P. 1
Menggunakan Web Cam Jarak Jauh

Menggunakan Web Cam Jarak Jauh

|Views: 1,841|Likes:
Published by Jubilee Enterprise
Contoh bab dari naskah "Trik Mengendalikan PC Jarak Jauh" karangan Jubilee Enterprise terbitan PT Elex Media Komputindo.
Contoh bab dari naskah "Trik Mengendalikan PC Jarak Jauh" karangan Jubilee Enterprise terbitan PT Elex Media Komputindo.

More info:

Published by: Jubilee Enterprise on Mar 07, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2013

pdf

text

original

BAB

11 Menggunakan

Webcam Jarak Jauh

Web Camera atau biasa dikenal dengan istilah webcam merupakan kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui port USB atau port Com. Fungsi webcam yang paling populer saat ini adalah untuk melakukan video conference melalui internet. Pengguna Instant Messaging dapat bertatap muka ketika chatting seperti percakapan di dunia nyata. Kecanggihan webcam bahkan mampu menghadirkan narasumber di seberang lautan yang akan diwawancarai stasiun televisi secara langsung layaknya wawancara di sebuah studio. Dalam perkembangan selanjutnya, webcam tidak hanya difungsikan sebagai alat video conference semata namun bisa pula dimanfaatkan untuk home monitoring atau penjagaan rumah selama 24 jam. Webcam menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang sering berada di luar rumah untuk memastikan keamanan rumah Anda. Rumah kosong 1

yang ditinggal pemiliknya bisa menjadi sasaran empuk bagi para penjahat yang semakin banyak berkeliaran di tengah memburuknya perekonomian di negara kita. Sungguh bijaksana jika Anda melakukan tindakan preventif dengan memasang webcam di rumah Anda yang bisa dikontrol dari jauh melalui internet maupun fasilitas remote desktop. Bagi wanita karir yang ingin mengecek keadaan anak-anak di rumah, penggunaan webcam dapat menjadi alternatif terbaik. Apalagi jika Anda mempekerjakan babysitter untuk menjaga anak-anak Anda. Pastikan bahwa kebutuhan anakanak tercukupi dengan baik ketika Anda sedang tidak berada di rumah. Semua kegiatan yang terjadi di rumah Anda akan dilaporkan secara mendetail dengan bantuan webcam. Berikut beberapa keunggulan webcam yang layak Anda pertimbangkan: 1. Terhubung dengan internet sehingga dapat diakses setiap saat di mana pun Anda berada. 2. Memiliki kualitas gambar yang cukup lumayan. 3. Melakukan interaksi dengan lawan bicara secara cepat dan efektif. 4. Harga webcam lebih murah daripada kamera CCTV.

11.1 Mengenal Webcam dan Software yang Digunakan
Perkembangan teknologi webcam memungkinkan Anda untuk memilih webcam dengan berbagai fasilitas yang ditawarkannya. Untuk memperluas wawasan Anda, berikut jenis-jenis webcam yang bisa menjadi pilihan Anda: 1. Slim1320 (True 1.3 Mega Pixels High Performance Web Cam) 2. Slim 2020AF (Mega Pixel Web Camera Auto Focus) 3. Eye 312 (Simplify Instant Video and Chat)Eye 110 (Instant Video Messenger WebCam) 2

4. i-Look 1321 (Advance 1.3 Mega Pixel Camera)

Gambar 11.1. Tampilan webcam i-Look 1321

Pemasangan webcam pada komputer Anda tidak akan berfungsi tanpa instalasi software-software pendukungnya. Saat ini kita telah mengenal beberapa software yang sering digunakan untuk chatting atau video conference seperti Skype, Yahoo Messenger, Google Video Chat, Windows Live, dan lain-lain. Sementara itu, software yang bisa direkomendasikan untuk mengawasi rumah Anda antara lain: 1. Yawcam merupakan software gratisan yang berfungsi sebagai penjaga rumah Anda. Webcam akan melakukan pemantauan secara real time ke seluruh area rumah Anda. 2. INowCU adalah software yang siap melaporkan semua kegiatan di kantor atau rumah Anda apabila menangkap adanya gerakan di sekitar kamera. 3. Lightning Cube MonitorCam 2.0 Dengan fasilitas Motion Detector, Lightning Cube akan melakukan perekaman gambar jika webcam mendeteksi adanya gerakan di sekitarnya yang tertangkap kamera. 3

11.2 Menggunakan Webcam Jarak Jauh dengan TightVNC
Anda dapat merasa tenang jika meninggalkan rumah dalam keadaan kosong selama berhari-hari setelah memasang webcam sebagai pengawas rumah. Webcam yang dihubungkan ke komputer dapat dikontrol dengan software bernama TightVNC. Software ini berfungsi sebagai remote desktop yang memudahkan Anda untuk mengoperasikan komputer rumah jikalau sedang bepergian. Pada bagian ini akan dijelaskan bagaimana mengaplikasikan TightVNC sebagai remote desktop. Simak bagaimana cara mengakses webcam rumah via TightVNC serta ikuti langkahlangkah penggunaan webcam dari jarak jauh pada uraian di bawah ini.

11.2.1 Mengakses Webcam via TightVNC
Dengan TightVNC, Anda bisa memantau keadaan rumah melalui webcam layaknya Anda duduk di depan komputer rumah Anda sendiri. Lakukan panduan berikut untuk mengakses webcam melalui TightVNC: 1. Pastikan bahwa webcam Anda diletakkan pada areaarea penting seperti pintu rumah sebagai akses masuk, dinding ruang tamu, ruang keluarga, serta kamar pribadi Anda. 2. Lalu install software pengawas rumah yang telah direkomendasikan sebelumnya. 3. Sebelum Anda meninggalkan rumah, pastikan bahwa PC dan webcam Anda dalam keadaan ON. 4. Selanjutnya, luncurkan software TightVNC. Klik tombol Start > Programs. 5. Lanjutkan dengan memilih opsi TightVNC > Launch TightVNC Server.

4

Gambar 11.2. Memilih opsi TightVNC > Launch TightVNC Server

6. Sesudahnya, Properties.

Anda

akan

masuk

kotak

dialog

7. Pilihlah tab Hooks.

Gambar 11.3. Memilih tab Hooks

8. Lalu arahkan kursor Anda pada bagian Mirror Driver Options. 9. Klik kotak cek pada opsi Enable direct access to display driver’s mirror screen hingga muncul tanda centang untuk mengaktifkan driver video pada TightVNC.

Gambar 11.4. Mengaktifkan opsi Enable direct to display driver’s mirror screen

5

10. Jikalau sudah, tekanlah tombol Apply. 11. Teruskan dengan mengklik tombol OK. 12. Kemudian jalankan Viewer atau mesin pemantau dengan cara menekan tombol Start > Programs. 13. Lantas pilihlah opsi TightVNC > TightVNC Viewer.

Gambar 11.5. Memilih opsi TightVNC > TightVNC Viewer

14. Ketikkan IP Address komputer yang sedang Anda pakai pada kotak teks VNC Server. 15. Tekanlah tombol Listening Mode jikalau sudah.

Gambar 11.6. Mengetikkan IP Address dan menekan tombol Listening Mode

16. Lanjutkan dengan menekan tombol Connect. 17. Masukkan password Anda pada kotak teks Password. 18. Teruskan dengan menekan tombol OK.

6

Gambar 11.7. Memasukkan password dan menekan tombol OK

19. Setelah mengaktifkan Viewer, klik-kanan ikon TightVNC hingga muncul menu yang bisa Anda pilih. 20. Lalu pilihlah opsi Add New Client.

Gambar 11.8. Memilih opsi Add New Client

21. Pada kotak dialog yang muncul, masukkan IP Address komputer rumah Anda pada kotak teks Host name.

Gambar 11.9. Memasukkan IP Address komputer rumah

22. Apabila sudah, tekanlah tombol OK.

7

23. Berikutnya, mesin pemantau atau Viewer akan menghadirkan jendela desktop komputer rumah Anda secara virtual layaknya Anda membuka langsung dari rumah. 24. Tekanlah nama software webcam Anda. Kita akan menggunakan software Yawcam sebagai contohnya. Klik opsi Yawcam pada desktop virtual komputer rumah Anda.

Gambar 11.10. Mengklik opsi Yawcam pada desktop virtual di mesin Viewer

25. Sesaat kemudian Anda masuk ke jendela utama Yawcam melalui mesin Viewer seperti ilustrasi berikut.

8

Gambar 11.11. Tampilan jendela Yawcam melalui Viewer

11.2.2 Menggunakan Webcam melalui Remote Desktop
Pada dasarnya, pengoperasian webcam dari jarak jauh tidak berbeda dengan penggunaan biasa. Hanya saja Anda butuh remote desktop seperti TightVNC ketika mengaksesnya. Saat menggunakan remote desktop, tampilan desktop komputer di rumah Anda bisa dilihat pada layar mesin pemantau atau Viewer. Untuk lebih jelasnya, ikutilah langkah-langkah singkat berikut ini: 1. Setelah Anda mengklik program Yawcam melalui remote desktop, Anda akan masuk jendela utama Yawcam. 2. Pada jendela utama Yawcam, tekanlah menu File. 3. Kemudian aktifkan kotak cek pada opsi Enable Stream-output hingga muncul tanda centang. 4. Selain itu, agar semua fasilitas langsung dapat digunakan sebaiknya Anda juga mengaktifkan opsi Enable File-out, Enable Ftp-output, Enable Httpoutput, serta Enable Motion detection dengan 9

memberikan tersedia.

tanda

centang

pada

kotak

cek

yang

Gambar 11.12. Mengaktifkan opsi-opsi pada menu File

5. Setelah Anda mengaktifkan opsi-opsi tersebut maka secara otomatis Yawcam langsung memantau situasi rumah Anda tempat di mana webcam Anda diletakkan. 6. Misalkan, Anda meletakkan webcam di dalam ruang tamu maka Yawcam akan segera menyorot suasana ruang tamu Anda. Mesin pemantau atau Viewer TightVNC akan melaporkan tampilannya seperti ilustrasi berikut.

Gambar 11.13. Webcam merekam situasi ruang tamu yang ditampilkan pada mesin Viewer

7. Anda juga dapat meletakkan webcam pada bagian atas dinding ruang tamu yang menghadap ke pintu 10

masuk sehingga semua akses ke dalam rumah Anda bisa dipantau dengan baik.

Gambar 11.14. Webcam merekam ruangan dari sisi atas

8. Jika Anda memiliki barang-barang berharga yang disimpan dalam lemari khusus di kamar tidur utama Anda, sebaiknya Anda memasang webcam pada ruangan tersebut.

Gambar 11.15. Tampilan situasi dalam kamar yang ditampilkan pada mesin Viewer

11

9. Yawcam menyediakan fasilitas Motion detection untuk mendeteksi setiap gerakan di sekitar webcam. Sebagai contohnya, Anda meletakkan kamera di ruang tengah atau ruang makan. Untuk melihat data deteksi gerakan pada ruangan tersebut, klik opsi Window. Lantas aktifkan kotak cek pada opsi Motion detection hingga muncul tanda centang.

Gambar 11.16. Mengaktifkan kotak cek pada opsi Motion detection

10. Berikutnya, Anda bisa melihat tampilan data deteksi gerakan yang ditangkap kamera pada ruang itu dari waktu ke waktu secara lebih mendetail seperti dalam ilustrasi di bawah ini.

Gambar 11.17. Tampilan data deteksi gerakan yang ditangkap webcam dari waktu ke waktu

12

11. Selain itu, pasanglah webcam Anda di atas pintu masuk sehingga alat itu dapat memantau siap saja yang keluar masuk rumah serta melaporkan kondisi di luar rumah Anda dengan seksama.

Gambar 11.18. Webcam merekam suasana di luar rumah

12. Untuk mengatur setting webcam, tekanlah menu Settings > Edit Settings.

Gambar 11.19. Memilih menu Settings > Edit Settings

13. Kemudian pada mesin pemantau atau Viewer TightVNC akan muncul jendela Settings seperti ilustrasi di bawah ini.

13

Gambar 11.20. Tampilan jendela Settings pada mesin Viewer TightVNC

14. Apabila Anda ingin mengatur tampilan gambar pada layar video agar lebih kontras dan tajam, tekanlah opsi Output > Stream.

Gambar 11.21. Menekan opsi Output > Stream

15. Lantas geserlah slider pada bagian Image Quality sambil melihat perubahan pada gambar video Anda.

14

Gambar 11.22. Menggeser slider pada bagian Image Quality

16. Tekanlah tombol OK jikalau sudah. 17. Sementara itu, apabila Anda ingin memberi tanda peringatan ketika Yawcam terhubung dengan mesin Viewer, tekanlah opsi Output > Stream seperti langkah sebelumnya. 18. Sesudahnya, pilihlah tombol Additional Settings.

Gambar 11.23. Memilih tombol Additional settings

19. Lalu aktifkan kotak cek pada opsi Play sound alert when a viewer connects apabila Anda menghendaki peringatan dalam bentuk suara.

15

20. Namun jika menghendaki peringatan berupa gambar, Anda bisa mengaktifkan kotak cek pada opsi Show info balloon when a viewer connects.

Gambar 11.24. Memberi tanda peringatan ketika webcam terhubung dengan mesin Viewer

21. Apabila sudah, tekanlah tombol OK. 22. Untuk mengakhiri pemantauan kondisi rumah Anda melalui remote desktop ini, tekanlah menu File pada jendela utama Yawcam. 23. Teruskan dengan memilih opsi Exit.

Gambar 11.25. Memilih menu File > Exit

24. Sementara itu, untuk menghilangkan tampilan preview video, Anda bisa langsung menekan tombol Close yang berbentuk tanda silang pada layar tersebut. 16

17

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->