Dimas Prawira (1209701017

)
Sejarah Peradaban Islam
Historiografi dan Periodisasi Peradaban Islam Kata sejarah dalam bahasa arab disebut ³tarikh´ yang menurut bahasa berarti ketentuan masa. Sedang menurut istilah ³keterangan yang telah terjadi dikalangannya pada masa yang telah lampau atau pada masa yang masih ada. Sedangkan pengertian selanjutnya memberikan makna sejarah sebagai catatan yang berhubungan dengan kejadian kejadian masa silam yang diabadikan dalam laporan laporan tertullis dan dalam ruang lingkup yang luas, dan pokok dari persoalan sejarah senantiasa akan sarat dengan pengalaman pengalaman penting yang menyangkut perkembangan keseluruhan keadaan masyarakat, oleh sebab itu menurut sayyid quthub´ sejarah bukanlah peristiwa, melainkan tafsiran peristiwa peristiwa itu dan pengertian mengenai hubungan hubungan nyata dan tidak nyata, yang menjalin seluruh bagian serta memberinya dinamisme waktu dan tempat´. Peradaban adalah kebudayaan yang mempunyai system teknologi, seni bangunan, seni rupa, system kenegaraan dan ilmu pengetahuan. Peradaban islam adalah terjemahan dari kata arab alhadharah al-islamiyah, kata arab ini sering juga diterjemahkan dalam bahasa indonesia dengan kebudayaan islam, dalam definisi peradaban yang dimaksud disini yakni islam yang di wahyukan kepada nabi Muhammad Saw, yang telah membawa bangsa arab yang semula terbelakang bodoh, tidak terkenal dan diabaikan oleh bangsa bangsa lain, menjadi bangsa yang maju, dan cepat mengembangkan dunia, membina satu kebudayaan dan peradaban yang sangat penting artinya dalam sejarah manusia hingga sekarang. Dapat disimpulakan bahwasanya definisi dari sejarah peradaban islam yakni kejadian kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa silam yang di abadikan dimana pada masa itu islam merupakan pokok kekuatan dan sebab timbulnya satu kebudayaan yang mempunyai system teknologi segi bangunan, seni rupa, system kenegaraan dan ilmu pengetahuan yang maju dan komplek. Menurut para sejarawan perkembangan historiogragfi Islam terbagi kedalam empat periode, di antaranya :
1. Periode awal sampai pada abad ke 3 Hijriyah

Ciri dari masa ini adalah belum terpecahkannya antara legenda dan tradisi Arab sebelum Islam dengan sejarah Islam yang relatif ilmiah yang muncul pada abad ke dua Hijriyah. Penulisan sejarah abad ini masih dipengaruhi oleh tradisi penulis Persia. Salah satu buku yang terkenal adalah buku yang berjudul Khudai-Nama (Buku Rajaraja).
1. Periode dimulai abad ke 3 sampai abad ke enam Hijriyah

Ciri periode ini adalah diakui sebagai disiplin ilmu yang berdiri sendiri.Ciri lainnya ditandai dengan lahirnya sejarawan-sejarawan wilayah/propinsi, seperti Fathu Mishr

Menurut Prof.Dimas Prawira (1209701017) karya Abdurrahman bin Abdullah bin Abdul Hakam. Tolok ukurnya pada tingkat peradaban dan kebudayaan suatu bangsa Tolok ukurnya pada masuk dan berkembangnya suatu agama Menurut Frof. 1. Bani Umayyah. Peridoe Modern (1800.N. ada beberapa pendapat yaitu : 1. Periode Klasik (650-1250 M) Meliputi dua masa kemajuan yaitu masa Rasululloh SAW. Periode abad keenam sampai abad kesepuluh Ciri periode ini adalah digunakannya dua bahasa yakni bahasa Arab dan Persia 1. 3. Dalam era ini Islam mulai bangkit kembali dengan melakukan pembaharuan (tajdid) . H. Khulafaurrasyidin. Tolok ukurnya adalah pada sistem politik. hal ini biasanya digunakan pada sejarah konvensional Tolok ukurnya pada persoalan ekonomi (maju-mundurnya ekonomi) dalam sebuah negara. Shiddiqi. dan Dawlah Mongoliyah di India. Harun Nasution periodisasi sejarah Islam terbagi pada 3 periode : 1. Dr. Turki Utsmani. 2.sekarang) Pada mperiode ini umat Islam banyak belajar dari dunia Barat dalam rangka mengembalikan balance of power. Periode abad kesepuluh sampai abad ketiga belas Hijriyah Ciri periode ini adalah pdipergunakannya bahasa Turki dalam penulisan sejarah. Fase Tga Kerajaan Besar mengalami kemajuan pada tahun 1500-1700 M. dan masa-masa permulaan Dawlah Abbasiyah. Dawlah Shafawiyah. DR. Hal ini sebagai akibat logis dari tegaknya Dinasti Turki Utsmanidan ekspansi Barat terhadap dunia Islam Periodisasi Sejarah Islam Periodisasi sejarah merupakan ciri bagi ilmu sejarah yang mengkaji peristiwa dalam konteks waktu dan tempat dengan tolok ukur yang bermacam-macam. dan Tarikh Baghdad karya Ibnu Abi Thahir Taifur. Periode Pertengahan (1250-1800 M.) Pada periode ini terjadi dua masa kemunduran dan masa Tiga Kerajaan Besar. 1. 4. 1. dan mengalami kemunduran kembali pada 1700-1800 M.

Dimas Prawira (1209701017) REFERENSI Yatim badri. .sejarah peradaban islam.Jakarta : Raja grafindo persada 1997 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful