P. 1
MAKALAH BAHASA INDONESIA notasi ilmiah

MAKALAH BAHASA INDONESIA notasi ilmiah

|Views: 5,840|Likes:
Published by NurLatifahMahfudz

More info:

Published by: NurLatifahMahfudz on Mar 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/05/2015

pdf

text

original

MAKALAH BAHASA INDONESIA

Teknik Notasi Ilmiah

Oleh : Anies Andriyati Devi Nurlatifah Rosyalina Nadizah Ahmad Iskandar

BK NON REG 2009 FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

sehingga dapat menyelesaikan kewajiban dalam menyusun makalah ini tepat pada waktunya.KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT. Kemampuan penulisan notasi ilmiah ini sangat bermanfaat untuk penyusunan tugas akhir skripsi nanti. atas karunia-Nya dan rahmat-Nya. Jakarta. 1 Desember 2010 Penulis . Akhir kata. Salah satu tujuan penyusunan makalah ini untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam penulisan notasi ilmiah. Makalah ini merupakan hasil pancarian dan penelitian yang disusun guna memenuhi tugas kelompok mata kuliah Bahasa Indonesia mengenai teknik penulisan notasi ilmiah. kami berharap makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Kami menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan oleh karena itu demi kesempurnaan makalah ini kami mengharapkan adanya saran dan kritik yang membangun dari pembaca.

Saran DAFTAR PUSTAKA . Macam-macam kutipan 3. Kesimpulan 2. Tujuan BAB II PEMBAHASAN 1. Latar Belakang 2. Pengertian kutipan 2.DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN 1. Pengertian catatan kaki 5. Teknik Penulisan catatan kaki BAB IV PENUTUP 1. Macam-macam catatan kaki 6. Teknik penulisan kutipan 4. Rumusan Masalah 3.

Latar Belakang Sebuah karya ilmiah harus disusun dengan bahasa ilmiah yang baik dan penyertaan sumber rujukan yang jelas jika mengutip teori orang lain atau bahasa ahli.BAB I PENDAHULUAN 1. Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan dalam penulisan teknik notasi ilmiah dalam tulisan yang dibuat agar tulisan tersebut dapat dipertanggungjawabkan isinya. Rumusan Masalah y y y Bagaimana cara menuliskan kutipan Bagaimana mengaplikasikan penulisan kutipan dalam tulisan Bagaimana cara menuliskan catatan kaki 3. 2. Tujuan Makalah ini disusun agar pembaca memiliki pengetahuan mengenai teknik penulisan notasi ilmiah yang nantinya akan sangat bermanfaat dalam pengerjaan tugas akhir skripsi atau penulisan karya ilmiah lainnya. .

2. Menunjukan bobot ilmiah yang lebih tinggi Menunjukan kecermatan yang lebih akurat Memudahkan penilaian penggunaan sumber data Mencegah pengulangan penulisan daftar pustaka Memudahkan membedakan data pustaka dan keterangan tambahan Memungkinkan ketelitian sumber data lebih akurat Meningkatkan estetika penulisan Menunjukan kualitas kecerdasan akademis penulisnya Memperluas makna informasi bahasan dalam naskah Penunjukan adanya bagian lain dalam naskah yang dapat ditelusuri kebenaran faktanya 11. dan makalah ilmiah yang lebih dari sepuluh halaman sebaiknya menggunakan catatan kaki. maupun terbitan lain. baik yang terdapat dalam buku. 1. jurnal. serta kutipan tanpa catatan kaki y Kutipan langsung . 12. 9. Memudahkan peninjauan kembali sumber referensi Membentuk variasi format penulisan MACAM-MACAM KUTIPAN Kutipan terdiri dari kutipan yang disertai dengan catatan kaki yang didalamnya ada kutipan langsung dan kutipan tidak langsung.BAB II PEMBAHASAN PENGERTIAN KUTIPAN Kutipan adalah pinjaman kalimat atau pendapat dari seorang pengarang atau ucapan orang terkenal karena keahliananya. 3. 6. tesis. Skripsi. Pemikiran yang mendasari penggunaan kutipan yaitu sebagai berikut. 5. Kutipan ditulis untuk menegaskan isi uraian. memperkuat pembuktian pendapat dan kejujuran dalam menggunakan sumber penulisan. 8. disertasi. 7. 10. 4.

dan tidak mengubah isi atau ide penulis . mengambil ide dari suatu dan menuliskannya sendiri dengan kalimat dan bahasa sendiri. Kutipan ini terdiri dari kutipan langsung kurang dari lima baris dan kutipan langsung terdiri atas lima baris ke atas. 1 Contoh kutipan langsung terdiri atas lima baris ke atas : Dalam Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia disebutkan bahwa : Ragam bahasa standar memiliki sifat kemantapan dinamis. paragraf meregang ditandai oleh jarak baris yang lebih lebar atau renggang antara kalimat pertama dan kalimat terakhir paragraf sebelumnya. spasi sama dengan teks. tidak diapit tanda petik.Yaitu salinan persis dari sumbernya tanpa perubahan.2 y Kutipan tidak langsung Menyadur. yang berupa kaidah dan aturan yang tetap. Adapun kalimat pertama pada paragraf bertakuk ditulis agak menjorok kedalam. Penulisan diintegrasikan ke dalam teks. Contoh kutipan kurang dari lima baris : Nunki alfiana (2008) membagi paragraf kedalam dua jenis.

menghemat kata. Ikhtisar memerlukan ilustrasi untuk menjelaskan inti persoalan. langsung kepada inti bahasan yang terkait dengan masalah yang akan dipecahkan. dan memperkuat pembuktian. Teknik pengetikannya : spasi. Ruang untuk menuliskan catatan kaki dan bibliografi terbatas . Menyusun ringkasan dengan mempertahankan keaslian naskah Membuat ikhtisar Menyajikan suatu karangan yang panjang dalam bentuk ringkas. tapi tidak mempertahankan urutan. y Kutipan tanpa catatan kaki Artikel dan makalah pendek (kurang dari sepuluh lembar) yang tidak menggunakan catatan kaki dapat menggunakan data pustaka dalam teks. memudahkan pemahaman naskah asli. huruf dan margin sama dengan teks.aslinya. Cara menyadur ada dua macam. dapat berupa catatan kaki atau data pustaka dalam teks. Bertolak dari karangan asli 2. bertolak dari naskah asli. tujuan dan manfaatnya. Meringkas Penyajian suatu karangan atau bagian karangan yang panjang dalam bentuk yang singkat. antara lain : 1. Meringkas bertujuan untuk mengembangkan ekspresi penulisan. Pemikiran yang mendasari penulisan demikian. tidak menyajikan keseluruhan isi. Mereproduksi karya asli dalam bentuk ringkasan 3. Penulisan disertai data pustaka sumber yang dikutip. Artikel lazim dimuat di surat kabar dan majalah popular 2. Cara pertama yaitu meringkas dan yang kedua adalah membuat ikhtisar. Proses meringkas sebagai berikut : 1. masing-masing berbeda cara.

(Howard Gardner. tahun dan halaman. Intelegence Emotional 2000: 167) TEKNIK PENULISAN KUTIPAN KUTIPAN LANGSUNG Cara penulisan kutipan langsung kurang dari lima baris ditulis berintegrasi kedalam teks.3.. Data pustaka yang dituliskan : pencipta ide. Sedangkan untuk penulisan kutipan lima baris ke atas ditulis terpisah dari teks. diapit tanda petik. menggunakan . Penulis cenderung menggunakan ragam popular. dan lain sebagainya Data pustaka dalam teks digunakan dalam menulis karangan pendek. Data pustaka dapat ditempatkan pada awal kutipan (saduran) dan dapat pula pada akhir kutipan (saduran). misalnya artikel disurat kabar. dalam Daniel Goleman. pias (margin) juga sama. spasi sama. dan pada akhir kutipan diberi nomor untuk catatan kaki. nama buku.bla . Multiple Intelegence. Contoh kutipan tanpa catatan y Data pustaka pada awal kutipan Hatch dan Gardner (dalam Daniel Goleman. Intelegence Emotional 2001: 166) mengidentifikasi kecerdasan antar pribadi berdasarkan keterampilan y Data pustaka pada akhir kutipan Kecerdasan antar pribadi adalah bla. penulis buku.

margin kiri masuk ke dalam teks sebanyak lima ketikan. dan pada akhir kutipan diberi nomor catatan kaki. tahun dan halaman. nama buku. Jakarta 2003 .spasi rapat (satu). KUTIPAN TIDAK LANGSUNG Membuat ringkasan dan ikhtisar dengan menaati prosedur penulisan ringkasan dan ikhtisar yang telah dijelaskan juga sebelumnya. Pengertian catatan kaki Macam-macam catatan kaki Teknik Penulisan catatan kaki DAFTAR PUSTAKA PENULIS : WIDJONO HS+ SINTOWATI RINI UTAMI JUDUL BUKU : bahasa Indonesia (materi ajar mata kuliah pengembangan kepribadian di perguruan tinggi) Penerbit : Jurusan MKU UNJ. KUTIPAN TANPA CATATAN KAKI Menuliskan data pustaka kedalam teks yang ditulis berupa pencipta ide. Data pustaka dapat ditempatkan pada awal kutipan (saduran) dan dapat pula pada akhir kutipan (saduran). penulis buku.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->