P. 1
Membuat Jaringan Ad Hoc

Membuat Jaringan Ad Hoc

|Views: 252|Likes:
Published by Dang Herman
ad hoc, tutor ad hoc, jaringan 2 laptop
ad hoc, tutor ad hoc, jaringan 2 laptop

More info:

Published by: Dang Herman on Mar 06, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/08/2014

pdf

text

original

Membuat Jaringan Ad Hoc (computer to computer

)

Tutorial Ad Hoc

Adhoc merupakan jaringan antara 2 komputer/ laptop dimana dengan terhubungnya 2 laptop tersebut bisa sharing data ataupun sharing koneksi, contohnya saja kebanykan orang menggunakan adhoc ini untuk mengkoneksikan 2 laptop ke internet dengan 1 modem, yaitu laptop pertama menjadi server yang mensharingkan koneksi modemnya ke laptop yang kedua dengan menggunakan wireless ataupun kabel LAN. Cara ini digunakan untuk membuat koneksi adhoc yaitu menghubungkan 2 laptop dengan jaringan wifi (wireless connections) maka otomatis laptopnya harus sudah bisa wifi, selain itu cara ini hanya untuk laptop yang operating sistemnya windows xp saja untuk windows 7 caranya berbeda. Tutorial ini dibuat dengan jelas yang dilengkapi gambar agar lebih mudah dimengerti. Langsung saja caranya seperti ini: 1. Masuk ke start  connect to kemudian pilih “ show all connections”

2. muncul tampilan di bawah ini. Pertama kita akan merubah setingan wireless terlebih dulu. Klik kanan wireless network connections kemudian pilih properties

Tutorial Ad Hoc

3. Pilih tab wireless network pilih add

Di network name masukan nama jaringannya contohnya “dhnsd”, Kemudian di network authentication pilih open. Di Data encryption pilih WEP , kemudian hilangkan centang di “the key is provided for me automatically”di network key masukan passwordnya misalnya “ bismillah1234” dan pilih ok. ( seperti pada gambar)

Tutorial Ad Hoc

4. pilih “dhnsd” nama jaringan yang tadi di buat kemudian pilih advance, dan pilih computer -to – computer (adhoc) networks only. pilih close (sesuai gambar)

5. Kemudian pilih tab general. Pilih internet protocol (TC/IP), pilih properties

Pilih use the following ip address kemudian di ip address masukan ip address ini 192. 168. 0. 1 Kemudian klik dalam kotak subnet mask maka akan otomatis terisi dengan 255. 255. 255. 0 ( sesuai gambar di bawah)

Tutorial Ad Hoc

Kemudian pilih ok. Nah untuk wireless sudah beres, sekarang tinggal merubah setingan pada koneksi modem. 6. Kembali ke network connections. Di network connections pilih DC connection, atau MOBI itu tergantung modem apa yang anda pakai, jika modem aha maka pilih Dc connections, Klik kanan di Dc connections

Tutorial Ad Hoc

kemudian pilih properties pilih tab advance kemudian centang di “allow other connect user..”

pilih ok. Nah sekarang server udah jadi tinggal setting 1 komputer lagi. Kita lanjutkan, pada laptop yang kedua. Jika laptop yang kedua menggunakan windows xp juga maka pengaturannya seperti di atas yaitu membuat koneksi baru (seperti langkah dari no 1 – 4) yang bedanya yaitu hanya ketika memasukan ip address. 7. Begini  Buka network connections seperti diatas klik kanan di “wireless network” pilih properties di tab “network connections” klik add masukan nama jaringannya, pilih wep, isi password samakan semuanya dengan yang server. Kemudian pilih “dhnsd” nama jaringan yang tadi di buat kemudian pilih “advance”, dan pilih “computer -to – computer (adhoc) networks only”. pilih close. Kemudian pilih tab “general”. Pilih internet protocol (TC/IP), pilih properties. Pilih use the following ip address kemudian di ip address masukan ip address ini 192. 168. 0. 2 Kemudian klik dalam kotak subnet mask maka akan otomatis terisi dengan 255. 255. 255. 0 untuk preferred DNS server dan alternative DNS server isi sesuai dengan DNS laptop server, cara mengetahuinya di laptop server (di keyboard) tekan tombol window + huruf R bersamaan, maka muncul tampilan seperti di bawah ini : * Sebelum melakukan cara ini harap laptop (server) sedang terkoneksi ke intrnet menggunakan modem yang di pakai.

Tutorial Ad Hoc

8. Ketik ‘”cmd” enter atau ok. Maka muncul tampilan di bawah ini:

9. Ketik “ipconfig /all” muncul tampilan di bawah ini:

Modem MOBI

DNS

Untuk setiap IP address dan DNS berbeda tergantung modem yang di pakai , ini contoh IP dan DNS modem mobi, untuk modem2 yang lainnya pasti berbeda . masukan DNS tersebut, untuk 10.17.3.244 masukan ke preferred DNS server sedangkan untuk 10.17.3.252 masukan ke alternative DNS server. Pilih ok Pengaturan laptop yang kedua sudah jadi, sekarang tinggal menghubungkan kedua laptop tersebut.

Tutorial Ad Hoc

10. Untuk menghubung kan kedua laptop tersebut , aktifkan wireless kedua laptop tersebut biasanya ada tombol khusus di keyboard biasanya tombol tersebut bergambar

Tekan tombol tersebut untuk mengaktifkan wireless kemudian klik icon wireless di pojok kanan bawah desktop klik kanan kemudian pilih “ view available wireless networks” maka muncul tampilan dibawah ini

Klik connect apabila kedua laptop tersebut sudah terhubung maka di tampilannya connected, seperti di bawah ini

tertulis

Tutorial Ad Hoc

Atau di wireless network connections mobi dan wireless akan berstatus connected seperti pada gambar di bawah :

Modem mobi sudah terhubung ke internet

Wireless sudah terhubung ke laptop yang lainnya

Untuk meyakinkan apakah kedua laptop tersebut sudah terhubung maka kita cek dengan cara ping carannya tekan tombol window + huruf R bersamaan kemudian ketik kan alamat ip, contohnya jika laptop server akan mengecek apakah sudah terhubung ke laptop yang lainnya maka ketik ping 192.168.0.2 ( masukan Ip laptop ke 2) , sedangkan jika laptop yang kedua akan mengecek apakah sudah terhubung ke laptop server maka ketik ping 192.168.0.1( Ip laptop server) lihat gambar di bawah ini :

Tutorial Ad Hoc

Ini merupakan gambar laptop server mengecek ke IP laptop yang kedua, jika sudah tersambung maka tampilannya akan seperti di bawah ini:

Jika kedua laptop tersebut belum terhubung maka ketika di ping maka tulisannya bukan seperti di atas biasanya tidak ada tulisannya dan terkadang tulisannya run time out, jika tulisannya reply from.. maka kedua laptop tersebut telah terhubung. Untuk mengecek apakah laptop sudah atau belum terhubung maka kita ping caranya sama bedanya kita ketik ping www.google.com –t tampilannya seperti di bawah ini :

Dan jika sudah terhubung maka seperti dibawah ini :

Selesai. Kedua laptop sudah terhubung dan keduanya sudah terkoneksi ke internet.

Tutorial Ad Hoc

Tambahan !!
jika laptop yang kedua ini (bukan server) menggunakan windows 7 maka pengaturannya seperti ini:  Klik tombol start  control panel  pilih “Network and Internet”, kemudian pilih “network and sharing center” seperti pada gambar di bawah :

pilih “ view network and status tasks” kemudian muncul gambar berikut:

Klik “set up a new connection or network”

Tutorial Ad Hoc

kemudian pilih ‘ set up wireless ad hoc (computer – to – computer ) network “ {pilihan paling bawah}

Pilih next,

Pilih next,

Tutorial Ad Hoc

Kemudian muncul tampilan dibawah ini, isi network name sesuai dengan laptop server “dhnsd”, security type pilih “ WEP” security key isi password sesuai dengan server “ bismillah1234”, centang “save this network”, next.

