P. 1
Energi Ionisasi

Energi Ionisasi

|Views: 553|Likes:
Published by Dinio Athiyyazharo

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Dinio Athiyyazharo on Mar 05, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/24/2014

pdf

text

original

Energi Ionisasi

© EKSPONEN SMANSAKA

Energi ionisasi adalah energi yang diperlukan oleh suatu atom dalam bentuk gas untuk melepas satu elektron membentuk ion positif.

‡ Atom memerlukan energi untuk melepas elektron ‡ Semakin kecil energi ionisasi, semakin mudah suatu atom melepas elektronnya membentuk ion negatif.

y Energi ionisasi dinyatakan dalam kJ mol-1 (kilojoules per mole). Nilainya bervariasi dari 381 (yang sangat rendah) hingga 2370 (yang sangat tinggi). y Semua unsur memiliki energi ionisasi pertama

‡ Energi ionisasi dapat digambarkan sebagai berikut :

y Pada penggambaran di atas, energi ionisasi diartikan sebagai energi yang dibutuhkan untuk menghasilkan perubahan per mol

‡ Jika semakin banyak elektron dan
proton gaya tarik menarik elektron terluar dengan inti semakin besar (jari-jari kecil) Akibatnya, elektron sukar lepas sehingga energi untuk melepas elektron semakin besar. Hal ini berarti energi ionisasi besar ‡ Jika jumlah elektronnya sedikit, gaya tarik menarik elektron dengan inti lebih kecil (jarijarinya semakain besar). Akibatnya, energi untuk melepaskan elektron terluar relatif lebih kecil berarti energi ionisasi kecil.

‡ Unsur-unsur yang segolongan : energi ionisasi makin ke bawah makin kecil, karena elektron terluar akin jauh dari inti (gaya tarik inti makin lemah), sehingga elektron terluar makin mudah di lepaskan.

‡ Unsur-unsur yang seperiode : energi ionisai pada umumnya makin ke kanan makin besar, karena makin ke kanan gaya tarik inti makin kuat.

Muatan inti

Faktor yang Mempenga ruhi Energi Ionisasi

Jarak elektron dari inti
Konfigurasi elektron

Muatan inti
Makin banyak proton dalam inti, makin positif muatan inti, dan makin kuat tarikannya terhadap elektron.

Jarak elektron dari inti
Jarak dapat mengurangi tarikan inti dengan cepat. Elektron yang dekat dengan inti akan ditarik lebih kuat daripada yang lebih jauh.

Konfigurasi elektron
Jumlah elektron yang berada diantara elektron terluar dan inti

‡ Dalam tabel periodik, harga energi ionisasi menunjukkan sifat keperiodikan. Dalam satu periode dari kiri ke kanan, harga energi ionisasi semakin besar. Dalam satu golongan, dari kiri ke kanan, harga energi ionisasi semakin berkurang.

‡ Pengecualian: Unsur-unsur golongan II A memiliki energi ionisasi yang lebih besar dari pada golongan III A, dan energi ionisasi golongan V A lebih besar dari pada golongan VI A.

Nilai Energi Ionisasi

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->