P. 1
1._Sepuluh_Prinsip_Ekonomi

1._Sepuluh_Prinsip_Ekonomi

|Views: 153|Likes:
Published by Ikbal Zakariya

More info:

Published by: Ikbal Zakariya on Mar 03, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/07/2015

pdf

text

original

1

PENDAHULUAN

1

10 Prinsip Ekonomi

. ..Kata Perekonomian berasal dari kata Yunani untuk "orang yang mengelola sebuah rumah tangga..Ekonomi. .µ . ..

SEPULUH PRINSIP EKONOMI Sebuah rumah tangga menghadapi banyak keputusan: yang akan bekerja dan imbalannya apa? } Apa barang dan berapa banyak yang harus diproduksi? } Sumber daya apa yang harus digunakan dalam produksi? } Berapa harga barang yang akan dijual? } Siapa .

.SEPULUH PRINSIP EKONOMI Masyarakat dan Kelangkaan Sumberdaya: } Pengelolaan sumber daya masyarakat adalah penting karena sumber daya yang langka. } Kelangkaan. . berarti masyarakat memiliki sumber daya yang terbatas dan karena itu tidak dapat menghasilkan semua barang dan jasa yang ingin dimilikinya. .

SEPULUH PRINSIP EKONOMI Ilmu Ekonomi adalah studi tentang bagaimana masyarakat mengelola sumber daya yang langka. .

} Orang-orang merespons insentif. . } Orang rasional berpikir tentang margin.SEPULUH PRINSIP EKONOMI Bagaimana orang membuat keputusan. } Biaya sesuatu adalah apa yang Anda serahkan untuk mendapatkannya. } Orang menghadapi pengorbanan (tradeoffs).

} Perdagangan bisa membuat semua orang lebih baik. } Pasar biasanya cara yang baik untuk mengatur kegiatan ekonomi. } Pemerintah kadang-kadang dapat meningkatkan hasil ekonomi.SEPULUH PRINSIP EKONOMI Bagaimana orang berinteraksi satu sama lain. .

SEPULUH PRINSIP EKONOMI Kekuatan dan tren yang mempengaruhi bagaimana perekonomian bekerja secara keseluruhan } Standar hidup tergantung pada produksi suatu negara. . } Harga naik ketika pemerintah mencetak terlalu banyak uang. } Masyarakat menghadapi tradeoff jangka pendek antara inflasi dan pengangguran.

Prinsip #1: Orang menghadapi Tradeoffs. ´Tidak ada seperti makan siang gratis!µ .

Prinsip #1: Orang menghadapi Tradeoffs. Untuk mendapatkan satu hal. . ekuitas Membuat keputusan memerlukan pertukaran satu tujuan terhadap yang lain. } Senjata v. Kerja } Efisiensi v. kita biasanya harus mengorbankan hal lain. Mentega } Makanan v. Pakaian } waktu senggang v.

Ekuitas } Efisiensi berarti masyarakat mendapatkan sesuatu dari sumber daya yang langka. Efisiensi v.Prinsip #1: Orang menghadapi Tradeoffs. . } Ekuitas berarti manfaat dari sumber daya yang didistribusikan secara adil di antara para anggota masyarakat.

} Keputusan } } } membutuhkan perbandingan biaya dan manfaat sebagai alternatif. . Apakah untuk kuliah atau bekerja? Apakah untuk belajar atau pergi berkencan? Apakah pergi ke kelas atau tidur? } Biaya kesempatan dari item di atas adalah apa yang Anda korbankan untuk mendapatkan item tersebut.Principle #2: Biaya adalah Apa yang Anda Korbankan untuk mendapatkan sesuatu.

. bintang basket LA Laker: Kobe Bryant memilih untuk tidak kuliah dan langsung dari SMA ke profesional di mana dia telah menerima jutaan dolar.Principle #2: Biaya adalah Apa yang Anda Korbankan untuk mendapatkan sesuatu.

Orang membuat keputusan dengan membandingkan keuntungan marjinal dan biaya marjinal .Principle #3: Orang Rasional Berpikir pada Batas-Batas. } Perubahan Marginal (Marginal changes) menjelaskan penyesuaian terhadap rencana kerja yang sudah ada sebelumnya.

Principle #4: Orang tanggap terhdap insentif } Perubahan biaya marjinal dan keuntungan marjinal memberikan motivasi orang untuk menanggapi } Keputusan untuk memilih alternatif diantara lainnya karena keuntungan marginal lebih tinggi daripada biaya marjinal .

} Orang mendapatkan keuntungan dari perdagangan dengan orang lain } Kompetisi menghasilkan keuntungan dari perdagangan } Perdagangan memungkinkan orang menspesialisasi pekerjaannya.Principle #5: Perdaganan menguntungkan semua pihak. .

} } Rumah tangga menentukan akan kerja di perusahaan apa dan akan membeli apa dengan pendapatannya. .Principle #6:Pasar adalah tempat yang baik untuk mengorganisasikan kegiatan ekonomi } Perekonomian pasar (market economy) sebuah ekonomi dimana keputusan dari perencana yang terpusat digantikan oleh keputusan dari banyak perusahaan dan rumah tangga yang saling berinteraksi di pasar. Perusahaan memutuskan siapa yang akan dipekerjakan dan barang yang akan dihasilkan.

harga-harga memandu para pengambil keputusan mencapai hasil yang memaksimalkan kesejahterahaan masyarakat secara keseluruhan.Principle #6: Pasar adalah tempat yang baik untuk mengorganisasikan kegiatan ekonomi. Hasilnya. } Adam Smith merumuskan pengamatan bahwa semua rumahtangga dan perusahaan yang berinteraksi di pasar bertindak seolah-olah dibimbing ´tangan tak tampakµ (invisible hand) } } Karena rumahtangga dan perusahaan mempertimbangkan harga saat mengambil keputusan untuk menjual dan membeli. . tanpa sadar memperhitungkan manfaat dan biaya dari tindakan mereka secara sosial.

. } Kegagalan Pasar (Market failure) merujuk pada situasi dimana pasar gagal mengalokasikan sumbersumber daya yang efektif. } Ketika pasar gagal (breaks down).Principle #7: Pemerintah terkadang mampu meningkatkan hasil dari pasar. pemerintah dapat mengintervensi untuk meningkatkan efisiensi dan ekuitas.

kemampuan sekelompok orang untuk mengatur harga-harga di pasar. Kukuasaan pasar (market power). yaitu dampak tindakantindakan seseorang terhadap kemakmuran orang disekitarnya. .Principle #7: Pemerintah terkadang mampu meningkatkan hasil dari pasar. } Penyebab } kegagalan pasar } Eksternalitas (externality).

} Standar } } hidup dapat diukur dengan cara Membandingkan pendapatan pribadi Membandingkan produktivitas suatu negara.Principle #8: Standar hidup suatu negara bergantung pada kemampuannya menghasilkan barang dan jasa. .

} Produktivitas adalah jumlah barang dan jasa yang dihasilkan dari setiap jam dari waktu pekerja. } Hampir semua variasi dalam standar hidup dijelaskan oleh perbedaan dalam produktivitas negara.Principle #8: Standar hidup suatu negara bergantung pada kemampuannya menghasilkan barang dan jasa. .

nilai uang akan turun. } Inflasi adalah peningkatan seluruh harga dalam perekonomian. } Ketika pemerintah mencetak uang dalam jumlah besar.Principle #9: Harga-harga meningkat jika pemerintah mencetak uang terlalu banyak. } Salah satu penyebab inflasi adalah peningkatan jumlah uang yang beredar. .

} Kurva Phillips menunjukkan tradeoff antara inflasi dan pengangguran : Inflasi pengangguran } Hal ini dinamanak tradeoff jangka pendek! .Principle #10: Masyarakat menghadapi tradeoff jangka pendek antara inflasi dan pengangguran.

Ringkasan individu membuat keputusan. mereka menghadapi tradeoff beberapa alternatif tujuan. } Biaya aktivitas diukur dalam peluang. } Orang rasional membuat keputusan dengan membandingkan biaya marjinal dan keuntungan marjinal. } Orang mengubah perilaku mereka dalam menanggapi insentif. } Ketika .

} Perdagangan . } Pemerintah berpotensi meningkatkan hasil pasar jika ada kegagalan pasar atau jika pasar tidak adil. } Pasar biasanya merupakan cara yang baik untuk mengkoordinasikan perdagangan di antara orang-orang.Ringkasan bisa saling menguntungkan.

} Penambatan Uang yang beredar adalah sumber utama inflasi. } Produktivitas . } Masyarakat menghadapi tradeoff jangka pendek antara inflasi dan pengangguran.Ringkasan adalah sumber utama dari standar hidup.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->