri dari perbuatan zalim adalah sebagai berikut: 1. ramah.39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia Bab 1 pasa 1 menjelaskan kata diskriminasi adalah setiap pembatasan. Halaman 11 . Di hadapan Allah semua manusia adalah sama . YUNUS 10:13) Akibat yang akan ditimbulkan oleh perbuatan tersebut akan tidak baik. DISKRIMINASI Kata diskriminasi berasal dari bahasa Belanda ³discriminatie´ artinya pemisahan atau perbedaan. hukum. Dari pengertian diatas . dan mengadakan perusaka terhadap sesama manusia dan alam semesta. ras. dan sopan santun kepada semua makhluk allah khususnya sesama manusia. atau pengucilan yang langsung atau tidak langsung didasarkan pada perbedaan manusia atas alas an agama . pelaksanaan. Penganiayayaan atau sifat zalim tidak akan dilakukan seseorang jika ia menghargai hak asasi manusia dan bersyuku atas segala nikmat yang telah Allah berikan kepadanya. budaya. 2. penggunaan hak asasi manusia dan kebebasan dalam kehidupan.jenis kelamin. islam melarang diskriminasi karena termasuk sifat tercela yang harus dijauhi. Jika dalam suatu masyarakat atau negri jumlah orang orang yang zalimnya mayoritas mereka tidak bertaubat maka tidak mustahil allah swt akan menurunkan azab-nya Artinya: ³dan sesungguhnya kami telah membinasakan umat-umat sebelum kamu ketika mereka berbuat kezaliman. 3. social. Untuk menghindari sifat aniaya kita hendaknya senantiasa mengingat pesan Allah. Banyak membaca alquran dan buku-buku agar kita tahu tentang nilai nilai kebenaran. yang berakibat pengurangan. penyimopangan atau penghapusan pengakuan. Kata diskriminasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi III artinya perbedaan perlakuan terhadap sesame warga Negara .

6. Diskriminasi kelamin. Tidak menghina. warna kulit . 4. tanpa membedakan suku bangsa. bangsawan dan rakyat jelata . 4. perilaku diskriminasi itu misalnya jika pemerintah hanya melindungi golongan tertentu. 2. Al Hujurat:13) Diskriminasi adalah perbuatan zalim dan tercela karena akan mendatangkan kerugian kepada orang yang diperlakukan diskriminatif.S. agama. status social. dan sebagainya. Menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan 3. bahakn memfitnah orang lain. kaum perempuan berkedudukan sangat rendah. 5. Aktif dalam kegiatan yang tujuannya mengahapus diskriminasi. 1. atau suatu agama dengan agama lain.Artinya: ³Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu disisi Allah ialah orang yang paling bertakwa diantara kamu. Selalu beribadah kepada Allah dan tidak menyukutukan-Nya. Diskriminasi social. Islam mengajarkan agar dalam berkehidupan bertetangga . Di kota Mekah pada masa jahiliah. serta berbuat baik kepada sesama. Cara menghindari diskriminasi : 1. perlakuan diskriminasi antara lain adalah : 1. bermasyarakat. 3. berburuk sangka . 7. yaitu berdasarkan status sosialnya. Berdasarkan ras. suku. Orangtua yang membeda-bedakan perlakuan terhadap anak-anaknya adalah contoh perilaku diskriminasi dalam kelusarga . antara satu tetangga dengan tetangga lainnya saling menghormati dan menghargai. Berdasarkan ayat Al Qur¶an tersebut. berbangsa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui Lagi Maha Mengenal´ (Q. yaitu bismillah ar rahman ar rahim . Bersikap toleransi (tasamuh) terhadap sesama umat beragama dan tidak memaksakan keyakinan agama kepada orang lain. Allah bahkan meletakan sifat tersebut di dalam nama-Nya. Dalam kehidupan bermasyarakat . Padahal pemerintah wajib melindungi seluruh rakyatnya tanpa kecuali. seperti kaya dan miskin. yaitu pembedaan berdasarkan asal bangsa yang menganggap bahwa tras yang satu lebih hebat daripada ras yang lain. Diskriminasi ras. islam menghapuskan tumbuhnya sikap diskriminasi dan menggantinya dengan menyuburkan sifat pengasih dan penyayang. yang artinya Maha Pengasih lagi Maha Penyayang untuk menjadi contoh dan rahmat bagi hamba-Nya. bertetangga. 2. dan bernegara. dan bernegara. orang yang berkulit putih dianggap lebih terhormat. Halaman 12 . Diskriminasi warna kulit (apartheid) yaitu berdasarkan warna kulit . yaitu pembedaan sikap dan perlakuan terhadap orang berdasarkan jenis kelamin. Diskriminasi bisa terdapat dalam kehidupan berkeluarga. 3. Tidak menimpakan kesalahan kepada orang lain. Gemar bersilaturahmi 2.

dan diangkat sebgai anak asuh beliau hingga dinikahkan dengan Zaenab saudara sepupu Rasulullah saw. Ternyata budak yang dianggap rendah tersebut justru bmempunyai kepribadian yang mulia. seorang budak dari Etiopia yang dianggap hina. khusunya budak di Kota Mekah. dia hamba Allah yang tangguh dan teguh dalam mempertahakan keyakinan islam. dan bertanggung jawab atas tugas atau kewajibannya . Budak yang dimaksud bernama Bilalbin rabid. khusu dalam memelihara dan membesarkan putranya yaitu Ismail a. dari suku Quraisy. Halaman 13 . Di zaman Nabi Muhammad saw. b.- Ilustrasi penentangan diskriminasi dalam islam : a.s. tidak mudah menyerah ketika ketika menghadapi kesulitan bgaimanapun beratnya. Demikian pula Zaid bin Haris yang telah dimerdekakan oleh Nabi Muhammad saw. Nabi Ibrahim a. sebagai istrinya.s. Perjuangan menghapuskan dioskriminasi terus dilanjutkan . menjadikan siti Hajar.

BAB III PENUTUP A. yang tercantum di dalam AlQur¶an dan Hadits. Selain itu perilaku tercela tersebut sudah dilarang oleh ALLAH SWT. B. SARAN Kepada pembaca. Halaman 14 . Aniaya. kita dapat menyimpulkan bahawa perilaku tercela selalu memberikan akibat yang buruk baik terhadap pelaku perilaku tercela maupun kepada orang yang ada di sekitarnya. KESIMPULAN Dari uraian di atas . Riya¶. dan Diskriminasi) dapat menimbulkan kerugian baik di dunia maupun di akhirat . sebaikinya kita jauhkan diri dari segala perbuatan tercela dengan cara meningkatkan iman dan ketaqwaan kepada ALLAH SWT. Selalu menjalankan perintahnya dan menjauhi segala larangannya . Jika kita berperilaku seperti itu (Hasud.

2003.google.or. Mutmainah. 2007. Drs.muslim. Jakarta : Erlangga. Jakarta : Erlangga. Junaidi Drs. Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Yudhistira. Modul Pendidikan Agama Islam kelas X SMA Qur¶an Player Halaman 15 .com/2008/12/12/larangan-hasudriya-dan-aniaya/ Syamsuri. Pendidikan Agama Islam SMA. 2007. 2004. Surakarta : Tiga Serangkai.id/search=aklahkul+mazmumah www.co. Soeprapdjo. H. Anwar.DAFTAR PUSTAKA y y y y y y y y y y y http://www. 2007. Syamsuri. Mutiara Akhlak Dalam Pendidikan Agama Islam.id http://hbis. Anwar. Agama Islam Lentera Kehidupan.wordpress. Jakarta : Piranti. Junaidi Drs. H. H. 2007. Pendidikan Agama Islam I. Drs. Jakarta : Yudhistira. Pendidikan Agama Islam.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful