Mendefinisikan Pemasaran Untuk Abad ke 21

• Pentingnya pemasaran Kesuksesan finansial sering bergantung pada kemampuan pemasaran. Pemasaran dapat menciptakan pertumbuhan pendapatan yang stabil dan berkelanjutan serta loyalitas /retensi pelanggan. Pemasaran merupakan hal yang rumit sekarang, perusahaan telah menghadapai pelanggan baru seiring dengan perubahan Zaman yang disertai dengan perkembangan teknologi dan informasi yang cepat. Para manajer pemasaran harus memutuskan fitur apa yang haeus diciptakan pada produk, harga yang ditawarkan kepada pelanggan, di mana mereka harus menjual produk, maupun jumlah anggaran yang dikeluarkan untuk iklan. • Ruang lingkup pemasaran Pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya. • Apa yang dipasarkan
1. Jasa, ketika ekonomi maju maka semakin besar porsi aktivitas ekonomi yang berfokus

pada produksi jasa, seperti perekonomian Amerika Serikat.
2. Acara,

mempromosikan acara berdasarkan waktu, seperti pameran dagang, pertunjukan seni dan ulang tahun perusahaan. menciptakan, memamerkan dan memasarkan pengalaman.

3. Pengalaman, dengan memadukan beberapa jasa dan barang, sebuah perusahaan dapat

4. Orang, pemasaran ini contohnya seperti pemasaran artis, musisi, dokter, ataupun

pengacara.
5. Tempat, pemasaran ini bersaing untuk menarik pengunjung ke suatu tempat.

6. Properti, pemasaran berupa hak kepemilikan yang tidak berwujud. 7. Organisasi, pemasaran yang bergerak untuk membangun suatu citra. • Siapa yang memasarkan Pemasar adalah seseorang yang mencari respon , perhatian, pembelian, dukungan, sumbangan dari pihak lain yang disebut prospek. Pemasar harus mengidentifikasi penyebab memdasar dari suatu permintaan,berikut delapan macam keadaaan permintaan : permintaan

konvergensi industri yang semakin marak. permintaan berlimpah. informasi yang mudah di dapatkan. yaitu : pengiriman barang yang lebih cepat. • Realitas pemasaran baru Dengan adanya perubahan yang terjadi di masayarakat membuat masyarakat memiliki perilaku. ragam barang dan jasa yang semakin banyak. permintaan yang tidak ada(tidak tertarik terhadap produk). konsep penjualan (promosi agresif). antara lain : pemasar dapat menggunakan internet sebagai saluran informasi dan penjualan. segmentasi itulah yang akan jadi pasar sasarannya. perusahaan dapat memproduksi barang yang terdifferensiasi secara individu. konsep pemasaran (lebih . Permintaan adalah keinginan akan produk tertentu yang didukung oleh kemampuan untuk membayar. maka pemasar melakukan segmentasi. persaingan yang semakin meningkat. konsep produk (kualitas produk). permintaan yang tidak teratur. permintaan yang menurun. Selain itu juga mempengaruhi konsumen. positioning. keinginan. kemudahan dalam memesan barang. permintaan penuh (membeli semua produk yang dilempar ke pasar). Kebutuhan ini menjadi keinginan ketika diarahkan ke objek tertentu yang dapat memuaskan kebutuhan tersebut. dan segmentrasi Karena seorang pemasar tidak dapat memuaskan semua konsumen. kemampuan yang memungkinkan untuk membandingkan antar produk. privatisasi.Untuk setiap segmen. permintaan tak sehat. permintaan laten (kebutuhan yang tidak terpenuhi oleh produk yang ada). perusahaan dapat lebih cepat melakukan komunikasi eksternal. dan permintaan. resistensi konsumen terhadap pemasaran yang berlebihan.negatif( tidak menyukai produk). • Orientasi perusahaan terhadap pasar Beberapa konsep pemasaran antara lain: konsep produksi (mencapai efisiensi). perusahaan mengembangkan suatu penawaran pasar yang diposisikannya di dalam benak pembeli sasaran sebagai keuntungan utama. deregulasi yang dilakukan oleh beberapa pemerintah. • Pasar sasaran. dapat mengumpulkan informasi lebih lengkap. • Konsep inti pemasaran Meliputi akan adanya kebutuhan. antara lain: adanya peningkatan yang berarti dalam hal beli. • Kemampuan baru perusahaan Dengan pekermbangan yang pesat pada teknologi dan informasi serta globalisasi menyebabkan perusahaan memiliki kemampuan baru. peluang dan tantangan baru.

3. Mengkomunikasikan nilai. Membangun merek yang kuat. 8.efektif dari pesaing). 7. Menangkap pemahaman pemasaran. 2. Mengembangkan strategi dan rencana pemasaran. 4. Berhubungan dengan pelanggan. • Tuga manajemen pemasaran 1. Menciptakan pertumbuhan jangka panjang. Menghantarkan nilai. Membentuk penawaran pasar. konsep holistik (saling bergantung). • Pertanyaan untuk bab terkait : 1. 5. Bagaimana cara kita mengetahui jenis permintaan konsumen yang ada delapan jenis. 6. adakah ciri khususnya ? . pemasaran hubungan (menjalin hubungan dengan pelanggan). Solusi apa yang bisa diberikan melihat adanya pemasaran UKM ( industri rumah tangga) yang kalah bersaing dengan pemasaran perusahaan besar yang berasal dari Luar negeri ? 2.