Use case perpustakaan

:

Penjelasan :

Anggota perpustakaan bisa pinjam buku di perpustakaan bila telah menjadi anggota perpustakaan, bila belum harus mendaftar menjadi anggota baru perpustakaan dan dicatat oleh petugas perpustakaan dalam proses daftar anggota baru dan dapat kartu anggota. Setelah daftar maka anggota perpustakaan boleh pinjam buku dan petugas perpustakaan wajib mencatat buku apa yang dipinjam dan tanggal berapa buku tersebut harus kembali.
Anggota perpustakaan wajib kembalikan buku dan petugas mengecek batas waktu tangal kembali buku, bila lewat batas tanggal kembali maka petugas mencatat sebagai denda yang harus dibayar anggota perpustakaan tersebut dan apabila buku rusak atau hilang maka anggota wajib mengganti kerusakan attau kehilangan buku tersebut.disini anggota atau pengunjung yang membaca di tempat tidak masuk dalam sistem.Akhir bulan petugas harus mencetak laporan aktifitas selama 1 bulan diperpustakaan tsb.

dimana satu entitas anggota yang mewakili satu record anggota dalam himpunan A dapat berelasi dengan . Buku adalah Merupakan aset buku yang dimiliki oleh perpustakaan Keterangan Relasi : 1. yang berarti bahwa setiap anggota dapat meminjam banyak buku dan buku dapat dipinjam oleh banyak anggota. Meminjam adalah Merupakan relasi yang terjadi antara Entitas anggota dengan buku yang memiliki pengertian anggota meminjam buku 2. Kardinalitas/ Derajat Relasi 1. Membayar Denda adalah Merupakan relasi yang terjadi antara entitas anggota dengan entitas bukung memiliki pengertian anggota membayar denda buku yang terlambat dikembalikan atau menghilangkan/merusak buku.E-R diagram Penjelasan Keterangan Entitas: 1. Relasi tersebut dapat di ilustrasikan seperti gambar dibawah ini. Derajat relasi meminjam antara Anggota dengan Buku. Anggota adalah Pihak yang dapat melakukan peminjaman dan pengembalian buku 2. kardinalitas atau derajat relasi yang terjadi antara kedua entitas tersebut adalah relasi banyak ke banyak (many to many).

Relasi tersebut dapat di ilustrasikan seperti gambar dibawah ini. yang berarti bahwa setiap anggota dapat membayar denda untuk banyak buku yang terlambat dikembalikan dan satu jenis buku dapat dibayar dendanya oleh banyak anggota yang terlambat mengembalikan buku tersebut. . Buku n n Meminjam n Buku . dimana satu entitas anggota yang mewakili satu record anggota dalam himpunan A dapat berelasi dengan banyak entitas buku pada himpunan B begitu juga sebaliknya.banyak entitas buku pada himpunan B begitu juga sebaliknya. Anggot n Gambar Himpunan Banyak ke Banyak Untuk Entitas Anggota Dan Buku Entity Relational Diagram dan derajat relasinya dapat digambarkan sebagai berikut: Anggota Gambar Digram ERD untuk relasi banyak ke banyak antara entitas anggota dan buku 2. kardinalitas atau derajat relasi yang terjadi antara kedua entitas tersebut adalah relasi banyak ke banyak (many to many). satu entitas buku yang mewakili satu record buku pada himpunan B dapat berelasi dengan banyak entitas anggota pada himpunan A         Buku 1 Buku 2 Buku 3 . . . Derajat relasi membayar denda antara Anggota dengan Buku. . satu entitas buku yang mewakili satu record buku pada himpunan B dapat berelasi dengan banyak entitas anggota pada himpunan A A B Anggot 1 Anggot 2 Anggot 3 .

Buku . Anggota n Buku n Gambar Himpunan Banyak ke Banyak Untuk Entitas Anggota Dan Buku Entity Relational Diagram dan derajat relasinya dapat digambarkan sebagai berikut: Anggot n Membayar Denda n Gambar Digram ERD untuk relasi banyak ke banyak antara entitas anggota dan buku Maka untuk disini membutuhkan normalisasi dalam peminjaman dan juga pengembalian buku. . ¡ ¢ £ Buku ¡ ¢ £ ¤ . .A B Anggota Buku Buku Anggota Anggota . . .

Kembali Anggota akan mengambalikan buku akan tercatat di table kembali dan akan tercatat buku apa saja yang di kembalikan dimana akan di catat di de_kembali apa bila tidak ada denda maka total denda di table kembali akan nol dan di table det_kembalian akan tampil buku dan jenis akan kosong ..* Penjelasan: 1.1 det_kembalian kembali + + + + id_anggota tgl kembali total denda id_pengembaliian : : : : String Date int String 1..* peminjaman + + + + id_peminjaman id_anggota tanggal_peminjaman tangga kembali : : : : String String Date Date + + + + + buku id_buku judul pengarang penerbit stok : : : : : String String String String int 1..* 1....1 1.1 1...1 + + + + + + id_buku jenis denda jumlah hari denda id_pengembaliian status : : : : : : String String int int String String 1.1 1.Class diagram anggota + + + + + id buku nama jenis kelamin alamat no telp : : : : : String String String String String 1.1 detail peminjaman + + + + id pemeriksaan id buku nama buku status : : : : String String String String 1. ..* 1.jumlah serta dendanya akan nol dan status menjadi kembali ..1 1. Peminjaman Disini anggota terhubung di peminjamn dan disana mencatat tanggal peminjaman dan tanggal kembaliannya untuk jumlah buku yang dipinjam maka peminjaman terhubung dengan detail peminjaman yang mencatat buku buku yang di pinjam dan disana akan tercatat pinjam 2.1 1...

maka dari itu akan muncul total denda yang mesti di bayar oleh anggota yang di amil dari table kembali serta apa bila telah di selesaikan pembayaran denda.status aka menjadi kembali . .Anggota yang tealt/merusak serta mengihilangkan buku maka akan da total denda di table kembali dan di table det_kembali akan di catat buku dan jenis denda apa yang dikena kan kepada anggota .jenis denda tersebut : telat dan rusak . dan Apa bila rusak maka anggota mesti mengganti sesuai dengan ketentuan . Apa bila anggota telat mengembalikan buku maka akan ada denda yang terdiri dari buku buku apa saja yang telat dan juga akan menghitung jumlah hari dari range tanggal kembali dengan tanggal pengembalian dan sesuai dengan denda yang telah di tetap kan per hari nya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful