KACANG DISCO RENYAH

Bahan: 250 gr kacang tanah 6 siung bawang putih 2 sdt garam 1 sdm ketumbar,disangrai, haluskan 2 kuning telur 1 butir telur 125 ml air 2 sdm gula merah,disisir 100 ml santan dari 1/4 butir kelapa 200 gr tepung kanji 75 gr tepung maizena minyak u/menggoreng Cara Membuat : - Aduk rata kacang + bawang putih + garam + ketumbar - Tambahkan telur dan santan, aduk - Tambahkan air sedikit demi sedkit, sambil diaduk - Masukkan kanji + maizena,sekaligus, aduk rata - Goreng hingga kekuningan dan renyah http://dapurkita.blogspot.com/2010/04/kacang-telur-renyah.html

KACANG TELUR
Resep by: fatmah bahalwan

Bahan: 500 gr kacang tanah 2 btr telur 200 gr gula pasir 1 sdt garam halus ½ sdt vanili 450 gr tepung terigu 1 ltr minyak goreng Cara membuatnya: - Cuci bersih kacang tanah, tiriskan, taruh dalam nampan, biarkan kering. - Kocok telur, gula dan garam hingga kental. Sisihkan. - Ambil sebagian kacang, beri 3 sendok makan adonan telur, aduk rata. Taburi dengan tepung terigu, ratakan hingga kacang berbulir-bulir terbalut tepung. Lakukan 2 hingga 3 kali proses ini, sehingga lapisan tepung cukup tebalnya. Ambil lagi sebagian kacang, proses pelapisan lagi, demikian seterusnya hingga kacang terbalut tepung semua. - Panaskan minyak goreng dengan api sedang, goreng kacang hingga kuning kecoklatan. Angkat, dinginkan. Kemas dalam toples.(fb)

PERALATAN 1) Panci. Pelapisan dengan menggunakan tampah -Kacang tanah dicampur dengan sedikit lem berbumbu. Setelah itu. -Ke dalam molen yang sedang berputar dimasukkan sedikit tapioka. 2) Bawang putih (16 siung). Setelah semua lem melapisi kacang. 3. kedalam molenyang masih berputar dimasukkan sedikit lem. 4. . Tapioka (1 sendok) dicampur dengan air (15 sendok). TTG PENGOLAHAN PANGAN 4) Pelapisan kacang tanah dengan tapioka a. BAHAN 1) Kacang tanah (1 kg). Kacang tanah dijemur sampai kering dikeringkan dengan alat pengering sampai benar-benar kering. CARA PEMBUATAN 1) Pengeringan kacang tanah. 4) Tapioka (250 gram). 3) Molen kacang atom. b. Hasil yang diperoleh disebut dengan lem berbumbu. Yang diperoleh disebut dengan lem setengah masak. Pelapisan dengan menggunakan mesin molen -Kacang tanah dicampur dengan sedikit lem berbumbu.KACANG ATOM 1. Pembuatan kacang atom cukup sederhana dan tidak mahal biayanya. kemudian kacang yang terlapis dengan lem berbumbu dimasukkan.Setelah semua tapioka melapisi kacang. Bawang dan garam digiling sampai halus sekali. bumbu ini dicampur dengan air dan diaduk sampai rata. Hasil yang diperoleh disebut dengan kacang atom mentah. kemudian diaduk sehingga semua kacang terbalut oleh lapisan tipis lem berbumbu. kemudian diaduk sehingga semua . PENDAHULUAN Kacang atom adalah kacang tanah yang dibalut dengan adonan tapioka kemudian digoreng sampai kering dan garing. sementara itu molen tetap dibiarkan berputar. 3) Penghalusan bumbu dan pencampuran dengan lem. dimasukkan lagi tapioka. 2. Campuran ini dimasak sampai agak matang (warna putih keruh). 2) Wajan. Demikian dilakukan seterusnya sampai lapisan dianggap sudah mencukupi tebalnya. 3) Garam (4 sendok). 2) Pembuatan lem.

id KACANG BAWANG Bahan: 1 kg kacang tanah yang bagus 2 sdt bawang putih parut 2 sdt garam 1 liter santan minyak goreng 6 siung bawang putih.kacang terbalut oleh lapisan tipis lem berbumbu. goreng Cara membuat: # Taruh kacang tanah dalam mangkuk. Sumber: www. dan santan. Angkat. # Campur bawang. Untuk 1 kg . 6) Pengemasan Kacang atom dikemas di dalam kantong plastik atau kotak kaleng yang tertutup rapat yang tidak dapat dimasuki oleh uap air. Aduk rata. # Simpan dalam stoples bertutup rapat. # Goreng dalam minyak banyak di atas api sedang secara bertahap sambil aduk-aduk hingga kacang kering kecokelatan. tiriskan. Hasil yang diperoleh disebut dengan kacang atom mentah. garam. # Rendam kacang dalam santan berbumbu selama 2 jam.go. dinginkan. Kemudian kacang tanah yang telah dilapisi lem berbumbu diletakkan di atas lapisan tapioka pada tampah. . Setelah matang kacang diangkat dan ditiriskan. Setelah itu tampah digoyang-goyangkan sehingga semua tapioka melapisi kacang. 5) Penggorengan Kacang atom mentah digoreng di dalam banyak minyak panas (suhu 170°C) sambil diaduk pelan-pelan sampai matang. Tuangi air mendidih. # Tiriskan kacang.ristek. iris tipis. Biarkan hingga airnya dingin.Sedikit tapioka ditaburkan ke atas tampah. Proses ini diulang-ulang sampai lapisan tapioka pada kacang dianggap cukup tebal. # Tambahkan bawang putih goreng. tiriskan. Kupas kulit ari kacang.