Tekanan pada zat cair

Tekanan Hidrostatis Tekanan hidrostatis adalah tekanan dalam zat cair yang disebabkan oleh berat zat cair itu sendiri. Sifat tekanan hidrostatis adalah sebagai berikut. a. Semakin dalam letak suatu titik dari permukaan zat cair, tekanannya semakin besar. b. Pada kedalaman yang sama, tekanannya juga sama. c. Tekanan zat cair ke segala arah sama besar. Besarnya tekanan hidrostatis zat cair dipengaruhi beberapa faktor, yaitu kedalaman, massa jenis zat cair, dan percepatan gravitasi. Persamaan tekanan hidrostatis dapat dirumuskan sebagai berikut. P=p.g.h Keterangan: P : tekanan hidrostatis (Pascal) p : massa jenis zat cair (kg/m3) h : kedalaman dari permukaan zat cair (m)

Besarnya tekanan hidrostatis tidak dipengaruhi oleh bentuk wadah zat cair. Hal ini dinyatakan dalam hukum utama tekanan hidrostatis yang berbunyi: Tekanan hidrostatis di setiap titik pada bidang datar di dalam zat cair sejenis yang berada dalam kesetimbangan adalah sama

Kerjakan soal berikut untuk menambah pemahaman :

1. Apakah zat cair dapat menimbulkan tekanan? Bagaimana sifat-sifat tekanan zat cair? 2. Jika seorang penyelam mengalami tekanan hidrostatis 150.000 Pa, massa jenis air 1.000 kg/m3 , dan percepatan gravitasi bumi 10 m/s2 , tentukan kedalaman penyelam tersebut! 3. Tentukan tekanan yang dialami dinding kapal selam yang menyelam pada kedalaman 400 m di bawah permukaan laut, jika massa jenis air laut 1.300 kg/m3 dan percepatan gravitasi bumi 10 m/s2 !

*catatan Lambang p maksudnya lambang massa jenis namun lambang massa jenis bukan seperti itu

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful