TRANSAKSI EKONOMI DALAM ISLAM

‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ KELOMPOK 5 : AGUNG REZA DESIANDRA MUSLIMAH G FADILA SANI FREZA FATURRAHMAN WIDINIA DINDA A

XI-C2

Assalamualaikum .

Perseroan atau Syirkah adalah bentuk dari usaha kerjasama dalam hal modal atau jasa yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mendapatkan keuntungan.BAB.5 ANSAKSI KONOMI ALAM ISLAM A. ASAS ASAS TRANSAKSI EKONOMI DALAM ISLAM 1. Besar dan kecilnya keuntungan dibagi bersama sesuai dengan perjanjian yang ditentukan bersama sebelumnya. Pengertian Syirkah. Begitu juga jika mengalami kerugian. .

Kalau sampai terjadi di antara mereka berkhianat maka Allah SWT akan mencabut kemajuan dari persyerikatan mereka.2. satu sama lain harus saling percaya dan ikhlas karena Allah SWT. Orang yang melakukan persyarikatan. . Pengertian Syarikat Harta Syarikat Harta adalah akad kerjasama dari dua orang atau lebih dalam bidang pemodalan untuk melakukan usaha bisnis atas dasar untung rugi ditanggung bersama sesuai dengan besar kecilnya modal masing-masing yang telah ditentukan dalam perjanjian. Syarikat Harta a.

Kita mengadakan syarikat pada barang ini dan saya izinkan engkau menjalankan dengan cara menjual atau lainnya . Adanya sigat atau lafaz. Orang lain menjawab. Adanya pokok modal yang disepakati c. . kerjasama tidak menggunakan ijab kabul. yaitu kalimat akad perjanjian dengan syarat mengandung arti izin untuk membelanjakan barang syarikat. Rukun Syarikat Harta Rukun Syarikat Harta 1. Syarat Syarikat Harta 1. Sigat atau lafaz. Adanya orang yang bersyarikat 3. Saya menerima apa yang engkau katakan tadi . misalnya: Salah seorang berkata. 2. tetapi dalam bentuk akta notaris. Pada zaman modern seperti sekarang ini.‡ b.

3. dan d) atas kehendak sendiri. dengan syarat: a) balig ( dewasa ). bukan karena paksaan. c) modal seseorang yang bersyarikat tidak mesti sama banyaknya. b) modal hendaklah dapat digabungkan sebelum akad sehingga modal tidak dapat dibedakan. c) merdeka ( bebas ) tidak sedang dalam tahanan. b) berakal sehat. namun sesuai menurut pemufakatan orang yang bersyarikat . Orang yang bersyarikat. Pokok modal. a) modal berupa uang atau jenis barang lainnya yang dapat ditimbang atau ditakar. dengan syarat sebagai berikut.2.

‡ d. Keuntungan dan Kerugian Sebagian ulama berpendapat bahwa keuntungan dan kerugian dibagi menurut perbandingan modal. dan anggaran dasarnya harus disetujui oleh Menteri Kehakiman. e. yaitu tiap anggota mengambil bagian dengan satu atau beberapa sero. Sebagian ulama lain berpendapat. Saham Perseroan Terbatas. tetapi boleh atas dasar kesepakatan menurut perjanjian ketika mendirikan persyarikatan atau sewaktu mendirikan persyarikatan. . syarikat harta dikenal antara lain dengan nama Perseroan Terbatas ( PT ). dan tanggung jawab mereka terhadap perbuatan perseroan sebesar dan sejumlah sero padanya. Syarikat Harta dalam Kehidupan Modern Dalam kehidupan modern. tidak mesti sama menurut perbandingan modal. PT didirikan harus dengan akta notaris.

kenyataannya banyak orang yang mempunyai kebun tetapi dia tidak dapat memeliharanya. terutama bagi kelompok masyarakat yang tidak mampu. Musaqah ( paruhan kebun ) Musaqah adalah kerja asama antara pemilik kebun dengan pemelihara kebun dengan perjanjian bagi hasil ( production sharing ) dan jumlahnya ditentukan menurut kesepakatan bersama.‡ 2. sedangkan salah satu cara yang baik untuk meningkatkan penghasilan masyarakat. Musaqah itu dibolehkan oleh agama karena. .

Bila anggotanya berprofesi sama dan tingkat pendidikan juga sama makadapat disamakan pula pembagian keuntungannya. Keuntungan menjadi milik bersama menurut perjanjian atau anggaran rumah tangga kerja sama tersebut. tidak sah. bila terjadi bermacam macam keahlian dan tingkat pendidikannya maka pembagian keuntungan tidak sama. Adapun hukum syarikat kerja menurut Imam Syafi I. Syarikat Kerja a. Pengertian dan Hukum Syarikat Kerja Syarikat kerja yaitu bentuk kerjasama antara dua orang atau lebih yang berkecimpung dalam usaha memberikan pelayanan masyarakat ( jasa ). Syarikat kerja ini dapat terdiri dari satu jenis keahlian ( profesi ) ataupun bermacam macam keahlian. sebab perbedaan kualitas jas yang diberikan.‡ 3. sedangkan mazhab yang lain memperbolehkannya. . Sebaliknya.

dan keuntungannya dibagi antara keduanya sesuai dengan perjanjian. musaqah. benda atau yang dapat diperhitungkan harganya. Modal dalam qirad itu dapat berupa uang. Ketika itu beliau berdagang ke Syam (Syiria). Macam macam Syarikat Kerja Syarikat kerja yang akan dikemukakan di sini adalah qirad. Tentu saja si penerima modal harus bekerja dengan jujur. sedangkan modalnya tetap kepunyaan si pemilik modal. dan pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad ketika beliaumemperniagakan modal Siti Khadijah. Qirad diperbolehkan dalam Islam. yaitu pemberian modal dari seseorang kepada orang lain untuk dagang.‡ B. orang yang lemah dan tidak bermodal. muzaraah. dan mukhabarah. Qirad disebut juga dengan mudarabah. . Qirad mengandung unsur tolong menolong antara sesama anggota masyarakat. 1) Qirad. Qirad juga merupakan salah satu cara yang sangat baik untuk meratakan dan meningkatkan penghasilan masyarakat. sedangkan keuntungan dibagi antara keduanya sesuai dengan perjanjian.

3. . bahkan dapat pula menjdi jalan untuk menguatkan hubungan antara satu bangsa dengan bangsa lain. Pada umumnya bibit atau benihnya dari pihak penggarap. dan lancar. Muzaraah dan Mukharabah Muzaraah adalah kerja sama antara pemilik tanah ( sawah atau ladang ) dengan penggarap tanah. Jika benih atau bibitnya dari pihak pemilik tanah maka namanya mukharabah . keduanya dibolehkan dalam Islam. c. syaratnya adalah bahwa yang dibagi hasilnya dan bukan tanahnya. Jika yang dibagi itu adalah tanahnya maka hal itu dilarang. dengan perjanjian bagi hasil yang jumlahnya menurutkesepakatan bersama. perusahaan dan perdagangan akan maju dengan pesat. Faedah Syarikat Kerja Perkongsian ( syarikat ) adalah suatu jalan yang baik untuk kemajuan suatu bangsa. Dengan perkongsian. Baik muzaraah maupun mukharabah. hubungan dari suatu negeri ke negeri yang lain dapat lebih mudah.

( Ensiklopedia Ekonomi Keuangan dan Perdagangan ). TRANSAKSI EKONOMI ISLAM DALAM KEHIDUPAN SEHARI HARI. yang dimaksud dengan bank adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan kredit dan jasa jasa dalam lalulintas pembayaran dan peredaran uang. ‡ 1.Ketentuan tentang Perbankan a. membiayai usaha perusahaan perusahaan. bertindak sebagai tempat penyimpanan barang barang berharga. . Pengertian Perbankan Sesuai dengan Undang undang No 14 / 1957 tentang Pokok Pokok Perbankan.Abdurrahman. pengertian bank adalah suatu jenis lembaga keuangan yang melaksanakan berbagai macam jasa. seperti memberi pinjaman. dan lain lain. Sedangakan menurut A. mengedarkan mata uang.‡ B.

bank yang mempunyai hak membuat dan mengedarkan uang sehingga menjadi pusat dan pengawasan semua bank. Bank Sirkulasi dan Bank Sentral. bank yang dalam pengumpulan dana utamanya menerima simpanan tabungan dan membungakan dananya dalam bentuk surat berharga. 4. Bank Umum. Bank Tabungan. yaitu : 1. bank yang dalam pengumpulan dana utamanya menerima simpanan dalam bentuk giro dan deposito serta membungakan dananya dalam bentuk surat berharga.Menurut Undang Undang No 14 / 1967 bank di Indonesia dibedakan menurut fungsi dan pemiliknya. Bank Pembangunan. bank yang dalam pengumpulan dana utamanya menerima simpanan dalam bentuk deposito atau mengeluarkan surat berharga jangka menengah dan panjang serta memberikan kredit jangka menengah dan panjang serta memberikan kredit jangka menengah dan panjang di bidang pembangunan. . 2. 3.

Fungsi Bank 1. Tujuannya untuk memudahkan kegiatan usaha atau kelancaran transaksi dagang. seperti cek atau giro. Bank berfungsi sebagai penerima titipan uang dari masyarakat. Titipan itu dapat berupa penitipan dalam waktu tertentu dan baru bisa diambil kembali sesuai dengan waktu yang disepakati untuk mendapat imbalan tetap ( bunga ) setiap bulan. Tempat untuk menyimpan uang. seperti : Tabanas. Sarana untuk Menabung Bank juga dapat menerima titipan masyarakat kapan saja dengan jumlah minimal ditentukan oleh masing masing bank. Masyarakat dapat menyetor dan mengambiluang itu kapanpun mereka suka tanpa terikat jangka waktu tertentu. . 2. Simpedes atau Simaskot dan Tahapan.‡ b. Titipan itu dapat pula dalam waktu yang tidak tertentu dan tidak terbatas serta dapat diambil kapan saja dengan warkat pengambilan yang sah.

‡ 3. sanak saudara. baik kepada relasi dagang. 4. dengan cara dan syarat yang telah ditentukan. atau siapapun yang berada di kota lain atau negara lain. 5. Tempat Mengirim Uang Bank dapat melayani masyarakat yang ingin mengirimkan uang. Tempat Mengirim Uang Bank dapat membantu masyarakat yang ingin menukarkan uang rupiah dengan pecahan kecil atau uang rupiah dengan uang asing ( valuta asing ) atau sebalkiknya. Memberi Kredit Salah satu fungsi bamk adalah memberikan pinjaman atau kredit kepada debitur atau peminjam yang layak diberi piunjaman. . Besarnya peminjaman ditentukan oleh kekayaan atau penghasilan yang dimiliki oleh peminjam. Pihak bank biasanya memungut ongkos atau biaya dalam jumlah tertentu dari pengiriman uang.

‡terimakasih .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful