PERUBAHAN DI EROPA TIMUR

Wilayah Eropa timur merupakan sebutan bagi Negara Negara di eropa yang berhaluan komunis . Negara-negara di Eropa timur antara lain Polandia, Jerman Timur, Bulgaria , Cekoslovakia , Hongaria , Rumania , dan Unisoviet. Hal yang menarik untuk diamati pada akhir tahun 1980 an adalah adanya suatu gelombang perubahan radikal dan besar besaran terhadap tatanan system politik ekonomi dan social di Negara Negara eropa timur . Satu demi satu. Negara Negara eropa timur secara berangsur angsur mulai melapaskan ajaran sosialis komunisnya yang telah dianut sejak berakhrinya perang Dunia II. Bahkan pada tahun 1989 untuk pertama kalinya dalam sejarah Negara-negara eropa timur , muncul suatu pemerintahan nonkomunis di polandia yang kemudian di ikuti oleh Jeman timur, cekoslovakia , dan Negara-negara Eropa.

A. Pembaharuan di Polandia Bangsa Bangsa polandia mewarisi tradisi pemberontakan terhadap kekuasaan dan nilai Asing. Terkungkung oleh Negara-negara besar sejak era kekaisaran di Eropa, membuat nilai kebebasan selalu menjadi tujuan hidup bangsa ini. Perlawanan terhadap kekuasaan Uni soviet di tunjukkan dengan cara mempertahankan Institusi gereja yang hendak di hancurkan pemerintah komunis . berbeda dengan Negara satelit uni soviet lainnya , bangsa Polandia ternyata tidak berhasil di paksa melepaskan attribute gereja dalam kehidupan sehari-hari . bagi bangsa polandia , gereja tidak hanya merupakan ritus keagamaan, tetapi telah menjadi identitas diri. Pergolakan di polandia pecah pada awal Juli 1980, ketika kaum buruh memprotes kenaikan harga daging. Kerusuhan buruh tersebut mendapat dukungan dari gereja katolik. Sejak uskup agung Kraskow Karel Wogtilla diangkat menjadi Paus Yohannes Paulus II pada bulan Oktober 1987, gereja Katolik Polandia semakin memantapkan posisinya . dengan dukungan penuh gereja , gerakan buruh tersebut diorganisasikan dalam organisasi yang bernama Solidaritas . Setelah angin pembaruan diembuskan Gorbachev di wilayah Eropa Timur, Polandia mejadi Negara yang paling siap untuk melakukan Reformasi yang Radikal sekalipun. Organisasi Solidaritas sendiri selama bertahun-tahun tetap berfungsi sebagai kekuatan oposisi yang tangguh meskipun sempat dilarang Pemerintah Polandia. Pada Tahun 1988 terjadi serangkaian pemogokan di seluruh negeri yang menuntut perbaikan upah buruh dan pemulihan Solidaritas . pergolakan pun terjadi dan nerakibat memburuknya situasi ekonomi polandia . Akhirnya , pemerintah Polandia di bawah perdana Menteri Mieczyslaw Rakowski mulai mengajak Organisasi Solidaritas untuk lebih berperan dalam membenahi situasi politik dan ekonomi. Pada bulan juni 1989 pemerintah Polandia menyelenggarakan Pemilu bebas untuk pertama kalinya , semenjak Polandia Jatuh ke tangan Komunis. Hasil Pemilu sangat memukul kubu komunis

berdampingan dengan sector usaha pemerintah. Pembaruan di Cekoslovakia Pada Awalnya cekoslovakia memilih untuk bersikap menunggu perkembangan lebih lanjut atas program pembaharuan Gorbachev. organisasi social dikontrol oleh unsure partai. Janos Kadar. pembukaan rintangan perbatasan Austria-Hongaria pada akhir bulan Mei. seorang ahli ekonomi lulusan Harvard dipilih sebagai perdana menteri . C. Kedua . kebebasan pers dibatasi. Hongaria berharap dapat memperbaiki situasi ekonominya dengan bantuan dari Barat. Pembaruan Hongaria Sebenarnya Hongaria menganut ekonomi pasar bebas selayaknya di Eropa Barat. penyelenggaraan pemungutan suara bebas untuk pertama kalinya. membubarkan Partai Komunis Hongaria dan diganti menjadi Partai Sosialis Hongaria Baru pada tanggal 7 oktober 1989. pemilihan Nemeth ini menunjukkan betapa mendesaknya penyelesaian kesulitan ekonomi di Hongaria . Hal ini dipengaruhi oleh pengalaman pahitnya atas eksperimen yang gagal pada bulan April 1969. Leonid Brezhnev. sementara birokrasi harus dijalankan untuk kepentingan partai. aksi ini dikenal dengan musim semi di Praha ini kemudian ditindas atas perintah pemimpin Unisoviet. pemimipin Partai Komunis . Pertama . Gerakan pembaruan di Cekoslovakia pada mulanya berlangsung sangat lamban . Mesikpun demikian . Ketiga. Pada tahun 1980 Hongaria mengalami krisis. pemimpin Hongaria tidak menoleransi adanya iklim Demokrasi yang lebih longgar. Perdana Menteri yang diangkat pada bulan Oktober 1988.karena ternyata Solidaritas mampu mengalahkan Partai Komunis Polandia . Pada tanggal 22 mei 1988 Kadar mengundurkan diri dari jabatan sekretaris jenderal dan digantikan oleh Karoly Grosz. Memasuki musim gugur tahun1988. Pada saat itu . Partai pekerja sosialis Hongaria ditetapkan sebagai partai tunggal . kaum intelektual yang terdorong oleh arus keterbukaan Gorbachev membentuk forum Demokratik Hongaria yang segera berfungsi sebagai pertain nasionalis radikal. sementara perusahaan-perusahaan Negara tidak beroperasi secara efisien. Proses tersebut dimulai dengan mundurnya pemimpin Partai komunis sejak tahun 1969 . Ini merupakan pembukaan perbatasan pertama antara Negara blok Komunis dengan Negara Barat. Ia digantikan oleh Milos Jakes . Miklos Nemeth. Namun. B. Hongaria melakukan banyak pinjaman asing . Persaingan diperbolehkan dan swasta diizinkan beroperasi. yaitu Gustav Husak. Krisis ini menyebabkan suara ketidakpuasan terhadap rezim Kadar semakin vocal. pada tanggal 17 Desember 1988. Alexander Dubcek mencoba menerapkan Sosialisme dengan wajah yang lebih manusiawi . kemenangan Solidaritas ini semakin melicinkan jalan bagi pembentukan pemerintahan nonkomunis pertama di Eropa Timur. Dengan dibukanya perbatasan. . Naiknya Grosz segera diikuti langkah-langkah yang radikal.

Dengan segera . yaitu Nicolae Ceaucescu menegaskan kehendaknya untuk terus mempertahankan sosialisme dan komunisme . telah semakin menyebabkan memuncaknya sikap antipasti rakyat. Terjadilah pembantaian terhadap rakyat yang tidak bersenjata . Apalagi . Tuntutan yang semakin memuncak dihadapinya dengan tindakan Represif pasukan keamanan . Ia mengambil kebijakan terobosan dengan memotong habis-habisan impor dan konsumsi serta menggalakkan ekspor produk dalam negeri karena utang luar negeri sejak 1970 terus membengkak dan harus mulai dibayar tahun 1981. Namun. Aksi pembantaian ini menyadarkan angkatan bersenjata tentang posisinya dalam kehidupan politik . Massa yang mencoba melindunginya bentrok dengan polisi sehingga menimbulkan kerusuhan missal . perilaku keluarga serta sanak saudara Ceaucescu yang memanfaatkan posisi Ceaucescu untuk kepentingan pribadi . angkatan bersenjata Rumania berbalik arah dan mendukung para demonstran. Presiden Rumania . . Sementara itu . Ceaucescu memerintahkan Angkatan bersenjata untuk menindas habis gerakan tersebut . Konsumsi rakyat dijatah secara ketat bahkan kelaparan terjadi di mana-mana. Ia bahkan menegaskan bahwa proses pembaruan tersebut merupakan pengkhitanatan terhadap Marxizme dan Leninisme . Urbanek menghapuskan kekuasaan monopoli Partai Komunis . Dengan dukungan penuh Perlemen . Ceaucescu dan keluarganya menikmati kemewahan hidup . Kejatuhan Ceaucescu ternyata berlangsung secara dramatis dan tragis yang berawal dari kerusuhan di kota Timisoara ketika sekelompok polisi rahasia meganiaya Pendeta Laszio Toekes yang menentang kebijakan rumaniasasi terhadap etnik keturunan Hongaria .. D. tetapi bayarannya sangat mahal bagi rakyat . Sejak bulan Desember 1990.Pada mulanya Jakes menolak perubahan secara cepat seperti yang terjadi pada Negara-negara tetangganya . Bertentangan dengan kebijakan pengetatan ikat pinggang yang dikenakan kepadda rakyatnya . nama Republik Sosialis Cekoslovakia diubah menjadi Republik Cekoslovakia untuk mengubah citra yang terlalu menampakkan Komunisme. kebijakan Ceaucescu di bidang ekonomi semakin mengakibatkan banyak kesengsaraan rakyat. Pimpinan angkatan bersenjata selanjutnya mengambil keputusan untuk mengeksekusi Ceaucescu dan Istrinya Elena pada malam natal 1989. Mereka ditangkap dua hari sebelumnya dan dihadapkan ke pengadilan militer kilat. akhirnya Jakes mengundurkan diri dari jabatannya dan digantikan oleh tokoh refomis . Kerusuhan tersebut berkembang menjadi gerakan aksi menentang Ceaucescu. Kebijakan tersebut memang berhasil mengatasi utang luar negeri . Karel Urbanek . Untuk mengejar target pembayaran utang . Pembaruan Berdarah di Rumania Pada waktu gerakan pembaruan menerpa seluruh Eropa Timur .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful