Resi Gudang

PEMANFAATAN SITEM RESI GUDANG UNTUK PETANI DAN PELAKU USAHA

Apakah Resi Gudang itu ?
Adalah dokumen bukti kepemilikan atas barangyang di simpan di gudang yang di terbitkan oleh Pengelola Gudang, Resi Gudang dapat di gunakan sebagai agunan karena Resi tersebut dijamin dengan komoditas tretentu dalam pengawasan Pengelola gudang yang terakredasi (memiliki izin dari Bappeti)

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan Sistem ResiGudang ( SRG )
Adalah kegiatan yang berkaitan dengan penerbitan, pengalihan, pinjaminan, dan penyelesaian transaksi Resin Gudang, Sistem Resi Gudang merupakan salah satu instrument penting dan efektif dalam pembiayaan perdagangan. Sistem Resi Gudang dapat mempasilitasi pemberian kridit bagi petani dan dunia usaha dengan agunan barang yang di simpan di Gudang.

Apa dasa hukum yang mendasari Sistem Resi Gudang di Indonesia ?
1. Undang-undang No. 9 Tahun 2006 tentang Sistem Resi Gudang 2. Peraturan Pemeeritah No> 36 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang-undang No 9 Tahun 2006 Tentang Sistem Resi Gudang; 3. Peraturan Mentri Perdagangan No . 26/ MDAG/ PER/6/2007 Tentang Barang Yang Dapat di simpan di Gudang dalam penyelenggaraan Sistem Resin Gudang serta 4. Peraturan kepala Bappebti tentang Peraturan Teknis Pelaksanaan Sistem Resi Gudang. Adanya Undang-undang tentang Resi Gudang serta berbagai peraturan pelaksanaanya ini di maksud untuk memberikan kepastian hukum, menjamimdan melindungi kepentingan masarakat,kelancaran arus barang, efesiesi biaya distribusi barang, serta mampu menciptakan iklim usaha yang dapat lebih mendorang laju pem bangunannasional. Dengan dasar hukum yang kuat tersebut, Resi Gudang Terjamin memiliki nilaikomonditi yang dinyatakan dalam Resi, dapat di agunkan, dan dapat di pindah tangankan selama masih berlaku.

b. Lembaga Penilaian Kesesuaian ( LPK ) adalah lembaga terakreditasi yang melakukan serangkaian kegiatan untuk menilai atau membuktikqan bahwa persyaratan tertentu yang berkaitan dengan produk. Mendapat kepastian mutu dan jumlah. kepemilikan . Pengelola Gudang . pabrikan. dengan cara menyimpan komonditi di gudang terlebih dahulu saat panen raya dimana harga umumnya rendah. Apa manfaat Resi Gudang bagi pelaku Usaha ( pedagang prosesor.penyimpanan. Pengaturan. pelaporan serta peyediaan sestem dan jaringan iformasi. pemeliharaan. pemindahbukuaan. mendapatkan harga jual yang lebih baik. Pengelola Gudang adalah pihak yang melakukan usaha pergudangan . Badan Pengawas adalah Badan Pengawas Sistem Resi Gudang . yang melakukan penyimpanan. kemudian menjualnya ketika nharga tinggi. dan pengawasan barang yang di simpan oleh pemilik barang serta berhak menerbitkan Resi Gudang. proses system dan /atau personel terpenuhi. baik Gudang milik sendiri maupun milik orang lain. Sistem Resi Gudang memberi peluang untuk : . pembebenan Hak jaminan. yang meliputi pencatatan . d. akan ter buka peluang bagi petani untuk : a. Mendapatkan pijaman dari bank untuk pembiayaan modal kerja pada musim tanam berikutnya dengan jaminan Resi Gudang. c. Pusat Regrestasi adalah badan usaha berbadan hukum yang mendapat persetujuan badan pengawas untuk melakukan penatausaan Resi Gudang. karena test uji mutu dilakukan oleh LPK yang telah terakreditasi. Yaitu unit organisasi di bawah Mentri Perdagangan yang di beri wewenang untuk melakukan pembinaan. Mendorong petani untuk berusaha secara berkelompok sehingga meningkatkan efesiensi biaya posisi tawar petani. Lembaga Penilaian Kesesuaian dan Pusat Registasi. Apa manfaat Resi Gudang bagi petani ? Dengan adanya Sistem Resi Gudang .Kelembagaa apa saja yang terlibat dalam Sistem Resi Gudang ? Kelembagaan yang terlibat dalam Sitem Resi Gudang Adalah Badan Pengawas . dan pengawasan Pelaksanaan Resi Gudang Saat ini tugas dan fungsi dan kewenangan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komonditi ( BPPEBTI ). eksportir) ? Bagi pelaku usaha .

memenuhi setandar mutu tertentu. jenis komonditi dapat di tambah atas masukandari petani melalui pemerintah setempat. c. bila dilihat dari kapasitas mesin pengering yang umum digunakan dilapangan. satu Resi Gudang dapat diterbitkan untuk satu kelompok tani. dan jumlah minimum komonditi yang di simpan. c. dan jagung. memiliki daya simpan paling sedikit 3 (tiga) bulan. Berapa lama masa berlaku Resi Gudang ? Masa berlaku Resi Gudang maksimum adalah selama masa simpan komonditas yang bersangkutan di gudang untuk gabah. Mendapatkan suplai komonditas yang lebih pasti. Kakao. Kedepan . rata-rata selama 3 s/d 6 bulan. Komonditi apa saja yang dapat diresigudangkan ? Hingga saat ini ada 8 ( delapan ) komonditi yang dapat di resi gudangkan yaitu : Gabah. beras. Apa persyaratan mutu komonditi yang dapat diresigudangkan ? . Kopi. mendapatkan jaminan kepastian mutu dan jumlahatas komonditas yang mereka perdagangkan. Apa persyaratan komonditi yang dapat di simpandi Gudang untuk di terbitkan Resi Gudangnya ? a. maka jumlah minimum yang wajar untuk disimpan di gudang adalah kurang lebih 20 ton untuk setiap Resi Gudang yang diterbitka. 26/M-DAG/PER/6/2007 Tahun 2007 tentang barang yang dapat di simpan di Gudang Dalam Penyelenggaraan Sistem Resi Gudang. b. Beras. Dengan modal kerja yang samaakan dapat diperoleh omzet perdagangan yang lebih besar dengan cara meminjam dari bank atas jaminan Resi Gudang.a. Mendapatkan pinjaman berulang (revolving loan) dari bankuntuk modal kerja . Rumput laut sebagai mana di tentukan dalam Peraturan Mentri Perdagangan No . Berapa jumlah minimum komonditi yang dapat di Resi Gudangkan ? Jumlah minimum komonditi yang dapat di Resi Gudangkan tergantung pada kebijakan dari Pengelola Gudang.Lada. karena dapat diketahuinya secara pasti jumlah komoditas yang ter simpan di gudang. Jagung. b. namun sebagai contoh untuk Jagung.

Siapakah yang melekukan test atau uji mutu komonditas ? Pengujian terhadap mutu komonditas dilakukan oleh lembaga penilaian yang berkompeten. dalam hal ini Loboratorium Penguji Mutu Barang yang telah memperoleh persetujuan dari Badan Pengawas. Laboratorium penguji selanjut nya menerbitkan hasil uju berupa Sertifikat untuk barang. memiliki kekeyaan bersih tentu serta memiliki gudang yang memenuhi persyaratan kelayakan gudang. Resi Gudang dapat dijamin kan untuk mendapatkan pinjaman dari Bank . kendaraan dan sebagainya. apa persyaratan yang diperlukan ? Untuk kelompok tani : . pengujian mutu dan asuransi ) Biaya lainnya adalah biaya pengeringan dan bunga bank (apabila dijaminkan ke Bank). yang umumnya berkisar pada besaran 70 % dari nilai Resi Gudang dan tidak di perlukan jaminan tambahan lainnya seperti tanah . juga dilakukan secara elektronis melelui Sistem Informasi Pengawasan yang dapaty memantau lalulintas informasi dalam Sistem resi Gudang setiap saat (realtime). Pengawasan yang di lakukan Bappebti. Biaya apa saja yang harus dibayar untuk setiap penerbitan Resi Gudang ? Jumlah yang harus ndibayar oleh penyimpan untuk setiap penerbitan Resi Gudang tergantung pada kebijakan masing-masing Pengelola gudang (yang mencakup biayabiaya penyimpanan/pengelolaan. Penerbitan persetujuan untuk Pengelola Gudang dilakukan melalui tahapan kelengkapan dokumen-dokumen yang dimiliki.Untuk memperoleh Resi Gudang. selain dilakukan dengan permeriksaan langsung di lapangan baik yang terjadwal atau pun sewaktu-waktu. Untuk mendapatkan pinjaman dari bank dengan jaminan Resi Gudang. yang dalam melakukan tegas nya tidak terikat dengan phak manapun (independent)). dan apakah diperlukan jaminan tambahan lainnya ? Ya. setiap komonditi yang akan di simpan di gudang harus memenuhipersyaratan standar mutu tertentu yang berlaku untuk komonditi yang besangkutan. ( termasuk sertifikat manajemen mutu ISO 9001 : 2000). Apakah Resi Gudang dapat dijadikan jaminan untuk mendapatkan pinjaman dari Bank . Apakah Sistem Resi Gudang memiliki system sertifikasi dan pengawasan yang cukup aman ? Pengelola Gudang yang dapat menerbitkan Resi Gudang pada Sistem Resi Gudang hanyalah Pengelolo Gudang yang telah memperoleh persetujuan dari Bappebti.

Foto Copy SIUP. Surat keterangan dari Kepala Desa setempat apabila usahanya belum berjalan 2 (dua )tahun.a. b. b. d. c. NPWP untuk pijaman diatas Rp 50 juta d. Foto Copy KTP. Untuk perorangan /pedagang: a. TDP. Foto copy KTP Ketua dan anggota kelompok : Surat keterangan dari Kepala Desa/ Lurah tentang usaha Kelompok Tani: Surat Kuasa dari Anggota Kelompok kepada ketua Kelompok: Apa bila pinjaman di atas Rp 50 juta: di perlukan NPWP dari anggota kelompok. c. Bagimanakah jaminan komonditi yang disimpan disipan di gudang .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful