Tugas Internet Intranet “Sistem Pembayaran E-Commerce”

Disusun oleh : Kelompok 8 Alamsyah Erwin Firmansyah Edwin Sumoaji Dian Fetricia MS (123040154) (123040108) (123040159) (123040184)

Deni Ganda Kusuma (123040171)

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA 2008

4. dan pembayaran untuk produk dan jasa. transaksi dilakukan langsung antara dua pihak tanpa perantara menggunakan uang nasional-nya. uang elektronik yang di enkripsi. e-commerce menyediakan banyak alternatif. Mekanisme Micropayment ini penting dikembangkan karena sangat diperlukan pembayaran receh yang kecil tanpa overhead transaksi yang tinggi. alternatif lainnya adalah dengan menggunakan ecash. terdapat 5 mekanisme yaitu : 1.BAB I PENDAHULUAN Pengertian E-Commerce E-Commerce mencakup seluruh proses online pengembangan. 2. E-cash sebenarnya merupakan suatu account khusus untuk pembayaran melalui . dalam bahasa sederhananya adalah pembayaran untuk uang recehan yang kecil-kecil. kredit maupun check masuk dalam kategori ini. Selain kartu kredit. pemasaran. 5. Pembeli yang telah mempunyai kartu kredit dapat menggunakan kartu tersebut untuk pembayaran. Caranya adalah dengan terlebih dahulu mendaftar sebagai customer pada web tersebut. Kang Onno Purba. umumnya proses pembayaran yang menyangkut debit. Transaksi model-ATM. intranet. Pembayaran dua pihak tanpa perantara.com). ekstranet. Pembayaran dengan perantaraan pihak ke tiga. penjualan. pengiriman. Untuk pembayaran.commerce Metode pembayaran di internet menurut pakar internet. Uang elektronik menjamin privacy dari user cash tetap terjamin sama seperti uang kertas maupun coin yang kita kenal. Micropayment. Sistem Pembayaran e. Anonymous digital cash. dan teknologiteknologi lainnya yang mendukung setiap langkah dari proses transaksi e-Commerce. pelayanan. 3. di dahului oleh David Chaum dengan Digicash-nya ( http://www. yang menyangkut hanya institusi finansial dan pemegang account yang akan melakukan pengambilan atau mendeposit uangnya dari account masing-masing.digicash. Sistem eCommerce mengandalkan sumber dari Internet.

Pembayaran ini membutuhkan nomor cek milik customer.internet. Untuk softwarenya. user harus memiliki ‘smart card reader’. Alternatif lain dalam pembayaran di internet adalah dengan menggunakan smartcard. Dengan keterbatas pengetahuan dan referensi yang kami dapatkan kami menyimpulkan terdapat 2 kriteria mekanisme pembayaran e – commerce. Pemakaian smartcard ini hampir sama dengan pemakaian kartu ATM yang biasa dipakai untuk berbelanja. Pada saat melakukan transaksi. Account tersebut dibuka dengan menggunakan kartu kredit yang dipunyai sebelumnya. Contoh web site yang telah menyediakan smartcard untuk pembayaran adalah http://www. Customer hanya perlu mengisi pada account e-cashnya untuk digunakan. Untuk pembayaran di internet. Selain dengan ketiga cara di atas. Dalam pemakaiannya. terdapat alternatif pembayaran yang relatif baru dan belum begitu populer. yaitu metode pembayaran dengan menggunakan cek. sehingga chip yang terdapat di kartu dapat dibaca oleh komputer.com.icheck. kartu smart card harus digesekkan ke alat tersebut.com. Web site yang menyediakan penjelasan mengenai cara pembayaran ini adalah http://www. smartcard dikenal dengan istilah cash card. Di Singapura. alat khusus ini disambungkan ke port serial di komputer. digunakan software bernama ‘e-wallet’.discvault. Yaitu Sistem pembayaran on-line dan of-line . uangnya didebet langsung dari account di bank. yaitu pada saat transaksi. Alternatif ini adalah penggunaan iCheck.

Pembayaran dua pihak tanpa perantara transaksi langsung antara dua pihak tanpa perantara menggunakan uang nasionalnya 2. SISTEM PEMBAYARAN ON-LINE • • Pembayaran dua pihak tanpa perantara Pembayaran dengan perantara pihak ketiga melakukan pengambilan dari account masing-masing 1. SSL Konsumen merubah mata uangnya ke dalam bentuk mata uang cyber • Sistem uang neto (net money) – • Sehari-hari – – – Pemegang kartu (card holder) Penerbit kartu kredit: issuer (bank) Pedagang (merchant) . • Sistem pihak ketiga (3rd party system) – – Pihak ketiga berfungsi sebagai agen antara pedagang / penjual & konsumen / pembeli Tugasnya memeriksa kartu kredit konsumen (menolak atau menyetujui transaksi) lalu mengeluarkan dana untuk pembayaran kepada pedagang – – • Pelanggan membuka account dengan kartu kredit atau kartu debit. kemudian memilih nomor pin dan password Paypal. Pembayaran dengan perantara pihak ketiga proses pembayaran menyangkut debit.BAB II PEMBAHASAN A. Paymate Sistem sertifikat – – Melibatkan sertifikat digital sebagai media yang akan menampilkan kartu kreditnya SET. kredit maupun check.

untuk persyaratan pendaftaran dan seterusnya ikuti petunjuk-petunjuk selanjutnya. Selain itu dana anda di E-gold dapat ditarik melalui ATM khusus di semua mesin ATM berlogo Cirrus. dan Mastercard.. E-gold sudah diakui oleh banyak merchant di seluruh dunia dalam melakukan transaksi on-line. berkedudukan di Nevis .. dan apakah anda berminat untuk mendapatkan account e-gold ? Jika anda berminat silahkan register. Anda dapat membuka rekening tanpa dikenakan biaya seperti halnya bila anda membuka rekening di bank. dikeluarkan oleh e-gold Ltd. bukan merupakan mata uang nasional suatu negara.GOLD E-gold adalah suatu alat pembayaran digital baru. Anda dapat merubah e-gold ke dalam bentuk mata uang lain (US Dollars. E-gold adalah suatu mata uang seperti halnya rupiah dan dollars. berinvestasi di HYIP. dan sebaliknya). Anda dapat memanfaatkan rekening e-gold ini untuk menerima pembayaran. Maestro.. Deutche Mark. klik create an account. berlaku global. Malahan setiap transaksi dilakukan secara elektronis melalui internet. melakukan pembayaran. setelah itu anda dapat memasukkan dana anda ke rekening e-gold dengan cara membeli e-gold.– • Bank tempat pedagang membuka account untuk menampung uang kartu (acquirer) Saat transaksi – – Merchant mengkalkulasi jumlah harga pembelian dan menggesek kartu kredit pada terminal POS elektronik Informasi dari pita magnetik kartu akan dikirim ke acquirer untuk diautorisasi DEFINISI E.. Anda telah tahu mengenai apa dan bagaimana e-gold secara sekilas. dan sebagai media pembayaran yang sah. . Ini berarti tidak ada suatu negara yang mengeluarkan uang kertas ataupun logam dalam mata uang e-gold. E-gold memiliki website yang dijamin keamanannya dengan secure server 128 bit SSL.. Pounds . Nilai transaksi adalah berdasarkan berat emas murni. dan ditampilkan dalam bentuk rekening tabungan e-gold. standar nilainya didasarkan pada 100% harga emas murni yang berlaku di pasar dunia. dan sebaliknya anda dapat mencairkan dana e-gold anda dengan cara menjualnya. setelah berhasil masuk kedalam situs tersebut.

setelah itu anda dapat memasukkan dana anda ke rekening e-gold dengan cara membeli e-gold. isian ini adalah Password Account E-Gold Anda.gcitrading. adalah nama account E-Gold Anda. Membayar tagihan. 7.Melakukan pembayaran. kalau diisi maka isilah dengan gambaran diri Anda 6. 2. lansung sampai ke rekening tujuan. misal : sukses77 Description boleh diisi boleh juga tidak. 5. Buka website E-Gold. 3.egold.com Menyimpan emas secara praktis dan efisien. isian ini sebaiknya sama dengan Account Name Alternate Passphrase. misalnya di www.com . e-commerce. Silahkan klik link berikut di https://www.betonmarkets. User Name. Membuka Account E-gold 1.com Setelah muncul halaman E-Gold klik Create Account Bacalah User Agreement. Anda dapat membuka rekening tanpa dikenakan biaya seperti halnya bila anda membuka rekening di bank. Payrol.Manfaat E-Gold Berbelanja online. jika telah menyetujui klik I agree. sebaiknya sama dengan Alternate Passphrase .com dan di www. Transfer antar e-gold adalah Real Time. dan sebaliknya anda dapat mencairkan dana e-gold anda dengan cara menjualnya. Menyumbang. Anda dapat memanfaatkan rekening e-gold ini untuk menerima pembayaran dan melakukan pembayaran.html. Account Name.e-gold. E-gold mengenakan fee transfer yang dapat anda lihat di http://www.com/newfees. E-gold memiliki website yang dijamin keamanannya dengan secure server 128 bit SSL. New E-Gold Account Passphrase. diisi dengan gabungan huruf dan angka minimal 6 karakter 8. Spekulasi/trading. kemudian isilah formulir 4. misalnya di: goldstores.

Isilah Account dan Passphrases kemudian diikuti Turing Number sesuai nomor yang nampak di sebelah kanan.9. Selanjutnya jika ingin melihat jumlah saldo uang Anda. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan dan menghindari pembajakan 16. isilah dengan angka acak yang selalu berubah di sampingnya 11. Klik open 12. Cek email Anda dari E-Gold. selanjutnya adalah mencoba membuka rekening Anda dengan mengklik link http://www. New E-gold Account Passphrase Again. Mengetahui rincian transaksi(print out) silahkan klik HISTORY. Mirip dengan PIN ATM kita di bank. Nomor Account E-Gold akan dikirim ke alamat email Anda sesuai yang telah isikan di atas dalam proses isian registrasi 13. Mentransfer uang Anda tekan SPEND 17. jadi catat dan jangan sampai lupa serta jangan diberitahukan dengan orang lain. 10. klik ACCOUNT INFO. Jangan lupa. harus sama dengan new E-Gold Account Passphrase. selalu akhiri menekan LOGOUT jika selesai menggunakan rekening Anda .e-gold. Turing Number Entry. Nomor ini akan selalu berganti setiap kali Anda mengakses Account Anda. catat nomor Rekening E-Gold Anda karena nomor tersebut akan selalu diminta untuk mengakses rekening E-Gold Anda. Untuk merubah data pribadi Anda. Yang perlu DICATAT adalah passphrase akan selalu digunakan untuk masuk ke dalam Account E-Gold Anda.com. klik gambar timbangan (BALANCE). Sama seperti Nomor Rekening Bank Anda di Internet 14. klik link Access Your Account 15. Setelah Anda punya rekening E-Gold.

Fungsi para 'merchants' tersebut adalah menukar uang anda dengan emas. Tips Menjaga Keamanan E-Gold Anda Karena E-Gold berisi uang. tergantung jasa yang menawarkan. Di situs resmi E-Gold banyak sekali tersedia 'merchant-merchant' ini. dan banyak pula 'merchant' dari Indonesia.com www.com www.dewaegold.com Pembelian/ penjualan E-Gold dari/ ke rekening bank (jual beli E-Gold) kita akan diproses kurang dari 24 jam.com www. Jangan pakai Passphrases E-Gold Anda untuk daftar pada program apapun . bisa dilakukan melalui jasa para 'merchant' (pedagang).greatachiever.plazaegold. Beberapa Merchant E-Gold di indonesia dan sekitarnya yang sudah dipercaya adalah : www. Pada saat registrasi E-Gold.Menguangkan E-gold Untuk mengisi account E-Gold Anda tersebut dan juga untuk 'menguangkan' kembali emas Anda.com www.enamdelapan.com www.indochanger.tokoegold. Ikuti langkah-langkah pengamanan berikut : 1. dan menukar emas Anda dengan uang (sesuai mata uang Anda/ rupiah atau yang lainnya). sebaiknya Anda isi alamat rumah yang sebenarnya karena apabila anda lupa password loginnya maka satu-satunya jalan untuk mendapatkan password baru adalah dengan mengirim email ke EGold dan E-Gold akan mengirim password baru ke alamat rumah Anda melalui surat/pos (tidak bisa lewat email) 2. maka rentan terhadap pencurian apalagi jika menggunakan fasilitas umum seperti Warnet.

3. Bersihkan selalu komputer yang telah Anda pakai membuka Account EGold sebelum Anda tinggalkan dengan menghapus semua data yang ada di directory C:\WINDOWS\Cookies. C:\WINDOWS\History dan C:\WINDOWS\Temporary Internet Files 7. untuk mengubah password Anda menjadi karakter yang tidak terbaca. Hati-hati apabila Anda menggunakan komputer public seperti di warnet atau lab komputer. jika ingin memasukkan password ini (ini jika anda pakai terminal pribadi) 5. Ubahlah password/passphrases secara berkala dan gunakan gabungan huruf dan angka yang sulit ditebak dan lebih dari 10 karakter. Abaikan saja atau hapus. Hal ini untuk menghindari password Anda disadap dengan software keylogger yang dapat merekam key yang Anda tekan. gunakan tombol SRK di kanan isian. 4. Anda tidak mengetik passwordnya tapi memilih huruf dan angka di window kecil yang muncul menggunakan mouse. Jangan pernah menyimpan data username dan password Anda tersebut pada harddisk komputer meskipun itu komputer pribadi Anda CYBERCRIME Pencurian kartu kredit Hacking dan Cracking beberapa situs Penyadapan transmisi data dgn cara menyiapkan perintah yang tidak dikehendaki ke dalam program komputer . Admin E-Gold tidak pernah mengirim email yang ada linknya ke member. Saat mengisi password/passphrase login. karena bisa saja dipasangi keylogger yang langsung bisa mengirim hasilnya ke email penyadap 6. Jika ada kiriman email yang meminta Anda mengklik link nya dan memasukkan Passphrases maka sebenarnya mereka adalah hacker yang sengaja akan mencuri rekening E-Gold Anda dan membuat web mirip dengan E-Gold. rekam password Anda dalam file misalnya untuk kemudian Anda bisa lakukan copy/paste. gunakan program pengacak misalnya.

dan dilakukan secara melawan hukum.S (1996) : Communication Assistance For Law Enforcement Act Tellecomunication Service KEAMANAN Tujuan dasar Keamanan Konsep dasar yang berkaitan dengan keamanan e-Commerce Jenis-jenis Keamanan Perlindungan . Singapura (1998) : The Electronic Act (Transaksi Elektronik) The Electronic Communication Act(ECPA) A. Bila satu dari unsur itu tidak ada. dengan maksud untuk dimiliki. seseorang tentu tidak bisa dikatakan mencuri.Dalam cybercrime dimungkinkan adanya : Delik Formil Masuk ke computer orang lain tanpa ijin Delik materiil Menimbulkan kerugian bagi orang lain Kasus-kasus Cybercrime Penipuan lelang online Penipuan saham online Penipuan pemasaran berjenjang online Penipuan kartu kredit CYBERLAW Indonesia : KUHP pasal (362) unsur mencuri meliputi mengambil suatu barang yang sebagian atau seluruhnya kepunyaan orang lain.

Konsep Dasar Yang Berkaitan Dengan Keamana E-Commerce Security Policy Satu set aturan yang diterapkan pada semua kegiatan pengaman an pada sistem komunikasi dan komputer yang dimiliki oleh organisasi yang bersangkutan. Authorization Bagian dari security policy. Availability Jaminan bhw hanya pengguna sah (orang yang berhak) saja yg bisa mengakses informasi miliknya sendiri Legitimate user Jaminan kepastian bhw sumber informasi tdk diakses oleh org yang tidak berhak/ bertanggung jawab.Tujuan Dasar Keamanan Confidentiality Jaminan bahwa informasi yang dikirim melalui internet tidak dapat dibuka atau di ketahui oleh orang yang tidak berhak. berupa pemberian kekuatan secara hukum kepada pengguna / user untuk melakukan segala aktivitas nya. Integrity Jaminan konsistensi data informasi sesuai dengan data asli shg terhindar dari penduplikatan dan perusakan data. Accountability .

makin tinggi Vulnarablenya maka semakin tinggi pula tingkat risknya. Vulnerabilities bagian dari sistem yg mudah rusak atau diserang krn adan sela-sela keamanan yg bisa ditembus. D. Risk Analysis . ada dua macam attack : ..Passive Attack .Bagian yg mendasari security policy. Risk perkiraan nilai kerugian yg ditimbulkan oleh kemungkinan ada nya attack yang sukses. Dimana bila individu yang berhak ingin mengakses accountnya harus dijamin oleh securiy policy tsb.Active Attack Safeguards kontrol secara fisik. An Attack Realisasi dari ancaman. mekanisme dari kebijaksanaan dan prosedur yang melindungi informasi berharga dari ancaman yang mungkin datang setiap saat. bahwa ia benar-benar bisa melakukan segala aktivitasnya. sesuatu atau kejadian yg bisa membahayakan aset-aset yg berharga khsusnya yg berhubungan dengan tujuan keamanan. A Threat Kemungkinan munculnya seseorang.

Keamanan Komputer Perlindungan terhadap sistem informasi komputer. sistem kontrol 4. dan jaminan data tidak hilang . Keamanan secara fisik satpam. 2. Keamanan Komunikasi Perlindungan terhadap informasi ketika dikirim dari sebuah sistem ke sistem lain. Keamanan media yang digunakan Harddisk. Keamanan personal Kepribadian operator (org2 yg mengoperasikan sistem) 5. pintu terkunci. Keamanan administrasi Pencatatan kejadian pada H/W atau S/W 6.proses yang menghasilkan suatu keputusan apakah pengeluar an yang dilakukan terhadap safeguard benar-benar bisa menjamin tingkat keamanan yang diinginkan. Jenis Keamanan 1. 3.

1.Data origin authentication Informasi sah/tidaknya sebuah identitas 2. dari akses yang tidak berhak 3. Authentication service Memberikan konfirmasi pengesahan terhadap identitas pengguna. Confidentiality Service Memproteksi informasi yang kira-kira menjadi incaran akan disingkap oleh orang lain 4.PERLINDUNGAN Perlindungan yang dilakukan pada keamanan komunikasi dan Komputer. Non repudiation Service Perlindungan terhadap user dari ancaman user yang berhak lainnya. atau user ID Informasi dalam cookies dikirim oleh browser untuk dibaca server sebagai bagian dari HTTP request Server memiliki akses untuk membuat. menginisialisasi dan mengubah parameter cookie Masa habis berlaku (expiration time) User ID. . Cookies Unit informasi yang disimpan di komputer client dalam bentuk text file Diciptakan dan digunakan oleh server untuk mengingat informasi tentang user seperti pilihan options. Data integrity services Melindungi terhadap ancaman dari usaha orang yang akan mengubah data 5. password yang dienkripsi Alamat server yang dituju. dsb .Entity authentication Pintu gerbang masuk pertama (password) . Access Control services Melindungi semua fasilitas dan sumber-sumber yang ada.

router atau peralatan komunikasi yang menyaring akses untuk melindungi jaringan dari gangguan ilegal. software. atau bisa juga berupa seperangkat aturan dan prosedur (policy) yang ditetapkan oleh organisasi 2 komponen pokok firewall: Packet filter: menyaring semua paket yang masuk dan keluar pada port-port internet Network Address Translation (NAT): pelindung detail IP address private yang digunakan dalam LAN untuk digunakan ke jaringan Internet Namun juga dapat menyebabkan seorang pembobol sistem menjadi susah dilacak karena IP-nya tersembunyi . kecelakaan atau tindak kejahatan Bisa berupa hardware.Firewall Dapat berupa sebuah komputer.

Firewall tidak dapat melindungi dan melawan lalu lintas data yang tidak melewatinya (sistem backdoor) 3. atau memodifikasi program 2. misalnya perusahaan menetapkan penggunaan NAT sehingga hanya user atau group tertentu yang boleh keluar. Mencatat log aktifitas user sebagai dokumentasi statistik tentang penggunaan jaringan Kelemahan Firewall 1. hanya protokol tertentu yang aktif.Kelebihan Firewall 1. Mendukung security policy. Firewall tidak dapat melindungi dan melawan virus. Sebagai fokus keputusan security Pos pemeriksaan paket data yang keluar-masuk 2. dan nomor port. scanning hanya ditujukan ke alamat sumber. hanya beberapa aplikasi yang boleh akses keluar. berusaha menyalin data ke dalam disket. Firewall tidak dibuat untuk penyerang “orang dalam” yang misalnya. alamat tujuan. dsb 3. bukan data yang rinci .

commerce . 2 platform itu memberikan jaminan keamananpada website berbasis e commerce kita Kami berharap khususnya masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia pada umumnya tidak lagi meragukan untuk bertransaksi dalam hal bisnis atau yang lainnya mealui website e. Misalnya melakukan pembelian sertifikasi yang disediakan oleh rappid SSL atau hacker save.BAB III KESIMPULAN E-commerce mempunyai banyak sekali kemudahan terutama bagi para user yang enggan melakukan transaksi bisnis atau yang lainnya secara efektif dan efisien. Sebetulnya anggapan mereka salah karena apabila kita ingin membangun website yang berbasis e commerce telah mempunyai validitas keamanan. Namun yang menjadi masalah para user meragukan keamanan dari website2 e commerce.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful