Malang, 9-12-2005. Ibadah Perayaan Natal Yoh.

3:16 “Perjumpaan dengan Tuhan membawa perubahan” Di Tahun 70-80 an Bimbo Group menyanyikan lagu tentang tangan yang sangat terkenal. Bunyi lagu tersebut begini : Orang yang gampang memukul, kita sebut ringan tangan Orang yang hobinya maling, kita sebut panjang tangan Orang yang kita percaya, kita sebut kaki tangan Kalau anda setuju, kita akan jabat tangan Meraba, membelai, menulis dan memegang Menggaruk, mencubit, memukul dan hompimpa Semuanya pakai tangan Lagu itu hendak berkata bahwa tangan adalah penting. Tangan adalah anggota tubuh yang paling sibuk. Masih banyak lagi pekerjaan yang dapat dilakukan oleh tangan. Pagi, siang, malam, tangan terus saja melakukan kesibukkannya. Lalu apa hubungannya Natal, kelahiran Tuhan Yesus dengan tangan. Dalam Alkitab ada banyak ungkapan tentang tangan Allah. Kalau Allah marah, Alkitab berkata : tangan Allah diacungkan, tangan Allah menimpa, tangan Allah menekan. Tangan Allah memukul Alkitab juga menggambarkan tangan Allah sebagai tangan yang memelihara. Tangan Allah mengatur perputaran roda sejarah manusia dan dunia. Kita mungkin berpikir : Kalau tangan Allah mengatur dunia ini, lalu mengapa dunia ini kusut semerawut. Kusutnya hidup ini bukan karena tangan Allah kurang menjangkau hidup manusia dan dunia ini, tetapi karena tangan manusia yang mengacaukannya.

1

yaitu : Kemungkinan pertama Allah lepas tangan. 2 . Kemungkinan mana yang Allah tempuh ? ternyata tidak satupun kemungkinan di atas yang ditempuhnya. Apa motifasi Allah turun tangan ? Yohanes 3 : 16 mengatakan bahwa karena cintanya. akan memperoleh hidup yang kekal. Di dalam dan melalui Yesus Kristus. akan mendapatkan keselamatan. Kemungkinan kedua adalah Allah gatal tangan. yaitu dengan cara : Allah turun tangan. Kalau manusia tidak menyambut cinta kasih Allah. Allah berpangku tangan.Lalu. Itulah peristiwa Natal. Allah telah mengorbankan diriNya untuk menyelamatkan manusia dan dunia ini. Manusia yang menyambut cinta kasih Allah. menghukum dunia. Namun cinta tidak akan bermakna kalau bertepuk sebelah tangan. dilahirkan ke dalam dunia ini dengan satu misi untuk menyatakan cinta kasih Allah kepada manusia dan dunia ini. Natal adalah Allah mengulurkan tangan. Allah memilih caranya sendiri untuk menyelamatkan manusia. karena dunia ini sudah payah untuk diurus. apa yang diperbuat Allah terhadap manusia dan dunia ini ? Ada beberapa kemungkinan yang sering diungkapkan oleh manusia. Karena cinta yang begitu kuat manusia sanggup mengorbankan nyawanya. Natal Allah adalah turun tangan. Artinya Allah ingin menghukum manusia dan dunia ini. karena kasihnya. Ia hendak menyelamatkannya melalui cara pengorbanan. Kemungkinan ketiga adalah Allah angkat tangan. Allah menjatuhkan tangannya. Itulah yang terjadi dalam peristiwa Natal. putus asa. Cinta kuat seperti maut. kewalahan. Lalu Allah hanya menonton saja. maka tidak ada keselamatan yang diperoleh manusia. Yesus dikaruniakan. Allah masa bodoh. yaitu barangsiapa yang percaya kepadaNya.

Hal ini membawa kita pada perubahan yang besar. sang bayi natal. dalam cara kita memandang dunia ini. yaitu kita yang seharusnya dibinasakan Allah karena dosa-dosa kita. yaitu Allah sedang bekerja untuk menyelamatkan dunia ini. kita diselamatkan Allah. maukah kita juga menyodorkan tangan kita. yaitu ketika kita berpegang pada FirmanNya. maka akan ada perubahan besar dalam hidup kita. Kalau kita mau menyambut tangan Allah. Allah sudah menyodorkan tanganNya. maka itulah perjumpaan dengan Allah. namun sekarang kita diselamatkan Allah karena kita menyambut cinta kasih Allah. dapat terjadi melalui FirmanNya. Perjumpaan Allah dengan kita manusia yang sekarang. Allah menawarkan keselamatan melalui Yesus Kristus. dan Allah memakai kita menjadi utusanNya untuk menyatakan keselamatan Allah. 3 .Allah sudah mengulurkan tanganNya. Allah dan manusia berjabat tangan. membawa damai sejahtera. Itulah perubahan terbesar yang kita peroleh yaitu : melalui Yesus Kristus. dan manusia menyambut keselamatan itu dengan penuh sukacita. sehingga Allah dan kita manusia dapat berjabat tangan ? Kalau hal itu terjadi. Amin.