1. Apa pengertian Global Warming?

Disebut juga Pemanasan Global, adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi yang diakibatkan panas matahari dan panas bumi yang terakumulasi di permukaan bumi. Secara sederhana, panas tersebut terperangkap oleh gas rumah kaca di atmosfir bumi. Sehingga panas yang seharusnya dilepaskan ke luar bumi, menjadi terpantulkan kembali ke permukaan bumi.

2. Apa penyebab Global Warming? a. Efek rumah kaca
Segala sumber energi yang terdapat di Bumi berasal dari Matahari. Ketika energi ini tiba permukaan Bumi, ia berubah dari cahaya menjadi panas yang menghangatkan Bumi. Permukaan Bumi akan menyerap sebagian panas dan memantulkan kembali sisanya. Sebagian dari panas ini berwujud radiasi infra merah gelombang panjang ke angkasa luar. Namun sebagian panas tetap terperangkap di atmosfer bumi akibat menumpuknya jumlah gas rumah kaca antara lain uap air, karbon dioksida (CO2), dan metana (CH4) yang menjadi perangkap gelombang radiasi ini. Gas-gas ini menyerap dan memantulkan kembali radiasi gelombang yang dipancarkan Bumi dan akibatnya panas tersebut akan tersimpan di permukaan Bumi. Keadaan ini terjadi terus menerus sehingga mengakibatkan suhu rata-rata tahunan bumi terus meningkat.

b. Efek umpan balik
Sebagai contoh adalah pada penguapan air. Pada kasus pemanasan akibat bertambahnya gas-gas rumah kaca seperti CO2, pemanasan pada awalnya akan menyebabkan lebih banyaknya air yang menguap ke atmosfer. Karena uap air sendiri merupakan gas rumah kaca, pemanasan akan terus berlanjut dan menambah jumlah uap air di udara sampai tercapainya suatu kesetimbangan konsentrasi uap air. Efek rumah kaca yang dihasilkannya lebih besar bila dibandingkan oleh akibat gas CO2 sendiri. (Walaupun umpan balik ini meningkatkan kandungan air absolut di udara, kelembaban relatif udara hampir konstan atau bahkan agak menurun karena udara menjadi menghangat).

1

c. dan mengubahnya menjadi oksigen (O2). maka iklim di suatu daerah akan mengalami perubahan. Pergeseran ekosistem Dengan berubahnya atau meningkatnya suhu di suatu tempat. c. 3. Perubahan cuaca Terjadi karena suhu yang meningkat sehingga cuaca menjadi berubah-ubah secara ekstrim. Sehingga emisi gas yang berlebihan akan meningkatkan pemanasan global. yang merupakan salah satu dari gas rumah kaca. Kerusakan Hutan Salah satu fungsi tumbuhan yaitu menyerap karbondioksida (CO2). Emisi / Pembuangan Sisa Gas Seperti yang disebutkan di atas. b. Pabrik atau penghasil gas asap atau karbon dioksida (CO2). tentu saja proses penyerapan karbondioksida akan berkurang dan tidak dapat optimal. karena sampah yang tidak ditangani dengan baik akan menghasilkan gas metana (CH4). Daerah yang dingin akan menjadi lebih hangat. Apa akibat dari Global Warming? a. Hal ini akan mempercepat terjadinya pemanasan global. mengakibatkan es di kutub 2 . maka hewan yang hidup di tempat tersebut akan berpindah ke tempat yang memiliki suhu yang sesuai dengan tempat hidupnya. Iklim Mulai Tidak Stabil Karena pemanasan global. Dengan kerusakan hutan maupun pengubahan lahan hutan menjadi lahan yang lain semisal perumahan atau tempat industri. d. Beberapa contoh yang menjadi sumber gas sisa antara lain: sampah. bahwa yang menyebabkan efek rumah kaca adalah karena menumpuknya Gas rumah kaca.

utara akan mencair. Apa solusi untuk mengatasi/mengurangi Global Warming? a. Mengurangi menggunakan bahan bakar minyak. c. f. menanam dan merawat tumbuhan. Perpindahan penduduk. e. Tidak membuang sampah sembarangan. membuang dan mengelola sampah dengan baik. Suhu global cenderung meningkat Suhu bumi secara keseluruhan akan meningkat. karena cuaca / iklim yang tidak menentu. Mengusahakan menggunakan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan. 5. karena es di kutub utara mencair maka air laut akan bertambah dan permukaan air laut akan naik menjadi lebih tinggi. Pada daerah yang hangat akan terjadi peningkatan kelembaban karena penguapan air. Mencegah penebangan hutan secara liar dan melakukan reboisasi hutan. Peningkatan permukaan laut Seperti yang sudah disebutkan di atas. 4. Berkurangnya produktivitas lahan pertanian. d. c. Apakah dampak bagi kehidupan manusia di bumi? a. menghasilkan gas CO2 yang berbahaya. b. seperti bio dan hybrid. Meningkatnya resiko kanker dan wabah penyakit. sebab bahan tersebut sangat sulit terurai. e. seperti mobil dan motor. Menghemat energi. seperti banjir yang disebabkan oleh bertambahnya volume air. Mengurangi penggunaan plastik dan styrofoam (gabus). karena bahan bakar tersebut b. d. seperti menggunakan listrik dan air seperlunya. Daerah-daerah yang dekat dengan laut dan memiliki ketinggian yang rendah akan terendam oleh air laut. 3 . Menimbulkan bencana alam. misal karena terjadinya bencana alam dan perubahan iklim yang tidak mendukung. d.

4 . sehingga menyebabkan suhu semakin panas. Gejala pemanasan global dapat dikurangi. salah satunya dengan cara hemat emergi. yang disebabkan oleh sinar matahari yang masuk ke Bumi terperangkap oleh gas rumah kaca seperti gas CO2 dan CH4 (metana). Buatlah kesimpulan tentang Global Warming! Pemanasan Global adalah peningkatan suhu rata-rata di Bumi.6. dan membuang sampah pada tempatnya. seperti perubahan iklim dan timbulnya bencana alam. Gas tersebut bisa berasal dari asap pabrik maupun kendaraan bermotor. tidak menebang pohon sembarangan. Pemanasan Global akan berpengaruh terhadap kehidupan dan semua yang ada di Bumi.