Arti Definisi Pengertian Perkawinan/Pernikahan Dan Dasar Tujuan Nikah/Kawin Manusia

Wed, 19/11/2008 - 3:18pm — godam64 Menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 pengertian pernikahan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami isteri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Pernikahan dianggap sah apabila dilakukan menurut hukum perkawinan masing-masing agama dan kepercayaan serta tercatat oleh lembaga yang berwenang menurut perundangundangan yang berlaku. Perkawinan adalah salah satu bentuk ibadah yang kesuciannya perlu dijaga oleh kedua belah pihak baik suami maupun istri. Perkawinan bertujuan untuk membentuk keluarga yang bahagia sejahtera dan kekal selamanya. Perkawinan memerlukan kematangan dan persiapan fisik dan mental karena menikah / kawin adalah sesuatu yang sakral dan dapat menentukan jalan hidup seseorang. Dasar dan Tujuan Pernikahan Menurut Agama Islam : A. Dasar Hukum Agama Pernikahan / Perkawinan (Q.S. 24-An Nuur : 32) "Dan kawinlah orang-orang yang sendirian di antara kamu dan mereka yang berpekerti baik. Termasuk hamba-hamba sahayamu yang perempuan." B. Tujuan Pernikahan / Perkawinan (Q.S. 30-An Ruum : 21) "Dan di antara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu pasangan hidup dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir."

و‬ ‫ليس له امرأة . bahwa orang yang masih bujang adalah orang-orang miskin. dan bahkan kalaupun dia kaya. Rasulullah Saw bersabda: "Miskin. yang jelas dia sudah menikah.1 2. Jangan di tingkat dunia. Nikah menurut arti aslinya (arti hakiki) adalah setubuh dan menurut arti majazi (metaforis) adalah akad yang dengan akad ini menjadi halal hubungan kelamin antara pria dan wanita.A. arti lafaz nikah ialah berkumpul atau menindas. Mengapa demikian? Ini sudah sebuah ketentuan. dia sudah menikah. tingkat nasional. demikian menurut ahli ushul golongan Syafi. قالوا: یا رسول ال وإن آان غنيا من المال؟ قال : وإن‬ ‫آان غنيا من الم‬ ‫ ن‬ ‫قال: مسكينة. setubuh dan senggama. miskin. apakah sekalipun laki-laki itu . م‬ ‫ سكين . Siapakah orang paling kaya nomor satu di Indonesia? Siapapun dia. seorang lakilaki yang belum mempunyai isteri". Mengapa orang bujang tidak ada yang kaya disebut sebuah ketentuan? Ya. Nikah secara Terminologi a. demikian menurut golongan Hanafi. Perhatikan hadits berikut ini: ‫ ل‬ ‫ سكين‬ ‫ سكين . bahkan sudah bercucu dan bercicit. mari kita perkecil skalanya. hanya sedikit. Nikah secara Etimologi Menurut bahasa. امرأة ليس لها زوج . قالوا: یا رسول ال وإن‬ ‫آانت غنية م‬ ‫]المال؟ قال: و إن آانت غنية من المال(( ]رواه الطبرانى‬ Artinya: Ibn Nujaih berkata. PENGERTIAN NIKAH 1. tetap tidak akan mengalahkan kayanya orang yang sudah menikah. Para sahabat bertanya: "Ya Rasulullah. Mengapa? Karena dia baru bisa menafkahi dan membiayai dirinya sendiri. miskin.Di kalangan ulama ushul berkembang tiga macam pena. siapapun jawabannya yang jelas satu. b Nikah menurut arti aslinya ialah akad yang dengan akad ini menjadi halal hubungan kelamin antara pria dan wanita. Adakah orang bujang yang kaya? Ada. karena demikian Rasulullah bersabda. Anjuran menikah dalam ajaran Islam Tahukah anda siapakah orang terkaya di dunia? Ya. مسكينة مسكينة . م‬ ‫ لم : ))م‬ ‫ ه وس‬ ‫عن أبي‬ ‫رج‬ ‫نجيح قال : قال رسول ال صلى ال علي‬ ‫ ال . sekalipun dia banyak hartanya. sedangkan menurut arti majazi ialah setubuh.

Rasulullah Saw bersabda kembali: "Miskin. Itu. kalau kita perhatikan ayat-ayat al-Qur'an yang berbicara tentang nikah. Rasulullah secara tegas (boleh jadi doa) menyebut tiga kali bahwa laki-laki atau perempuan yang belum menikah tetap dikatakan miskin sekalipun mereka banyak hartanya. miskin. nikah disebut sebagai sunanul anbiya (amalan sunnah para nabi). Demikian juga dalam hadits dikatakan: ‫ . bahwa "nikah adalah sunnahku. kita akan mendapati bahwa kata nikah digambarkan dengan tiga istilah. Bagi tiap-tiap masa ada Kitab (yang tertentu)" (QS ar-Ra'du: 38). Perhatikan dalam hadits di atas. ya harus segera menikah. Para sahabat bertanya: "Apakah sekalipun wanita itu banyak hartanya?" Rasulullah Saw menjawab: "Ya. memakai wangi-wangian. meskipun dia banyak hartanya". Namun jangan dipahami bahwa menikah untuk menjadi orang kaya. betapa Islam sangat menganjurkan ummatnya untuk menikah. Kalau mau kaya.banyak hartanya?" Rasulullah menjawab: "Ya. Bahkan. perhatikan misalnya dalam firman Allah berikut ini: ِ ِْ ‫ إذن‬ ‫ ا ب‬ ‫ولقد أرسلنا رسل من قبلك وجعلنا لهم أزواجا وذریة وما آان‬ ِ َ َ َ َ ً ّ ّ ُ َ ً َ ْ َ ْ ُ َ َ ْ َ َ َ َ ِْ َ ْ ِ ً ُ ُ َ ْ َ ْ َ ْ َ ََ ّ ِ ٍ َ ِ َ ِْ َ ْ َ ٍ ُ َ ِ ‫لرسول أن یأتي بآیة إل‬ ( 38 :‫ال لكل أجل آتاب )الرعد‬ ٌ َِ ٍ َ َ ّ ُ ِ ّ ِ Artinya: "Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa Rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka istri-istri dan keturunan. 3 Kedua. karena didoakan oleh Rasulullah untuk tidak kaya. Ini juga barangkali di antara penyebab mengapa jarang sekali bujang atau gadis yang kaya raya. Turmudzi). Dalam hadits lain Rasulullah mengatakan. Pertama. maka ia bukan termasuk ummat dan golonganku". nikah juga disebut dalam konteks sebuah kenikmatan yang sangat besar (al-imtinan). perempuan yang belum bersuami". Yah. dan barang siapa yang tidak menyukai sunnahku (menikah). miskin. siwak dan nikah" (HR. والسواك والنكاح(( ]رواه الترمذى‬ Artinya: Rasulullah Saw bersabda: "Ada empat hal yang termasuk sunnah para Nabi: Malu. Dan tidak ada hak bagi seorang Rasul mendatangkan sesuatu ayat (mukjizat) melainkan dengan izin Allah.اء‬ ‫ لين : الحي‬ ‫ نن المرس‬ ‫ ن س‬ ‫عن أبي أیوب أن رسول ال صلى‬ ‫ال عليه وسلم قال : ))أربع م‬ ‫]والتعطر. Thabrani). Perhatikan firman Allah dalam surat an-Nahl ayat 72 berikut ini: ِ ‫ ات‬ ‫وال جعل لكم من أنفسكم أزواجا وجعل لكم ِن أزواجكم بنين وحفدة‬ ً َ َ َ َ َ َِ ْ ُ ِ َ ْ َ ْ ‫َ ّ َ َ َ َ ُ ْ ِ ْ َ ُْ ِ ُ ْ َ ْ َ ً َ َ َ َ َ ُ ْ م‬ ُ َ ّّ َ ِ ْ ُ َ َ َ َ ‫ورزقكم من الطيب‬ . sekalipun dia banyak hartanya" (HR. hanyalah sebuah gambaran singkat.

juga ia merupakan nikmat yang sangat besar. Ar-Rum: 21) Dengan digambarkannya dalam tiga istilah di atas menunjukkan bahwa nikah adalah sesuatu yang sangat dianjurkan. termasuk salah satu golongan yang akan dibantu dan ditolong langsung oleh Allah: ‫ ى‬ ‫ ق عل‬ ‫ ة ح‬ ‫ ال : ))ثلث‬ ‫ لم ق‬ ‫ ه وس‬ ‫ لى ال علي‬ ‫عن أبى هریرة رضي ال عنه أن رسول ال ص‬ . dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Allah secara tegas mengatakan. Perhatikan firmah Allah dalam surat an-Nur ayat 32 berikut ini: ِ ِْ ‫ ضله‬ ‫وأنكحوا الیامى منكم والصالحين من عبادآم وإمائكم إن یكونوا فقراء‬ َ َ َ ُ ُ ُ َ ْ ِ ْ ُ ِ َ َِ ْ ُِ َ ِ ْ ِ َ ِ ِ ّ َ ْ ُ ْ ِ َ َ َْ ُ ِ ْ ََ َ ْ ِ ّ ُ ِ ِْ ُ ‫یغنهم ال من ف‬ ُ ( 32 :‫وال واسع عليم )النور‬ ٌ َِ ٌ ِ َ ّ َ ُ Artinya: "Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu. dan memberimu rezki dari yang baik-baik. salah satu tanda kekuaasaan Allah. dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. ketika manusia merasa waswas dengan masalah nafkah dan rizki setelah menikah kelak. Bahkan dalam sebuah hadits dikatakan bahwa orang yang menikah dengan niat untuk menjaga kehormatan diri. karena di samping merupakan amalan sunnah para Nabi. Dialah yang akan mencukupkannya dan mengganti kefakirannya dengan kekayaan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui" (QS. Bahkan.( 72 :‫أفبالباطل یؤمنون وبنع َة ال هم یكفرون )النحل‬ َ ُ ُ ْ َ ْ ُ ّ ِ ‫َ َ ِ ْ َ ِ ِ ُ ْ ِ ُ َ َ ِ ِ ْم‬ ِ Artinya: "Allah menjadikan bagi kamu istri-istri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari istri-istri kamu itu. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tandatanda bagi kaum yang berfikir" (QS. nikah juga digambarkan sebagai salah satu tanda kekuasaan Allah. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang batil dan mengingkari nikmat Allah ?" (QS. AnNahl: 72) Ketiga. bahwa Dialah yang akan mengayakannya. Perhatikan dalam surat ar-Rum ayat 21 berikut ini: ‫ ي‬ ‫ ة إن ف‬ ‫ ودة ورحم‬ ‫ نكم م‬ ‫ ل بي‬ ‫ومن ءایاته أن خلق لكم من‬ ِ ًِّ َ ْ َ َ ًّ َ َ َُْ ْ ََ ْ ِ ْ ُ َ َ ََ ْ َ ِ ِ َ َ ْ ِ َ َ َ َ َ ْ َِ ُ ُ ْ َ ِ ً َ ْ َ ْ ُ ِ ُ ْ َ ‫أنفسكم أزواجا لتسكنوا إليها وجع‬ ( 21 :‫ذلك لیات لقوم یتفكرون )الروم‬ َ ُ ّ َ َ َ ٍ ْ َ ِ ٍ َ َ َ َِ Artinya: "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri. anak-anak dan cucu-cucu. An-Nur: 32). supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya.

serta orang yang menikah dengan maksud untuk menjaga diri (dari perbuatan tidak terpuji)" (HR. mengapa orang yang kaya umumnya adalah orang yang sudah berkeluarga. Dari sini tampak jelas. pehatikan juga ungkapan para ulama salaf bahwa wanita itu merupakan "pulsa" yang akan menambah account suaminya: ‫المرأة خير آنز یضاف إلى رصيد الرجل‬ Artinya: "Wanita adalah sebaik-baik simpanan yang akan menambah tabungan laki-laki" Masih menyangkut anjuran dan perhatian Islam dengan menikah ini. perhatikan sabda-sabda Rasulullah dan perkataan para sahabat berikut ini: ‫ أتينكم‬ ‫ إنهن ی‬ ‫ ساء ف‬ ‫ وا ا لن‬ ‫ لم: ))تزوج‬ ‫ ه وس‬ ‫لى ال‬ ‫ علي‬ ‫ ول ال ص‬ ‫ ال رس‬ ‫ ت: ق‬ ‫ شة قال‬ ‫ ن عائ‬ ‫ع‬ ‫]بالمال(( ]أخرجه ابن أبي شيبة‬ 4 Artinya: "Siti Aisyah berkata: Rasulullah Saw bersabda: "Menikahlah segera dengan wanita. Hamba sahaya yang mengadakan mukatabah dengan tuannya dan bermaksud untuk membayar tebusannya. karena ternyata. Bahkan. . ف‬ ‫ ه الفاق‬ ‫ شكو إلي‬ ‫ لم ی‬ ‫ ه وس‬ ‫لى ال علي‬ ‫ ول ال ص‬ ‫ ى رس‬ ‫عن جابر قال : جاء رجل إل‬ ‫)یتزوج )أخرجه الخطيب‬ Artinya: "Jabir berkata: "Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah Saw mengadukan kefakirannya. Ibn Abi Syaibah) ‫ أمره أن‬ ‫ ة . al-Baihaki). Turmudzi). ‫ صف‬ ‫عن عائشة قالت : قال رسول ال صلى ال عليه وسلم : ))إذا تزوج العبد‬ ‫فقد استكمل ن‬ ‫]دینه. والمكاتب الذى یرید‬ ‫الداء . المجاهد فى سبيل ال . maka sugguh ia telah menyempurnakan setengah agamanya. Maka. karena wanita itu dapat mendatangkah harta" (HR.‫ )) اف‬ ‫ د العف‬ ‫ال عونهم . termasuk dalam masalah rizkinya. Rasulullah Saw bersabda: "Apabila seorang hamba menikah. Allah "turun tangan" langsung dalam membantu dan menolong mereka yang sudah menikah. Al-Khatib). فليتق ال فى النصف الخر(( ]رواه البيهقى‬ Artinya: Siti Aisyah berkata. bertakwalah kepada Allah pada setengahnya lagi" (HR. والناآح __________الذى یری‬ [‫]رواه الترمذى‬ Artinya: "Dari Abu Hurairah. bahwasannya Rasulullah Saw bersabda: "Ada tiga kelompok manusia yang akan ditolong dan dibantu langsung oleh Allah: orang yang berjuang di jalan Allah. Rasulullah Saw kemudian menyuruhnya untuk segera menikah" (HR.

‫))قال طاوس: ))ل یتم نسك الشاب حتى یتزوج‬ Artinya: Thawus berkata: "Ibadah seorang pemuda belum sempurna sehingga ia menikah" ‫قال عمر لبى الزوائد: ))ما یمنعك من النكاح إل عجز أو فجور(( ]رواه ابن أبي‬ ‫]شيبة‬ Artinya: "Umar bin Khatab pernah berkata kepada Abu az-Zawaid: "Tidak ada yang menghalangi kamu untuk menikah kecuali dua hal: imma kamu itu lemah (lemah syahwat) ataupun kamu suka berbuat dosa" (HR. ولي ط‬ ‫]النكاح فيهن. dan pada saat itu saya masih ada waktu untuk menikah. لتزوجت: مخافة الفتنة ]رواه الطبرانى‬ Artinya: "Ibnu Mas'ud berkata: "Kalau saja usiaku tinggal sepuluh hari dan saya mengetahui bahwasannya saya akan meninggal di penghujung harinya. Rasulullah Saw bersabda: "Barangsiapa yang sudah siap untuk menikah kemudian tidak menikah. ‫ ول‬ ‫قال ابن مسعود : لو لم یبق من أجلى إل عشرة أیام .‫ م‬ ‫ م ل‬ ‫ نكح ث‬ ‫ را لن ی‬ ‫ ان موس‬ ‫ ن آ‬ ‫ لم : ))م‬ ‫عن ابي‬ ‫نجيح قال قال رسول ال صلى ال عليه وس‬ ‫]ینكح فليس منى(( ]رواه الطبرانى‬ Artinya: "Ibnu Nujaih berkata. karena takut terjadinya fitnah" (HR. Thabrany). pasti saya akan menikah lebih dahulu. وأعلم أنى أموت فى‬ ‫آخره ا. Thabrani). . maka ia tidak termasuk ummatku" (HR. Ibn Abi Syaibah).