P. 1
all anggrek

all anggrek

|Views: 663|Likes:
Published by Halimatus Sa'diyah

More info:

Published by: Halimatus Sa'diyah on Mar 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/28/2013

pdf

text

original

Sections

  • Budidaya Tanaman Anggrek
  • A. ASPEK LINGKUNGAN
  • B. PERSILANGAN
  • C. PEMBIBITAN
  • D. PENANAMAN DAN PEMELIHARAAN
  • E. PANEN DAN PASCA PANEN
  • Pengantar Persilangan Anggrek
  • Sekilas Kultur Jaringan Anggrek
  • Kenapa Penyakit bisa muncul pada Anggrek
  • Tips menata anggrek species
  • Bioinsektisida, pengendali hama ramah lingkungan
  • Salah Penyiraman Bisa Berakibat Busuk Tunas Anakan
  • Kenapa Kuntum Bunga Anggrek Rontok?
  • Air Kelapa Pacu Pertumbuhan dan Pembungaan Anggrek
  • Pupuk Organik Untuk Anggrek
  • Pengenalan Fungisida
  • Insektisida Hayati
  • Mari Memulai dengan Anggrek Merpati
  • Cermat Merawat, Anggrek Bulan Tumbuh Sehat
  • BUDIDAYA ANGGREK

Budidaya Tanaman Anggrek

Sumber : http://www.deptan.go.id/ditlinhorti/

cara pemberian semprotan kabut (mist) di sekitar tempat pertanaman dengan bantuan sprayer. Berdasarakan pola pertumbuhannya, tanaman anggrek dibedakan

A. ASPEK LINGKUNGAN
Secara alami anggrek (Famili Orchidaceae) hidup epifit pada pohon dan ranting-ranting tanaman lain, namun dalam

menjadi dua tipe yaitu, simpodial dan monopodial. Anggrek tipe simpodial adalah anggrek yang tidak memiliki batang utama, bunga ke luar dari ujung batang dan berbunga kembali dari anak tanaman yang tumbuh. Kecuali pada anggrek jenis Dendrobium sp. yang dapat mengeluarkan tangkai bunga baru di sisi-sisi batangnya. Contoh dari anggrek tipe simpodial antara lain : Dendrobium sp., Cattleya sp., Oncidium sp. dan Cymbidium sp. Anggrek tipe simpodial pada umumnya bersifat epifit. dibudidayakan Anggrek tipe monopodial adalah anggrek yang dicirikan oleh titik tumbuh yang terdapat di ujung batang, pertumbuhannnya lurus ke atas pada satu batang. Bunga ke luar dari sisi batang di antara dua ketiak daun. Contoh anggrek tipe monopodial antara lain : Vanda sp., Arachnis sp., Renanthera sp., Phalaenopsis sp., dan Aranthera sp. Habitat tanaman anggrek dibedakan menjadi 4 kelompok sebagai berikut :
y

pertumbuhannya anggrek dapat ditumbuhkan dalam pot yang diisi media tertentu. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi

pertumbuhan tanaman, seperti faktor lingkungan, antara lain sinar matahari, kelembaban dan temperatur serta pemeliharaan seperti : pemupukan, penyiraman serta pengendalian OPT. Pada umumnya anggrek-anggrek yang

memerlukan temperatur 28 + 2° C dengan temperatur minimum 15° C. Anggrek tanah pada umumnya lebih tahan panas dari pada anggrek pot. Tetapi temperatur yang tinggi dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Kelembaban nisbi (RH) yang diperlukan untuk anggrek berkisar antara 60²85%. Fungsi kelembaban yang tinggi bagi tanaman antara lain untuk menghindari penguapan yang terlalu tinggi. Pada malam hari kelembaban dijaga agar tidak terlalu tinggi, karena dapat mengakibatkan busuk akar pada tunas-tunas muda. Oleh karena itu diusahakan agar media dalam pot jangan terlampau basah. Sedangkan kelembaban yang sangat rendah pada siang hari dapat diatasi dengan
1

Anggrek epifit, yaitu anggrek yang tumbuh menumpang pada pohon lain tanpa merugikan tanaman inangnya dan membutuhkan naungan dari cahaya matahari, misalnya Cattleya sp. memerlukan cahaya +40%, Dendrobium sp. 50²60%, Phalaenopsis sp. + 30 %, dan Oncidium sp. 60 ² 75 %.
2

y

Anggrek terestrial, yaitu anggrek yang tumbuh di tanah dan membutuhkan cahaya matahari langsung, misalnya Aranthera sp., Renanthera sp., Vanda sp. dan Arachnis sp. Tanaman anggrek terestrial membutuhkan cahaya matahari 70 ² 100 %, dengan suhu siang berkisar antara 19 ² 380C, dan malam hari 18²210C. Sedangkan untuk anggrek jenis Vanda sp. yang berdaun lebar memerlukan sedikit naungan.

y

Persilangan

sebaiknya

dilakukan

pada

pagi

hari

setelah

penyiraman. Kuntum bunga dipilih yang masih segar atau setelah membuka penuh.
y

Sebagai induk betina dipilih yang mempunyai bunga yang kuat, tidak cepat layu atau gugur.

y

Mengetahui sifat-sifat kedua induk tanaman yang akan disilangkan, agar memberikan hasil yang diharapkan, misalnya sifat dominasi yang akan terlihat atau muncul pada turunannya seperti : warna, bentuk, dan lain-lain.

y

Anggrek litofit, yaitu anggrek yang tumbuh pada batu-batuan, dan tahan terhadap cahaya matahari penuh, misalnya Dendrobium phalaenopsis.
y y

Bunga tidak terserang OPT terutama pada polen dan stigma. Setiap mendapatkan varietas baru yang baik, sebaiknya didaftarkan pada ´Royal Horticultural Societyµ di London, dengan mengisi formulir pendaftaran anggrek hibrida dengan beberapa persyaratan lainnya.

y

Anggrek saprofit, yaitu anggrek yang tumbuh pada media yang mengandung humus atau daun-daun kering, serta membutuhkan sedikit cahaya matahari, misalnya Goodyera sp

B. PERSILANGAN
Persilangan ditujukan untuk mendapatkan varietas baru dengan warna dan bentuk yang menarik, mahkota bunga kompak dan bertekstur tebal sehingga dapat tahan lama sebagai bunga potong, jumlah kuntum banyak dan tidak ada kuntum bunga yang gugur dini akibat kelainan genetis serta produksi bunga tinggi. Oleh karena itu untuk mendapatkan hasil yang diharapkan, sebaiknya dan seharusnya pedoman persilangan perlu dikuasai, antara lain :

Langkah-langkah yang dilakukan dalam melakukan penyerbukan (polinasi) adalah sebagai berikut :
y

Sediakan sehelai kertas putih dan sebatang lidi kecil atau tusuk gigi atau sejenisnya yang bersih.

y

Cap polinia yang terdapat pada ujung column dibuka, dimana akan terlihat di dalamnya polinia yang berwarna kuning.

y

Ujung lidi/tusuk gigi dibasahi dengan cairan yang ada di dalam lubang putih atau dengan sedikit air.

3

4

y

Polinia diambil dengan hati-hati. Pegang kertas putih sebagai wadah di bawah bunga untuk menghindari bila polinia jatuh pada waktu diambil.

C. PEMBIBITAN
Perbanyakan tanaman anggrek pada umumnya dilakukan melalui dua cara yaitu, konvensional dan dengan metoda kultur in vitro. Perbanyakan tanaman yang dilakukan secara konvensional adalah sebagai berikut :
y

y y

Polinia kemudian dimasukkan ke dalam stigma (kepala putik). Beri label yang diikatkan pada tangkai kuntum (pedicel) bunga yang berisi catatan tentang tanggal penyerbukan dan nama bunga yang diambil polinianya. Beberapa hari kemudian bunga yang telah diserbuki akan layu.

Perbanyakan vegetatif malalui pemecahan/pemisahan rumpun seperti Dendrobium, Oncidium, Cattleya, dan Cymbidium;

pemotongan anak tanaman yang ke luar dari batang seperti Dendrobium; pemotongan anak tanaman yang ke luar dari akar dan tangkai bunga seperti Phalaenopsis, yang selanjutnya ditanam ke media yang sama seperti pakis, mos serabut kelapa, arang, serutan kayu, disertai campuran pecahan genting atau batu bata. Perbanyakan secara vegetatif ini akan menghasilkan anak tanaman yang mempunyai sifat genetik sama dengan induknya. Namun perbanyakan konvensional secara vegetatif ini tidak praktis dan tidak menguntungkan untuk tanaman bunga potong, karena jumlah anakan yang diperoleh dengan cara-cara ini sangat terbatas.
y

Apabila penyerbukan berhasil, dan bila tidak ada OPT, maka bakal buah tersebut akan terus berkembang menjadi buah. Buah anggrek ada yang masak setelah tiga bulan sampai enam bulan atau lebih. Buah yang masak akan merekah dengan dicirikan adanya perubahan warna buah dari hijau menjadi hijau kekuning-kuningan. Dalam memilih biji anggrek yang akan disemaikan dalam botol perlu diperhatikan sebagai berikut : 
Biji yang berwarna keputih-putihan dan kosong adalah biji yang

kurang baik. 
Biji yang baik yaitu yang bulat penuh berisi, berwarna kuning atau

Perbanyakan generatif yaitu dengan biji. Biji anggrek sangat kecil dan tidak mempunyai endosperm (cadangan makanan), sehingga perkecambahan di alam sangat sulit tanpa bantuan jamur yang bersimbiosis dengan biji tersebut. Untuk menghasilkan bunga dalam jumlah banyak dan seragam

kecoklat-coklatan

diperlukan tanaman dalam jumlah banyak pula. Oleh karena itu
5 6

peningkatan produksi bunga pada tanaman anggrek hanya dapat dicapai dengan usaha perbanyakan tanaman yang efisien. Pada saat ini metode kultur in vitro merupakan salah satu cara yang mulai banyak digunakan dalam perbanyakan klon atau vegetatif tanaman anggrek. Kultur in vitro pertama kali dicoba oleh Haberlandt pada tahun 1902, karena adanya sifat tanaman yang disebut totipotensi yang dicetuskan oleh kedua orang sarjana Jerman Schwann dan Schleiden tahun 1830. Metode kultur in vitro yaitu menumbuhkan jaringan-jaringan vegetatif (seperti : akar, daun, batang, mata tunas) dan jaringanjaringan generatif (seperti : ovule, embrio dan biji) pada media buatan berupa cairan atau padat secara aseptik (bebas mikroorganisme). Secara generatif, benih tanaman diperoleh melalui biji hasil persilangan yang secara genetis biji-biji tersebut bersifat heterozigot. Sehingga benih-benih yang dihasilkan mempunyai sifat tidak mantap dan beragam. Dengan cara ini untuk mendapatkan tanaman yang sama dengan induknya sangatlah sulit, karena persilangan anggrek telah berkembang demikian luasnya. Namun dengan cara ini akan diperoleh varietas baru. Secara vegetatif yaitu menumbuhkan jaringan-jaringan vegetatif atau kultur jaringan seperti akar, daun, batang atau mata tunas pada media buatan berupa cairan atau padat secara aseptik. Dengan metode ini dapat diharapkan perbanyakan tanaman dapat dilakukan secara cepat dan berjumlah banyak, serta sama dengan induknya
7

D. PENANAMAN DAN PEMELIHARAAN
1. Persiapan Lahan Tanaman anggrek dapat ditanam di sekitar rumah atau pekarangan atau di kebun yaitu di bawah pohon atau dengan naungan yang diberi paranet atau sejenisnya dengan pengaturan intensitas cahaya tertentu atau di lahan terbuka. Oleh karena tanaman anggrek mempunyai potensi ekonomis yang tinggi, maka untuk jenis-jenis tertentu dapat ditanam di dalam rumah kaca (green house). Selain untuk melindungi tanaman dari gangguan alam, juga akan

mengurangi intensitas serangan OPT. 2. Persiapan Media Tumbuh Media tumbuh yang baik harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu tidak lekas melapuk, tidak menjadi sumber penyakit, mempunyai aerasi baik, mampu mengikat air dan zat-zat hara secara baik, mudah didapat dalam jumlah yang diinginkan dan relatif murah harganya. Sampai saat ini belum ada media yang memenuhi semua persyaratan untuk pertumbuhan tanaman anggrek. Untuk pertumbuhan tanaman anggrek, kemasaman media (pH) yang baik berkisar antara 5²6. Media tumbuh sangat penting untuk pertumbuhan dan produksi bunga optimal, sehingga perlu adanya suatu usaha mencari media tumbuh yang sesuai. Media tumbuh yang sering digunakan di Indonesia antara lain : moss, pakis, serutan kayu, potongan kayu, serabut kelapa, arang dan kulit pinus.
8

serta mengandung unsur-unsur hara yang dibutuhkan anggrek untuk pertumbuhannya. karena dapat menyerap air lebih banyak bila dibandingkan dengan pecahan genting. Namun arang cukup baik untuk media anggrek. Sebagai contoh adalah tanaman anggrek Vanda sp. y y Serutan kayu atau potongan kayu kurang sesuai untuk media anggrek karena memiliki aerasi dan drainase yang baik. karena punya kemampuan drainase dan aerasi yang baik. Moss yang mengandung 2²3% unsur N sudah lama digunakan untuk medium tumbuh anggrek. Namun bila pakis dan moss yang tumbuh di hutan ini diambil secara terus-menerus untuk digunakan sebagai media tumbuh. serta mempunyai aerasi dan drainase yang baik pula. serta miskin unsur N. sehingga dapat menjadi sumber penyakit. Media serutan kayu jati merupakan media tumbuh yang baik untuk pertumbuhan anggrek Aranthera James Storie.. Penggunaan media baru (repotting) dilakukan antara lain sbb : Bila ditanam dalam pot (wadah) sudah terlalu padat atau banyak tunas. Dalam menggunakan serabut kelapa sebagai media tumbuh. Media pecahan batu bata digunakan sebagai dasar pot. pakis. yaitu anggrek tipe 9 10 . dan hemiselulosa.. membutuhkan lebih banyak air dibandingkan dengan yang sudah berbunga. dan Renanthera sp. Pecahan arang kayu tidak lekas lapuk. Serabut kelapa mudah melapuk dan mudah busuk.Pecahan batu bata banyak dipakai sebagai media dasar pot anggrek. dan moss merupakan media tumbuh yang baik untuk pertumbuhan tanaman anggrek Phalaenopsis sp. melapuk secara perlahan-lahan. Frekuensi dan banyaknya air siraman yang diberikan pada tanaman anggrek bergantung pada jenis dan besar kecil ukuran tanaman. aerasi dan drainase yang baik. Media tumbuh sabut kelapa. serta keadaan lingkungan pertanaman. lignin. tetapi sukar mengikat air dan miskin zat hara.. Medium lama sudah hancur. dikhawatirkan keseimbangan ekosistem akan terganggu. tetapi daya menyimpan airnya kurang baik. Penyiraman Tanaman anggrek yang sedang aktif tumbuh. Proses pelapukan berlangsung lambat. karena kayu banyak mengandung senyawa-senyawa yang sulit terdekomposisi seperti selulosa. tidak mudah ditumbuhi cendawan dan bakteri. sehingga menyebabkan medium bersifat asam. Pakis sesuai untuk media anggrek karena memiliki daya mengikat air. sebaiknya dipilih serabut kelapa yang tua. Arachnis sp. tetapi daya menyimpan airnya sangat baik dan mengandung unsur-unsur hara yang diperlukan serta mudah didapat dan murah harganya. Media moss mempunyai daya mengikat air yang baik. 3. bisa menjadi sumber penyakit.

hanya anggrek membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperlihatkan gejalagejala defisiensi. etilen dan kerusakan mekanis dan penyakit. Untuk mengatasi hal tersebut. Adakalanya pada jenis anggrek tertentu.. Sedangkan pada fase pertumbuhan generatif yaitu untuk merangsang pembungaan. Pupuk yang digunakan umumnya pupuk majemuk yaitu mengandung hara makro dan mikro. PANEN DAN PASCA PANEN Keistimewaan tanaman anggrek terletak pada penampilannya saat konsumsi. Untuk melaksanakan upaya tersebut perlu dipahami berbagai faktor yang dapat mempengaruhi mutu pasca panen atau pasca produksi tanaman anggrek. Dalam usaha budidaya tanaman anggrek. pemupukan. 4. medium. Ketuaan Bunga Selama ini bunga anggrek dipanen setelah 75%-80% bunga telah mekar terutama pada anggrek Dendrobium sp. 1. Faktor yang mempengaruhi mutu pasca panen anggrek bunga potong adalah tingkat ketuaan bunga. stadia pertumbuhan. cahaya. Pada fase pertumbuhan vegetatif bagi tanaman yang masih kecil perbandingan pemberian pupuk NPK adalah 30:10:10. Kebutuhan tanaman anggrek akan nutrisi sama dengan tumbuhan lainnya. Bunga Anggrek Potong a. Pemupukan pada sore hari menunjukkan respon pertumbuhan yang baik pada anggrek Dendrobium sp. Pemupukan Seperti tumbuhan lainnya. pasokan air dan makanan. temperatur dan lama pengangkutan. sehingga usaha untuk mempertahankan mutu penampilan selama mungkin menjadi tujuan utama penanganan pasca panen dan pasca produksi. anggrek selalu membutuhkan Jika dilakukan pemupukan ke dalam pot maka hanya pupuk yang larut dalam air dan kontak langsung dengan ujung akar yang akan diambil oleh tanaman anggrek dan sisanya akan tetap berada dalam pot.monopodial yang tumbuh di bawah cahaya matahari langsung. Kualitas dan kuantitas pupuk dapat mengatur keseimbangan pertumbuhan vegetatif dan generatif tanaman. makanan untuk mempertahankan hidupnya. sehingga membutuhkan penyiraman lebih dari dua kali sehari. E. biasanya tanaman diberi pupuk baik organik maupun anorganik. suhu. perbandingan pemberian pupuk NPK adalah 10:30:30. 11 12 . Sedangkan yang mempengaruhi anggrek pot antara lain kultivar. seperti Cattleya sp. habitatnya tidak cukup mampu menyediakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tanaman untuk pertumbuhan. terutama pada musim kemarau. mengikat pertumbuhan anggrek sangat lambat. pada fase pertumbuhan vegetatif bagi tanaman yang berukuran sedang perbandingan pemberian pupuk NPK adalah 10:10:10.

dapat bertahan selama 3 minggu pada temperatur 330²350 F (10 C) dan 6 sampai 7 minggu bila tetap di pohon. Kriteria tersebut merupakan faktor-faktor penting dalam menciptakan kultivar 13 14 . dan minimalisasi terjadinya kondensasi pada bunga potong. pengendalian temperatur. seperti warna bunga. Kerusakan akibat penyakit ini dapat dihindari dengan managemen kebersihan yang baik di rumah kaca maupun di kebun. baik setelah panen maupun setelah pengiriman. Kepekaan terhadap gas etilen dapat dikurangi dengan pemberian suhu dingin. d. Saat pemanenan perlu diperhatikan penularan penyakit virus dari satu pohon ke pohon lain. umumnya bisa bertahan sampai 2 minggu kalau disimpan pada suhu 5²70 C. jumlah kuntum bunga dan waktu berbunga telah digunakan untuk mengevaluasi kultivar baru industri bunga.bunga dipanen 3 sampai 4 hari setelah mekar. Pasokan Air dan Hara Bunga anggrek potong peka terhadap kekeringan.. potong cukup disimpan pada temperatur 10²130 C. Sebaiknya alat pemotong hendaknya disterilkan lebih dulu sebelum digunakan lagi pada pohon berikutnya.. tidak saja karena berpetal agak rapuh. Bunga potong harus segera dikeluarkan dari wadah pengemasnya dan diletakkan pada ruangan dingin yang bersuhu cocok untuk bunga anggrek. Paphiopedilum sp. c. Penggunaan berbagai senyawa kimia pengawet yang dilarutkan dalam air dianjurkan untuk memperpanjang kesegaran bunga potong. dan Phalaenopsis sp. Vanda sp. Air yang hilang setelah bunga dipanen harus segera diimbangi dengan larutan perendam yang mengandung air dan senyawa lain yang diperlukan. Tanaman Anggrek Pot Berbunga Indah a. e. karena bunga yang dipotong prematur akan gagal untuk mekar. Kultivar Berbagai karakter morfologi. Jenis Cymbidium sp. 2. asap. Cattleya sp. b. Temperatur Bunga potong Cymbidium sp. dan Paphiopedilum sp. Penyakit Bunga anggrek potong peka terhadap penyakit. Etilen dan Kerusakan Mekanis Usahakan untuk menjauhkan bunga anggrek potong dari sumber/tempat kebocoran gas. Ruangan untuk penanganan pasca panen (sortasi/grading dan pengemasan) hendaknya berventilasi baik. pemeraman buah dan kumpulan bunga yang sudah rusak dan layu. tetapi juga terdapatnya cairan madu yang bergizi yang sangat baik untuk pertumbuhan patogen.. sedangkan Dendrobium sp.

c. peningkatan kerentaan terhadap mikroba dan aborsi bunga / kuncup. b. epinasti. Media Media berstruktur remah yang mudah dibasahi kembali oleh konsumen atau penata ruang sangat penting untuk menghasilkan penampilan optimum dari tanaman berbunga indah di dalam ruangan. Gejala yang ditimbulkan adalah kerontokan daun. e. simpan. Pemupukan Nisbah N : K yang dianjurkan 1 : 1 sampai 3 minggu sebelum pembungaan. Stadia Pertumbuhan Stadia pertumbuhan (umur) tanaman pot anggrek berbunga indah pada saat dipasarkan merupakan faktor utama yang mempengaruhi penampilan tanaman tersebut di dalam ruangan. f. kuncup dan bunga. batang/tangkai lebih tinggi.5 : 1. Temperatur Temperatur perlu diturunkan selama siklus 2²3 minggu terakhir untuk memperkuat warna bunga dan meningkatkan kandungan mengakibatkan karbohidrat ketahanan tanaman. Selanjutnya tanaman berbunga yang ditempatkan pada 15 . lebih peka terhadap etilen dan lebih mudah rusak dari pada tanaman yang diangkut dalam stadia yang bunganya masih kuncup atau persentase bunga yang mekar masih rendah. etilen dan pendinginan perlu pula dimasukkan ke dalam penilaian. Umumnya tanaman dengan banyak bunga mekar lebih sulit dalam pengangkutan. Sejumlah gel polimer dapat digunakan untuk mempertahankan kelembaban media dan mencegah tanaman dalam ruangan menjadi kering. sehingga tanaman dapat pot temperatur 270 C atau lebih tinggi. Irigasi dengan menggunakan wetting agent pada saat pemasaran berguna untuk memudahkan pembasahan kembali media. tingkat cahaya interior yang rendah. Kepekaan Terhadap Etilen Tanaman pot anggrek berbunga indah peka terhadap etilen.baru. dan kelayuan bunga. Nisbah ini mencegah masalah keracunan amonia dan meningkatkan masa simpan. umumnya mempunyai warna bunga lebih pudar. Pada masa yang akan datang kriteria toleransi terhadap kondisi pengangkutan. diubah menjadi 0. yaitu dengan menurunkan temperatur selama 16 Semua berbunga indah akan lebih tahan pada temperatur yang lebih rendah dan kisarannya sangat tergantung pada jenis tanaman. Perlu diperhatikan bahwa stadia yang tepat untuk pemasaran tergantung dari waktu yang diperlukan untuk memperoleh tanaman. d. Salah satu cara efektif untuk mengurangi kepekaan terhadap etilen. daun cepat menguning dan rontok.

proses ini lebih mudah terjadi pada tipe bunga anggrek yang memiliki zat perekat pada putiknya (discus viscidis). pembentukan daun yang sempurna. h. sedangkan bunga anggrek yang memiliki perekat disebut polinaria. Penyerbukan dapat terjadi secara tidak sengaja oleh alam. Sebaliknya kelebihan air akan menyebabkan rusaknya akar. yaitu antara 18 tinggi. Lidi atau tusuk gigi ditempelkan pada lempeng perekat di putik bunga. dan tinggi tanaman yang memadai. Persilangan buatan yang dilakukan antar genus hanya baik dilakukan untuk bunga dengan tipe pollen yang sama. Bunga anggrek yang tidak memiliki zat perekat disebut polinia.pengangkutan. Pengairan Kurangnya penyiraman tanaman yang berbunga indah serta membiarkannya layu akan menurunkan umur peragaan. dan memberikan label pada hasil persilangan tersebut. jumlah bunga maksimum. Jatuhnya serbuk sari ke kepala putik akan menyebabkan terjadinya penyerbukan. Cahaya Cahaya optimum yang diperlukan oleh tiap tanaman harus dipertahankan untuk menghasilkan tanaman yang mempunyai masa penampilan yang lebih baik. sedangkan sifat kelaminnya adalah monoandrae (kelamin jantan dan betina terletak pada satu tempat) sehingga anggrek termasuk tanaman yang mudah mengalami penyerbukan. Cara lain yang digunakan secara komersial adalah dengan penyemprotan daun menggunakan senyawa antagonis terhadap etilen. g.anggrek. Sebaiknya tanaman diairi tiap hari atau tiap dua hari sekali. sehingga tanaman cepat rusak. Persilangan yang diikuti dengan penyerbukan diakhiri dengan membuang lidah bunga untuk menghindari serangga menggagalkan penyerbukan. Pengairan dilakukan terhadap media tanpa membasahi bunga dan daun. serta mengurangi pengaruh buruk etilen. meskipun cahaya matahari langsung .org Anggrek bersifat hermaphrodit. warna bunga indah. Pollen diletakkan di kepala putik (stigma). Umumnya tanaman pot berbunga indah akan membentuk bunga dalam jumlah maksimum dengan warna yang indah pada kondisi ruang bercahaya dihindari. misalnya serangga. 17 Pengantar Persilangan Anggrek http://www. Persilangan dilakukan dengan membuka alat kelamin bunga (gymnostemium) anggrek. tergantung pada tingkat cahaya. yaitu pollen (serbuk sari) dan putik terdapat didalam satu bunga. temperatur dan kelembaban. sehingga dapat menekan produksi etilen dalam bunga. juga ukuran dan media tumbuh. kemudian digunakan untuk mengambil pollen.

yaitu sifat-sifat yang baik akan diturunkan terpisah dengan yang tidak baik. Warna-warna ini sangat dipengaruhi oleh pH lingkungan cairan sel. maka perlu diketahui hukum-hukum keturunan yang dikemukakan oleh Mendel. yaitu apabila semua gen penyandi sifat yang berbeda terdapat dalam satu kromosom. Untuk dapat menghasilkan persilangan yang diinginkan. Zat ini menimbulkan warna kuning muda hingga 20 . Hukum Dominansi . 2. Pemilihan tanaman induk tentunya disesuaikan dengan hasil yang diinginkan dalam suatu proses persilangan. apabila tanaman A bersifat dominan terhadap tanaman B. hasil persilangan A x B maka F1-nya akan mirip A 2. Dalam menghasilkan persilangan yang berkualitas. bila pH rendah akan muncul warna merah. merupakan zat larut dalam cairan sel (sitoplasma). jika tanaman D dan E bersifat dominant sempurna. Anthocyanin. Sifat-sifat yang diturunkan oleh induk dari hasil persilangan F1 (keturunan pertama) dapat bersifat dominan. jika tanaman B dan C mempunyai sifat dominan tidak sempurna maka F1 akan mempunyai sifat campuran antara sifat tanaman B dan C. sedangkan bila pH tinggi akan muncul warna biru. maka keturunan F2-nya kemungkinan 50% bersifat BC. maka keturunan F1 akan sama dengan induknya. Hukum Segregasi (hukum Mendel) . merupakan peristiwa yang menyalahi ketiga hukum diatas. tumbuh tegak. untuk itu sangatlah perlu diperhatikan zat-zat dan organel pembentuk warna pada bunga yaitu: 1.polinia-polinia (misal: Cattleya dengan Dendrobium) atau polinariapolinaria (misal: Vanda dengan Phalaenopsis). hijau. merupakan zat kimia organik yang juga larut dalam sitoplasma. Selain itu. yang dicirikan dengan penampilan fisik segar. misalnya keawetan bungan dan proses pembungaannya. maka perlu diketahui sifat-sifat yang dimiliki oleh tanaman induknya. Apabila 19 F1 dilakukan penyerbukan sendiri. kuat dan kokoh. merah tua. dan 25% bersifat C 3. faktor kesesuaian (compatibility) juga menentukan factor keberhasilan dalam proses penyerbukan. sehingga sifat-sifatnya selalu diturunkan bersama-sama. resesif ataupun dominan tidak sempurna yaitu mempunyai sifat antara kedua induk (parental). yaitu: 1. Di Indonesia pada umumnya persilangan anggrek lebih mengarah untuk menghasilkan warna bunga yang menarik. Hukum Dominansi Bebas . 25% bersifat B. Sifatsifat ini ada yang bersifat dominan (sifat yang kuat dan menonjol) dan sifat-sifat yang tidak nampak (resesif. Secara garis besar tanaman induk harus sehat. Linkage . Pada hokum ini akan timbul kesulitan jika terjadi linkage dari gen-gen pembawa sifat. Anthoxanthin. namun pada keturunan F2 akan terjadi pemisahan sifat. dan biru. 4. Zat ini menimbulkan warna merah muda.

Jika maka anthoxantin kedua berada bersama-sama dapat dalam kita. diperkirakan sekitar 5000 jenis anggrek spesies tersebar di hutan wilayah Indonesia. Potensi tersebut akan menjadi tidak berarti manakala penebangan hutan dan eksploitasi besar-besaran terjadi hutan kita. publik dan pecinta anggrek. namun tingkat keberhasilan penyilangan tersebut ditentukan oleh banyak aspek. khususnya potensi genetis untuk menghasilkan anggrek silangan yang memiliki nilai komersial tinggi. Tidak dipungkiri bahwa metode terbaik hingga saat ini dalam pelestarian dan perbanyakan anggrek adalah dengan kultur jaringan. dan yang tidak kalah pentingnya adalah factor keuletan dan pengalaman penyilang itu sendiri. Perubahan warna ini dikenal dengan sebutan ko-pigmentasi 3. salah satu penyebab teknologi ini menjadi sangat lambat perkembangannya adalah karena adanya persepsi bahwa diperlukan investasi yang ·sangat mahal· untuk membangun sebuah lab kultur jaringan. tidaklah heran jika impor bibit anggrek dalam bentuk ¶flask· sempat membanjiri nursery-nursery anggrek di negara 21 khususnya yang berkaitan dengan teknologi kultur jaringan. salah satunya adalah anggrek. Hal ini dikarenakan adanya faktor gen atau kromogen yang bersifat resesif atauupun resesif keduanya. belum lagi pencurian terang-terangan ataupun ´terselubungµ dengan dalih kerjasama dan sumbangan penelitian baik oleh masyarakat kita maupun orang asing. sehingga tidak larut dalam sitoplasma seperti pigmen yang lain. 22 . karena melalui kuljar banyak hal yang bisa dilakukan dibandingkan dengan metode konvensional. Selain kesenjangan teknologi di lini akademisi. Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa. mutu bunga jantan sebagai penghasil pollen. Sementara itu hanya sebagian kecil pihak yang mampu melakukan pengembangan dan pemanfaatan anggrek spesies. bahkan hampir dikatakan jalan di tempat jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya. lembaga penelitian. sitoplasma. warna tersebut tercampur. Albinisme yang terjadi pada bunga anggrek seringkali memberikan suatu nilai komersial yang tinggi. dan hanya cocok atau ¶feasible· untuk perusahaan. Pigmen dari plastida akan nampak jika anthocyanin dan anthoxanthin tidak larut dalam sitoplasma. antara lain waktu penyilangan.kuning tua. Sekilas Kultur Jaringan Anggrek Perkembangan kultur jaringan di Indonesia terasa sangat lambat. Albinisme umumnya terjadi jika warna yang muncul tidak sesuai dengan kaidah keilmuan dalam genetika tanaman. Plastida pembawa pigmen warna berbentuk butiran. Teknik penyilangan anggrek mudah dipelajari. Potensi ini sangat berharga bagi pengembang dan pecinta anggrek di Indonesia. umur bunga betina.

tekhnik ini memungkinkan untuk dihasilkan anggrek dengan jumlah banyak dan seragam. Jadi yang benar bukannya ´anggrek saya diserang penyakitµ tetapi ´anggrek saya diserang jamurµ. Tanaman yang mengalami mutasi permanen biasanya memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi  Bank plasma.sehingga sangat tepat digunakan pada tanaman anggrek spesies langka yang telah terinfeksi oleh hama penyakit. bisa menghasilkan anggrek dengan genetik haploid kita bisa mengoleksi tanaman anggrek langka tanpa harus memiliki lahan yang luas dan perawatan intensif.  Kultur anther. dapat menghasilkan anggrek yang bebas virus. lingkungan. Dengan demikian penyakit tidak bisa menyerang karena merupakan proses atau interaksi. Baik untuk spesies langka Indonesia maupun dari luar negeri untuk menjaga keaslian genetis yang sangat penting dalam proses pemuliaan anggrek. Beberapa literatur peluangnya 1 : 100 000 000.Secara prinsip. tanaman anggrek ¶giant· atau besar. yang bisa menyerang adalah penyebabnya. lab kultur jaringan dapat disederhanakan dengan melakukan modifikasi peralatan dan bahan yang digunakan. Hal ini dapat dilihat pada kelompok petani ¶pengkultur biji anggrek· di Malang yang telah sedemikian banyak. sehingga sangat dimungkinkan kultur jaringan seperti ¶home industri·. Penyakit dikatakan sebagai proses interaksi antara tanaman. termasuk virus. sehingga bentuknya lebih kecil jika dibandingkan dengan anggrek diploid (2n). (1n).  Mutasi. selain itu dengan kultur anther berpeluang memunculkan sifat resesif unggul yang pada kondisi normal tidak akan muncul karena tertutup oleh yang dominan  Dengan tekhnik poliploid dimungkinkan untuk mendapatkan Kenapa Penyakit bisa muncul pada Anggrek Seperti halnya hewan dan manusia. tanaman pun bisa kena penyakit. dan penyebab penyakitnya. secara alami mutasi sangat sulit terjadi. Sebagian penganggrek telah mampu melakukan tekhnik ini. Dengan memberikan induksi tertentu melalui kultur jaringan hal tersebut lebih mudah untuk diatur. dengan meminimalkan pertumbuhan secara ¶in-vitro· meristem. Dengan demikian sangat dimungkinkan untuk menghasilkan tanaman anggrek mini. khususnya untuk jenis anggrek bunga potong. Tekhnik ini salah satunya dengan memberikan induksi bahan kimia yang bersifat menghambat (cholchicine) 23 24 . Beberapa gambaran dan potensi yang bisa dimunculkan dalam kultur jaringan diantaranya adalah :  Kultur  Kloning.

Untuk yang bersifat abiotik (tidak hidup) misalnya polutan udara. unsur hara yang tidak tepat dosis. Ini yang disebut segitiga penyakit dimana munculnya penyakit karena tiga faktor itu saja (tanaman. Syarat yang harus dipenuhi oleh ketiga faktor agar muncul penyakit adalah tanaman harus peka. salah satu faktor tidak ada atau tidak memenuhi syarat maka penyakit tidak akan muncul. Segitiga penyakit ini hanya berlaku pada kondisi alami seperti pada contoh anggrek di Kalimantan tersebut. Misal di hutan Kalimantan ada Dendrobium sp. maka akan muncul penyakit busuk pada anggrek tersebut. molicutes).. ataupun sebenarnya intelegensianya tinggi namun tidak tepat tempat dan waktu) akan dapat mempengaruhi ketiga faktor lainnya. Manusia dengan segala intelegensianya (tinggi maupun rendah. Patogen menyebabkan sakit pada gen sehingga ekspresi yang muncul adalah sesuatu yang tidak normal pada tanaman. lingkungan). Penyakit yang muncul bisa sangat parah namun juga bisa sangat ringan. virus dan viroid. dan tanaman tinggi parasitik. kemudian ada bakteri Erwinia sp. Pertama. patogen. nematoda. yang ganas dan lingkungan di 25 sekitarnya sangat lembap. Sedangkan penyebab penyakit yang bersifat biotik (hidup) sampai sekarang dilaporkan ada 6 kelompok besar yaitu jamur. patogen. prokariot (bakteri. kelembapan yang ekstrim. protozoa. polutan tanah. dan lingkungan mendukung. Anggrek yang kita budidayakan menjadi salah satu komponen dalam segiempat penyakit ini. Penyakit pada tanaman bisa muncul karena di suatu tempat ada tanaman. Contoh yang menyebabkan timbulnya penyakit adalah: ketika memindah bibit anggrek dari botol dengan 26 . Tulisan berikut membahas penyakit tanaman yang disebabkan oleh patogen. Hanya jenis-jenis tanaman yang mempunyai ketahanan tinggi yang bisa tetap ´surviveµ ketika ada gangguan penyakit yang parah (sesuai dengan teorinya Darwin ´survival of the fittestµ). penyebab penyakit harus virulen (fit dan ganas). Ketika manusia mendapatkan manfaat dari tanaman kemudian membudidayakan tanaman tersebut di luar habitat alaminya maka konsep penyakit berubah dari segitiga penyakit menjadi segiempat penyakit. Faktor ´manusiaµ masuk menjadi salah satu penentu munculnya penyakit. oksigen dan cahaya yang berlebihan atau berkekurangan. suhu yang ekstrim. Penyebab yang bersifat biotik disebut pula sebagai ´patogenµ yang berasal dari bahasa Latin ´pathosµ yang berarti sakit dan ´geneµ yang berarti penyandi sifat. manusia bisa membuat faktor lingkungan menyebabkan timbulnya penyakit. serta lingkungan. Penyakit muncul tanpa campur tangan manusia dan biasanya dalam keseimbangan. lebih memperparah penyakit (karena ketidaktahuannya) atau sebaliknya membuat faktor lingkungan meniadakan penyakit.Penyebab penyakit digolongkan menjadi dua besar yaitu penyebab penyakit yang bersifat abiotik dan yang bersifat biotik.

manusia bisa mempengaruhi tanaman sehingga tanaman menjadi lebih mudah terkena (bukan terserang) penyakit atau bahkan menjadi bebas penyakit. remaja. Pencelupan bibit dalam larutan fungisida tersebut di atas juga merupakan tindakan manusia terhadap patogen agar patogen tidak bisa tumbuh pada permukaan tanaman. Konsep penyakit terus berkembang. Ketiga. Piramida penyakit tersusun oleh empat bidang segitiga yang menyatu pada ujungnya. Pertama tidak menanam anggrek (meniadakan tanaman). maka dia sudah berperan meniadakan penyakit. Dengan demikian faktor ´waktuµ ikut menentukan munculnya penyakit. air sumur yang tidak tercemar untuk menyiram. Bidang segitiga pertama adalah tanaman. Ketika memindah bibit dari botolan maka setelah mencuci bibit dengan air bersih kemudian dicelup dalam larutan fungisida. atau ketika berbunga. Penyakit berkembang dari ujung piramida yang kecil kemudian membesar ke bawah. jangan sampai membesar ke bawah yang akhirnya akan merugikan. manusia bisa berbuat apa saja terhadap patogen. Penyakit tidak akan muncul kalau dia (manusia) menggunakan media tanam yang steril atau tidak menanam bibit yang dari dalam botol sudah terlihat nggak sehat (mungkin merasa sayang karena harganya yang mahal). Namun bila dia bijaksana dengan memilih media yang steril. nggak 28 . ketiga adalah lingkungan. Manusia berperan agar penyakit yang muncul tetap kecil saja dan terbatas di puncak piramid saja. tidak terlalu membasahi media namun yang penting cukup lembap. Nah. Kedua.menggunakan media tumbuh berupa cacahan pakis. kedua adalah patogen. Dengan demikian segiempat penyakit ini menggambarkan adanya penyakit 27 pada agroekosistem yaitu ekosistem pertanian. suatu sistem ekologi yang dibuat manusia untuk menghasilkan tanaman. Namun ketika menangani bibit tersebut secara sengaja atau tidak menimbulkan luka pada bibit maka akan besar kemungkinannya terkena penyakit. Penyakit bisa muncul ketika tanaman masih kecil (dalam pembibitan). penyiraman secara hati2 dengan semprotan yang halus. dan keempat adalah manusia. manusia sudah menciptakan kondisi dimana penyakit akan tidak muncul. Ketika dia menyiram bibit dalam kompot secara berlebihan maka akan menciptakan kondisi yang sangat lembap sehingga akan memperparah penyakit yang tadinya hampir nggak kelihatan. kita bisa meniadakan penyakit pada anggrek budidaya dengan menghilangkan salah satu dari ke empat komponen tersebut. Garis tinggi yang ditarik dari ujung piramid ke bawah ke pusat segiempat yang terbentuk merupakan komponen waktu. Munculnya penyakit bisa kapan saja pada fase pertumbuhan tanaman yang manapun juga. dewasa. Di sini konsep segiempat penyakit berubah menjadi piramida penyakit. Ciri yang ada dalam kondisi ini adalah adanya keseragaman (biasanya jenis tanamannya) dan ketidakstabilan komponen biota anggota sistem tersebut.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan kelembaban dan naungan. Golongan lalu anggrek bulan anggrek (Phalaenopsis) diberi tempat golongan Dendrobium juga memiliki tempat sendiri dsb. Setelah koleksi anggrek dibagi-bagi sesuai kategori. Penataan anggrek tidak hanya dilakukan atas dasar estetika (keindahan) semata akan tetapi lebih pada upaya mengatur faktor lingkungan tumbuh anggrek agar sesuai dengan kebutuhan hidup si anggrek. Misal genus anggrek 30 melakukan identifikasi dan deskripsi terhadap anggrek2 yang kita miliki. jangan ikut campur dalam budidaya (ini juga nggak mungkin ya). kok bikin bingung). meniadakan patogen dengan cara-cara yang ada. misal dibagi menjadi 3 bagian yaitu.mungkin to ya. Kedua. namun artinya tetap sama yaitu µada tanamanµ). akan tetapi sangat penting bagi kita untuk mengenal kebutuhan hidup anggrek tsb dan juga untuk memudahkan bagi kita untuk berkomunikasi dalam suatu forum ilmiah. lingkungan bersih. Dan yang nggak mungkin lagi adalah meniadakan waktu atau memberhentikan waktu sehingga proses interaksi patogen. lembab+naungan 75 %. intermediet+naungan 50 %. Namun bila lahan yang dimiliki sempit maka penggolongan didasarkan pada kondisi Tips menata anggrek species Penataan anggrek spesies akan memudahkan bagi kita untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan sesuai dengan kebutuhan anggrek itu sendiri. morfologi tanaman. jika kita memiliki lahan luas maka penggolongan dapat atas dasar genus anggrek. sendiri. Ke empat adalah meniadakan manusianya. Langkah kedua. misal jangan terlalu lembap. Nah!! khusus untuk penggolongan sesuai kondisi lingkungan (kelembaban. maka tempat dibuat agar sesuai untuk tumbuh genus anggrek tersebut. wong kita pengin menikmati indahnya anggrek kok nggak menanamnya (bisa juga sih dengan membeli yang sudah berbunga. yaitu membuat penggolongan. naungan) maka ada kemungkinan dalam satu kategori terdapat bermacam-macam genus anggrek. sedikit lembab+sedikit ternaungi. Penggolongan ini bertujuan untuk memilah-milah koleksi kita atas dasar kategori yang kita inginkan. Misal. lingkungan asal/keterangan habitat jika memungkinkan. ketiga meniadakan lingkungan yang mendukung penyakit. maka langkah berikutnya yaitu memodifikasi lahan sesuai dengan kategori yang telah kita tentukan. misal daun sempit/lebar-tebal/tipisbatang berair/sedikit berair dll. Tetapi dengan tidak menanam anggrek maka tidak akan muncul penyakit anggrek (wah ya jelas dhong. Bila berdasarkan genus. Kegiatan identifikasi ini sepertinya memakan cukup banyak waktu. tanaman dan lingkungan bisa tertunda. Identifikasi meliputi klasifikasi biologis«misal keterangan 29 . genusnya.

Dalam hitungan hari. bassiana efektif mengendalikan hama walang sangit. spirakel dan lubang lainnya. dan kutu (Aphids sp). Akan tetapi. 31 32 digunakan pestisida kimia dengan dosis yang berlebih. Selain itu inokulum jamur yang menempel pada tubuh serangga inang dapat berkecambah dan berkembang membentuk tabung kecambah. yaitu jamur patogen serangga Beauveria bassiana. Bioinsektisida. Salah satu alternatif pengendalian adalah pemanfaatan jamur penyebab penyakit pada serangga (bioinsectisida). Jamur ini tidak dapat memproduksi makanannya sendiri. Kemudian hifa-hifa tadi membentuk koloni yang disebut miselia. wereng batang coklat. Sistem kerjanya yaitu spora jamur B. serangga akan mati. menjadi prioritas utama. kemudian masuk menembus kutikula tubuh serangga. oleh karena itu ia bersifat parasit terhadap serangga inangnya. Penembusan dilakukan secara mekanis dan atau kimiawi dengan mengeluarkan enzim atau toksin. pengendali hama ramah lingkungan Serangan hama merupakan salah satu faktor pembatas untuk peningkatkan produksi pertanian yang dalam kasus ini adalah pemeliharaan anggrek. Ditengah maraknya budidaya pertanian organik. miselia jamur akan tumbuh ke seluruh bagian tubuh serangga.Phalaenopsis umumnya menyukai kondisi kelembaban cukup tinggi dan intensitas cahaya yang rendah (naungan 75 %) maka tempat tersebut kita rancang dengan pemberian paranet 75 %. bukan tidak mungkin akan efektif bila diuji coba pada serangga-serangga hama anggrek seperti kutu gajah. Setelah itu. Jamur Beauveria bassiana adalah jamur mikroskopik dengan tubuh berbentuk benang-benang halus (hifa). saluran pencernaan. maka upaya pengendalian hama yang aman bagi produsen/petani dan konsumen serta menguntungkan petani. Jamur ini selanjutnya akan mengeluarkan racun beauverin yang membuat kerusakan jaringan tubuh serangga. . Padahal akumulasi senyawa-senyawa kimia berbahaya dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kelestarian lingkungan dan kesehatan manusia. bassiana masuk ketubuh serangga inang melalui kulit. Untuk megendalikan hama seringkali Gambar oleh Destario Metusala 07 Laboratorium BPTPH Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta telah mengembangkan dan memproduksi secara massal jamur patogen serangga B. Berdasarkan kajian jamur B. bassiana sebagai insektisida alami.

maka sel-sel ujung tunas dan pangkal kuncup daun akan sangat mudah terinfeksi. walaupun keberhasilan dari insektisida 33 . Kuncup yang menyerupai mahkota ini tak lain adalah ujung-ujung daun muda yang belum membuka sempurna dan posisi ujung daun tegak keatas dengan membentuk suatu cekungan/rongga sempit di bagian tengahnya. Tak lama kemudian spora jamur akan melakukan penetrasi dengan menembus dinding sel jaringan meristem 34 Selektif terhadap serangga sasaran sehingga tidak membahayakan serangga lain bukan sasaran. bassiana. serangga penyerbuk. Dilaporkan telah diketahui lebih dari 175 jenis serangga hama yang menjadi inang jamur B.Serangga yang terserang jamur B. Berdasarkan hasil kajian jamur ini efektif mengendalikan hama walang sangit (Leptocorisa oratorius) dan wereng batang coklat (Nilaparvata lugens) pada tanaman padi serta hama kutu (Aphids sp. Tunas anakan yang membentuk kuncup mahkota ini sangat perlu diperhatikan secara ekstra saat penyiraman. khususnya pada golongan dendrobium saat tumbuh akan membentuk kuncup daun yang menyerupai mahkota pada bagian atasnya. Dalam satu kemasan formulasi B. Apabila didalam genangan ini terdapat spora jamur. Penyiraman yang kurang hati-hati dapat menyebabkan pembusukan pada tunas anakan. sehingga memerlukan upaya sosialisasi yang lebih intensif. bassiana. persis menyerupai mahkota. dan serangga berguna lebah madu. sehingga lebih menghemat pengeluaran. yaitu dengan mengambil 2-3 gr formulasi dan disuspensikan dalam 1 ltr air. bassiana sebagai pestisida hayati yaitu : y biologis dari jamur ini memberikan dampak positif terhadap pengendalian serangga hama tanaman dan keselamatan lingkungan. y y Tidak menyebabkan fitotoksin (keracunan) pada tanaman Mudah diproduksi dengan teknik sederhana. Adanya air/kelembaban tinggi akan membantu berkecambahnya spora jamur. Air siraman dapat jatuh di tengah kuncup mahkota dan tertampung sehingga membentuk genangan di ujung tunas. Itupun dapat dikembangbiakan secara konvensional. Akhirnya. Salah Penyiraman Bisa Berakibat Busuk Tunas Anakan Tak ada salahnya berhati-hati saat anda melakukan penyiraman di rumpun anggrek anda. Teknik aplikasinya cukup mudah. y Tidak meninggalkan residu beracun pada hasil pertanian.) pada tanaman sayuran. berisi 100 gram formulasi padat. tambahkan 3 sendok gula pasir per tangki. parasitoid. seperti predator. Namun dalam penerapannya di masyarakat masih minim. bassiana akan mati dengan tubuh mengeras seperti mumi dan tertutup oleh benang-benang hifa berwarna putih. Tunas anakan anggrek. waktu semprot sore hari. dalam tanah maupun pada aliran air alami. Beberapa keunggulan jamur patogen serangga B.

