P. 1
Gambaran Pengalaman perawat Ruang Inap Dalam Pelaksanaan Pendokumentasiaan

Gambaran Pengalaman perawat Ruang Inap Dalam Pelaksanaan Pendokumentasiaan

|Views: 252|Likes:
Published by Edo Tigore

More info:

Published by: Edo Tigore on Mar 04, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/10/2014

pdf

text

original

Gambaran Pengalaman Perawat Ruang Inap Dalam Pelaksanaan Pendokumentasiaan Asuhan Keperawatan di RSUD Kota Bandung

Oleh : Pos Mahoni Nim : 400 208 0099

Pendahuluan Peran perawat adalah sebagai pembari asuhan keparawatan Dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan dasar manusia melalui pelayan keperawatan dengan proses keperawatan Dimana Tahapan dalam proses keperawatan di mulai dari:  Pengkajian  Diagnosa keperawatan  Perencanaan  Pelaksanaan  Evaluasi  Pendokumentasiaan .

. f. Sebagai Sarana Pelayanan Perawatan Secara Individual. b. Sebagai Mekanisme Pertanggung Gugatan. c. e. 1999) Tujuan Dokumentasi Keperawatan: a. Sebagai Metode Pengumpulan Data. Sebagai Sarana Komunikasi. d. perawat yang diperlukan dan perawatan yang telah diberikan (Fisbach.Dokumentasi asuhan keperawatan adalah suatu penyusunan catatan atau dokumen yang berisi keterangan tentang riwayat klien. Sebagai Sarana Evaluasi. Sebagai sarana Kerajasama antara Disiplin Ilmu dalam Tim Kesehatan.

Ruang Perinatologi. OK. (R.RSUD Kota Bandung adalah rumah sakit tipe C milik Pemerinta Kota Bandung Memiliki Kapasitas sebanyak 108 tempat tidur dengan 68 perawat yang tersebar di instalasi rawat inap. Nifas. Ruang Anak. Ruang Anastesis) . ICU. Ruang Bedah. Penyakit Dalam.

55 63.33 100 77.66 100 91. 33 76.1 R.85 R. Dalam % 90 76.Hasil Pelaksanaan Evaluasi Pendokumentasiaan Asuhan Keperawatan No.66 55.44 100 86.66 100 96.77 100 96. Bedah % 100 100 97. Aspek yang Dinilai Pengkajian Keperawatan Diagnosa Keperawatan Perencanaan Keperawatan Tindakan Keperawatan Evaluasi Keperawatan Catatan Keperawatan Pencapaiaan Rata-rata R.16 28. Perinatologi % 100 100 100 39. Anak % 100 100 94.33 38. 2 3 4 5 6 .75 R.91 1.66 66.

Sehubungan dengan hal diatas penulis ingin melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi tentang bagaimana pengalaman perawat RSUD Kota Bandung dalam pelaksanaan pendokumentasiaa asuhan keperawatan di ruang rawat inap. didapatkan hasil wawancara dengan 5 orang perawat yang pada umumnya mengunkapkan bahwa pendokumentasiaan itu penting tetapi sulit untuk dilaksanakan.Selain wawancara diatas. .

Pengalaman dalam penelitia ini adalah pengalaman perawat rawat inap dalam pelaksanaan pendokumentasian asuhan keperawatan diruang rawat inap RSUD kota Bandung.Defenisi Istilah pada penelitian ini terdiri dari: 1. Pengetahuan. Sikap. Pengetahuan dalam penelitian ini adalah latar belakang pendidikan yang diperoleh dan pelatihan yang pernah diikuti perawat yang bertugas di rawat inap RSUD Kota Bandung. 3. 2. Pengalaman. Sikap dalam penelitian ini adalah bagai mana sikap perawat dalam melaksanakan pendokumentasiaan di ruang rawat inap RSUD Kota Bandung. .

. Peraawat yang telah bekerja di ruang rawat inap RSUD Kota Bandung lebih dari 5 tahun. Perawat yang bersedia menjadi informan. 2.Subjek atau sample yang akan dijadikan informan dalam penelitian ini adalah berjumlah 4 orang dengan kriteria: 1.

 Mengurus administrasi penelitian. Tahap Pelaksanaan  Mengurus surat izinpenelitian.  Melakukan studi pendahuluan.  Melakukan penelitian.  Memilih lapangan penelitian.  Seminar proposal.  Menyiapkan perlengkapan penelitian.  Pengolahan data dan analisa data.  Mendapat persetujuan informasi. 2.  Menyusun proposal.Tahapaan Penelitian Ini: 1. Tahapan Persiapan:  Menyusun Rancangan Penelitian. .

8. 4. 3. Mengeditifikasi tema. 6. Melakukan sintesa terhadap pernyataanpernyataan yang ada agar tidak ada data yang bertolak belakang dengan transkrip yang ada. . Mendengarkan hasil wawancara dan membuat transkrip. Membaca transkrip. Menulis tema dan menginslustrasikan sesuai pernyataan klien. Melakukan validasi. Langkah-langkah analisa data yang akan di lakukan dalam studi ini adalah: 1. 2. Mengelompokan dan menjelaskan pertanyaan yang akan terekam dengan tema yang muncul. 5. Merenungkan tema. 7.Analisa data yang di pergunakan adalah analisa isi.

Transferability 3. Pada penelitiaan ini instrumen penelitian adalah penelitian sendiri. Credibility 2. confirmability (sugiyono. Untuk Keabsahaan instrumen di gunakan 4 area pengumpulan yang spesifik yaitu: 1. Dependability 4. 2005) .Keabsahan data.

TERIMA KASIH .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->