P. 1
MAKALAH pbk

MAKALAH pbk

|Views: 16|Likes:
Published by krismaadi

More info:

Published by: krismaadi on Mar 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/05/2011

pdf

text

original

MAKALAH PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER

Disusun oleh : Krisma MagdaLena Adi 208533414689 OFF C

UNIVERSITAS NEGERI MALANG FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK ELEKTRO PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA JANUARI, 2011

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang

Mengetahui pembelajaran berbasis computer yang sebenarnya, karena Komputer merupakan jenis media yang secara virtual dapat menyediakan respon yang segera terhadap hasil belajar yang dilakukan oleh siswa. Lebih dari itu, komputer memiliki kemampuan menyimpan dan memanipulasi informasi sesuai dengan kebutuhan. Perkembangan teknologi yang pesat saat ini telah memungkinkan komputer memuat dan menayangkan beragam bentuk media di dalamnya. Dalam hal ini Heinich, Molenda, & Russel (1996: 228) mengemukakan bahwa : ³«It has ability to control and integrate a wide variety of media ± still pictures, graphics and moving images, as well as printed information. The computer can also record, analyze, and react to student responses that are typed on a keyboard or selected with a mouse³.

Saat ini teknologi komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai sarana komputasi dan pengolahan kata (word processor) tetapi juga sebagai sarana belajar multi media yang memungkinkan peserta didik membuat desain dan rekayasa suatu konsep dan ilmu pengetahuan. Sajian multimedia berbasis komputer dapat diartikan sebagai teknologi yang mengoptimalkan peran komputer sebagai sarana untuk menampilkan dan merekayasa teks, grafik, dan suara dalam sebuah tampilan yang terintegrasi. Dengan tampilan yang dapat mengkombinasikan berbagai unsur penyampaian informasi dan pesan, komputer dapat dirancang dan digunakan sebagai media teknologi yang efektif untuk mempelajari dan mengajarkan materi pembelajaran yang relevan misalnya rancangan grafis dan animasi.

1.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas, maka rumusan masalah dalam makalah ini adalah : Apakah pengertian pembelajaran berbasis computer yang sesungguhnya ?

1.3 Tujuan Penulisan Tujuan daripenulisan makalah ini adalah : 1. melengkapi tugas pertama untuk mata pelajaran pembelajaran berbasis computer. 2. untuk mengetahui pembelajaran berbasis computer yang sesungguhnya.

BAB II PEMBAHASAN 2.1 definisi pembelajaran berbasis computer Definisi dari pembelajaran berbasis computer adalah semua pembelajaran atau proses belajar mengajar yang berkaitan dengan computer. Contohnya Seperti pembelajaran matematika
berbasis komputer dengan pemanfaatan software Incomedia Website X5 pada pokok bahasan Prisma dan Limas, Multimedia berbasis computer sebagai sarana belajar siswa dan contoh lain yang masih
sangat banyak.

2. 2 Model Pembelajaran Sebagai Wahana Pendidikan

Model pembelajaran disusun sebagai wahana pendidikan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains.

2.2.1 Keterampilan berpikir kreatif

Keterampilan berpikir pada siswa dapat di latih melalui pendidikan berpikir kreatif yang diharapkan dapat mengoptimalkan perkembangan intelektualnya sehingga siswa memiliki kemampuan yang berkualitas dalam menyelesaikan berbagai permasalahan. Keterampilan berpikir kreatif yang dikembangkan didasarkan pada teori berpikir kreatif Lawson (1980). Keterampilan berpikir kreatif yang dilatihkan terdiri dari tiga tingkatan yaitu ; 1) menguatkan antisipasi, 2) mempertemukan hal-hal yang diharapkan dan tidak diharapkan dan yang amat diharapkan, dan 3) melampaui dan mempertahankan. (Lawson, 1980). Dari ketiga macam tingkatan tersebut, dalam penelitian ini hanya dikembangkan lima indikator keterampilan

berpikir kreatif, yaitu : mempertinggi masalah dan tingkat kesulitan, menguraikan secara hatihati dan sistematik terhadap informasi yang ada/tersaji, membangun di atas pengetahuan yang telah ada pada pembelajar, mendorong sifat-sifat atau kecenderungan kepribadian kreatif, dan membangun kesadaran akan masalah yang dipecahkan, kemungkinan kebutuhan ke depan atau kesulitan yang dihadapi.

2.3 Keuntungan-keuntungan Memanfaatkan Pembelajaran Berbasis Komputer dan Jaringan Meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau instruktur (enhance interactivity). Sedangkan manfaat pembelajaran elektronik menurut A. W. Bates (Bates, 1995) dan K. Wulf (Wulf, 1996) terdiri atas 4 hal, yaitu: Memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility). Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas (potential to reach a global audience). Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as well as archivable capabilities).

y

y

y

y

y

2.4 Penggunaan perangkat lunak untuk pembelajaran

Penggunaan perangkat lunak sebagai salah satu pemanfaattan computer untuk perancang presentasi seperti Microsoft power point yang dikembangkan oleh Microsoft inc´ Corel

presentation yang dikembangkan oleh Coral inc´ hingga perkembangan terbaru perangkat lunak yang dikembangkan Macromedia inc, yang mengembangkan banyak sekali jenis perangkat lunak untuk mendukung kepentingan tersebut.

Berbagai perangkat lunak yang memungkinkan presentasi dikemas dalam bentuk multimedia yang dinamis dan sangat menarik. Perkembangan perangkat lunak tersebut didukung oleh perkembangan sejumlah perangkat keras penunjangnya. Salah satu produk yang paling banyak memberikan pengaruh dalam penyajian bahan presentasi digital saat ini adalah perkembangan monitor, kartu video, kartu audio serta perkembangan proyektor digital (digital image projector) yang memungkinkan bahan presentasi dapat disajikan secara digital untuk bermacam-macam kepentingan dalam berbagai kondisi dan situasi, serta ukuran ruang dan berbagai karakteristik audience. Tentu saja hal ini menyebabkan perubahan besar pada trend metode presentasi saat ini, dan dapat dimanfaatkan untuk mengajarkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Pengolahan bahan presentasi dengan menggunakan komputer tidak hanya untuk dipresentasikan dengan menggunakan alat presentasi digital dalam bentuk Multimedia projector (seperti LCD, In-Focus dan sejenisnya), melainkan juga dapat dipresentasikan melalui peralatan proyeksi lainnya, seperti over head projector (OHP) dan film slides projector yang sudah lebih dahulu diproduksi. Sehingga lembaga atau instansi yang belum memiliki perangkat alat presentasi digital akan tetapi telah memiliki kedua alat tersebut, dapat memanfaatkan pengolahan bahan presentasi melalui komputer secara maksimal. Dalam sudut pandang proses pembelajaran, presentasi merupakan salah satu metode pernbelajaran.

Penggunaannya yang menempati frekuensi paling tinggi dibandingkan dengan metode lainnya. Berbagai alat yang dikembangkan, telah memberikan pengaruh yang sangat basar bukan hanya pada pengembangan kegiatan praktis dalam kegiatan presentasi pembelajaran akan tetapi juga pada teori-teori yang mendasarinya. Perkembangan terakhir pada bidang presentasi dengan alat bantu komputer telah menyebabkan perubahan tuntutan penyelenggaraan pembelajaran. Di antaranya tuntutan terhadap peningkatan kemampuan dan keterampilan para guru dalam mengolah bahan-bahan pembelajaran ke dalam media presentasi yang berbasis komputer.

BAB III PENUTUP

3.1 Kesimpulan Definisi dari pembelajaran berbasis computer adalah semua pembelajaran atau proses belajar mengajar yang berkatan dengan computer. Model pembelajaran disusun sebagai wahana pendidikan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains. Computer sangat membamtu dalam proses pembelajara, karena sangat memudahkan dalam penyampean materi dan menjadi media yang menarik, sehingga bisa membangkitkan semangat belajar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->