Setelah hari demi hari dilalui. Didalam sel tanaman. ujung daun muda menjadi kekuningan pucat. umumnya tanaman memiliki mekanisme tersendiri untuk menghambat jaringan pengangkut dengan semacam metabolit sekunder. Keadaan ini menjadi sangat rentan apabila terinfeksi oleh benih jamur atau bakteri. dan saat ditarik perlahan akan dengan mudah terlepas.!!?? meskipun beberapa calon kuntum lainnya berhasil dewasa dan mekar sempurna. Ujung tunas yang telah rusak tidak dapat tumbuh lagi. Akan tetapi akan sangat membahagiakan bila tonjolan kecil tadi tumbuh menjadi sebuah tandan bunga dengan calon kuntum yang berderet di sepanjang tandan bunga. Kenapa Kuntum Bunga Anggrek Rontok? Melihat tonjolan kecil muncul dari tubuh tanaman anggrek kita mungkin sudah sering kita alami. namun dalam hati ada rasa penasaran. Setelah dipotong. Untuk mencegah penyebaran penyakit ke bagian tanaman yang lain. sehingga tanaman dewasa akan menumbuhkan tunas anakan dari mata 35 tunas lainnya. Saat ujung tunas mengalami pembusukan. bagian potongan diolesi dengan spritus/alcohol/fungisida kemudian dibiarkan di tempat yang kering berangin. maka daerah infeksi menjalar menuju ke pangkal kuncup daun yang berhubungan langsung dengan ujung tunas. Ciri dari sel meristem adalah dinding selnya yang belum mengalami penebalan sempurna. Saat tunas anakan mengering. sehingga dengan segera akan mati dan mengering. segeralah potong tunas anakan yang terinfeksi pada pangkal bulb yang bersambungan langsung dengan bulb dewasa dengan alat potong yang sudah diolesi spritus/alcohol 70-90%/fungisida/dibakar pada bagian tajamnya. sel jamur atau bakteri akan merombak materi sel dan dinding sel menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana untuk memperoleh energi sekaligus sebagai materi perkembangbiakan. Pada bagian pangkal tampak coklat lunak dan sedikit berlendir. Hal ini supaya saluran dari tunas anakan menuju bulb dewasa terhenti. Akan tetapi untuk lebih amannya.dari ujung tunas. calon kuntum semakin membesar dan tiba tiba 1-2 buah calon kuntum menguning dan rontok«. mengapa hal tersebut terjadi Terdapat banyak faktor yang dapat menyebabkan rontoknya calon kuntum bunga sebelum mekar. maka aliran makanan untuk tunas anakan yang sekaratpun terhambat. Berikut saya sari dari diskusi temen-temen di milis anggrek mengenai kerontokan bunga anggrek : y Bunga pertama yang muncul dari tanaman anggrek hasil kultur jaringan pada umumnya mengalami kerontokan beberapa calon 36 . diharapkan sumber infeksi turut terisolasi pada jaringan mati tersebut. Pada tahap ini akan tampak. Setelah pembuluh tersumbat oleh metabolit sekunder. Ujung tunas dan kuncup daun merupakan jaringan meristem yang masih muda dan aktif membelah.

si anggrek tetap ngotot untuk memunculkan bunga. calon kuntum bunga rontok dll. y Kurang cahaya dapat menyebabkan kerontokan. Perubahan suhu perubahan drastis yang secara menyebabkan fisiologis mendadak seperti menurunnya aktifitas enzimatis dalam tubuh tanaman. dikhawatirkan saat keluar mobil. sehingga organ tanaman yang sensitif (calon kuntum. bagi anggrek dataran tinggi dalam keadaan memiliki calon kuntum. Organ yang pertama kali terkena efek buruk dari menurunnya kadar air dalam sel adalah jaringan muda (meristem) seperti calon kuntum bunga. Hal ini terjadi karena calon-calon kuntum bunga kurang mendapat suplai makanan dan energi. si tanaman akan ´terkejutµ oleh perubahan suhu yang mendadak. Saat cahaya terlalu rendah maka laju fotosintesis juga rendah. Perubahan mendadak suhu dapat mendadak. Cadangan air (kelembaban) pada media yang minim akan cepat hilang karena penguapan. Penguapan tidak hanya terjadi pada media (evaporasi) tapi juga terjadi pada permukaan tanaman anggrek itu sendiri (transpirasi). sehingga cadangan makanan yang diperoleh hanya sedikit. 37 . maka fisiologis tanaman dirangsang untuk masuk pada tahap dimana fase generatif lebih dominan. Calon bunga juga merupakan jaringan hidup yang memerlukan energi dan materi sel. Aktifitas enzim sangat dipengaruhi oleh suhu. dan calon bunga banyak yang berguguran. Tingkat suhu optimal untuk aktifitas enzim sangat bervariasi tergantung spesies. Hal ini karena tanaman baru pertama kali memasuki fase generatif dalam daur hidupnya. biasanya tandan bunga pendek. sehingga sel-sel calon kuntum akan menyusut dan jaringan tampak berkerut dan akhirnya gugur. setelah tandan terbentuk. Selain itu. sehingga metabolisme hormon maupun akumulasi atp (energi) masih belum sempurna.bunganya. y Bila penguapan air berlangsung terus menerus. Why?? karena saat suhu tinggi maka penguapan air pun juga tinggi. Akibatnya dengan cadangan makanan yang ada. selain itu terkadang panjang tandannya pun hanya pendek dan membawa sedikit kuntum. Turunnya aktifitas enzimatis ini akan menimbulkan efek ´stressµ pada tanaman anggrek sehingga berbagai gejala seperti daun menguning dan rontok. maka tanaman akan kehilangan banyak air didalam selnya. ujung akar dll) akan menyusut dan layu. Saat tanaman dipacu pemupukan dengan formulasi untuk pembungaan. kemudian mendadak dibawa ke dataran rendah. Hati-hati buat anggrek yang punya calon kuntum dan dibawa perjalanan jauh dan lama menggunakan mobil ber-ac atau ruang yang panas dan pengap. 38 y Kekeringan akibat suhu tinggi juga salah satu penyebab kenapa calon kuntum bunga rontok. Akhirnya. maka penguapan air dalam tubuh tanaman akan drastis meningkat.

celah celah pada calon kuntum yang basah (untuk waktu yang lama). Setelah menembus dindingsel maka cairan pekat akan menyebabkan osmosis yang tidak terkendali. Hal ini akan berlanjut pada gangguan pada metabolisme enzimatis pada tanaman. Serangan penyakit umumnya merupakan pengaruh sekunder akibat faktor lingkungan yang mendukung. akan terjadi pengeringan pada calon kuntum bunga kemudian rontok. Pas wawancara. y Serangan kutu gajah. Semua hal tadi akan membangkitkan gairah si penyakit untuk melakukan penetrasi ke jaringan muda dari calon kuntum bunga yang notabene merupakan jaringan muda yang masih ´empukµ dan sensitif terhadap gangguan pada fisiologisnya. Dari tampak luar. masih dalam pencarian tim litbang web. Setelah memperoleh posisi yang tepat dia akan mengebor bagian itu untuk 39 dimungkinkan menyebabkan kerontokan calon kuntum bunga 40 . Selain itu. sirkulasi udara yang tidak lancar. sehingga cairan sel akan keluar dari dalam sel dan terjadilah plasmolisis.anggrek. kata dia sih rasanya ´manisµ. Kutu gajah memiliki kebiasaan ´mencicipcicipµ jaringan jaringan muda untuk dia hisap cairan sel nya. Apabila cairan pupuk daun yang terlalu pekat tersebut mengenai calon kuntum bunga maka. y y y meletakkan telurnya. Bagian kuntum bunga yang masih muda merupakan salah satu bagian favorit si kutu ini. cairan pekat tersebut akan dengan mudah menembus dinding sel karena calon kuntum bunga merupakan jaringan muda yang dinding selnya masih tipis. Serangan penyakit. Dapat juga menyebabkan peningkatan hormon etilen sehingga y Invasi oleh lalat (lalat X. sehingga akan mempengaruhi pada pembelahan sel maupun pada metabolisme penyediaan energi bagi tanaman. Penggunaan yang kurang tepat dapat menyebabkan ketidak seimbangan hormon endogen di dalam tubuh tanaman. kutu gajah dewasa juga melakukan ritual yang sama untuk menentukan posisi yang tepat untuk si buah hati tersayang. Membran sel akan berkerut dan rusak sehingga lambat laun sel akan mati. Misal. Konsentrasi pupuk yang terlalu pekat selain berakibat buruk pada organ tanaman yang lain. atau si lalat X tadi menghisap cairan sel dari calon kuntum. kelembaban yang terlalu tinggi.y Konsentrasi pupuk daun yang terlalu pekat. calon kuntum bungapun juga sangat peka terhadap kerusakan. Pengaruh bahan-bahan zat kimia pengatur pertumbuhan seperti hormon dll.org) kemungkinan besar semacam imago serangga dewasa mirip lalat buah atau kupu yang meletakkan telurnya ke bagian kuntum sehingga larva akan memakan kuntum.

kacang tanah hingga 15 % dan sayuran hingga 2030 %.orchid.7 0. dan thiamin. Jenis Pupuk Kerbau Sapi Kuda N (%) 0.07 hingga 0.com/ Air kelapa ternyata memiliki manfaat untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman.7 sampai 2. asam folat.5-1.mindforum. niacin. Penelitian di National Institute of Molecular Biology and Biotechnology (BIOTECH) di UP Los Baños mengungkapkan bahwa dari air kelapa dapat diekstrak hormon yang kemudian dibuat suatu produk suplemen disebut cocogro.6-0. air kelapa 41 dapat merangsang pembungaan pada anggrek seperti dendrobium dan phalaenopsis. riboflavin. air kelapa juga mengandung berbagai macam vitamin seperti asam sitrat. anggrek tercinta.7 P (%) 2. Selain itu jika kita kreatif. saprofit atau semi terestrial untuk menambahkan pupuk organik kedalam media tanamnya sebagai sumber unsur hara makro dan miro dan juga dapat untuk memperbaiki sifat kimia. cobalah untuk menyisihkan sedikit air kelapa yang kita minum untuk kita persembahkan kepada sahabat kita. Selain kaya mineral.4 0. Dengan kandungan unsur kalium yang cukup tinggi.0-2. Slamat mencoba dan jangan lupa untuk melaporkan hasilnya sebagai evaluasi kepada teman-teman semua Pupuk Organik Untuk Anggrek http://www. Disamping kaya mineral.6 1. cuprum (Cu).4-2. Hasil penlitian menunjukkan bahwa produk hormon dari air kelapa ini mampu meningkatkan hasil kedelai hingga 64 %.5-1. asam pantotenal.6 % dan protein 0. air kelapa juga mengandung gula antara 1. maka sumber bahan organik dapat kita peroleh dengan mudah dari lingkungan sekitar kita.5 2. Mulai sekarang.or. Air kelapa yang sering dibuang oleh para pedagang di pasar tidak ada salahnya untuk kita manfaatkan sebagai penyubur tanaman.9 K (%) 0. magnesium (Mg). litofit.6-3.9 3.0 42 .jp/ Seringkali apabila kita memelihara anggrek jenis terestrial. ferum (Fe). Hasil penelitian menunjukkan bahwa air kelapa kaya akan potasium (kalium) hingga 17 %. asam nikotinat. Terdapat pula 2 hormon alami yaitu auksin dan sitokinin sebagai pendukung pembelahan sel embrio kelapa. fosfor (P) dan sulfur (S).55 %. Berikut saya sajikan nilai kandungan rata-rata pupuk organik dari berbagai sumber bahan organik. biologi dan fisik tanah disekitar perakaran anggrek.Air Kelapa Pacu Pertumbuhan dan Pembungaan Anggrek http://www. bahkan dari diri kita sendiri (ups!!). kalsium (Ca).5 4. Mineral lainnya antara lain natrium (Na). Selama ini air kelapa banyak digunakan di Lab sebagai nutrisi tambahan di dalam media kultur jaringan.

2-3. sehingga sulit dikenali lagi bahan dasarnya. bersifat di ruah.2 0.8 8.3-4. benih tanaman tertentu (yang pernah saya coba yaitu biji bayam liar) ditanam dan pertahankan kondisi pupuk tetap lembab.1 1.3 10.0-1.7 1.0 23.1-1.0-2.5-0. Jika masih ragu.9-10.2-0. baik dalam pengangkutan penggunaannya lapangan. botol bekas selai atau botol minuman mineral yang dipotong setengah diisi pupuk yang sudah disaring. Karena benih sangat sensitif terhadap faktor tumbuh.4 1.0-1.0-12 0.6 3. Untuk menguji kematangan pupuk organik. meskipun bahan kompos telah dibalik dan disiram tetap tidak timbul panas)  Struktur nya remah.1 0.  Tidak dijumpai adanya lalat atau bau busuk yang masih menyengat  Suhu pupuk sudah tidak tinggi/panas/hangat (pendinginan merupakan indikator selesainya proses pengomposan.5 0. maka tingkat kematangan pupuk dapat diukur berdasarkan kecepatan pertumbuhan benih. dan daun kadang-kadang berwarna kuning kecoklatan 43 44 .8 organik 0.5 0.4 1.5 2.0 2. berikut tips uji tingkat kematangan pupuk menggunakan perkecambahan benih.0-4.2 0. Botol berisi pupuk dan benih diletakkan di tempat yang terang dan terbuka. namun dalam pemakaiannya juga harus cermat dan tepat.  Berwarna coklat tua sampai kehitam-hitaman setelah 5-7 hari berwarna hijau dengan akar cukup panjang berwarna putih.  Pupuk matang : benih akan berkecambah setelah 2-3 hari dan diantaranya ialah.0 memiliki kelemahan.2-0. diperlukan dalam jumlah yang sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan unsur hara dari suatu pertanaman (karena kandungan hara dan relatif rendah). Oleh karena itu meskipun sangat dianjurkan.6 3.7-3.4 0.0-4.5-31.  Pupuk segar : hanya beberapa benih yang tumbuh dan memerlukan waktu yang lebih lama.0 1.5-0. berikut saya berikan pula beberapa informasi mengenai karakterisasi kompos yang telah selesai mengalami proses dekomposisi secara sempurna (matang) ditinjau dari kondisi fisik.7 0.Domba Ayam Guano Tinja Manusia Kompos Azzola Daun lamtoro Darah hewan kering Jerami padi Penggunaan pupuk 0.2 juga 0.0-3. akar pendek pertumbuhan tanaman kerdil.0 0. Oh iya.7 3.0-3.3-0.6-3. pupuk menjadi media yang lepas-lepas dan tidak kompak. kemungkinan menimbulkan kekahatan unsur hara apabila bahan organik yang diberikan belum cukup matang (tanaman justru akan menguning dan merana). daun berwarna hijau pucat.

Kelebihan fungisida sistemik antara lain : o Bahan aktif langsung menuju ke pusat infeksi didalam jaringan tanaman. 2. yakni fungisida nonsistemik. 3. Fungisida Sistemik Fungisida sistemik diabsorbsi oleh organ-organ tanaman dan ditranslokasikan ke bagian tanaman lainnya melalui pembuluh angkut maupun melalui jalur simplas (melalui dalam sel). dan sistemik local. yaitu: 1. terutama fungisida sistemik dan non sistemik. aplikasinya tidak perlu terlalu sering. tetapi tidak ditranslokasikan ke bagian tanaman lainnya.Pengenalan Fungisida Fungisida adalah zat kimia yang digunakan untuk mengendalikan cendawan (fungi). 1. yakni dari organ akar ke daun. Fungisida umumnya dibagi menurut cara kerjanya di dalam tubuh tanaman sasaran yang diaplikasi. Multisite Inhibitor Multisite inhibitor adalah fungisida yang bekerja menghambat beberapa proses metabolisme cendawan. selain itu bahan aktif juga tidak tercuci oleh hujan. Oleh karena itu. fungisida kontak berfungsi sebagai protektan dan hanya efektif bila digunakan sebelum tanaman terinfeksi oleh penyakit. Bahan aktif hanya akan terserap ke sel-sel jaringan yang tidak terlalu dalam dan tidak sampai masuk hingga pembuluh angkut. sistemik. fungisida dibagi menjadi dua kelompok. Fungisida ini hanya berfungsi mencegah infeksi cendawan dengan cara menghambat perkecambahan spora atau miselia jamur yang menempel di permukaan tanaman. Pada umumnya 45 fungisida sistemik ditranslokasikan ke bagian atas (akropetal). Menurut mekanisme kerjanya. Sifatnya yang multisite inhibitor ini membuat fungisida tersebut tidak mudah 46 . Pada fungisida. fungisida nonsistemik harus sering diaplikasikan agar tanaman secara terus-menerus terlindungi dari infeksi baru. Fungisida Nonsistemik Fungisida nonsistemik tidak dapat diserap dan ditranslokasikan didalam jaringan Tanaman. sehingga mampu menghambat infeksi cendawan yang sudah menyerang di dalam jaringan tanaman. Fungisida nonsistemik hanya membentuk lapisan penghalang di permukaan tanaman (umumnya daun) tempat fungisida disemprotkan. pembagian ini erat hubungannya dengan sifat dan aktifitas fungisida terhadap jasad sasarannya. o Fungisida ini dengan cepat diserap oleh jaringan tanaman kemudian didistribusikan ke seluruh bagian tanaman sehingga bahan aktif dan residunya tidak terlalu tergantung pada coverage semprotan. Akibatnya. Fungisida Sistemik Lokal Fungisida sistemik local diabsorbsi oleh jaringan tanaman. Karena itu.

Kemudian disaring dengan kain lalu disemprotkan. 10 g sabun. Larutan di saring dengan kain kemudian dapat langsung disemprotkan. misalnya hanya menghambat sintesis protein atau hanya menghambat respirasi. thiram. dua sendok teh minyak mineral (minyak bayi). 0. Fungisida yang bersifat multisite inhibitor (merusak di banyak proses metabolisme) ini umumnya berspektrum luas. Bawang putih diparut/digerus dan dicampur minyak mineral. yaitu fungisida yang bekerja dengan menghambat salah satu proses metabolisme cendawan. dimana anggrek berada sebagai organisme yang dirugikan. 0. dan benalaksil residu kimia sintetik pada lingkungan. Bahan ini efektif untuk beberapa jenis serangga pengganggu. ziram. Salah satu bentuk interaksi biotic yaitu parasitisme. Contoh bahan aktifnya adalah metalaksil. Meskipun anggrek bukan merupakan tanaman pangan.5 l air. kita dapat menggunakan beberapa jenis pestisida hayati berikut. Meskipun demikian perlu juga diuji coba dengan tingkat konsentrasi yang berbeda untuk mengetahui konsentrasi yang paling efektif. Kecubung (Datura stramonium) 1 kg daun pucuk kecubung segar. Oleh karena itu. 1. Penggunaannya untuk setiap satu bagian campuran dilarutkan kedalam 20 bagian air. kita dapat menggunakan berbagai cara seperti pengandalian mekanis (efektif apabila hama sedikit dan ukurannya besar) atau kimiawi (pestisida). Bawang putih (Alium sativum) 100 g bawang putih. kemudian direndam dalam 10 l air. Disarankan untuk ditambah sabun cuci cair sebagai zat pembasah (surfactant). namun untuk mengurangi pemaparan .menimbulkan resistensi cendawan. sedangkan hama sebagai organisme yang diuntungkan. zineb. probineb. Contoh bahan aktifnya adalah maneb. 2. 3. Rendaman ini dibiarkan paling tidak selama 3-5 jam. oksadisil.25 kg biji mindi ditumbuk halus 47 48 Insektisida Hayati Budidaya anggrek tentunya akan mengalami interaksi baik dari lingkungan abiotik (tak hidup) dan lingkungan biotik (hidup). dan cairan sabun. Monosite Inhibitor Monosite inhibitor disebut juga sebagai site specific. untuk melindungi tanaman anggrek dari gangguan hama. Sifatnya yang hanya bekerja di satu tempat ini (spectrum sempit) menyebabkan mudah timbulnya resistensi candawan. mankozeb. Mindi (Melia azedarach) 150 g daun mindi segar diblender dalam 200 ml air. Sabun dilarutkan dicampur bawang putih dalam minyak mineral secara merata kemudian disaring dengan kain halus. 2. Dapat juga menggunakan biji mindi segar. kemudian dicampur kedalam 800 ml air biasa dan dibiarkan semalam. biarkan selama 24 jam. bunga dan biji dihancurkan.

Biji yang sudah dikumpulkan. ditambah 2 sendok teh sabun cair kemudian dibiarkan semalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 500 g biji kering yang dan 4. Dengan melakukan praktek langsung. Atau dapat pula setiap 200 g daun tembakau diblender dan dilarutkan ke dalam 3 l air 49 50 . maka diperlukan petunjuk awal untuk memulai hobi ini. mengusir. ditambahkan pula dengan 2 sendok teh sabun.kemudian dicampur dengan 1 liter air. Nah. Salah satu upaya untuk lebih mensosialisasikan kesadaran cinta anggrek kepada generasi muda adalah dengan mengajak mereka terlibat secara langsung dengan aktifitas memelihara anggrek. dan meracuni serangga ataupun organisme pengganggu lainnya seperti nematode dan cendawan. 4. Nimba (Azedarachta indica) Minyak biji nimba memiliki kemampuan yang sangat baik dalam hal membunuh. dibersihkan dari daging buahnya. Dibiarkan selama semalam. Pada saat akan digunakan. untuk mampu direndam dalam 400 l air dapat digunakan untuk lahan seluas 4000 m bertahan selama 2 minggu apabila tidak terkena hujan lebat. Minyak biji nimba dapat diperoleh dengan mengekstrak biji menggunakan air. disaring dengan kain halus kemudian disemprotkan. Dalam larutan ditambahkan pula 2 sendok teh sabun cuci cair. Salah satu jenis anggrek yang sangat direkomendasikan untuk dicoba untuk sekedar iseng oleh pemula adalah Dendrobium crumenatum atau dikenal luas dengan nama Anggrek Merpati Dendrobium crumenatum atau yang lebih dikenal dengan nama Anggrek merpati adalah salah satu jenis anggrek alam yang sangat disemprotkan. kemudian dikeringkan agar tidak berjamur saat penyimpanan. keuletan. Pepaya (Carica papaya) 1 kg daun papaya segar dirajang halus dan direndam kedalam 10 liter air kemudian ditambah 2 sendok makan minyak dan sabun cair. Ekstrak ini dapat mengusir belalang. 25-50 g biji ditumbuk halus dan direndam dalam 1 l air. Justru diperlukan ´ketangguhanµ tersendiri untuk dapat menaklukan anggrek-anggrek perkasa seperti Anggrek tebu misalnya (Grammatophylum speciosum). ketekunan. biji dikupas dari kulitnya. dan pantang menyerah. 4. selanjutnya disaring dan dijadikan larutan sebanyak 5-7 liter. Mari Memulai dengan Anggrek Merpati Anggrek adalah tanaman yang identik dengan sifat kesabaran. Setelah disaring dapat digunakan untuk mensosialisasikan gerakan tersebut. Tembakau (Nicotiana tabacum) 1 kg daun tembakau (daun sisa-sisa) dirajang halus dan direndam dalam 15 liter air. maka akan dimulailah kesadaran untuk peduli terhadap kehidupan sang anggrek.

dengan sangat-sangat berbahagia rekan-rekan di milis anggrek akan berbagi koleksi Anggrek merpatinya secara cuma-cuma alias gratis«mungkin hanya mengganti ongkos kirim apabila tempatnya jauh. Tidak perlu khawatir terlalu lama menunggu. Informasi budidaya : Dendrobium crumenatum (Anggrek menghasilkan keiki (anakan) yang sangat tinggi. atau jika beruntung anda cukup memungut beberapa batang anggrek merpati langsung dari pepohonan. Pindahkan tanaman ditempat yang lebih terang dengan terus memelihara kelembaban pada medianya. Saat tunastunas baru telah tumbuh dan menjadi rumpun dewasa. tentu sangatlah penting untuk mencoba memulai dengan anggrek ini. saya sangat yakin anda akan diberi setidaknya 2-3 batang atau bahkan lebih. silahkan bertamasya di kawasan pegunungan atau kawasan hutan. hingga akar baru telah tumbuh dan tanaman tampak kuat. Saat musim berbunga tiba. lama mekarnya tidak lebih dari 1 hari. apabila anda meminta dengan baik-baik. Pisahkan sedikitnya 2 batang besar atau 3-4 batang ukuran kecil. seluruh kuntum umumnya akan mekar serentak. Masih kesulitan juga ??!!«. 52 . tanaman ini di tempelkan pada sekeping pakis atau di tanam dalam pot berisi potongan pakis/arang. disana anda 51 merpati) dapat dipisah dengan mudah dari rumpunnya. Bagi temen-temen awam yang ingin mengetahui dunia anggrek. maka puluhan kuntum bunga akan segera menyemarakkan hasil jerih payah anda.. cobalah iseng-iseng mengamati kebun tetangga sebelah. Letakkan pada tempat yang teduh selama 2-3 minggu. serta tahan terhadap berbagai rentang intensitas cahaya yang kuat. Anggrek ini amat sangat dianjurkan untuk para pemula. Warna khas nya yang putih bersih ditambah aroma harum semerbak merupakan kelebihan anggrek ini dibanding kerabatnya yang lain. Setelah dibungkus. Anggrek ini memiliki adaptasi yang sangat luas mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Merpati adalah lambang kesetiaan.mudah pemeliharaannya. Sangatlah pantas bila Dendrobium crumenatum si Anggrek merpati ditempatkan pada posisi terhormat. Anggrek ini memiliki cukup banyak variasi dalam bentuk dan ukuran bunga. tingkat pertumbuhan akar dan tunas yang cepat. Kelebihan lain anggrek ini adalah toleran terhadap kekeringan. kemampuan akan banyak menemui pedagang anggrek menjual tanaman ini. persahabatan. dan kesetiakawanan sosial«maka selayaknyalah anggrek ini dijadikan simbol persahabatan antar penggemar anggrek. Apabila masih kesulitan juga. Hanya saja. bahkan yang sekedar iseng sekalipun. karena anggrek ini telah dikenal memiliki laju partumbuhan yang cepat. Apabila anda berminat untuk mencoba memeliharanya. Kemudian bungkus bagian pangkal batang bawah yang memiliki akar dengan sedikit sabut kelapa yang sudah dibasahi terlebih dahulu. Bahkan kita akan dibuat keheranan dengan ketangguhan anggrek ini untuk bertahan hidup.

tempelkan saja anggrek bulan pada batang pohon besar dan tempatkan di sebelah timur. akan timbul kerusakan pada sebagian atau seluruh jaringan tanaman. Kondisinya tampak kurang segar dan sehat.µ Meski begitu. Kebutuhan Sinar Apabila cahaya yang didapat anggrek lebih besar dari angka itu. yakni saat tak berbunga. Kekurangan cahaya.sinarharapan. Cara lain. Anggrek bulan tumbuh bagus bersuhu 13 derajat Celcius sampai 18 derajat Celcius pada malam hari dan 18 derajat Celcius sampai 21 derajat Celcius (siang). Biasanya gejala itu ditandai dengan keluarnya warna cokelat kemerahan pada permukaan daunnya. kuning. µUntuk mendapat sinar redup itu. pertumbuhan anggrek bulan pun tak bagus. Semua itu timbul akibat cara perawatan yang kurang tepat. µKarena itu. yaitu 60 sampai 80 persen.µ ujar Lily. µSaya rasa cara merawat anggrek bulan sama saja seperti kita merawat Dendrobium. Sebagai tanaman epifit. anggrek bulan yang kita miliki tak memancarkan keindahan seperti yang diharapkan. Berkat keelokannya itu. tanaman berbunga indah ini tak menyukai udara yang kelewat basah. batang. Masalah lain muncul. anggrek bulan sepanjang hidupnya di alam bebas selalu ternaungi oleh ranting atau dahan pohon. Anggrek Bulan Tumbuh Sehat http://www. Menurut Lily Turangan. daun ataupun bunganya. pucat dan rontok. umumnya anggrek memiliki kelembaban nisbi (ratio humidity) cukup tinggi. Kalau sudah begini. Ingatlah. anggrek jenis ini hanya butuh intensitas matahari yang tak terlalu kuat. Namun apa jadinya bila anggrek ini tak mau berbunga atau hanya berbunga sekali. Tentu perasaan kesal dan kecewa akan bercampur ampur aduk jadi satu. jangan harap tanaman ini akan mengeluarkan bunga. Cahaya mentari pagi sangat bagus bagi pertumbuhannya. pasangi saja kebun kita dengan jaring peneduh atau paranet.Cermat Merawat.µ ujar Lily.co. Entah itu akar. Kondisi udara yang terlalu lembab justru jadi pemicu munculnya penyakit busuk tunas dan daun. Meski begitu. ada beberapa hal yang perlu kita cermati agar tanaman tumbuh segar dan sehat. Gejala terbakar akan segera terlihat terutama pada daun-daun yang terkena langsung cahaya matahari. sebenarnya tak ada cara khusus untuk menyiasati anggrek bulan itu agar tumbuh sehat dan rajin berbunga.id Keindahan anggrek bulan memang tak perlu diragukan lagi. µAturlah kelembaban yang cukup bagi si anggrek. Menurut Hadi Iswanto. anggrek tidak mengisap air tanah seperti tanaman lain.cukup 20 sampai 50 persen saja. anggrek berjuluk butterfly orchid ini menjelma sebagai primadona bisnis anggrek di Tanah Air. dan setelah itu µngambekµ tak berbunga lagi. Daun akan layu. 53 54 . Jangan sampai tanaman kesayangan kita itu ada dalam kondisi yang terlalu kering.

Alasannya.00 sampai 09. membuat wadah air di bawah deretan papan penaruh pot anggrek bulan.00 (sore). Selain ikut dalam proses fotosintesis. Idealnya. Lagi pula. Ini dilakukan untuk menjaga pertumbuhan dan pembungaan anggrek bulan tetap optimal. Air yang digunakan untuk penyiraman tidak sekadar bersih. yaitu nitrogen (N). penyiraman dilakukan pada pagi sekitar pukul 07. Buntutnya. Tanaman yang sedang aktif tumbuh jelas butuh lebih banyak air ketimbang anggrek yang sudah berbunga. air juga berperan mengatur kondisi suhu. Pupuk yang digunakan untuk anggrek harus mengandung tiga unsur hara penting. Anggrek bulan akan tumbuh baik bila kebutuhan airnya tercukupi. 55 56 . Ada beragam cara memupuk anggrek.µ ujar pria kelahiran Surabaya ini.µ kata Hadi. pH netral dan tersedia sepanjang tahun. Frekuensi dan banyaknya penyiraman yang diberikan tergantung pada jenis dan besar kecilnya ukuran tanaman serta keadaan lingkungannya. kandungan unsur hara dalam pupuk bakal lebih cepat tembus ke jaringan tubuh lewat pembuluh daun atau kutikula. fosfor (P) dan kalium (K). Sedang masa sudah berbunga.00 ² 18. Untuk menjaga kelembaban udara. akar jadi mudah busuk dan kehilangan daya serap. sedangkan akar hanya menyerap 10 persen.00 dan 16. µTapi yang banyak dilakukan adalah pemupukan lewat daun karena lebih efektif dibanding cara lain. sekarang perhatikan aturan pemupukan Tak Cuma Bersih Hal lain yang patut dicermati adalah penyiraman. unsur P berganti dominasi menjadi enam puluh persen. Menginjak usia muda. Pemberian pupuk harus menyesuaikan fase pertumbuhan tanaman. Pertama.µ ujar Hadi menjelaskan. daun mampu menyerap pupuk sekitar 90 persen. Air keluar dari sprayer berupa butiran-butiran halus sehingga tidak menghanyutkan atau merusak media dan bagian tanaman.melainkan hidup dari mengisap kelembaban udara di sekitarnya. Soal penyiraman beres. Bila kemarau. tanaman diberi pupuk dengan konsentrasi N:P:K yang sebanding yaitu 30 persen. kata Hadi. Air itu harus cukup mengandung mineral. paling tidak 60 persen kandungan pupuk itu didominasi oleh unsur N. Biasanya penyiraman pada anggrek bulan minimal dilakukan dua kali sehari. Alhasil terjadilah penguapan alami. Kelebihan penyiraman akan berdampak buruk bagi pertumbuhan akar. Atau meniru cara Lily. Saat pembibitan. bisa dengan memberikan semprotan air di sekitar tempat penanaman memakai sprayer. anggrek bulan. frekuensinya ditambah jadi tiga kali.µ tambah Lily. Penggantian media tanam juga tak kalah penting. Kelembaban udara pun terjaga. Hadi juga mewanti-wanti agar anggrek bulan jangan terlalu berlebihan disiram air. caranya bisa bermacammacam. µCara pemberian air yang baik adalah dengan sprayer.

yaitu: 1. anggrek Paphiopedilun praestans yang berasal dari Irian Jaya serta anggrek Paphiopedilun glaucophyllum yang berasal dari Jawa Tengah. lain tetapi Alat yang akar tidak dipakai yang merusak/merugikan untuk menempel fungsinya untuk yang adalah mencari sedangkan makanan adalah akar udara.or. Untuk mempercepat pembungaan anggrek bulan bisa dilakukan dengan pelbagai cara. JENIS TANAMAN Jenis anggrek yang terdapat di Indonesia termasuk jenis yang indah antara lain: Vanda tricolor terdapat di Jawa Barat dan di Kaliurang. pilihan paling praktis dan murah adalah pengaturan intensitas cahaya. (bay) BUDIDAYA ANGGREK http://iptek. µDari beberapa itu. Sebut saja dari perlakukan sepanjang hari. Vanda hookeriana. berwarna ungu berbintik-bintik berasal dari Sumatera.µBila tanaman sudah kelihatan terlalu padat dan punya banyak tunas atau media tanam banyak ditumbuhi lumut dan dikerubungi semut. Tanaman anggrek dapat dibedakan berdasarkan sifat hidupnya.id/budidayaAnggrek. Anggrek Ephytis adalah jenis anggrek yang menupang pada batang/pohon ditumpangi. 57 58 .apjii.html SEJARAH SINGKAT Anggrek merupakan tanaman bunga hias berupa benalu yang bunganya indah. suhu rendah. Anggrek sudah dikenal sejak 200 tahun lalu dan sejak 50 tahun terakhir mulai dibudidayakan secara luas di Indonesia.µ tutur Hadi yang meraih gelar sarjana pertaniannya di Surabaya. akarnya.µ ujar Hadi. anggrek bulan/Phalaenopsis amabilis. itu berarti sudah saatnya kita mengganti media tanam. anggrek larat/Dendrobium phalaenopis. anggrek Apple Blossom. pemberian zat pengatur tumbuh dan pengaturan intensitas cahaya.

Media Tanam Terdapat 3 jenis media untuk tanaman anggrek. Jika suhu udara malam berada di bawah 12. Di Indonesia. yaitu: tanah/anggrek Terrestris adalah jenis anggrek yang hidup di atas tanah. Bahan-bahan dipotong menurut ukuran besar tanaman dan akarnya. SYARAT PERTUMBUHAN Iklim o Angin tidak dan curah hujan terlalu berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman anggrek. 5. 59 60 . Jawa Tengah. maka daerah tersebut tidak dianjurkan untuk ditanam anggrek (di dataran tinggi Dieng). Ijuk. Kebutuhan cahaya berbeda-beda tergantung pada jenis tanaman anggrek. Potongan batang pohon enau. anggrek banyak terdapat di Jawa Barat. Selain itu anggrek bermanfaat sebagai campuran ramuan obatobatan. Anggrek semi Ephytis adalah jenis anggrek yang menempel pada pohon/tanaman lain yang tidak merusak yang ditumpangi. Untuk anggrek Semi Epirit yang akarnya menempel pada media untuk mencari makanan. Arang kayu .7 derajat C. perlu diberi makanan tambahan seperti kompos. o Suhu minimum untuk pertumbuhan anggrek adalah 12. baunya yang khas. Pecahan genting/batu bata 8. pupuk kandang/daun. akan tetapi menyukai kelembaban udara di siang hari 65-70 %. y Media untuk anggrek Ephytis dan Semi Ephytis terdiri dari: 1.2. o Tanaman anggrek tidak cocok dalam suasana basah terus menerus. adalah Muangthai.daunan. Serabut kelapa yang telah direndam air selama 2 minggu. Sumatra ataupun di Irian Jaya. 4. hanya akar lekatnya juga berfungsi seperti akar udara yaitu untuk mencari makanan untuk berkembang. Kulit kayu yang dibuang getahnya 3. SENTRA PENANAMAN Sentra sedangkan tanaman di Asia anggrek di Eropa adalah Inggris. bahan minyak wangi/minyak rambut. 6. 7. 3) Anggrek o Sinar matahari sangat dibutuhkan sekali bagi tanaman ini. MANFAAT TANAMAN Manfaat utama tanaman ini adalah sebagai tanaman hias karena bunga anggrek mempunyai keindahan.7 derajat C. Serat Pakis yang telah digodok 2.

pertumbuhan pesat. darah binatang. c) Penyebaran biji anggrek Botol-botol yang telah disterilkan phalaenopsis. Contoh jenis anggrek ini adalah: Dendrobium Kemudian air dibuang dan diganti dengan aquades. serat pakis dan lainnya. Botol yang telah terbuka kemudian diisi biji anggrek dan diratakan keseluruh 62 . o Penyebaran Biji Bibit anggrek berasal dari biji yang disemaikan. leher botol dipanaskan di atas lampu spritus untuk menghilangkan kuman. pada malam hari. (biji anggrek yang semula kuning kecoklatan berubah warna menjadi kehijauan). 6. serat pakis dan lainnya. sehat dan unggul y Media untuk anggrek semi Terrestria Bahan anggrek ini perlu pecahan genteng yang untuk agak media besar. Derajat keasaman air tanah yang dipakai adalah 5.2. Biji dimasukan ditambah pupuk kandang sekam/serutan kayu. memerlukan suhu udara 26-30 derajat C pada siang hari. PEDOMAN BUDIDAYA Pembibitan o Persyaratan Bibit Bibit anggrek yang baik. Sebelum botol dibuka. dengan ketinggian 1500 m dpl. dimasukkan ke dalam botol. Dipakai media pecahan genting. dengan ketinggian 150-1500 m dpl y Anggrek dingin (lebih dari 1500 m dpl) Anggrek dingin jarang tumbuh di Indonesia. yaitu: bentuk batang kuat. Phaphilopedillum Bellatum y Anggrek sedang (ketinggian 150-1500 m dpl) Anggrek sedang pada suhu udara siang hari 21 derajat C dan 15²21 derajat C. Untuk memasukan biji anggrek ke dalam botol digunakan pipet yang dibersihkan dulu dengan cara pemanasan di atas lampu spritus sampai merah kemudian dicelup kedalam spritus. pupuk kandang. dengan daerah ketinggian 0-650 meter dpl. 61 dapat digunakan untuk menyebaran biji anggrek. Ketinggian Tempat Ketinggian tempat yang cocok bagi budidaya tanaman ini dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu: y Anggrek panas (ketinggian 0-650 m dpl) Anggrek panas dalam botol dan digojog 10 menit. mempunyai beberapa ciri. digojog berulang kali (2²3 kali). bunga lebat dan indah. Onchidium Papillo. serabut kayu. sekam. 21 derajat C pada malam hari. tumbuh baik pada suhu udara 15-21 derajat C di siang hari dan 9²15 derajat C pada malam hari. daun subur. b) Mensterilkan biji Sebelum biji disebar harus disterilkan dulu dengan 10 gram kaporit dilarutkan dalam 100 cc air kemudian saring kertas filter. Contoh: anggrek jenis Cymbidium.y Media untuk anggrek Terrestria Jenis anggrek ini hidup di tanah maka perlu ditambah pupuk kompos. Adapun penyebaran biji anggrek sebagai berikut: a) Peralatan yang digunakan untuk penyebaran biji harus bersih.

(NH4)2SO4 : 0. yang kosong berwarna putih dan yang isi kuning coklat/warna lain.5 gram 9. dengan posisi miring.25 mg d) Air : 1000 cc Alaternatif lain sebagai alas makanan. d) Mempersiapkan lemari kaca (ent-kas) yang bersih dari coklat. Kerapatan tutup botol menjaga agar bakteri/jamur tidak masuk sehingga tidak terinfeksi atau terkontaminasi. direndam dulu dalam alas makanan selama 24 jam yang berupa: a) Urea atau ZA : 0.50 mg b) DS.25 gram 4.permukaan alas makanan yang telah disediakan. Sterilisasi dengan cara dipanaskan dalam Autoclaf yang sampai 110 derajat C selama setengah jam atau dengan dandang kemudian diletakan pada tempat bersih. Aquadest : 1000 cc.00 gram 2.25 gram 7. baik atau tidaknya biji anggrek. dipergunakan pH meter/kertas pH tekstil/Indikator Paper. b) Mempersiapkan botol yang bermulut lebar bersih dan tidak berwarna agar dapat meneruskan cahaya matahari yang 5. P. Sebelum dipakai terlebih dulu dicuci bersih dan biarkan airnya hilang. TS atau ES : 0.25 gram 63 . MnSO4 : 0. ujung diikat tali untuk memudahkan dicopot kembali. atau kain sisa yang dipotong potong. dan akar pakis warna dibutuhkan dan mudah dilihat. o Teknik Penyemaian Benih a) Memeriksaan dengan mikroskop.25 mg c) Kalium sulfat atau K2SO4 : 0. Sebelum botol ditutup kita panaskan lagi di atas spritus kemudian ditutup kembali. dapat juga dipakai pupuk buatan campuran unsur N. Ca(NO3)2H2O : 1. 12 cm atau 16 cm yang berlubang. e) Pembuatan sterilsasi alas makanan dan untuk membuat alas makanan anggrek biasanya dipakai resep Khudson C (NORTHEN) 12 yaitu: 1. K perbandingan 60:30:10 atau dapat juga digunakan pupuk 64 bakteri/jamur dengan kain yang sudah dicelup formalin udara dalam lemari disterilkan dengan kapas dipiring dituangi formalin supaya menguap mensterilkan kaca (ent-kas). Siapkan pecahan genting. c) Tutup botol dari kapas digulung-gulung sampai keras. MgSO47H2O : 0. tumbuh akar. Pembuatan alas makanan diperlukan pH 5. o Pemindahan Bibit Setelah tanaman di dalam botol berumur 9²12 bulan terlihat besar. sehingga makanan ke leher setinggi 1/2²2/3 tinggi botol (dari alas sampai botol) dan didiamkan selama 5²7 jam untuk mengetahui sterilisasi yang sempurna. Dalam tingkat ini bibit sudah dapat dipindahkan kedalam pot penyemaian yang berdiameter 7 cm. di potong dengan panjang 5²30 mm sehingga serabutnya terlepas satu sama lainnya.2.0075 gram 8.25 gram 3. FeSO4 4H2O : 0. KH2PO4 : 0. Saccharose : 20 gram 6. Agar-agar : 15²17. Akar pakis setelah dicuci.

disesuaikan dengan sifat hidup tanaman anggrek. tanaman dikeluarkan satu persatu (akar lebih dahulu). Apabila diameter pot dipilih 25-30 cm maka perlu dipasang tiang di tengah-tengah pot. berisi potongan genting/batu bata merah. Selain itu dapat digunakan kulit Pinus yang di potong kecil sebesar biji kacang tanah. Pemindahan bibit ke dalam pot dilakukan dengan mengeluarkan tanaman di botol dengan memasukkan air bersih ke dalam botol. Apabila di dalam botol sudah terjadi kontaminasi jamur sebaik lebih dulu direndam di dalam antibiotic (penicillin. Anggrek di letakkan di tengah dan akarnya disebar merata dalam pot.masing 1. o Pemindahan dari Pot Penyemaian Setelah tanaman pada pot penyemaian cukup tinggi. di tanah kering Seedlings digali sedalam 10-20 cm kemudian diberi bata ukuran 40 cm x 2 m dan jarak antara pembantas dengan yang lain 3 cm. maka tanaman dipindahkan ke pot biasa yang berdiamater 4²6 cm.kandang yang telah dicampur pakis dengan perbandingan pakis: pupuk kandang = 4:1. yang telah direndam dalam alas makanan seperti akar pakis selama 24 jam. Dengan kawat bersih berujung seperti huruf U. Teknik Penanaman Penanaman tanaman anggrek. Antara tiang satu dengan yang lain dihubungkan dengan kayu sehingga keempat tiang tersebut merupakan suatu rangkaian.5 m. kemudian beri pakis/kulit pinus yang telah direndam dalam alas makanan sampai 1 cm di bawah tepi pot. Tiang penahan dibuat 4 buah yang ditancapkan ke dalam tanah dengan ketinggian masing. dicuci Pengolahan Media Tanam Media tanam untuk tanaman anggrek tanah dibedakan: 1. Setelah keluar kaporit 1 % kemudian dengan air tanaman bersih. yaitu: (semaian) ditanam dalam pot dengan rapat. streptomycin yang telah lewat expirydatenya) 10 menit baru ditanam. Pot diisi pupuk kandang yang telah dicampur sesuai dengan komposisi kira-kira 2/3 dari pot 2. kemudian isi remukan pakis tersebut setinggi 1 cm di bawah tepi pot/layah (tidak perlu dipadatkan). Bak terbuat dari batu bata merah panjang 2 m lebar 40 cm dan tinggi bak 2 lapis batu tanah untuk bata merah. Media tanam dalam tanah dengan sistim bak-bak tanam. Pot yang disiapkan diisi dengan pecahan genting 1/3 tinggi pot/layah. kemudian pot diisi pecahan genting. Tanaman dalam pot (dengan diameter 7-30 cm tergantung dari jenis tanaman). Untuk isian pot ini dapat juga digunakan arang kayu bakar/serabut kelapa yang dipotong-potong sebesar ibu jari. Pembuatan menghindari bak ini di atas dari kebecekan. kemudian batang anggrek diikat pada tiang. 65 66 .

V. yang sifatnya epphytis atau anggrek tanah. Unsur makro dan unsur mikro dapat diambil dari udara atau dari tanah. 3. DS. 3.3 gram untuk 1 liter air  Pemupukan untuk ukuran berbunga (flowerings-size) Tanaman yang sudah berbunga dipupuk dengan perbandingan N:P:K= 1:6:1. Mg. Si.3 gram untuk 1 liter air 2.3 gram untuk 1 liter air 3. K. tetapi tidak merusak/merugikan yang ditumpangi atau ditempelin. Mn. hanya akar lekatnya juga berfungsi seperti akar udara yaitu untuk mencari makanan untuk berkembang. Anggrek tanah/anggrek Terrestris. Mo. P. untuk P dipakai pupuk ES. dan K dari Kalium Sulfat (K2SO4). TS. Alat yang dipakai untuk menempel adalah akarnya. O. 2. dibutuhkan untuk lebih banyak dan pembentukan pertumbuhan perkembangan tanaman.3 gram untuk 1 liter air 3. yang jangan dilakukan tersangkut dengan pada menaburkan secara 68 . Ca. Urea : 0. Penjarangan dan Penyulaman Penjarangan dan penyulaman Perbandingan N:P:K=6:3:1. Pemupukan Unsur makro yaitu unsur yang diperlukan dalam jumlah besar yang meliputi: C. berupa gas atau air dan garam-garam yang terlarut di dalamnya. sedangkan akar yang fungsinya untuk mencari makanan adalah akar udara. Pupuk-pupuk buatan yang mengandung N. DS : 0. Pemeliharaan Tanaman 1. yaitu:  Pemupukan untuk bibit (seedlings) Unsur dengan N N. Perbandingan N:P:K=3:3:3 yang sama banyak disini tidak memerlukan tambahan pupuk. dst. Untuk unsur mikro yaitu unsur yang dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit. B. Anggrek semi Ephytis adalah jenis anggrek yang menempel pada pohon/tanaman lain yang tidak merusak yang ditempel. N. K.6 gram untuk 1 liter air 2. 2. P. antara lain: Cu. Anggrek Ephytis batang/pohon adalah lain anggrek yang menupang pada Pemupukan pada tanaman anggrek dibagi dalam 3 tahapan. Urea : 0. K dengan cara misalnya : 1. P. dilakukan pada tempat yang disesuaikan dengan jenis anggrek. Sc. H.1. Penyiangan Untuk tanaman anggrek pada penyiangan pada waktu pada kondisi di dalam botol kemudian dipisahkan ke dalam potpot yang sudah disediakan sesuai jenis anggrek. S. P. ZK : 0. K: 1. Unsur N diambil dari pupuk ZA/urea. Zn. K2SO4 : 0. maka dapat dususun sendiri pupuk yang mengandung N. 67 Teknik pemberian pupuk buatan adalah:  Dalam bentuk padat/powder hatihati. K.1 gram untuk 1 liter air  Pemupukan untuk ukuran sedang (mid-size) dengan N. ES : 0. P.

Pengairan dan Penyiraman Sumber air untuk penyiraman tanaman anggrek dapat berasal dari: menguapkan air dan sifat anggrek yang tidak begitu senang dengan air sehingga tidak mudah untuk lumutan. Pemupukan tanaman lebih baik dilakukan pada waktu pagi-pagi atau pada sore hari sekitar pukul 5. baik untuk menyiram karena jernih dan steril.daun/batangnya yang menyebabkan daun/batang tadi dapat terbakar. Hal perlu diperhatikan bagi petani anggrek adalah mengetahui sifatsifat dari isian pot supaya bisa mengatur banyaknya air untuk menyiram. baik yang ditampung didalam tong-tong/bak akar didalamnya.6-6. sapi. kerbau. Kebaikan pemakaian pupuk yang kandang selain mengandung oleh air. Untuk itu dianjurkan disangan untuk menghilangkan jamur/bakteri di dalamnya. Kalau dilihat dari sudut isi makanan mungkin cukup baik. 4.  Air kali/air selokan. tanaman apalagi bermacamjuga sangat pada musim untuk menyiraman. maka akarnya ditutup plastik. kambing. yang mana mudah macam unsur dibutuhkan penyimpanan membantu dalam kemarau. Untuk pecahan genting lebih kecil daya serapnya lebih banyak dan untuk siraman lebih sedikit. ayam dan lain-lain.00 sore. tetapi 69 70 . tetapi pHnya tinggi maka perlu diturunkan dengan menambah suatu asam misalnya HCl.  Potongan sabut kelapa. yang mana anggrek dapat menyerap air dan garam-garam yang terlarut di dalamnya. Keburukan dari pupuk kandang ini adalah di dalam kotoran banyak bateri yang mengandung lebih dahulu jamur. bakteri/lumut yang bisa mengganggu anggrek/tidak.  Penyemprotan. Pupuk kandang yang sering digunakan adalah kotoran kuda. pembusukan cara ini sangat baik apabila terjadi  Air Ledeng. Cara ini banyak dilakukan dimana-mana. Air sumur di daerah kapur harus diperhatikan pHnya. pemakaian serabut kelapa lebih baik untuk digunakan di daerah panas karena menyimpan air. tetapi kita tidak tahu pasti apakah air itu mengandung jamur. PH yang baik sekitar 5. baik untuk menyiram karena banyak mengandung mineral dari tanah yang sangat dibutuhkan oleh tanaman.  Air sangat hujan.  Disiramkan. Adapun macam isian pot dan sifat diuraikan sebagai berkut:  Pecahan genting/pecahan batu merah.  Air sumur.

dimana media ini sukar sekali penyerapan air. Kelthane dosis 2 gram/liter air. berwarna kemerahan jumlahnya banyak. untuk keong dan bekicot air Untuk hama bekicot ada 2 cara pengendaliannya yaitu: a) Menyebarkan obat sekitar pot anggrek dengan mudah untuk menyerap air. 5. Pengendalian: digosok dengan kapas dan air sabun.  untuk Potongan kulit pakis. dicampur dedak 6-8 cc/10 liter. dicampur dedak 6-8 cc/10 liter. Falidol E. untuk kutu e. Jika potongannya besar. Tungau/kutu perisai Gejala: menempel pada pelepah daun. HAMA DAN PENYAKIT a. kumbang. bekas serangan berupa bercak hitam dan merusak daun.605 dosis dibasahi air. Bagi tanaman yang sudah besar pedoman penyiramannya 3-7 hari sekali musim hujan dan 1-3 hari sekali pada musim hujan.kalau penggunaan di daerah dingin tidak menguntungkan karena mudah busuk  Remukan akar pakis yang hitam. Akar pakis yang coklat dan lunak lebih mudah menyerap dan menahan air. apabila serangan sudah parah. mudah terjadi penguapan. 72 . dilakukan rutin kurang lebih 3 bulan sekali. Penyemprotan bagi tanaman anggrek terserang hama perlu dilakukan berulang-ulang 3 kali dengan jangka waktu tertentu (untuk kutu) daun seminggu sekali. untuk keong dan bekicot air f. Penyemprotan bagi tanaman anggrek sehat. Waktu Penyemprotan Pestisida Obat-obatan sebaiknya disemprotkan pada waktu pagi hari. keras dan baru tidak b.00. Adapun jenis insektisida dan dosis yang digunakan untuk hama antara lain: a. Orthene 75 SP dosis 5-10 gram/10 liter air untuk ulat pemakan daun 71 mencampur antara obat Metadeks ke dedak halus di tambah air sedikit. lebih baik pada sore hari sekitar jam 5. Bayrusil 250 EC dosis 2 cc/liter air untuk ulat pemakan daun c. Kemudian Folediol E 605 pot tanaman anggrek direndam dalam larutan tersebut selama beberapa waktu dan diulang satu minggu sekali. penyerapan kecil dan jika potongan kecil penyerapan air lebih banyak. kutu d. harus disemprot oleh insektisida dengan dosis 2 cc/liter. b) Membuat larutan 1 cc Dieldrin 50% 25 EP dicampur dengan 1 liter air atau 6²8 cc kedalam air 10 liter. Malathion dosis 3 gram/liter air untuk ulat. setelah beberapa bulan banyak menyerap air. Metadeks dosis dibasahi air.

bila jumlah banyak perlu memakai insektisida/dijebak dengan bubuk prusi 73 dipisahkan dengan tanaman yang masih sehat. Untuk jenis belalang berukuran kecil. Pengendalian: dalam jumlah sedikit cukup diambil/dibunuh. tunas daun maupun bunga yang sedang mekar. bila banyak dapat menggunakan insektisida sistemik. h. Red Spinder Gejala: bercak putih di bagian bawah daun. e. Pengendalian: pot direndam dalam air dan ciptakan lingkungan bersih di sekitar rak/sebaiknya pot digantung. c. tanaman yang diserang lama 74 . tapi tidak menyerang tunas daun. lalu dibakar/ menggosok apabila banyak maka perlu menggunakan insektisida dengan bahan aktif diazinon. Pengendalian: bila sedikit cukup diambil daun dengan menggunakan isolatip dengan alkohol. Kumbang Gejala: yang terserang akan berlubang-lubang khusus kumbang penggerek batang kerusakannya berupa lubang di tengah batang dan tidak nampak dari luar. Kepik Gejala: menghisap cairan daun tanaman anggrek. Pengendalian: kontak/yang segera semprotkan insektisida yang bersifat racun sistematik. diserang insektisida sistemik secara rutin. permukaan atas menjadi kuning dan lama kelamaan daun mati. d. perlu pengamatan cermat. sehingga menyebabkan bintik putih/kuning. kuncup bunga. menimbulkan bercak abu-abu dipermukaan dan merusak bersihkan pot dari kepompong dan telur kumbang dengan jalan memindahkannya ke pot baru dan media tanam yang baru pula. dicofol. i. j. tanaman yang telah diserang sebaiknya bunga hingga bentuk bunga tidak menarik. Larvanya yang menetas dari telur merusak daun anggrek. Pengendalian: perendaman dapat mengusir kutu dari anggrek f. Keong Gejala: menyerang lembaran daun anggrek. Kutu babi Gejala: kerusakan yang ditimbulkan seperti akibat semut. dengan Pengendalian: menyemprotkan menggunakan tanaman yang dimusnahkan/dibunuh. Pengendalian: kalau jumlahnya sedikit (2²5 ekor) dapat dibunuh dengan tangan. Belalang Gejala: pinggiran daun rusak dengan luka bergerigi tak beraturan. Trips Gejala: menempel pada buku-buku batang dan daun daun muda. bila jumlahnya sedikit bisa langsung g. Semut Gejala: merusak akar dan tunas muda yang disebabkan oleh cendawan. Ulat daun Gejala: menyerang daun.b. Pengendalian: secara periodik dan teratur pot anggrek disemprot insektisida.

lalu berwarna coklat dan mati. kumbang dan trips. tidak ada jalan lain kecuali memusnahkan seluruh kecambah anggrek. dilakukan dengan steriil. p. Mulai dari daun ke atas sampai ke tunas dan ke bawah hingga ujung akar. kalau kecambah anggrek terlanjur besar. Penyakit buluk Sering terdapat di dalam media tanam. Pengendalian: sangat sulit penyakit ini pada awal serangan. Pengendalian: seperti halnya membasmi ulat kumbang dan trips. dibakar sampai musnah. Pada serangan yang parah. menulari ke atas sampai pada titik tumbuh pada tunas serta ke bawah hingga ujung akar. Tanaman terlambat tumbuh. l. Penyakit bercak hitam Pada tanaman anggrek yang. Sentuhan daun yang sakit pada daun sehat dapat menularkan penyakit ini. k. Infeksi melalui daun basah atau di bekas luka pada daun. daun kecambah anggrek menjadi rusak dan mati. lalu melebar. Dalam beberapa hari dapat meluas ke seluruh kompot. kecambah anggrek akan membusuk dan mati. Pot dan kumpulan kecambah dikeringkan dan disemprot dengan fungisida. karena mematikan dan cepat menular. terutama pada cuaca sangat lembab. Gejala: bercak kecil bening pada pucuk daun. Penyakit rebah kecambah Merupakan penyakit anggrek selama masih dalam persemaian. alat-alat potong disiram alkohol/dibakar sebelum digunakan. Penyakit ini sangat ganas. Penyebaran penyakit ini lewat air. Pengendalian: bagian yang terserang dipotong dan dibuang atau disemprotkan fungisida. lalu botol ditutup kembali. Pengendalian: bibit 75 yang sakit sebaiknya segera dibuang. o. kerdil dan mengakibatkan kematian. Gejala: biji anggrek tidak mampu berkecambah dan persemaian dalam botol akan gagal. kecambah yang telah tumbuh kalau diserang cendawan ini akan mati/layu. Kutu tudung Gejala: daun menjadi kuning. Penyakit bercak coklat Kecambah jenis Phalae-nopsis sangat peka terhadap bakteri ini. seperti ulat. segera dikeluarkan dari botol dan dicuci dengan fungisida lalu kecambah ditanam dalam pot. Penyakit busuk akar 76 . Gejala: semula berupa bercak kecil bening pada permukaan daun. tidak sehat. m. n. Pengendalian: semprotkan insektisida yang sama seperti untuk membasmi serangga lainnya. Pengendalian: pada awal serangan media agar dikeluarkan dari botol.kelamaan akan gundul dan tidak berhijau daun lagi. penyakit ini cepat menular malalui akar dan alat yang tidak sterill Gejala: timbul warna coklat kehitaman pada bagian tanaman yang terserang. kultur spora cendawan ini terbawa oleh biji anggrek karena tutup botol tidak steril.

Penyakit ini cepat sekali meluas namun khusus pada rhizoma dan umbi batang. tipis dan bengkok. Pada serangan berat. t. Daun tua banyak sekali menunjukkan adanya bintik jaringan yang mati. Khusus pada Cattleya. q. Penyakit busuk lunak Penyebab: bakteri Erwinia Cartovora. Gejala: terdapat bintil-bintil kecil berwarna coklat pada bagian tanaman yang terkena disemprot dengan formalin 4 %. atau lingkaran berwarna ungu. bergaris atau lingkaran. Penyakit busuk Penyebab: cendawan Sclerotium Rolfsi. daun dan umbi batang menguning. Usahakan terdapat aliran udara yang lancar di sekitar tanaman.Penyebab: cendawan Rhizoctonia Solani. seluruh rizhoma menjadi ungu. Penyakit bercak bercincin Penyebab: virus TMVO Gejala: timbul lingkaran atau garis-garis kekuningan pada permukaan daun. bercak tadi berwarna coklat atau hitam cekung. Pengendalian: hanya dengan pencegahan yakni membuang bagian tanaman yang sakit serta menstrerilkan semua alat potong. Penanggulangan: peralatan kebun harus steril. lalu menyebar keseluruh bagian tanaman. Penyakit Cymbidium Penyebab: virus Mozaic Cymbidium. r. Penyakit layu Penyebab: serangan cendawan Fusarium Oxyporium. u. Kadang ada gejala kematian jaringan di tengah daun yang dilingkari jaringan normal. s. Gejala: daun dan akar membusuk serta berbau. Gejala: mirip Gejala: bercak coklat pada permukaan daun. tanaman kerdil dan tidak sehat. Pengendalian: bagian tanaman yang sakit dipotong dan dibuang. bekasnya disemprot dengan fungisida (Benlate). tanaman sangat tidak sehat. v. Semprotkan Physan 20. penyebarannya agak lambat. Media tanaman dan seluruh pot didesinfektan dengan larutan formalin 4 % ataupun fungisida/antibiotik Natrippene 0. yang masih segar dan bersih. Pengendalian: semua bagian tanaman yang sakit dipotong dan dibuang. bagian yang sakit dipotong dan dibuang. Gejala: semula berupa bercak kekuningan lalu muncul jaringan mati berbintik. Pengendalian: membuang semua bagian yang sakit. lalu semprotkan fungisida/ antibiotika Streptomycin atau Physan 20. pot tanaman penyakit busuk akar. Penyakit bercak coklat 77 78 . Gejala: akar leher membusuk mencapai rhizoma dan umbi batang. diikuti pembusukan pada umbi batang. namun pada rhizoma terdapat garis-garis. berkeriput. Pengendalian: hanya bersifat penyakit. Tanaman segera dipindahkan ke media tanam baru.5 % selama 1 jam. Pengendalian: bagian yang terserang dibuang lalu bekasnya disemprotkan Benlate.

tergantung jenisnya. Cara Pemetikan Bunga Untuk panen bunga anggrek perlu diperhatikan. Usaha pengawetan bunga dillakukan dengan cara 80 . Truban atau Banrot. lalu melunak dan busuk. Jenis anggrek Dendrobium dapat dipanen dalam bentuk: a) Tanaman muda untuk bibit b) Tanaman dewasa untuk tanaman hias c) Bunga potong Tanaman muda untuk bibit biasa dijual dalam bentuk pot kecil. Untuk bunga potong dipilih tangkai yang Dithane M-45. kuntumnya paling banyak sudah mekar (kuncup tersisa 1²3 kuntum). b) Bunga yang telah dipanen tidak segera dijual atau diangkut. Gejala: muncul warna kehitaman pada pangkal daun. Pengendalian: semprotkan fungisida seperti Baycor PASCAPANEN Pengumpulan Pengumpulan bunga anggrek dilakukan berdasarkan permintaan pasar.kira 2 tangkai dengan jumlah kuntum sebanyak 20-25 kuntum pertangkai. Penyimpanan Penyimpanan bertujuan untuk memperlambat proses kelayuan bunga. sehingga dilakukan pada saat: a) Bunga baru saja dipetik sambil menunggu pemanen selesai. w. serta mensterilkan segala alat yang dipakai. Penyortiran dan Penggolongan Bunga dipilih yang bagus. Physan. c) Bunga mengalami perjalanan sebelum sampai ke konsumen. Tangkai bunga yang dihasilkan kira. Ferban. pemotongan dilakukan pada jarak 2 cm dari pangkal tangkai bunga dengan menggunakan alat potong yang bersih Prakiraan Produksi Bibit anggrek yang sudah dewasa dan sesudah 2 bulan tangkai bunga akan menghasilkan 2 tangkai dengan jumlah kuntum 20-25 kuntum/tangkai. Selanjutnya bunga dikelompokan sesuai dengan kebutuhan Umumnya tanaman angrek dewasa berbunga setelah 1-2 bulan ditanam. Untuk yang berbentuk tepung gunakan dosis 2 gram/2 liter air. sedangkan tanaman dewasa biasanya tanaman sudah berbunga. tidak kena penyakit ataupun luka. akhirnya daun mati. Benlate. PANEN Ciri dan Umur Tanaman Berbunga Umur tanaman anggrek berbunga. Penyakit busuk hitam Penyebab: cendawan Phytopytora Omnivora.pencegahan yaitu membuang bagian tanaman yang sakit. Agar bunga tetap segar perlu adanya pengawetan dengan tujuan agar penurunan mutu lebih lambat bunga tetap segar. 79 berdasarkan tingkat kesegaran atau ukuran bunga dengan maksud untuk mempertahanankan nilai jual sehingga bunga yang bagus tidak turun harganya.

Jl... Harga 1 kuntum bunga mencapai harga Rp. 5) Kotak karton ditutup rapat dengan menggunakan carton tape.Akar pakis: 5 ikat (42 75.. dalam satu tangkai bunga terdapat 10-15 kuntum bunga.000.Pot ukuran 15 cm: 400 bh @ Rp. Untuk satu pohon/pot dapat menghasilkan bunga sebanyak 2²3 tangkai bunga dimana anggrek dalam pot mulai berbunga pada umur 3-5 bulan dan menjadi bunga potong pada umur 6²7 bulan dengan masa panen optimal 4 kali.. Larutan bahan pengawet tersebut antara lain: a) Larutan seven up dengan kadar 30 %.Furadan Rp.500. 9.. d) Larutan gula kadar 4²5 % ditambah 0.000. .. Perlengkapan .Gandasil: 2 pak @ Rp..320. 2) Setiap pangkal tangkai dibalut kapas basah... 750. http://www.000. 10.go. 4.Rp.ristek.2 gram quinolin per liter.4. 100. Bibit Bibit: 8 botol @ Rp. 40. Analisis dilakukan pada tahun 1999 di daerah Bogor.Analisis Usaha Budidaya Perkiraan analisis budidaya bunga anggrek Dendrobium dengan luas lahan 1. M.Rp. Pupuk . 12.000.500.- bersilang di dalam kotak karton yang berlubang sampai cukup padat. Pengawetan untuk bunga yang dikirim jauh adalah dengan merendam tangkainya dalam larutan gula dengan kadar 6²8 % selama 24 jam atau dimasukan dalam kantong plastik dan kadar karbon dioksida (CO2) dinaikkan dengan menggunakan es kering atau disimpan pada ruangan dengan kondisi udara antara 0²5 derajat C.Arang: 80 kg @ Rp.3. 1) Biaya produksi 1.000. 1000. 15/ 17 Kantor Deputi Menegristek Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Gedung II Lantai 6 BPP Teknologi.-.. Thamrin 8 Jakarta 10340 Tlp.000.. 82 . 20.d. 750.H. 15.. 021 316 1952.Rp. 1.Pupuk Urea: 5 kg @ Rp.25 m x 12 m..Kerangka: 1 unit bambu Rp.id . c) 2 % larutan gula ditambah 2 gram 8-hydroquinoline sulfat dan 1 gram asam sitrat per 10 liter. ke 4 di atas umur 8 bulan. 3) Pembungkus bunga dan pembungkus pangkal tangkai digabungkan selanjutnya diikat dengan karet gelang. dendrobium potong dipak melalui cara: 1) Setiap sepuluh tangkai dibungkus bagian pucuk dengan menggunakan kantong plastik tipis. Pada panen ke 2 s.2.Rp.. lempeng /ikat) Rp. 4) Bungkusan-bungkusan bunga disusun TTG BUDIDAYA PERTANIAN Hal.250. Pengemasan dan Pengangkutan Setelah bunga dilakukan pembersihan.sampai Rp. ukuran disesuaikan tergantung panjang tangkai.000. b) 2 % larutan gula ditambah 2 gram physan (termasuk fungisida) dan 1 gram asam sitrat per 10 liter.1.000. ANALISIS EKONOMI BUDIDAYA TANAMAN 81 150..penempatan bunga dalam larutan pengawet atau air hangat (38²43 derajat C) selama 2 jam.Azodrin: 1 botol Rp.500. Fax. 7. 021 316 9166~69. kemudian dibungkus kantong plastik ukuran panjang 8 cm dan lebar 4 cm. pemilihan dan pengawetan 10.

http://www. Panjang tangkai: 83 84 . Bunga rusak karena serangga/jamur/mekanis: mutu I=tidak ada.NPK: 2.000. Bunga rusak karena serangga/jamur/mekanis: mutu I=tidak ada. maka akan dapat mengurangi biaya operasional.TTG BUDIDAYA PERTANIAN Hal.000. mutu III=tidak ada.5 cm. cara uji dengan organoleptik.793.. mutu III=tidak ada. cara uji dengan organoleptik. cara uji organoleptik. M. bunga mutu III=lengkap.2. 4. mutu III=32.Klasifikasi dan Standar Mutu Bunga angrek potongan antara lain terdiri dari 3 jenis ´Arathera James Storieµ yang digolongkan dalam empat jenis mutu.Rp. 5. Minimum. cara uji dengan organoleptik.Rp. Selain dari segi biaya modal. Jumlah tersebut diluar adanya permintaan akan kebutuhan komoditi ekspor. mutu II=lengkap. 021 316 9166~69.H.000. 10. mutu III=2. Minimum jumlah bunga: mutu I=8. Jumlah biaya produksi Rp.go. cara uji dengan organoleptik. Jl.. cara uji organoleptik. mutu II=lengkap.. cara uji dengan organoleptik. Susunan bunga dalam tangkai: mutu I=lengkap.Rp.2. 2.5 cm.000.5 cm.. kebutuhan bunga potong dalam negeri per tahun untuk berbagai jenis anggrek diperkirakan sekitar 5 juta tangkai. Minimum jumlah kuncup: mutu I=2. mutu III=lengkap.ristek..000. 3. mutu II=42.000. 4. mutu II=tidak ada. mutu II=67. 16/ 17 Kantor Deputi Menegristek Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Gedung II Lantai 6 BPP Teknologi.4) Parameter kelayakan usaha 1. 5.3. cara uji. Susunan dalam tangkai: mutu I=lengkap.Gambaran Peluang Agribisnis Dalam usaha anggrek ini sangat visibel dan modal akan kembali dalam waktu kurang lebih 8 bulan sejak penaman dan apabila penjualan dimulai dari sejak dalam botol.207. mutu II=tidak ada. 3.5 kg @ Rp. ´Arachin Maggie Oieµ dan ´Oncidium Golden Showerµ yang masing-masing digolongkan dalam tiga jenis mutu. STANDAR PRODUKSI 11. 11. Panjang tangkai: mutu I=75 cm. cara pengambilan contoh.2. 11. 9. Fax. syarat mutu.1. Panjang tangkai: mutu I=60 cm. Rasio output/input = 1.2) Pendapatan: 3 tangkai x 10 kuntum x 400 pot x Rp. Minimum jumlah cabang: mutu I=3. mutu III=6. mutu III=60 cm. 021 316 1952. cara uji dengan organoleptik. mutu III=8.750. mutu II=6.73 10.Ruang Lingkup Standar meliputi klasifikasi. cara uji dengan organoleptik.Diskripsi Standar mutu bunga angrek potong ini di Indonesia tercantum dalam SNI 01²3171² 1992. Thamrin 8 Jakarta 10340 Tlp. 6. 2. mutu II=2. 5. a) Aranthera James Storie 1. mutu III=2. c) Onchidium Goldian Varientas Golden Shower 1.000. syarat penandaan dan pengemasan. mutu II=2.. cara uji dengan SP-SMP-287-1980. Minimum jumlah bunga: mutu I=7.000.3) Keuntungan Rp. cara uji dengan SP-SMP-287-1980. mutu III=1 . mutu II=2. jumlah kuncup: mutu I=2.. 5. b) Arachnis Maggie Oei 1.id 2. 11.. 3. mutu II=8.

Jakarta. Produksi Indah Indonesia. Jenis mutu. Jl. Fax. Jumlah isi. 021 316 9166~69. 2. Nama atau kode produsen/eksportir.Pengemasan 1) Cara pengemasan Pangkal tangkai bunga angrek potongan dimasukan dengan ke kapas dalam tube berisi cairan ke pengawet/dibungkus kemudian dimasukan dalam kantong plastik berisi cairan pengawet lalu dikemas dalam kotak karton/kemasan lain yang sesuai. mutu II=7. F. Anggrek Potong Penebar Swadaya 34 hal. cara uji dengan SP-SMP-287-1980. M. 11. untuk jumlah kemasan terkecil dalam lot = 26 ² 50. mutu II=7. Prasasti 12. Minimum jumlah bunga: mutu I=7. untuk jumlah kemasan terkecil dalam lot = 51 ² 100. 4. f) Contoh yang diambil 12.5 cm.SMP-2881980. Soeryowinoto. Jakarta Penebar Swadaya IKAPI 219 hal. b) Contoh yang diambil 3. untuk jumlah kemasan terkecil dalam lot = 1 ² 3. 2) Pemberian merek Pada bagian luar kemasan diberi tulisan: 1. Minimum jumlah cabang: mutu I=9. Sutarni M. 2) Tim Red.mutu I=67. 63 hal. Penerbit Yayasan Kanisius.SMP-288-1980. TTG BUDIDAYA PERTANIAN Hal. 3. Nama barang/varietas anggrek. Thamrin 8 Jakarta 10340 Tlp. 11. 5. Sri Wahyuni. e) Contoh yang diambil 10. 2.ristek. 85 BAPPENAS Anggrek Butuh Aerasi yang Cukup 86 . Nurcahyo. 4. Negara/tempat tujuan.id Sedangkan contoh lebih adalah dan orang yang untuk petugas pengambil telah berpengalaman/dilatih ikatan dalam suatu badan dahulu mempunyai hukum.go. Fiyanti.Rahardi.H. 3. 3) Agribisnis Tanaman Hias. c) Contoh yang diambil 6.4. (1989) Dendrobium.Pengambilan Contoh Contoh diambil secara acak dari jumlah kemasan terkecil dalam lot dan contoh dengan rincian sebagai berikut: a) Contoh yang diambil 1. Trubus (1997) Jakarta. Februari 2000 Sumber : Sistim Informasi Manajemen Pembangunan di Perdesaan. untuk jumlah kemasan terkecil dalam lot = 101 ² 150. mutu III=5. g) Contoh yang diambil 15. 17/ 17 Kantor Deputi Menegristek Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Gedung II Lantai 6 BPP Teknologi.5. mutu II=60 cm. untuk jumlah kemasan terkecil dalam lot = 151 ² 200. cara uji dengan organoleptik. cara uji dengan SP. 6. 5) Merawat Anggrek . mutu III=7. 021 316 1952. untuk jumlah kemasan terkecil dalam lot = 201 ² lebih. mutu III=35 cm. cara uji dengan SP. DAFTAR Anggrek PUSTAKA 1) Osman. Penerbar Swadaya 1993 4) Budidaya Tanaman Anggrek ² Departemen Pertanian 1987. Minimum jumlah kuncup: mutu I=5. d) Contoh yang diambil 8. mutu III=27. untuk jumlah kemasan terkecil dalam lot = 4 ² 25. http://www. Eko M. 87 hal. mutu II=5.

Karena pada umumnya tanaman anggrek adalah habitat akar udara. Tanaman anggrek sangat rentan terhadap penyakit. bisa ditaburi dengan kapur yang digunakan untuk cat tembok. sandaran memakai anggrek terrestrial. mudii. 2007 Posted by step | Anggrek Bulan | no comments Anggrek Spesi 87 terrestrial. anggerk besi. Untuk anggrek spesi diantaranya helix.com/step/index. dan anggrek kribo atau disebut spektabil. kalau sudah berlumut sebaiknya diganti karena kelembaban sudah tinggi dan rentan kena penyakit akar tanaman. Jadi kondisi pot yang memiliki sirkulasi udara yang baik sangat dianjurkan. sulit dirawat. dan sulit dikembangkan.http://speedytown. May 12th.php/category/anggrek-bulan/ Seperti yang sudah saya utarakan sebelumnya. March 19th. dipermukaan batu-batuan saprofit. Sangat berbeda dengan pelaksanaan perawatan tanaman lain. hidup diatas tanah humus atau diatas kayu yang sudah lapuk. Karakter anggrek sendiri dibagi menjadi 5 yaitu : Apipit. lasientera. untuk merawat tanaman anggrek ini butuh keahlian khusus. seperti dendrodium. Dengan demikian akan mempengaruhi kestabilan anggrek untuk berbunga pada saat-saat musim bunga dan menyebabkan tanaman anggrek tumbuh lebih sehat dan segar. cylocsta. untuk media yang menggunakan arang. Dan bila tingkat keasaman sudah tinggi. semi litopit. Ada beberapa jenis anggrek yang sudah sering didengar. hidup akarnya berada diatas media pot tanah tanah Sirkulasi udara dibutuhkan anggrek agar suplai makanan pada akar dapat berjalan lancar. Untuk tanaman dewasa khususnya dendrobium bisa memakai media tumbuh berupa potongan kayu atau arang didalam wadah pot dan tersedia lobang dibagian pinggirnya. 2007 Posted by step | Anggrek Bulan | one comment Penyiraman Anggrek 88 . vandal. Jenis-jenis yang bagus akan sulit dicari. dan bulan.

2007 Posted by step | Anggrek Bulan | 2 comments Anggrek Bulan Sekarang.Karena tanaman anggrek termasuk jenis yang sangat sensitive. Menurut Erny Hasan dari H&W Orchids Taman Anggrek Indonesia Permai. dan warnanya putih. sehingga dihasilkan anggrek-anggrek bulan hibrida dengan corak dan warna beragam jenis. Tanaman anggrek (Orchidaceae) banyak jenisnya. Anggrek ini termasuk dalam genus Phalaenopsis. Salah satunya adalah anggrek bulan. banyak pehobi anggrek yang menyilangkan jenis-jenis Phalaenopsis. Tanaman ini memang membutuhkan keahlian khusus Rasanya kurang tepat jika ada anggapan bahwa mengurus anggrek perlu perhatian yang sangat teliti. akhirnya kembali lagi ke tanaman anggrek. Air beras sama khasiatnya dengan melakukan penyiraman pupuk yang dilarutkan dengan air. RAGAM ANGGREK BULAN Indonesia memiliki aneka flora yang khas dan unik. February 16th. hanya saja biaya yang dikeluarkan menjadi lebih murah. Karena kekhasannya. tak heran jika bunga Lakukan penyiraman anggrek dengan menggunakan air sisa pencucian beras. mengurus anggrek 89 90 ini dianugerahi "gelar" sebagai Puspa Pesona Indonesia. kaya nutrisi dan lebih alami tanpa kandungan kimia yang bisa membahayakan tanaman anggrek. . Salah satu yang banyak dicari orang adalah anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis). Konon katanya orang yang sudah berpetualang tanaman. dan masih banyak lagi jenis lainnya. kuning dengan corak ungu di tengahnya. Air beras ini bisa juga digunakan untuk tanaman lain selain anggrek. Mediator yang sebaiknya digunakan adalah arang yang dicampur dengan sedikit gabah padi atau serabut kelapa. Karena kandungan dari air ini banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tanaman. Selain warna putih. ungu berbintik-bintik. Ciri utama anggrek bulan adalah kelopak bunganya yang lebar.dalam perawatan dan budidayanya. ada juga yang berwarna merah bata.

"Karena anggrek termasuk tanaman bandel. digantung begitu saja akan hidup. Saking mudahnya. enggak terlalu susah tergantung perawatan. Jadi. PUNYA BANYAK NAMA Orang awam sering kali salah mengartikan Phalaenopsis sebagai anggrek bulan. yaitu natrium. harus diberikan rutin seminggu dua kali. fosfor. lanjut Erny. menanam anggrek jenis ini. dan kalium. karena bisa timbul bakteri yang akan menyerang ke akar. pakis atau di pot. dan jangan lupa untuk memberi insektisida. 2." 4. Anggrek bulan akan tumbuh baik jika kebutuhan airnya tercukupi. sih. Anggrek bulan termasuk tanaman yang rajin berbunga." ujar Erny yang mengatakan anggrek tak terlalu disukai hama." jelas Erny." imbuh Erny. Jangan lupa. pupuk harus mengandung tiga unsur hara penting. kalau siang 30 derajat Celcius sedangkan malam 23 derajat Celsius. Selain air berikan juga pupuk dan obat. Kalau terlalu basah tanaman malah mudah busuk. Media terlalu kecil membuat anggrek tak bisa bernapas. medianya harus dipindah ke tempat lebih besar. anggrek bulan hanyalah salah satu spesies dari genus Phalaenopsis. anggrek bulan menyukai sinar matahari yang tidak terlalu menyengat. udaranya. Makin besar daunnya. Semakin bagus sirkulasi juga pupuk pertumbuhan. Media anggrek bisa apa saja. berikan fungisida atau obat anti jamur agar tanaman tidak busuk. Anggrek yang masih dalam tahap pertumbuhan membutuhkan air yang lebih banyak dibandingkan anggrek yang sudah berbunga. anggrek bulan ditanam di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Bahkan dalam setahun anggrek bulan bisa berbunga hingga Yang jelas. Untuk menghasilkan anggrek yang bagus. Dalam genus ini terdapat kurang lebih 60 91 92 . kok. Idealnya. Tips: 1. "Kalau pupuk. dengan kelembapan yang tidak berlebih. tumbuhnya akan semakin bagus pula. "Kalaupun diserang hama. "Perbedaan suhu yang ideal." papar Erny sembari tersenyum. Anggrek bulan biasanya di pot dalam satu rangkaian. 3. tiga kali. Padahal. Anggrek bulan senang hidup di tempat yang tidak terlalu basah.tidaklah sulit. anggrek akan tetap bertahan hidup. Tak hanya pupuk bunga. "Mudah.

Presiden Soeharto menetapkan anggrek bulan sebagai puspa pesona.spesies. opsis artinya bentuk. anggrek terbang (Maluku). Pada tahun 1825. Misalnya anggrek menur (Jawa Barat). Apabila berada di dalam rumah. menamakan genus anggrek ini dengan Phalaenopsis. untuk merangsang tanaman ini cepat berbunga kembali. Sedangkan berwarna hijau tua menandakan sinar yang kurang. Anggrek bulan memiliki nama berbeda di beberapa daerah di Indonesia. Anggrek ini memiliki kelopak lebar berwarna putih dan filamen atau antena khusus berwarna kuning muda yang menyembul dari bibirnya. Anggrek bulan paling bagus dikembangkan di dalam rumah. serta anggrek wulan (Bali). seorang ahli botani asal Belanda. itu berarti ngengat atau kupu-kupu. Angin sangat baik Nama Phalaenopsis berasal dari bahasa Yunani. anggrek bulan pertama kali ditemukan di Maluku. Nama itu muncul karena saat pertama kalinya berjumpa di dalam hutan. dapat dilakukan pemotongan batang bunga segera setelah bunga pertama gugur. bagi tanaman ini. Pada beberapa anggrek silangan. Jumlah varietasnya sekitar 140 jenis. Phalaenos Sedang Blume yaitu phalaenos dan opsis. sebaiknya diletakkan di balik jendela dengan sinar yang cukup tapi tidak secara langsung. Daun berwarna hijau menandakan sinar yang cukup. 93 94 . enam puluh di antaranya ada di negara kita. Di Indonesia. ia mengira telah melihat sekawanan kupu-kupu putih yang tengah hinggap pada sebatang ranting. Dalam Keputusan Presiden tahun 1993.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->