Maka pembuatan ad hoc telah selesai, sekarang tinggal mengkonfigurasi Ip wireless dll.  Di “Network Sharing Center” sebelah kiri, pilih “change adapter setting”

Kemudian muncul tampilan seperti gambar di bawah ini ;

Tutorial Ad Hoc

Pilih “wireless network connection” klik kanan dan pilih properties, muncul tampilan dibawah ini:

Pilih “Internet protocol Version 4 (TCP/IPv4)” klik “ properties” maka muncul tampilan dibawah ini :

Tutorial Ad Hoc

Pilih “use the following IP address” isi Ip address dengan 192.168.0.2 klik pada kolom “subnet mask” maka akan terisi otomatis, untuk “default gateway” isi dengan IP address server yaitu 192.168.0.1. untuk DNS server harus di isi sesuai dengan DNS server, masih ingat kan cara mengetahuinya!! Ada di langkah 7 – 9, Yaitu di laptop server tekan tombol window + R bersamaan, kemudian ketikan cmd, ok, kemudian ketikan “ipconfig /all” nanti muncul dan masukan ke dua DNS nya, lihat gambar dibawah ini:

Ketik cmd, enter

Ketik ipconfig /all

Tutorial Ad Hoc

Modem MOBI

DNS

Masukan DNS servers untuk 10.17.3.244 masukan ke preferred DNS server, untuk 10.17.3.252. masukan ke alternative DNS server. Sekali lagi supaya tidak lupa bahwa untuk IP, DNS setiap modem berbeda tergantung modem yang dipakai, ini merupakan contoh dari modem MOBI. Dan ingat untuk mengecek IP, DNS modem harus terpasang ke laptop dan terkoneksi ke internet. Setelah DNS nya dimasukan pilih ok. Kemudian ok. Nah selesai sekarang tinggal di koneksikan antara 2 laptop tersebut caranya hampir sama seperti pada windows xp, langsung saja, aktifkan wireless kedua laptop, biasanya tinggal tekan tombol khusus di keyboard setelah keduanya aktif koneksikan laptop server ke jaringan “dhnsd” dan untuk laptop yang ke dua lihat di pojok kanan bawah klik icon tanda panah

Klik icon tersebut, kemudian akan muncul “dhnsd” double klik maka akan otomatis mengkoneksikan

Tutorial Ad Hoc

Laptop sedang dalam proses menghubungkan ke dua laptop seperti pada gambar dibawah:

Jika kedua laptop telah terhubung makatampilannya seperti gambar dibawah;

Gambar ini menunjukan bahwa laptop ini (yang kedua) telah terhubung ke laptop server dan terhubung ke internet. Tetapi Jika tampilannya seperti di bawah ini:

Tutorial Ad Hoc

Berarti kedua laptop belum terhubung, laptop masih mengidentifikasi jaringan dan memerlukan waktu, jika selesai maka dalam tampilannya tanda kuning hilang dan tanda x berwarna merah juga hilang, artinya kedua laptop telah terhubung. Untuk meyakinkan mari kita PING. Pertama PING ke laptop / Ip server. Tekan tombol window+R berbarengan ketikan ping 192.168.0.1 enter. Lihat gambar di bawah:

Artinya laptop ini (yang kedua ) telah terhubung ke laptop server . Kemudian kita PING untuk mengecek apakah sudah terkoneksi ke internet atau belum.. lihat gambar dibawah:

Tutorial Ad Hoc

Laptop sudah terhubung ke internet. SELESAI

Dari langkah-langkah diatas disimpulkan bahwa cara ini untuk menghubungkan antara 2 laptop yang kemudian bisa sharing data, koneksi dll.. sebenarnya pengaturan antara windows xp dan windows 7 tidaklah jauh berbeda secara teknis sama persis hanya mungkin tataletak yang berbeda. Bagi anda yang sudah mengenal computer/laptop mungkin cara ini akan segera dimengerti. Cara ini saya buat secara singkat dan dilengkapi gambar agar cepat dimengerti. Sedikit masukan, dianjurkan setiap anda mengkoneksikan kedua laptop tersebut gunakanlah PING baik ping ke Ip address laptop ataupun PING ke google, ini agar kita bisa mengetahui laptop tersebut sudah benar-enar terkoneksi ke laptop yang lain, ke internet atau belum. Sekian tutorial dari saya, mohon maaf bila ada kekurangan dan kesalahan. Mudahmudahan bermanfaat. amiien. Selamat mencoba!!

Contact : Blog http://dangherman.blogspot.com e-mail dangherman@rocketmail.com twitter http://twitter.com/dangherman

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->